Kenalan dengan Drift Mobil: Definisi, Sejarah, dan Tekniknya

Saat mendengar kata ‘ngedrift’ apa yang pertama kali terbayang dalam kepala Anda? Ngedrift mobil adalah hal yang selalu membuat kita terbayang mobil meluncur di tikungan dengan asap putih yang mengepul dari ban. 

Selain itu, ada pula suara mesin yang meraung-raung, kontrol kemudi yang nampak mulus, sekaligus sukar untuk dilakukan orang biasa. 

Adegan-adegan semacam ini bisa lebih mudah Anda temukan di film-film aksi, video game balap, dan juga balapan mobil seperti Formula Drift atau D1 Grand Prix. 

Ingin lebih tahu apa yang dimaksud dengan nge-drift? Sekaligus mau tahu lebih jauh soal mobil yang menikung dengan kontrol sulit ini? Berikut penjelasannya. 

Baca Juga: Bingung Cara Parkir Netral Mobil Matic? Simak Lengkapnya!

Apa Itu Drift Mobil? 

Jadi, ngedrift mobil adalah sebuah seni mengemudi yang memadukan kontrol dan presisi, melibatkan tindakan sengaja membuat mobil oversteer dan kehilangan traksi roda belakang saat berbelok, sambil mempertahankan kendali. 

Berasal dari jalanan Jepang pada tahun 1960-an, drifting berkembang dari kegiatan ilegal menjadi olahraga otomotif yang diakui secara global.

Teknik dasar meliputi “clutch kick” untuk menggoyahkan mobil, “power over” memanfaatkan tenaga mesin besar, “braking drift” menggunakan pengereman, dan “e-brake drift” dengan rem tangan. Variasi ini memerlukan penguasaan yang berbeda.

Dalam kompetisi, juri menilai angle (sudut drift), speed (kecepatan), line (ketepatan jalur), dan style (gaya unik). 

Lebih dari sekadar kecepatan, drifting adalah pertunjukan visual yang membutuhkan keterampilan tinggi, keberanian, dan pemahaman mendalam tentang perilaku mobil. Ini adalah perpaduan antara seni dan teknik di balik kemudi.

Baca Juga: Pemula Wajib Tahu! Ini 4 Cara Meringankan Setir Mobil Manual

Sejarah dan Asal Usul Drift

Setelah itu apa itu ngedrift mobil, sekarang waktunya belajar sejarah dan asal usulnya. 

Drifting lahir di Jepang pada 1960-an. Tepatnya bermula dari komunitas motor sport Rolling Zoku yang mempraktikkan teknik opposite lock di jalanan berkelok. 

Kunimitsu Takahashi, seorang pembalap, secara tak sengaja menemukan bahwa mobil yang meluncur di tikungan dapat mencapai waktu putaran lebih cepat. 

Ia terus mengasah teknik ini, membuatnya terkenal dan menginspirasi banyak pembalap muda.

Keiichi Tsuchiya, yang dijuluki “Drift King”, mengembangkan teknik drifting di jalanan pegunungan. 

Pada tahun 1987, Tsuchiya merilis video drifting yang sangat mempopulerkan olahraga ini. 

Kompetisi drift pertama diadakan pada tahun 1988 di sirkuit Tsukuba oleh majalah otomotif Jepang “Option”. 

Tepat di tahun 2021, D1 Grand Prix yang merupakan kompetisi drift profesional pertama akhirnya terselenggara di Jepang.

Di Indonesia, drift mulai dikenal pada awal 2000-an dengan pengaruh budaya otomotif Jepang dan film-film populer. 

Pada tahun 2005, acara drift mulai terselenggara, dan pada tahun 2010, Jakarta International Drifting diadakan sebagai kompetisi drift “proper” pertama di Indonesia. Sejak 2011, berbagai seri kejuaraan drift nasional mulai terselenggara secara rutin.

Baca Juga: Cara Menyalakan Mobil Manual yang Benar, Cek Sekarang!

