Bedanya Ban Tubeless dan Yang Biasa

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Tahukah kamu kalau ban adalah bagian terluar mobil yang sangat berperan penting untuk mobil. Ban yang akan menyatu dengan aspal panas jalanan, jadi kita perlu

Tahukah kamu kalau ban adalah bagian terluar mobil yang sangat berperan penting untuk mobil. Ban yang akan menyatu dengan aspal panas jalanan, jadi kita perlu tahu gimana caranya mengetahui ban yang baik dan yang tidak.

Bahkan nih sobat, kamu juga harus rutin mengganti ban mobil secara periodik atau secara rutin. Setidaknya 3 tahun ban mobil sudah harus diganti, umur ban yang masih potensial untuk digunakan adalah mulai dari umur 2 sampai 3 tahun.

Ban mobil terdiri dari dua jenis: ban biasa dan ban tubeless. Salah satu perbedaan utama antara keduanya adalah bagian ban. Ban biasa memiliki komponen yang lebih kompleks, seperti ban dalam, pelek, ban luar, flap, dan lock ring, sedangkan ban tubeless hanya memiliki ban dan pelek. 

Selain perbedaan dasar tersebut, ban tubeless juga memiliki lima perbedaan harga lainnya: Jika Anda menggunakan ban tubeless, Anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya, Anda dapat melakukan penambalan sendiri dengan lem saat ban tertusuk paku. Selain itu, Anda hanya perlu mengganti ban saat ban rusak.

Bedanya ban tubeless dan biasa:

  • Perbedaan mendasar.

Perbedaan antara ban biasa dan ban tubeless: Ban biasa terutama terbuat dari karet, tetapi ban tubeless memiliki lapisan fluid sealant yang mempertahankan kerapatan ban dan memungkinkannya tetap kuat saat tertusuk benda tajam. Lapisan fluid sealant ini sangat baik untuk mencegah ban tubeless bocor karena secara otomatis merapatkan bagian ban yang terkena benda tajam.

  • Bedanya daya tahan.

Perbedaan daya tahan ban: Karena anti bocor, ban tubeless dapat digunakan dalam berbagai kondisi jalan. Ban biasa lebih baik meredam getaran karena bantalan ban dalam tambahan, tetapi mereka tidak cocok untuk jalan berbatu. 

Jadi, tentu saja, ban biasa akan lebih nyaman dibandingkan ban tubeless saat melaju di jalan yang tidak baik. Ini adalah perbedaan kenyamanan ban antara ban biasa dan ban tubeless. Jika tekanan udara terlalu tinggi atau ban tubeless terlalu keras, Anda akan merasa tidak nyaman. Namun, ban biasa tetap nyaman.

Jika hujan mengguyur jalanan basah, Anda juga akan melihat perbedaan. Sementara ban biasa lebih kuat dan aman, ban tubeless akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

  • Kemanan dan kenyamanan.

Ban tubeless tidak memiliki ban dalam, jadi jika ban mobil Anda tertusuk benda tajam, Anda hanya perlu mengeluarkannya dan menambal bekas tusukan dengan cairan anti bocor. 

Namun, ban biasa memiliki ban dalam, jadi jika ban dalam tertusuk benda tajam, seperti paku, Anda harus menambalnya terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya lagi. Anda harus mengganti ban dalam dengan yang baru bahkan jika kebocorannya sangat parah.

Itulah beberapa hal yang membedakan ban tubeless dari ban biasa. Setiap ban pasti memiliki kelemahan dan keuntungan. Anda dapat memilih jenis ban yang sesuai dengan preferensi Anda.

Pilih ban yang sesuai jika ingin membeli ban mobil, ingat bukan berarti yang lebih mahal lebih bagus. Meskipun yang lebih mahal punya banyak fitur dan juga keunggulan, tapi kembali lagi, harga ban itu mahal, karena dihitung per satu unit ban.

Anggaplah satu ban harganya 500.000, jadi total 4 ban, biaya yang harus dikeluarkan adalah 2juta rupiah. Mungkin bagi sebagian orang harga ini murah, tapi bagi sebagian yang lainnya adalah mahal.

Pilih ban yang tetap berkualitas namun cari ban yang harganya juga terjangkau dari sisi kantong pribadi kita dan keluarga ya sobat.

Rekomendasi bengkel mobil Balikpapan no 1 Halobengkel

Other Post

Related Post