Tips Agar Tidak Terlalu Lelah dalam Mengemudi Jarak Jauh

Mengendarai mobil untuk waktu yang lama, terutama perjalanan jarak jauh, bisa menjadi tugas yang sulit dan melelahkan. Kelelahan saat mengemudi meningkatkan risiko kecelakaan dan kenyamanan. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara tetap sehat dan tidak lelah saat mengemudi. Untuk tetap segar dan fokus selama perjalanan panjang, berikut adalah beberapa saran.

  1. Persiapkan Kondisi Fisik dan Mental Anda Sebelum Mengemudi.

Persiapan sebelum perjalanan sangat penting untuk memastikan Anda dalam kondisi fisik dan mental yang ideal. 

Pastikan Anda tidur cukup malam sebelumnya. Tidur yang cukup akan membantu Anda tetap waspada dan mengurangi risiko kelelahan. Selain itu, jika Anda merasa kurang sehat atau stres, hindari mengemudi. Perjalanan akan lebih nyaman dan aman jika Anda dalam kondisi fisik dan mental yang baik.

  1. Atur Posisi Duduk dengan Benar.

Duduk dalam posisi yang salah dapat menyebabkan kelelahan cepat. Tempatkan punggung Anda di kursi pengemudi sehingga Anda dapat mendukung punggung Anda dengan baik, kaki Anda dapat dengan mudah mencapai pedal, dan tangan Anda berada dalam posisi yang nyaman di setir. Jika diperlukan, gunakan bantal penyangga untuk mencegah sakit punggung atau leher.

  1. Pakai waktu istirahat yang benar.

Salah satu penyebab utama kelelahan adalah kurangnya istirahat saat mengemudi. Usahakan untuk beristirahat selama 15–20 menit setiap dua jam. Saat istirahat, pergilah berjalan-jalan, berolahraga, atau sekadar menikmati udara segar. Dengan mengambil jumlah istirahat yang cukup, Anda dapat meregangkan otot yang tegang dan mengembalikan konsentrasi Anda.

  1. Siapkan makanan.

Pertimbangkan apa yang Anda makan dan minum sebelum dan selama perjalanan karena dapat memengaruhi energi dan fokus Anda. Anda dapat merasa mengantuk jika Anda makan terlalu banyak atau terlalu berat. 

Untuk menghindari dehidrasi, Anda harus minum cukup air putih dan makan makanan ringan yang mengandung serat, protein, dan gula rendah. Hindari konsumsi berlebihan minuman beralkohol dan berkafein karena, meskipun mereka memberi Anda energi sesaat, mereka dapat membuat Anda lelah lebih cepat.

Rekomendasi bengkel mobil Balikpapan no 1 Halobengkel

  1. Dengarkan Musik atau Podcast yang Menarik.

Mendengarkan musik atau podcast yang menarik dapat membantu Anda tetap semangat dan tidak bosan. Pilih musik atau podcast yang tidak terlalu lambat. Namun, untuk tetap mendengar suara dari luar, seperti klakson kendaraan lain, pastikan volumenya tidak terlalu kuat.

  1. Manfaatkan AC atau ventilasi. 

Udara dalam kabin dapat membantu mengurangi kelelahan. Udara segar yang masuk ke mobil Anda akan membuat Anda tetap segar dan nyaman. Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik dan atur suhu AC agar tidak terlalu panas atau dingin.

  1. Hindari Menggunakan Gadget Saat Mengemudi.

Menggunakan gadget saat mengemudi sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan. Selain itu, penggunaan perangkat dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental yang lebih cepat. Atur aplikasi sebelum memulai perjalanan atau gunakan fitur hands-free jika Anda perlu menggunakan peta atau navigasi.

  1. Jaga Kondisi Mobil.

Kondisi mobil yang baik sangat penting untuk kenyamanan berkendara. Pastikan mobil Anda dalam kondisi baik dengan melakukan pengecekan rutin sebelum perjalanan. Periksa ban, oli, rem, dan komponen lainnya untuk menghindari masalah teknis yang dapat memperburuk perjalanan.

  1. Coba Teknik Pernapasan Dalam.

Teknik pernapasan yang baik dapat membantu Anda tetap fokus dan mengurangi stres. Coba tarik napas perlahan melalui hidung, tahan beberapa detik, lalu keluarkan napas perlahan melalui mulut. Untuk menenangkan diri dan meredakan ketegangan, coba teknik ini beberapa kali selama perjalanan.

  1. Berkendara pada Waktu yang Tepat.

Jika memungkinkan, hindari mengemudi pada saat Anda biasanya beristirahat atau tidur, seperti larut malam atau dini hari. Risiko kelelahan dan mengantuk meningkat saat mengemudi pada saat-saat ini. Sebaiknya, pergilah pada siang hari atau saat Anda merasa paling segar dan bugar.