Teknik-teknik Dasar Drift

Meski cara drift mobil itu rumit, tapi ada beberapa teknik dasar yang bisa coba Anda pelajari dengan bantuan profesional.

Ngedrift mobil adalah teknik yang melibatkan beberapa teknik dasar yang memungkinkan Anda Untuk mengendalikan mobil saat oversteer. 

Salah satunya adalah Clutch Kick, yang menggunakan kopling secara cepat untuk mengganggu keseimbangan mobil. Sehingga roda belakang kehilangan traksi. Teknik ini efektif untuk memulai atau mempertahankan drift.

Selanjutnya, ada Power Over yang mengandalkan tenaga mesin yang besar untuk membuat roda belakang berputar lebih cepat dari traksi yang tersedia. 

Hasilnya adalah oversteer. Teknik ini ideal untuk mobil bertenaga tinggi dan efektif pada kecepatan tinggi.

Kemudian, ada Braking Drift yang memanfaatkan rem untuk memindahkan berat mobil ke depan saat memasuki tikungan. 

Hal ini bisa mengurangi traksi pada roda belakang dan mempermudah terjadinya oversteer. Teknik ini berguna pada kecepatan rendah atau sedang.

Selain itu, terdapat pula teknik E-Brake Drift menggunakan rem tangan untuk mengunci roda belakang secara tiba-tiba, menyebabkan hilangnya traksi. Efektif untuk memulai drift pada kecepatan rendah atau menyesuaikan sudut drift.

Apa itu mobil drift? Mobil tersebut adalah yang bisa mendukung teknik Weight Transfer yang memanfaatkan perpindahan berat mobil secara cepat. 

Biasanya dengan mengerem atau menggas tiba-tiba untuk menciptakan ketidakstabilan yang memicu drift.

Terakhir, Feint Drift (atau Scandinavian Flick) melibatkan pembelokan setir ke arah berlawanan sebelum memasuki tikungan. 

Lalu dengan cepat membelokkan kembali ke arah tikungan. Teknik ini menciptakan perpindahan berat yang dramatis dan memudahkan terjadinya oversteer pada tikungan tajam.

Sudah cukup tahu tentang mobil drift? Dapatkan unit mobil yang cocok untuk drifting di CarsGallery

Budgetnya belum cukup? Pertimbangkan untuk jual mobil Anda dengan layanan titip jual di CarsGallery!

5 Daftar Harga Mobil Rubicon Bekas dan Tips Belinya

Sebelum membeli Jeep Wrangler Rubicon yang gagah, baiknya tahu dulu harga mobil Rubicon bekas yang dapat dikategorikan sebagai mobil “sultan” dan menempati kasta tertinggi di kelasnya. 

Harga mobil Rubicon bekas sendiri sangat bervariasi. Biasanya terpengaruhi oleh sejumlah faktor seperti tahun pembuatan, tipe atau trim, kondisi kendaraan, dan bahkan lokasi penjualan. 

Ingin tahu soal berapa budget yang harus Anda persiapkan untuk mobil Rubicon bekas? Simak lengkap di sini. 

Baca Juga: Jeep Wrangler Rubicon: Kelebihan, Harga, dan Tips Belinya

Daftar Harga Mobil Rubicon Bekas

Kalau Anda ingin tahu harga mobil Rubicon bekas di Jakarta atau di daerah lain, baiknya cek informasi di sini sebagai referensi: 

1. Jeep Wrangler Rubicon 3.8 Unlimited (2011)

Pertama, ada Jeep Wrangler Rubicon 3.8 Unlimited (2011). Dengan dimensi yang gagah, panjang 4.751 mm dan lebar 1.877 mm, maka Rubicon 2011 ini bisa memberikan kesan yang kuat di jalan. 

Showroom yang menjualnya, mengklaim bahwa mobil ini dalam kondisi siap pakai, dengan mesin yang terawat dan interior yang rapi. 

