Kenali SIM A untuk Pengendara Apa dan Tips Mendapatkannya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

SIM A untuk pengendara apa? Mungkin Anda pernah mendengar beragam jenis Surat Izin Mengemudi (SIM) mulai dari tipe A, B, C, atau D. Setiap SIM

SIM A untuk pengendara apa? Mungkin Anda pernah mendengar beragam jenis Surat Izin Mengemudi (SIM) mulai dari tipe A, B, C, atau D. Setiap SIM tersebut punya fungsi dan jenis kendaraan yang berbeda-beda. 

Kali ini, pembahasan akan berfokus pada SIM A yang digunakan pada kendaraan mobil. Penting untuk Anda ingat bahwa dokumen resmi ini bersifat penting karena sebagai tanda bukti kompetensi diri dalam mengendarai kendaraan. 

Berkendara tanpa SIM akan menimbulkan beberapa konsekuensi serius seperti pelanggaran hukum, denda, dan meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh sebab itu, Anda harus mendapatkannya agar bisa melintasi jalanan dengan legal. 

SIM A untuk Pengendara Apa?

Pertama-tama, jawaban dari pertanyaan SIM A untuk kendaraan jenis apa adalah mobil penumpang, mobil bus, dan mobil barang dengan kapasitas maksimal 3.500 kilogram. 

Jika Anda mengendarai salah satu jenis mobil tersebut, berarti Anda harus siap mengurus pembuatan Surat Izin Mengemudi tipe A. 

Setelah itu, Anda perlu memenuhi syarat perpanjangan SIM ketika masa berlakunya sudah habis, sekitar lima tahun. 

Fungsi SIM A tidak lain sebagai bukti perizinan bahwa Anda memang layak dan mampu mengemudikan mobil sesuai aturan yang berlaku. Bahkan peraturan mengenai SIM juga tercantum pada UU pasal 77 ayat 1 no. 22 tahun 2009. 

Jadi, membuat SIM A tidak berarti hanya tentang mematuhi aturan hukum, melainkan juga sebagai jaminan bahwa pengemudi sudah lulus ujian kualifikasi. Dengan demikian, kredibilitas seseorang dapat meningkat di mata orang lain. 

Bagaimana Cara Membuat SIM A?

Rasa penasaran Anda tentang SIM A untuk pengendara apa tentu sudah terjawab. Sekarang, muncul pertanyaan lainnya mengenai prosedur pembuatan SIM A. 

Sama seperti dokumen resmi pada umumnya, ada sejumlah syarat yang mesti Anda patuhi.

  • Mengisi formulir pendaftaran pembuatan SIM.
  • Melampirkan identitas diri seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk.
  • Mengikuti perekaman biometrik untuk mengambil sidik jari atau pengenalan wajah.
  • Melampirkan bukti lulus dari sekolah mengemudi. Bisa dalam bentuk fotokopi sertifikat pendidikan. 
  • Pemohon SIM berada dalam keadaan sehat jasmani rohani dan tidak buta warna. 
  • Melampirkan bukti pembayaran PNBP atau Penerimaan Negara Bukan Pajak. 

Itulah beberapa syarat buat SIM A yang bisa Anda perhatikan. Sebenarnya, prosedur pembuatan SIM tidaklah sulit selama Anda punya dokumen administrasi yang lengkap dan kemampuan diri untuk mengikuti ujian teori maupun praktik. 

Tips Mendapatkan SIM A

Kepemilikan SIM untuk pengendara mobil pribadi bersifat wajib. Mau tidak mau Anda harus mengurusnya jika tidak ingin ditilang polisi saat berkendara. Ikuti tips mendapat SIM A berikut yang bisa coba Anda terapkan supaya lolos ujian. 

1. Mempersiapkan Persyaratan dengan Lengkap

Salah satu cara meningkatkan peluang agar lolos mendapat SIM A, yakni mempersiapkan seluruh persyaratan dengan lengkap. Tanpa dokumen yang lengkap, Anda tidak bisa lulus ujian SIM dengan mudah. 

Maka dari itu, pastikan proses administrasi tidak ada yang bermasalah. Lengkapi semua dokumen yang diminta seperti fotokopi KTP, pas foto, bukti pembayaran, dan lain sebagainya. 

2. Belajar Materi Ujian

Seperti yang sudah Anda tahu SIM A untuk pengendara apa, tips berikutnya adalah mendalami pengetahuan terkait materi ujian. Sekarang ini Anda sudah tidak perlu bingung lagi mencari materi ujian teori maupun praktik SIM A. 

Pasalnya, Korlantas Polri sudah membuatkan modul berupa buku panduan untuk ujian teori SIM A. Anda bisa mengunduh modul tersebut melalui situs web resmi mereka dan mempelajarinya sampai tuntas. 

Selain ujian teori, ada ujian praktik yang mesti Anda hadapi pula. Beberapa materi praktik SIM A antara lain uji zigzag, uji parkir paralel dan seri, mengemudi di tanjakan dan turunan, dan lain sebagainya. 

3. Mengikuti Kursus Mengemudi

Mendapatkan SIM untuk pengendara mobil bukanlah hal yang mudah. Itulah sebabnya Anda dapat mengikuti kelas atau kursus mengemudi agar mendapat bimbingan dari mentor berpengalaman. 

Umumnya, kursus mengemudi akan memberikan pelatihan intensif untuk pengemudi pemula yang ingin loos ujian teori dan praktik. Selain itu, mengikuti kursus mengemudi akan memberikan Anda pengalaman mengemudi langsung. 

Dengan begitu, saat mengikuti ujian SIM nantinya Anda sudah mempunyai bekal yang cukup untuk menjawab dan menunjukkan hasil dari kursus.

4. Menjaga Kondisi Tubuh 

Hal yang tidak kalah penting saat membuat SIM A yakni menjaga kondisi tubuh agar selalu prima. Pasalnya, Anda akan kesulitan mengerjakan ujian dengan kondisi tubuh yang kurang fit. 

Sebelum melakukan ujian, pastikan Anda sudah beristirahat dengan cukup. Jangan terlalu berlebihan memikirkan ujian karena bisa berdampak pada mental Anda. 

Kondisi tubuh yang sehat baik dari segi fisik maupun mental adalah kunci dari keberhasilan ujian SIM. 

Jadi, itulah penjelasan mengenai SIM A untuk pengendara apa beserta tips mendapatkannya. Dapatkan izin mengemudi mobil agar Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman. 

Jika suatu saat terjadi insiden yang tidak menyenangkan seperti kehilangan SIM, cara mengurus SIM hilang adalah dengan membuat surat kehilangan di kepolisian. Setelah itu, ikuti tiap prosedurnya untuk mendapatkan kembali SIM Anda.

Other Post

Related Post