  1. Tetap Aktif dengan Peregangan Sederhana.

Saat berhenti di rest area, lakukan peregangan sederhana. Gerakkan tangan, kaki, dan leher Anda untuk mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan peredaran darah. Peregangan ini membantu tubuh Anda tetap aktif dan menurunkan risiko pegal.

  1. Berkendara dengan Tempo yang Stabil.

Berkendara dengan tenang dan mengikuti aturan lalu lintas akan membantu Anda tetap fokus dan mengurangi stres selama perjalanan. Selain itu, mengemudi dengan kecepatan yang stabil tidak hanya membuat perjalanan lebih aman, tetapi juga lebih nyaman.

Tetap fokus dan hati-hati.

Mengemudi dalam waktu yang lama bisa sangat melelahkan. Namun, dengan mempersiapkan dengan baik dan menerapkan beberapa saran di atas, Anda dapat tetap dalam kondisi fisik dan mental yang baik. 

Untuk mencegah lelah cepat saat mengemudi, beberapa hal penting adalah istirahat yang cukup, posisi duduk yang tepat, dan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. 

Selalu utamakan keselamatan dan jangan ragu untuk berhenti sejenak jika Anda lelah atau mengantuk. Oleh karena itu, perjalanan Anda yang jauh akan lebih menyenangkan dan aman.

Ini 4 Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil Paling Ampuh

Baret pada kaca merupakan salah satu permasalahan umum yang sering terjadi. Meskipun bukan hal besar, tetapi munculnya baret bisa mengganggu pandangan saat berkendara. Oleh karena itu, Anda butuh cara menghilangkan baret kaca mobil.

Tanpa harus poles kaca mobil ke bengkel terdekat, Anda bisa mempraktikkan secara mandiri di rumah. Namun sebelum itu, pastikan Anda juga mempelajari faktor pemicu baret pada kaca mobil.

Tujuannya untuk mengantisipasi munculnya baret berikutnya. Nah, untuk pembahasan lebih detail, Anda bisa lihat pada artikel di bawah ini.

Baca juga: 4 Tips Atasi Kaca Mobil Buram Saat Hujan Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil secara Mandiri

Bagaimana cara menghilangkan goresan di kaca dengan mudah secara mandiri di rumah? Gampang! Ini beberapa metode yang bisa Anda gunakan, antara lain:

1. Pakai Cerium Oxide

Pertama, untuk membersihkan baret pada kaca mobil Anda bisa memanfaatkan bahan kimia bernama Cerium Oxide. 

Bahan kimia ini berbentuk serbuk dan paling sering orang kenal sebagai bubuk poles.

Pemakaian bubuk ini sering untuk membuat kaca mobil tampak mengkilap dan menghilangkan baret. 

Namun sebelum menggunakannya, sebaiknya bersihkan kaca mobil dari kotoran dan debu terlebih dahulu.

Kemudian, baru oleskan campuran Cerium Oxide dengan air dengan konsentrasi yang pas pada kaca mobil. 

Pastikan untuk memasang alas koran di pinggiran kaca agar cairan tidak meleber ke mana-mana.

2. Menggunakan Kompon

Kaca mobil baret dihilangkan pakai apa? Salah satu cara paling umum yang biasa orang pilih adalah memanfaatkan kompon. 

Anda bisa dengan mudah menemukan bahan ini di bengkel ataupun toko peralatan otomotif.

Harga kompon cukup terjangkau sehingga sering dijadikan pilihan untuk mengatasi bodi mobil yang tergores hingga baret pada kaca mobil. 

Selain itu, pemakaian kompon sendiri terbilang efektif sekali.

Cara pemakaiannya cukup menuangkan kompon pada baret kaca mobil dan lap secara perlahan. 

Gunakan sesuai takaran yang pas karena kandungan minyak pada kompon cukup tinggi.

Jika Anda berikan secara berlebihan, maka bisa membuat kaca mobil akan berubah menjadi kusam utamanya saat terkena air hujan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Baret Halus di Bodi Mobil

3. Pasta Gigi

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan bahan sederhana untuk menghilangkan baret yaitu dengan menggunakan pasta gigi. 

Cara menghilangkan baret kaca mobil dengan bahan simpel ini terkenal ampuh dan masih jarang orang tahu.

Padahal, Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi secukupnya pada kaca yang baret. 

Kemudian, lap menggunakan kain lembut secara merata untuk melihat goresan pada kaca mulai memudar.

Untuk hasil lebih cepat dan maksimal, Anda bisa memilih pasta gigi dengan kandungan pemutih yang tinggi. 

Proses ini terbilang mudah dan cepat asalkan Anda telaten melakukannya.