Odometer menunjukkan angka 55 ribu kilometer, yang tergolong wajar untuk mobil seusianya. Plat nomornya B genap, dan pajak STNK masih berlaku alias masih hidup sampai tahun 2025. 

Harga yang perlu Anda keluarkan untuk untuk Rubicon 2011 ini adalah Rp750 juta. Angka ini sepertinya cukup kompetitif, mengingat kondisi dan spesifikasi yang lumayan mumpuni. 

Memang, jarang ada Rubicon 500 juta karena harga dari SUV gagah ini relatif tinggi. 

2. Jeep Wrangler 3.8 Rubicon Unlimited (2010)

Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan Wrangler 3.8 Rubicon yang tipe Unlimited. Ini adalah mobil keluaran tahun 2010. Anda bisa mendapatkannya di area Jakarta Selatan. 

Dari segi dapur pacunya, lebih tinggi karena tipe unlimited. Varian mesinnya yang 3.778 cc dan bisa menghasilkan 196 HP. Torsi yang bisa dihasilkan 315 Nm. Sangat tepat buat medan sulit karena transmisinya otomatis dan sudah pakai sistem penggerak 4×4. 

Dari segi harga, mobil ini di kisaran Rp650 jutaan. Penjualnya juga bilang surat-surat serta dokumennya lengkap, kelistrikan aman, AC sudah pasti dingin, kaki-kaki tidak bunyi, mesinnya juga kering dan halus. 

Selain harga mobil Rubicon bekas yang tertera, ada juga keterangan jika nilai pajak per tahunnya Rp6 juta dan plat B genap. 

Mobil ini juga sudah terlengkapi dengan part pendukung buat kebutuhan off-road. Misalnya saja ada Winch derek serta lampu kabut tambahan. 

Paling menariknya lagi, mobil ini masih belum pernah terpakai untuk off-road. Anda bisa cek langsung sendiri untuk inspeksi. Kalau butuh unit sejenis, bisa juga pertimbangkan cek CarsGallery.

3. Jeep Wrangler 3.0 Rubicon SUV 2015

Kemudian, ada Rubicon 3.0 tahun 2015. Harga mobil bekas Rubicon 4 pintu ini di kisaran Rp1,15 miliar untuk cash dan Rp1.075 miliar untuk pembelian kredit. 

Kalau Anda mau beli kredit, harus TDP dulu Rp310 juta dengan angsuran Rp26,4 juta per bulan. Tenor cicilannya selama 4 tahun. 

Dari segi mesin, mobil ini memakai mesin 2.985 cc yang bisa memuntahkan tenaga sampai 230 HP dengan torsi 285 Nm. 

Transmisinya otomatis, jadi udah enak banget buat berkendara baik di jalanan kota sampai jalanan ekstrim. 

Melihat dari odometernya, masih di isaran 47 ribu km. Anda bisa dapat mobil ini dalam keadaan pajak hidup, service record dari bengkel resmi yang lengkap, dan mobilnya warna merah. 

Selanjutnya, fitur-fitur yang tersedia dari harga mobil Rubicon bekas 1 miliaran rupiah ini juga lengkap. 

Pasalnya, ada fitur seperti Axel Lock Sway Bar, 4×4 Differential, Headlamp, Automatic LED, Cruise Control, Rear LED Parking Camera, Auto Start Stop Button, dan juga Variable Speed Intermittent Wipers. 

Baca Juga: Mobil Triton Bekas: Pikap Gagah Buat Pekerja Lapangan

4. Jeep Wrangler 3.6 Rubicon Unlimited 2013

Masih di versi 3.6 L, ada lagi Rubicon Unlimited 2013. Lokasinya juga berada di Jakarta Selatan. 

Ada dua pilihan harga yakni Rp1,1 miliar untuk cash dan Rp1,09 miliar untuk kredit. Warnanya keren, yakni Commando Green. 

Jika Anda tipe orang yang suka mobil-mobil dengan warna langka, maka unit satu ini bisa jadi pilihan. 

