Tau Gak, Apa Sih Itu Fitur ABS pada Mobil?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Tahukah kamu, salah satu fitur penting untuk keselamatan mobil modern saat ini adalah Anti-Lock Braking System (ABS). ABS canggih ini dibuat untuk mencegah roda mobil

Tahukah kamu, salah satu fitur penting untuk keselamatan mobil modern saat ini adalah Anti-Lock Braking System (ABS). ABS canggih ini dibuat untuk mencegah roda mobil yang amit-amit terkunci saat pengemudi melakukan pengereman mendadak, terutama di jalan licin atau saat mobil berjalan dengan kecepatan yang tinggi. 

Fitur canggih ABS bisa memungkinkan si pengemudi untuk tetap mengendalikan arah kendaraan, yang tentunya bisa mengurangi risiko kecelakaan.

Sistem ABS bekerja dengan menggunakan sensor yang terhubung ke sistem pengereman dan ditempatkan pada masing-masing roda mobil. Fungsi sensor ini adalah untuk mendeteksi kecepatan putaran roda saat mobil melakukan pengereman. 

Jika sensor tadi menemukan bahwa salah satu roda tadi berhenti berputar lebih cepat daripada yang lain, sistem ABS akan segera mengurangi tekanan rem pada roda tersebut.

Pengurangan tekanan ini terjadi cepet banget, hanya dalam milidetik sobat, sehingga roda dapat berputar meskipun mobil mengerem dengan keras. 

Proses ini terjadi berulang kali sekitar lima belas hingga dua puluh kali per detik, membuat mobil tetap berputar dan tidak terkunci. 

Oleh karena itu, pengemudi dapat mengarahkan kendaraan mereka untuk menghindari rintangan atau bahaya yang ada di depan mereka.

  • Komponen Dari Fitur ABS.

Sistem ABS terdiri dari beberapa komponen utama, seperti:

Sensor Kecepatan: Sensor ini ada di setiap roda. Fitur ini bakalan mengukur kecepatan putaran roda dan kemudian mengirimkan informasi ini ke modul kontrol ABS.

Modul Kontrol Elektronik (ECU): ECU ini punya fungsi sebagai otak sistem ABS, terus menerima data dari sensor kecepatan roda. Nah, kemudian, ECU menganalisis data ini serta mengontrol tekanan rem untuk mencegah roda terkunci.

Katup Pengereman: Kalau katup ini punya peranan untuk mengontrol tekanan cairan rem pada setiap roda. Fitur canggih ini dapat membuka, menutup, atau mengurangi tekanan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh ECU, keren kan?

Pompa Rem: Ketika tekanan pada rem dikurangi untuk mencegah roda terkunci, pompa rem seketika bakal bekerja untuk mengembalikan tekanan ke sistem pengereman agar tetap optimal.

Rekomendasi bengkel mobil Balikpapan no 1 Halobengkel

  • Manfaat ABS.

ABS sangat penting untuk kendaraan karena beberapa alasan. Mulai dari meningkatkan Kendali Kendaraan. ABS mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, terutama di jalan yang sedang licin atau hujan.

Mengurangi Risiko Kecelakaan: ABS memungkinkan pengemudi tetap mengarahkan mobilnya untuk menghindari tabrakan, yang mengurangi risiko tergelincirnya mobil.

Meningkatkan Efektivitas Dari Pengereman: Dalam kondisi jalan tertentu, seperti aspal basah, berpasir, atau bersalju, sistem ini meningkatkan jarak pengereman.

Memberi Kepercayaan Diri pada Pengemudi: ABS secara nggak langsung membuat pengemudi merasa lebih aman, tentu karena mobil akan bertindak lebih cepat dalam situasi darurat.

  • Kekurangan ABS.

Meskipun ABS memiliki banyak keunggulan, pengemudi harus menyadari beberapa kekurangannya.

Kinerja di Jalan Kasar: Karena sistem mendeteksi permukaan yang tidak rata, ABS dapat memperpanjang jarak pengereman dalam situasi tertentu, seperti jalan berbatu atau juga berlumpur.

Biaya Perawatan: Karena komponen dan teknologi ABS yang lebih kompleks daripada sistem pengereman konvensional, perbaikan dan perawatan ABS ini cenderung lebih mahal.

Tidak Menghilangkan Risiko Kecelakaan: Ingat sobat, ABS hanya menurunkan risiko. Kamu harus tetap waspada dan mengemudi dengan hati-hati.

Tips untuk Menggunakan Mobil dengan ABS Agar Tetap Tenang Saat Menginjak Rem. Jika sobat merasakan getaran di pedal rem, jangan panik dan terus injak rem. Getaran ini sangat normal sih karena ABS yang bekerja.

Perhatikan Kondisi Jalannya juga, ABS ini berfungsi dengan baik di jalan beraspal, ya tapi, pengemudi harus tetap berhati-hati di permukaan licin atau lumpur.

Servis Rutin, pastinya dapat memastikan sistem ABS berfungsi dengan baik. Sensor yang kotor atau juga rusak dapat mengganggu kinerja teknologi ABS.

Meskipun ada beberapa keterbatasan, ABS ialah fitur keselamatan penting pada kendaraan modern yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk menjaga supaya roda tidak terkunci saat pengereman mendadak, sehingga kamu tetap dapat mengendalikan mobil. 

Other Post

Related Post