4. Hilangkan Baret Mobil Pakai Amonia

Terakhir, ada amonia, jenis bahan kimia yang memiliki sifat keras sehingga harus hati-hati sekali saat menggunakannya.

Meski demikian, amonia dikenal ampuh untuk menghilangkan baret yang ada di kaca mobil.

Panduan pemakaiannya yaitu campurkan setengah ons amonia dengan air setengah liter. 

Lalu, aduk sampai seluruh bahan tercampur sempurna. Sebelum eksekusi, jangan lupa menyiapkan kain lembut untuk lap kaca mobil.

Untuk menghilangkan baret di kaca mobil, Anda bisa celupkan kain lembut di campuran air dan amonia. 

Setelah itu, gosokkan secara perlahan di bagian kaca yang baret. Biarkan selama beberapa saat sampai cairan terserap sempurna.

Jika dirasa sudah cukup, Anda bisa membersihkan kaca secara menyeluruh. Lakukan proses ini selama beberapa kali agar baret hilang maksimal. 

Namun, tetap pastikan berhati-hati karena sifat amonia yang cukup keras.

Baca juga: Apakah Biaya Perbaikan Kaca Mobil Macet Mahal? Cek!

Penyebab Baret Pada Kaca Mobil

Mengetahui metode untuk menghilangkan baret pada mobil memang sangat penting. 

Namun, jangan lupa untuk mempelajari faktor penyebabnya juga agar Anda lebih berhati-hati. 

Secara umum pemicu baret pada kaca mobil utamanya disebabkan oleh wiper, power window, dan juga jenis baret acak.

Baret karena power window biasanya terjadi pada kaca mobil bagian samping. Pemicunya karena sering menggeser naik dan turun kaca mobil di bagian samping.

Untuk baret acak yang tidak beraturan, salah satu penyebabnya bisa jadi karena kesalahan pemasangan kaca film, gesekan dengan benda tajam seperti batu atau ranting pohon, hingga pemakaian alat pembersih yang kurang tepat.

Sedangkan, untuk baret wiper biasanya memiliki bentuk garis halus yang tampak di bagian kaca depan mobil.

Cara Merawat Kaca Mobil agar Terhindar dari Baret

Baret pada kaca mobil menjadi permasalahan umum yang kerap terjadi. 

Namun, Anda bisa melakukan beberapa perawatan khusus untuk menghindari munculnya baret pada kaca mobil. 

Berikut beberapa tips perawatan yang bisa Anda lakukan:

  • Pertama, pastikan Anda mengenali jenis pembersih yang digunakan. Jangan memakai pembersih yang memiliki kandungan bahan kimia tinggi karena memberikan efek kasar pada kaca mobil.
  • Selalu gunakan lap yang lembut dan bersih ketika akan membersihkan kaca mobil. Pasalnya, memakai lap kasar apalagi kotor bisa memicu goresan ringan pada kaca.
  • Jangan lupa untuk mengganti wiper mobil secara berkala. Karet wiper yang aus dan tidak Anda sadari bisa menjadi faktor penyebab baret muncul pada kaca.
  • Lakukan perawatan dan pembersihan kaca mobil secara berkala, minimal satu minggu sekali. Banyaknya debu yang menempel bisa membuat gesekan ringan sehingga memunculkan goresan tipis.
  • Cek kondisi tangki air wiper apakah terisi atau sudah habis.

Beberapa perawatan ini apabila Anda yang lakukan dengan benar dan tepat, maka Anda tidak akan membutuhkan cara menghilangkan baret kaca mobil. 

Pasalnya, kaca mobil Anda sudah mendapatkan perawatan secara maksimal.

Oleh karena itu, mari lebih perhatian lagi dengan kondisi kesehatan dan kebersihan mobil, agar Anda tidak perlu melakukan perawatan dengan biaya besar ke depannya. Semoga informasi di atas membantu.



Murah Meriah! Mobil Agya Bekas Harga 50 Juta, Ini Tipenya

Punya penampilan yang sporty dan modern menjadikan Toyota Agya banyak dilirik. Menariknya lagi Anda bisa mendapatkan mobil Agya bekas harga 50 juta, harga yang murah meriah untuk mobil kelas LCGC yang super irit. 

Tidak hanya anak muda yang menggandrungi Toyota Agya, banyak juga keluarga kecil yang mengincarnya. Cek dulu apa saja tipe Agya yang bisa Anda beli dengan harga Rp50 jutaan bahkan di bawahnya. 

Varian Tipe Mobil Agya Bekas Harga 50 Juta 

Toyota Agya pertama kali rilis di Indonesia tahun 2013 dan menjadi mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang gesit. Dimensinya sangat kompak yaitu 3.660 x 1.600 x 1.520 mm dengan desain yang masih terus diadopsi untuk keluaran terbaru. 