Jarak tempuhnya baru di 43 ribu km dan pajaknya masih aktif. Mesinnya 3.604 cc yang bisa menggelontorkan tenaga sampai 285 HP dan juga torsi 347 Nm. Soal transmisi, masih sama yakni otomatis. 

Dari segi kondisi harga mobil Rubicon bekas Rp1 miliaran ini, overall masih aman. Transmisinya bagus, halus, bebas kebocoran, eksterior masih 100% original catnya, interiornya masih original, sway bar/axle lock-nya pun masih berfungsi dengan baik. 

Hanya saja, terdapat beberapa modifikasi seperti: 

  • Rigid Spot Light 2 pcs
  • OME Lift Kit & Shock Breaker
  • Rigid Light Bar
  • Spot Light Bumper Warn
  • Bumper depan-belakang AEV yang original
  • Winch Warn
  • JW Speaker Headlamp
  • Ban Toyo Open Country
  • Stop Lamp Guard
  • AEV Mudguard
  • Front Light Bar Bracket

5. Jeep Wrangler 2.0 Rubicon Unlimited 2021

Ingin unit yang lebih baru? Sekarang Anda juga bisa dapat mobil Jeep Wrangler 2.0 Rubicon Unlimited 2021. Kalau tadi banyak Rubicon 4 pintu, yang sekarang ini versi dua pintunya. 

Lansiran 2021, mobil ini bisa Anda peroleh di area Jakarta. Harga mobil Rubicon bekas ini Rp1,795 miliar buat pembelian tunai. Sedangkan untuk kredit di sekitar Rp1,695 miliar. 

Dari jantung pacu, memang tak sebesar yang lain karena mesinnya 2.0 L Turbo yang bisa menghasilkan tenaga 270 HP plus torsi maksimalnya 400 Nm. 

Transmisinya 8-speed otomatis dan dari keterangan penjual, jarak tempuhnya baru 2 ribu kilometer dan ini asli. Bahkan ini adalah penjualan dari tangan pertama dan baru. 

Maticnya normal serta responsif, mesinnya masih halus, kaki-kakinya juga empuk. Seluruh fitur yang tersedia pun masih normal dan juga responsif. 

Jadi, itu adalah beberapa referensi harga mobil Rubicon bekas yang bisa Anda siapkan. Setidaknya, harga Rubicon berbagai tahun keluaran lain tak jauh berbeda. 

Masih terlalu mahal tapi tetap pengin off-road? Pertimbangkan buat beli Jeep bekas 30 jutaan di CarsGallery. 

Baca Juga: Review Mobil Fortuner Bekas: SUV Gagah dengan Mesin Buas

Tips Membeli Rubicon Bekas

Udah kebelet beli Rubicon bekas? Jangan buru-buru. Sebaiknya, Anda pertimbangkan dulu beberapa tips berikut: 

  • Pastikan untuk membeli Wrangler Rubicon yang bukan bekas penggunaan off-road ekstrim. 
  • Selalu cek bagian kaki-kaki untuk tahu apakah mobil tersebut terpakai untuk off-road ekstrim atau tidak. 
  • Ikut komunitas Wrangler kalau Anda memang sedang berburu. 

Duit Masih Belum Cukup? Jual Saja Mobil Lama Anda di Sini!

Kalau butuh uang tambahan untuk beli Rubicon, baiknya jual saja mobil lama Anda untuk tambah-tambah. Bisa langsung titip jual mobil di CarsGallery biar lebih mudah terjualnya!

FAQ

Berapa pajak mobil Jeep Rubicon?

Pajak Rubicon bervariasi, mulai dari Rp23.201.000 – Rp33 jutaan per tahun. 

Apakah Jeep Rubicon boros?

Benar, Rubicon memang terkenal dengan mesin yang sangat haus dengan bahan bakar. 

Berapa harga Rubicon baru?

Harga off-the-roadnya bisa sampai Rp1,6 miliar – Rp1,9 miliar.



Exit mobile version