5 Tips Belajar Mobil Manual untuk Wanita, Pasti Lancar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Dewasa ini, sudah banyak wanita yang ingin mengemudi mobil, khususnya bertransmisi manual. Apakah Anda jadi salah satunya? Jika ya, terdapat beberapa tips belajar mobil manual

Dewasa ini, sudah banyak wanita yang ingin mengemudi mobil, khususnya bertransmisi manual. Apakah Anda jadi salah satunya? Jika ya, terdapat beberapa tips belajar mobil manual untuk wanita yang terjamin akan memperlancar pengalaman Anda.

Tentunya, mobil manual sangat disarankan untuk pemula yang baru mempelajari mengendarai mobil, tak terkecuali wanita. Pada dasarnya, mobil manual akan membantu Anda untuk memahami kontrol baik pada mobil secara tepat.

Akan tetapi, masih banyak anggapan bahwa mobil bertransmisi manual lebih sulit. Banyak, terutama wanita, yang memulai belajar dengan mobil matic. Tidak perlu khawatir, dengan menerapkan tips berikut, Anda dapat mengemudi secara aman.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tips belajar nyetir mobil untuk wanita, khususnya mobil bertransmisi manual. Dengan begitu, Anda bisa terbantu agar mengemudi mobil lebih mulus.

Berapa Lama Waktu Belajar Menyetir bagi Pemula?

Pertanyaan pertama, berapa lama waktu belajar menyetir, apalagi untuk pemula? Tentunya, terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi lama belajar, misalnya keterampilan motorik, kondisi jalan, dan kewaspadaan.

Secara rata-rata, pemula yang belajar dari nol biasanya mampu menguasai keahlian menyetir mobil kurang lebih 30-40 jam pelajaran di jalan raya. Akan tetapi, pemula harus mengetahui berbagai dasar mengemudi.

Sebenarnya terdapat dua metode untuk belajar mengemudi. Pertama, Anda bisa belajar bersama kerabat atau anggota keluarga terdekat.

Lebih baik lagi, Anda bisa bergabung dengan sekolah mengemudi. Di sana, Anda akan didampingi oleh instruktur. Instruktur tersebut lebih ahli dalam menyampaikan beberapa hal dasar seperti teori menyetir, peraturan lalu lintas, dan keterampilan berbelok.

Selanjutnya, Anda wajib mengambil ujian teori dan praktik dari kepolisian setempat demi mendapatkan SIM. Setelah mendapatkan SIM, Anda bisa mulai menyetir mobil secara mandiri di jalan raya.

Baik saat belajar bersama instruktur atau mulai mengemudi sendiri, Anda juga bisa menerapkan cara melatih feeling mengemudi mobil. Nantinya, Anda akan merasa nyaman dan aman ketika berada di jalan raya membawa mobil.

Tips Belajar Mobil Manual untuk Wanita

Jadi, apa saja tips agar memperlancar belajar mobil manual untuk wanita? Terdapat lima tips berikut yang bisa Anda terapkan:

1. Meminta Bantuan pada Ahlinya

Tips pertama mungkin terlihat sepele, tetapi sangat penting. Anda wajib meminta bantuan pada ahlinya, baik kerabat atau instruktur dari sekolah mengemudi. Benar, Anda lebih baik tidak belajar mobil manual sendirian.

Tips belajar mobil manual bagi pemula ini akan melibatkan instruktur yang membantu Anda untuk memberikan tanggapan tepat. Selain itu, mereka juga bisa memberikan tips yang bisa membantu untuk belajar mobil manual.

Alangkah lebih baik lagi jika Anda berlatih bersama instruktur dari sekolah mengemudi. Sebab, mereka akan membantu mengurangi kegugupan Anda sehingga mengurangi peluang terjadinya banyak kesalahan.

2. Atur Posisi Duduk Senyaman Mungkin

tips belajar mobil manual untuk wanita

Tips belajar mobil manual juga memang sepele, tetapi sering terabaikan, yakni mengatur posisi duduk. Lebih penting lagi, pengemudi wajib mencapai pedal gas, rem, dan kopling, serta roda kemudi dengan mudah.

Tidak hanya itu, posisi kursi sopir yang sesuai akan memudahkan Anda melihat jalanan secara jelas. Dengan begitu, Anda bisa merespon dengan tepat terhadap segala situasi dan mengurangi risiko kecelakaan.

Inilah mengapa posisi duduk yang nyaman akan membantu Anda agar tetap berkonsentrasi selama berkendara. Lebih penting lagi, pastikan agar tidak mengenakan high heels demi kenyamanan berkendara.

3. Mengenali Teknik Kopling dan Penggunaan Gigi

Mobil manual memang memiliki kopling dan juga gigi sebagai ciri khasnya. Untuk itu, Anda wajib memiliki kemampuan mengoperasikan kopling dengan baik. Pasalnya, kopling sangat penting peranannya dalam pengoperasian mobil.

Dasarnya, injak pedal kopling secara perlahan hingga merasakan titik bite. Jangan terburu-buru melepasnya agar tidak membuat mesin mati. Ketika mulai melepaskannya, Anda bisa melatih menginjak pedal gas secara perlahan agar mobil dapat maju.

Jika teknik kopling ini sudah dikuasai, Anda bisa mengubah gigi dengan tepat. Begitu pula dengan memulai pergerakan dari posisi diam.

4. Belajar di Jalan Menanjak

Tips belajar mobil manual untuk wanita selanjutnya adalah belajar di jalan menanjak. Otomatis, ini adalah momen pengujian apakah teknik penggunaan kopling dan gas sudah sangat baik sekaligus meningkatkannya.

Anda membutuhkan kesabaran dan keterampilan lebih tinggi karena perlu mengatur gas, rem, dan kopling dengan tepat. Jika tidak, mobil akan mudah tergelincir.

Bagi yang belum begitu berani, Anda bisa mencobanya di jalan tanjakan tidak terlalu curam. Kemudian, Anda bisa menerapkan cara mengemudi mobil manual di tanjakan yang lebih curam.

5. Berlatih di Jalan yang Lebih Tenang

Cara belajar mobil manual untuk pemula terakhir adalah berlatih di jalan yang lebih tenang. Sebagai permulaan, Anda lebih baik berlatih di jalanan yang lebih tenang dan tidak terlalu padat, apalagi jika mengemudi mobil pertama kali.

Contoh jalan yang tidak terlalu padat di antaranya komplek perumahan atau lapangan. Tempat tersebut dapat membuat Anda leluasa dalam pembelajaran mobil manual secara mulus.

Jika sudah lancar, coba untuk memulai mengemudi di jalan raya. Selanjutnya, Anda mungkin harus melewati jalan tol untuk perjalanan jarak jauh. Untuk itu, jangan lupa untuk pahami tips mengemudi di jalan tol.

Itulah lima tips belajar mobil manual untuk wanita. Pada akhirnya, pembelajaran dengan kesabaran dan ketekunan akan membantu Anda memperbaiki keterampilan berkendara Anda. Lambat laun, semakin terbiasa, semakin baik dan lancar Anda dalam menyetir.

Jika belum memiliki mobil dan budget masih terbatas, ada CarsGallery yang dapat membantu Anda. Kami menyediakan mobil bekas yang sudah tersertifikasi dan terjamin kualitas masih sangat baik tanpa zonk.

Kunjungi Carsgallery sekarang juga untuk melakukan jual beli mobil bekas!

 



Other Post

Related Post