Sampai tahun 2024 ini, Toyota Agya telah mengalami perubahan facelift beberapa kali mulai dari tampilan kompak hingga menjadi lebih sporty. Lantas, apa saja varian mobil Agya bekas harga 50 juta rupiah yang tersedia? Berikut ini pilihannya:

1. Toyota Agya 2013 Tipe E M/T

Rekomendasi yang pertama ini merupakan Agya generasi pertama yang belum mengalami perubahan. Rilisnya Agya tipe ini merupakan bukti dari janji Toyota untuk memproduksi mobil kompak dengan harga termurah. 

Benar saja, untuk Agya 2013 tipe E M/T harga pertama kali rilis ada di angka Rp100 jutaan saja. Mengingat sudah rilis sejak 10 tahun yang lalu, tentu saja ada penurunan harga untuk mobil ini.  

Agya 2013 tipe E M/T merupakan mobil dengan transmisi manual dan menjadi varian terendah. Kini Anda bisa mendapatkan harga mobil Agya bekas dibawah 50 juta untuk tipe ini. 

Baca juga: 10 Mobil Paling Kecil di Indonesia Terbaik Meskipun Minimalis

2. Toyota Agya 2013 Tipe E A/T

Rekomendasi lainnya adalah Agya untuk tipe E A/T keluaran tahun 2013. Anda bisa mendapatkan Agya yang sama persis, hanya saja sistem transmisi yang tersedia sudah otomatis. 

Kelebihannya tersebut menjadikannya worth it untuk Anda beli. Beberapa hal mendasar seperti kabin, eksterior sampai dengan fiturnya tidak jauh berbeda.

Jika memiliki budget terbatas, maka harga mobil Agya bekas di bawah 50 juta untuk tipe ini bisa menjadi solusi terbaik Anda. 

3. Toyota Agya 2013 Tipe G M/T

Masih dengan Toyota Agya generasi pertama, ada juga varian yang cukup tinggi yaitu tipe G M/T. 

Mobil Agya bekas harga 50 juta untuk tipe ini memiliki semua fitur tersedia dalam tipe E M/T. 

Transmisi yang tersedia manual tetapi sudah menggunakan 4 percepatan yang membuatnya bisa melaju lebih baik. 

Ditambah lagi, bagian interiornya sudah lebih canggih dan modern seperti adanya LCD speedometer sampai dengan trip meter.

Harga untuk varian ini memang sedikit lebih tinggi, Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp55 jutaan saja. 

Anda juga bisa membeli dengan cara kredit dan memberikan DP mobil Agya matic mulai dari 0-25%. 

Baca juga: City Car Murah Dibawah 50 Juta, Siap Terjang Kemacetan Kota!

4. Toyota Agya 2013 Tipe G A/T

Memiliki budget lebih dari Rp50 juta? Anda bisa mendapatkan varian tertinggi dari Agya keluaran 2013. 

Pada tipe G A/T ini Anda akan mendapatkan mobil dengan fitur penunjang yang lebih banyak. 

Transmisi mobil ini juga sudah otomatis yang membuat kenyamanan saat perpindahan gigi. 

Desain interiornya sangat nyaman dengan kapasitas 5 penumpang. 

Mobil Agya bekas harga 50 juta untuk tipe ini juga sudah memiliki tangki bahan bakar 33 liter. 

Kapasitas ini sangat mencukupi untuk Anda yang ingin bepergian ke luar kota dengan aman.

5. Toyota Agya 2013 Tipe TRD M/T Sportivo 

Sesuai dengan namanya, pada varian ini Anda bisa mendapatkan mobil yang tampil lebih sporty. Kesan garang terlihat dari eksterior mobil yang mirip mobil racing

TRD sendiri merupakan singkatan (Toyota Racing Development) yang membedakan tipe ini dengan tipe sebelumnya. 

Hanya saja, khusus varian TRD Anda baru bisa mendapatkan sistem transmisi manual untuk mobil Agya matic bekas harga 50 juta. 

Sistem keamanan pada tipe ini juga lebih lengkap seperti sudah mengadopsi anti lock braking system (ABS). 

Agya 2013 TRD juga memiliki perangkat aero kit di bumper depan serta belakang yang membedakannya dari segi eksterior. 

Jika ingin membeli varian ini, Anda perlu mempersiapkan dana Rp50 jutaan lebih. Apabila dana belum siap, Anda bisa memilih opsi kredit untuk membelinya. Kini banyak tersedia DP mobil Agya bekas rendah dengan cicilan ringan.

