3 Cara Cek SIM Online dengan NIK, Paling Gampang!

Pengecekan status Surat Izin Mengemudi (SIM) kini bisa Anda lakukan memakai Nomor Induk Kependudukan. Mekanismenya pun bisa secara online. Kalau mau tahu cara cek SIM online dengan NIK, sebaiknya simak uraian di sini. 

Saat ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia, melalui Korps Lalu Lintas, sudah menyediakan layanan online untuk mengakses informasi yang terkait dengan SIM. 

Ingin tahu panduan lengkap pengecekan online-nya? Cek di sini. 

Baca Juga: 6 Cara Mengurus SIM Hilang, Syarat, dan Biayanya

Cara Cek SIM Online dengan NIK

Jika Anda memang belum tahu cek SIM online tanpa aplikasi ataupun dengan aplikasi, simak di sini: 

1. Menggunakan Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Pertama, Anda bisa menggunakan aplikasi Korlantas POLRI yang merupakan platform resmi untuk memudahkan layanan lalu lintas. Salah satunya untuk pengecekan status SIM. Adapun langkahnya: 

  • Temukan aplikasinya di perangkat iOS lewat App Store hingga Google Play Store. 
  • Setelah instalasi, buka aplikasi dan lakukan registrasi. Dalam registrasi, silakan masukkan NIK, nomor ponsel, sampai email address yang valid. 
  • Setelahnya Anda akan menerima kode OTP lewat SMS guna melakukan verifikasi. 
  • Seusai melakukan registrasi, ada langkah lanjutan untuk verifikasi. Lakukan verifikasi dengan ambil foto selfie dengan KTP Anda secara jelas sesuai instruksi. 
  • Setelah selesai, Anda bisa mengakses berbagai informasi mengenai SIM serta informasi lain lewat menu yang ada dalam aplikasi. 

Ini bisa jadi cara cek SIM online dengan NIK yang bisa Anda lakukan. 

Baca Juga: Syarat Bikin SIM A, Prosedur, dan Rincian Biayanya

2. Lewat Situs Resmi Korlantas POLRI

Jika Anda kurang berkenan menggunakan aplikasi cek SIM, maka bisa pertimbangkan untuk menggunakan situs resmi Korlantas Polri saja. 

  • Kunjungi situs resmi Korlantas di https://www.digitalkorlantas.id/.
  • Di halaman utama, pilih layanan SINAR (SIM Nasional Presisi) yang menyediakan berbagai fitur terkait SIM.
  • Jika Anda belum memiliki akun di Korlantas, lakukan registrasi dengan memasukkan NIK, nomor handphone, dan alamat email. 
  • Jika sudah memiliki akun, langsung login menggunakan kredensial yang telah Anda buat. 
  • Sama seperti pada aplikasi, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas dengan mengunggah foto KTP dan foto selfie sesuai instruksi.
  • Setelah verifikasi berhasil, Anda dapat mengakses informasi terkait status SIM Anda.

Baca Juga: 3 Cara Cek Nomor Surat Izin Mengemudi Akurat dan Mudah

3. Mengunjungi Satpas Terdekat

Jika terkendala untuk mengakses aplikasi ataupun website resminya, maka Anda bisa langsung datang ke Satpas terdekat yang ada di daerah Anda. 

Saat mendatangi Satpas, caranya juga mudah untuk melihat SIM. Anda cukup membawa KTP dan juga SIM saja. 

Setelah itu, sampaikan saja pada petugas kalau Anda mau memeriksa status SIM yang sudah Anda miliki. 

Nantinya, petugas yang ada akan membantu Anda untuk melakukan pengecekan secara langsung melalui sistem yang mereka miliki. 

Dengan ini, sudah lengkap juga cara cek SIM online dengan NIK yang bisa Anda lakukan. 

Sekarang, Anda sudah bisa tahu status dari SIM yang dimiliki. Semoga membantu!