Baca juga: 5+ Showroom Mobil Bekas Madiun, Harga Mulai dari 50 Juta

Kelebihan dan Spesifikasi Agya Bekas 50 Juta 

Sudah sepuluh tahun Agya beredar di pasaran Indonesia sehingga tidak mengherankan jika mobil ini memiliki julukan ‘mobil sejuta umat’. Tidak ada ruginya membeli mobil Agya bekas harga 50 juta karena masih banyak kelebihannya. 

Berikut ini kelebihan sekaligus spesifikasi Agya 2013 semua varian yang bisa Anda peroleh:

1. Eksterior Modern 

Menilik dari bagian eksteriornya, tampak depan Agya 2013 memiliki bentuk yang banyak sisi melengkung menandakan mobil modern. 

Pada bagian bawah bumper terdapat grill dengan model trapesium dengan tambahan fog lamp. 

Bagian grill memiliki warna hitam dan juga chrome yang membuatnya semakin modern. 

Tampilan berbeda juga terlihat pada kaca spion yang menggunakan warna chrome dan lis di kanan dan kiri mobil. 

Kaki-kaki mobil menggunakan pelek alloy yang ukurannya 14 inci membuatnya terlihat lebih mungil. 

Bagian eksterior belakang tampak lebih sederhana dengan sisi-sisi yang condong pada kesan melengkung. 

Tampilan eksterior ini akan Anda peroleh pada tipe E dan juga G sedangkan yang membedakan dengan tipe TRD adalah tambahan aero kit. Tambahan ini membuat mobil tampak lebih gagah dan tidak terlalu kompak. 

2. Interior Luas dan Nyaman 

Masuk pada bagian interior, Agya 50 juta sudah menggunakan dashboard dengan head unit 2Din. 

Berkat head unit ini, Anda bisa memutar radio, CD dan juga musik dari USB secara leluasa. 

Penempatan head unit ada di bagian atas pengaturan AC yang mudah untuk diakses. 

Secara keseluruhan, bagian dashboard memiliki model yang sederhana dan tidak terlalu besar sehingga menciptakan ruang luas di kursi depan. 

Beralih pada bagian jok, Agya 2013 masih menggunakan jok berlapis kain dan setiap tempat duduk memiliki pengaturan reclining

Kursi pengemudi juga bisa bergerak dengan sistem sliding

Ruang kabin mampu memuat 5 penumpang dengan area atas kepala dan kaki yang relatif cukup luas. 

Anda yang ingin berkendara jarak jauh akan merasa nyaman dengan ruang luas ini. 

3. Mesin 1000 cc yang Ekonomis 

Kapan lagi Anda bisa mendapatkan mobil Agya bekas harga 50 juta yang memiliki kapasitas mesin 1000 cc tetapi tetap ekonomis? Agya 2013 menjadi jawaban terbaik karena mengandalkan mesin 3 silinder dengan kapasitas 998 cc. 

Semua varian Agya memiliki kapasitas mesin yang sama yang mampu menciptakan 65,3 daya kuda pada torsi maksimal 88 Nm di 3.600 rpm. 

Meskipun masih 3 silinder tetapi mesinnya memiliki respon yang cukup baik. 

Daya kerja mesinnya menjadi lebih baik mengingat bodi dari Agya yang kompak. 

Anda tidak hanya nyaman untuk berkendara di dalam kota tetapi juga di perbukitan atau jalanan yang lumayan terjal. 

4. Fitur Keselamatan yang Memadai 

Kelebihan lain dari Agya terdapat pada fitur keselamatannya. Sebagai gebrakan baru, Toyota telah menyematkan ABS yaitu sistem pengereman yang baik sehingga mencegah penguncian mobil ketika terjadi kecelakaan. 

Semua varian Agya 2013 juga sudah memiliki airbag dual supplemental restraint (SRS) yang terdapat di dua jok depan. 

Sistem ini akan memberi keamanan bagi pengemudi dan penumpang di barisan depan. 

Tidak kalah menarik, Agya 2013 juga memiliki side impact beam yaitu fitur untuk melindungi resiko cedera pada penumpang di baris kedua. 

Sabuk keselamatan mengadopsi tiga titik untuk setiap kursi penumpang. 

5. Sistem Kemudi yang Canggih 

Anda tidak perlu khawatir pula untuk mengendarai mobil dengan setir manual. Agya 2013 sudah menggunakan sistem kemudi canggih yaitu Electronic Power Steering (EPS). 

Sistem kemudi ini akan menciptakan pengalaman mengemudi yang lebih mudah dan kendali mobil tetap aman. 

Anda juga bisa menyesuaikan kemudi pada posisi ternyaman dengan fitur Adjustable Steering Wheel. 

6. Fitur Hiburan yang Menarik 

Jangan takut bosan ketika harus berkendara jarak jauh karena Toyota Agya keluaran 2013 sudah memiliki beberapa fitur hiburan. 

Mulai dari head unit dengan layar sentuh dengan tampilan user friendly. 

Anda juga bisa menghubungkan perangkat hiburan langsung ke ponsel melalui bluetooth

Kapan saja ingin memutar musik, mengangkat telepon maupun mengakses aplikasi lainnya langsung saja melalui layar sentuh yang tersedia. 

Tips Membeli Mobil Agya Bekas dengan Harga Murah 

Tertarik untuk membeli mobil Agya bekas dengan harga 50 juta rupiah? Jangan terburu-buru membeli karena tergiur dengan harga yang murah. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapat mobil dengan kondisi baik. 

Berikut ini beberapa tips untuk bisa membelinya dengan benar:

1. Jangan Ragu Melakukan Inspeksi 

Inspeksi mobil luar dalam adalah yang wajib. Anda bisa mulai mencoba mengendarainya di berbagai medan jalan. Selain itu, pastikan untuk mengecek detail interior, eksterior serta mesin. 

2. Mengecek Kelengkapan Dokumen Agya 

Apakah BPKB dan STNK mobil Agya 2013 lengkap? Pastikan juga surat-suratnya sesuai dengan nomor mesin untuk menghindari kecurangan. 

Anda bisa mengajak teknisi khusus untuk mengecek dokumen kendaraan dengan terperinci. 

3. Memastikan Transparansi Harga 

Bagi Anda yang membeli mobil baik secara tunai atau kredit pastikan harganya transparan. 

Jika kredit, Anda harus memastikan berapa DP mobil Agya beserta cicilannya per bulan. 

Jangan sampai ada biaya tersembunyi yang merugikan sehingga Anda harus keluar uang lebih dalam pembelian. 

Beli Mobil Bekas 50 Jutaan Hanya di Carsgallery 

Tergiur untuk membeli mobil Agya dengan harga murah? Pastikan Anda memilih CarsGallery untuk mendapatkan Agya bekas berkualitas. 

Semua varian Agya yang Anda butuhkan tersedia begitu juga dengan varian mobil lainnya. 

Tidak hanya varian lengkap, kami hanya menyediakan mobil berkualitas yang telah melewati proses inspeksi secara profesional. 

Anda tidak akan rugi untuk membeli mobil Agya bekas harga 50 juta atau mobil merek lainnya. 

Akses sekarang juga CarsGallery dan Anda bisa dengan mudah menemukan mobil bekas impian. 

FAQ

Berapa kapasitas penumpang Agya 2013?

Kapasitas penumpang ada 5 orang untuk semua varian Agya 2013.

Apa varian Agya 2013 yang paling tinggi?

Varian tertingginya adalah tipe G dan juga TRD. 

Berapa kapasitas mesin Agya 2013?

Kapasitas mesinnya adalah 998 cc.



12 Mobil Drift Jepang Paling Legendaris Sepanjang Masa

Sebagai seni mengemudi yang butuh persyaratan tertentu, tidak semua mobil cocok untuk olahraga mobil satu ini. Hanya ada sejumlah mobil drift Jepang atau yang terkenal dengan istilah JDM yang mampu menghadirkan performa optimal. 

Drifting pertama kali populer di Jepang tahun 70-an yang muncul dari jalur pegunungan. Kini, drifting sudah sering menjadi kompetisi di berbagai belahan dunia. 

Setiap pesaing, harus berlomba untuk memperoleh kecepatan, sudut, dan kelihaian pengendalian yang terbaik. 

Bagi Anda yang berencana memulai drifting, maka penting memilih mobil drift terbaik untuk amatir maupun profesional. 

Biasanya, mobil-mobil yang cocok untuk olahraga ini adalah yang punya Rear Wheel Drive (RWD) dan transmisi manual. 

Baca Juga: 7 Alasan Mitsubishi XForce Diburu Kaum Hawa di 2024

Mobil Drift Jepang Legendaris

Dengan ciri punya RWD dan bertransmisi manual serta performa yang cocok untuk oversteer, berikut mobil drift asal Jepang terbaik yang bisa Anda pertimbangkan: 

1. Toyota Corolla AE86

Pertama, kami merekomendasikan mobil drift tua Toyota Corolla AE86. Tidak butuh keterampilan khusus jika ingin drifting dengan mobil ini. 

Anda tak perlu jadi Takumi Fujiwara maupun Keiichi Tsuchiya untuk mengendalikannya. 

AE86 ini memang tak terlalu powerfull, tapi inilah ‘mobil drift asli’-nya dari Toyota. Diproduksi tahun 1980-an, spesifikasi mobil yang dapat sebutan ‘Hachi-Roku’ ini bisa membuat Anda jadi bintang balap. 