Daftar Derajat Pengapian Motor Standar 2 Tak dan 4 Tak

Memahami daftar derajat pengapian motor standar akan membuat Anda punya kendaraan yang efisien, performa mesin lebih baik, dan bisa mengatur gas buang. 

Di sepeda motor standar, umumnya derajat pengapian sudah ditentukan dari pabrikan. Tujuannya adalah performa dan efisiensi bahan bakar yang seimbang. 

Derajat pengapian itu sendiri, sering dapat sebutan sebagai timing pengapian. Ini adalah sudut ketika busi memercikkan bunga api sebelum akhirnya piston mencapai Titik Mati Atas (TMA). 

Baca Juga: Begini Ciri Ciri Suara Mesin jika Pengapian Terlalu Maju!

Pengaruh Derajat Pengapian terhadap Kinerja Mesin

Menentukan derajat pengapian yang tepat begitu penting buat memastikan campuran antara bahan bakar dan juga udara bisa terbakar efisien. 

Jika timingnya terlalu awal, maka efeknya bisa terjadi detonasi atau knocking. Hal itu terjadi karena tekanan pembakaran meningkat sebelum piston mencapai TMA. 

Tapi, jika timing pengapian Jupiter Z standar atau motor lain yang timingnya standar, efeknya efisiensi dan tenaga mesin bisa berkurang. 

Hal ini terjadi karena pembakaran mungkin belum selesai ketika pistonnya bergerak ke bawah. 

Baca Juga: Cari Tahu Tune Up Mobil Apa Saja yang Perlu Diperhatikan

Daftar Derajat Pengapian Motor Standar

Kami akan membagi daftar derajatnya berdasarkan dua jenis motor yakni motor 2 tak dan juga motor 4 tak. Berikut ini rinciannya: 

1. Motor 2 Tak

  • Motor bebek: 20° – 22° BTDC
  • Motor sport: 18° – 20° BTDC
  • Motor matic: 16° – 18° BTDC

2. Motor 4 Tak

Perbedaan derajat pengapian pada motor 4 tak dan dua tak adalah adanya pertimbangan RPM. 

Benar, jika kebutuhannya untuk 4 tak, maka Anda harus menghitung RPM-nya lebih dulu. Berikut ini rinciannya: 

  • Pada putaran 1.000 – 3.000 RPM: 8 – 15 derajat
  • Putaran 4.000 RPM ke atas: 25 – 30 derajat

Kalau Anda butuh daftar derajat pengapian motor standar Honda, maka bisa pakai referensi di atas. 

Hanya saja, Anda perlu menyesuaikan derajatnya dengan tipe motor yang digunakan. 

Baca Juga: Ternyata Ini Yang Bikin Mobil Gagal Nanjak

Variasi Derajat Pengapian di Berbagai Kondisi

Sebenarnya, derajat pengapian itu sifatnya bisa berubah dan tidak bersifat tetap. Pasalnya, harus menyesuaikan kondisi. Sejumlah faktor ini bisa mempengaruhi derajat pengapian: 

1. RPM (Putaran Mesin)

Pada RPM rendah, pengapian biasanya terjadi pada 8-15 derajat sebelum TMA. Namun, saat RPM meningkat, pengapian dimajukan menjadi 25-30 derajat sebelum TMA untuk mengimbangi kecepatan mesin yang lebih tinggi.

2. Rasio Kompresi

Mesin dengan rasio kompresi tinggi biasanya memerlukan pengapian yang lebih maju untuk memastikan pembakaran yang lengkap. 

Misalnya, mesin dengan rasio kompresi 11:1 dan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi mungkin memerlukan timing pengapian antara 35-40 derajat sebelum TMA. 

3. Modifikasi Mesin

Perubahan seperti peningkatan kapasitas mesin (bore-up) atau penggunaan noken as dengan durasi besar dapat mempengaruhi kebutuhan timing pengapian. 

Misalnya, skutik bore-up 150 cc mungkin memerlukan penyesuaian kurva pengapian untuk mencapai performa optimal.

Jadi, itulah daftar derajat pengapian motor standar yang bisa jadi referensi.

Exit mobile version