Raja drifter dunia Keiichi Tsuchiya, menjadikan mobil ini sebagai favoritnya yang memberi status mobil sebagai JDM legendaris. 

2. Nissan Skyline

Salah satu mobil untuk drift pemula maupun profesional yang tepat bagi Anda adalah Nissan Skyline. 

Pasalnya, produk-produk Nissan terkenal dengan sasis yang ringan, ban dengan profil rendah, dan semuanya mampu membawa pengalaman drift terbaik.

Anda bisa memilih model R31 – R34 maupun variasi yang lain. Sudah bermesin seri RB, outputnya cocok untuk drift. Jika memang Nissan Skyline Anda adalah AWD, tenang. Pengubahannya menjadi RWD masih begitu mudah. 

3. Toyota Supra MK4

Terkenal sebagai mobil drift terbaik di dunia, Toyota Supra MK4 ini selalu membuat mata pecinta otomotif terpana ketika melihatnya. 

Kata laman JDM Export, Supra MK4 juga jadi JDM yang paling terkenal di dunia. Tapi, apanya yang bagus? Mengapa sampai jadi simbol dari mobil balap asal Jepang? 

Mesin RWD, 3L Inline-6 2JZ di bagian bawah kap mesin, menjadikannya sebagai ‘monster’ yang layak untuk drifting. 

Namun, MK4 masih punya sedikit sisi yang cukup berat, apalagi punya sudut kemudi yang ada di bawah rata-rata. 

Terkadang, banyak yang tidak mempertimbangkannya sebagai pilihan untuk drifting. Meski begitu, Anda masih bisa melakukan penyesuaian sebelum masuk ke olahraga mobil satu ini. 

4. Nissan Silvia

Kemudian, jika ingin mobil drift murah coba pertimbangkan Nissan Silvia. Utamanya untuk generasi S13 – S15. 

Mobil satu ini memang begitu populer karena sasisnya yang begitu seimbang. Kemampuan untuk dimodifikasinya pun fleksibel. Maka, tak heran banyak drifter berbagai level yang sering memilih mobil satu ini. 

Sasisnya pakai Front Engine dan sudah RWD yang membuatnya begitu ringan untuk kontrol presisi. 

Mesin SR20DET 2.0L Turbocharged-nya pun mampu memberi power yang cukup untuk menaklukkan berbagai tikungan. 

Selain itu, mobil drift Jepang satu ini terkenal lantaran fleksibilitasnya. Modifikasinya yang fleksibel, membuat Anda mampu menambahkan kemampuan sesuai kebutuhan. 

Suspensi yang independen dari seluruh roda juga menjadi alasan mengapa stabilitas dari mobil ini super mantap!

Baca Juga: Kanada Kenakan Tarif Impor 100 Persen Mobil Listrik China

5. Mazda RX-7

Masuk dalam kategori salah satu mobil drift termahal, Mazda RX-7 juga patut jadi pertimbangan. Mobil ini memakai mesin rotary yang cukup unik. 

Soal generasinya, maka pertimbangkan FC3S dan FD3S yang memang sangat populer di kalangan olahraga ini. 

Mesin rotarinya 13B-REW terkenal ringan tapi cukup bertenaga. Distribusi dari beratnya juga ideal di berbagai sisi, maka tak heran jika manuver bisa lebih baik dengan Mazda RX-7.

Tahu tokoh Han dari Fast and Furious? Kendaraannya adalah mobil drift Jepang Mazda RX-7 FD yang produksinya tahun 1991 – 1997. Tak hanya tenar di film, tapi benar-benar tepat untuk drifting jika Anda ingin mencobanya. 

6. Mazda Miata MX-5

Selanjutnya, masih datang dari Mazda. Sebenarnya, Miata MX-5 ini seri mobil sport, tapi juga cocok buat drifting. 

Dari sistem atapnya, MX-5 ini terbagi jadi dua: MX-5 dan MX-5 RF. Meski begitu, tak banyak berbeda dari segi spesifikasi. 

Kapasitas mesinnya 1.998 cc dan punya 2.0L Petrol Engine plus In-Line 4 Cylinder 16 Valve DOHC. 

Meskipun tak terlalu besar seperti mobil drift lain, tapi yang penting adalah persebaran beratnya yang 50:50. 

Jadi, tak mengherankan jika mobil ini cukup responsif dan manuver bisa lebih terkontrol. 

Jika Anda masih pemula, maka mobil drift Jepang Miata MX-5 ini bisa menjadi pilihan terbaik!

7. Toyota Chaser

Jika ingin sedan sport yang luar biasa buat drifting maka salah satunya Toyota Chaser. Terutama seri JZX90 dan JZX100. 

Mobil ini punya tenaga dari mesin 1JZ-GTE 2.5L Turbocharged Inline-Six. Dengan kata lain, performanya tentu garang. 

Dari segi stabilitas, tak perlu ragu karena memakai sasis FR dan suspensi independen. Tak heran kalau Chaser begitu stabil buat kebutuhan drifting. 

Ukurannya memang besar, tapi bukan berarti sangat berat. Justru dengan bodinya yang besar ini, banyak yang mengatakan jika Chaser sangat nyaman dan tenaganya pun sudah cukup besar untuk berkelok-kelok. 

8. Nissan 350Z

Balik ke Nissan lagi, ada mobil produksi tahun 2002 – 2009, yakni Nissan 350Z. 

Mobil ini merupakan generasi kelima dari Seri Z. Tergolong mobil coupe, Anda bisa juga menjadikannya sebagai pilihan terbaik untuk drifting. 

Kalau di Jepang, mobil ini terkenal dengan sebutan Nissan Fairlady Z33. 

Mobil ini memakai mesin 3.5 L VQ35DE V6 yang tentu, tenaganya sangat besar. Bisa sampai 278 HP dengan torsi 371 nm. 

Dengan penggerak RWD, maka mobil coupe ini ideal untuk kebutuhan drifting. Selain itu, performa yang besar juga mampu membuat penilaian saat drift jauh lebih baik dari segi kecepatan. 

Baca Juga: 5 Keunggulan Mitsubishi All New Triton, Wajib Beli? 

9. Nissan Cefiro

Mobil drift Jepang satu ini mungkin kurang populer, tapi setara dengan Chaser. Mobil Cefiro, punya jarak sumbu roda yang cukup panjang, RWD, dan punya mesin RB legendaris dari Nissan. 

Selain itu, dari segi rem, LSD, drivetrain RB, membuat Anda bisa menikmati pengalaman mengendarai mobil Skyline tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Banyak yang bilang, pengalaman dari mengendarai keduanya tak jauh berbeda. 

10. Toyota Soarer

Pecinta JDM, biasanya kenal dengan mobil satu ini. Toyota Soarer menjadi salah satu pesaing utama dari Toyota Chaser yang begitu populer. 

Terutama karena mesinnya yang menggunakan 1JZ. Meski berat, tapi tenaganya sudah cukup untuk kebutuhan drifting. 

Bagaimanapun, tenaga 500 HP dari mesin 1JZ sudah bisa membuat mobil berat ini mampu melaju dengan cukup mudah. 

11. Toyota 86

Siapa tak kenal dengan mobil satu ini? Banyak yang menjadikannya sebagai pilihan mobil drift Jepang terbaik di dunia. Apalagi untuk kategori mobil sport dari generasi yang paling baru. 

Bagi yang mau menggunakannya sebagai mobil drift, maka menukar mesin menjadi hal yang wajar. 

Pasalnya, banyak yang mengubahnya menjadi 2JZ atau LS agar mampu mengeluarkan tenaga yang lebih besar. 

Meski power setelah mengganti mesin jadi lebih besar, tapi sasisnya masih mampu menampung daya yang luar biasa dan bisa menghasilkan drifting indah. 

Jadi, modifikasinya memang cukup fleksibel. Sama halnya dengan AE86, Toyota 86 ini bisa menjadi mobil terbaik drifting untuk masa depan!

12. Mazda RX-8 

Jika dibandingkan dengan RX-7 memang tidak lebih baik. Pasalnya, RX-8 punya tenaga minim, berat, dan boros bahan bakar. 

Tapi, masih tak menguranginya jadi salah satu mobil drift terbaik karena sasisnya yang sempurna. 

Paling menarik memang sebutannya sebagai ‘Badbul’ karena menggunakan mesin 20B three-rotor yang mampu menghasilkan 800HP. 

Dengan mesin tersebut, RX-8 mampu mengeluarkan suara seperti mobil F1. 

Dari seluruh mobil drift Jepang yang ada di sini, mana yang membuat Anda tertarik? Atau hanya tertarik untuk beli mobil biasa saja? 

Jika tertarik untuk beli mobil biasa, CarsGallery aja! Sudah banyak mobil bekas yang lolos inspeksi dan kami sediakan. Kami jamin masih dalam keadaan prima!

FAQ

Apa semua mobil bisa untuk drift?

Tidak, karena umumnya yang paling sempurna adalah penggerak roda belakang atau RWD. 

Mobil drift pakai penggerak apa? 

Spesifikasi utamanya adalah RWD atau Rear Wheel Drive. 

Kenapa FWD tak bisa drift? 

Bisa lebih mudah kehilangan momentum dan sudut kemudinya akan sering terlalu besar.



Exit mobile version