10 City Car Terbaik: Irit BBM, Bandel, dan Harga Terjangkau!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mampu bergerak lincah karena ukurannya yang kompak, city car terbaik yang ada di sini selalu jadi pilihan masyarakat perkotaan demi mendukung mobilitas harian. Tak hanya

Mampu bergerak lincah karena ukurannya yang kompak, city car terbaik yang ada di sini selalu jadi pilihan masyarakat perkotaan demi mendukung mobilitas harian.

Tak hanya karena kelincahan dan dimensi yang mungil, city car sering jadi pilihan karena harga yang tak terlalu tinggi sekaligus lebih hemat bahan bakar. 

Pun soal perawatan tidak terlalu rumit seperti jenis mobil lainnya. Menariknya, cukup banyak yang berminat juga karena desain yang stylish dan cocok untuk hampir semua kalangan. 

Maka dari itu, tak mengherankan jika peminat city car begitu tinggi khususnya masyarakat yang berada di area perkotaan. 

Butuh City Car Terbaik? Ini Rekomendasinya!

Demi memenuhi kebutuhan mobilitas harian di wilayah perkotaan, maka Anda butuh city car yang bandel, irit, sekaligus memberikan kenyamanan. Apa saja city car paling irit dan bandel terbaik buat Anda? Rekomendasinya di sini: 

1. Honda Brio Satya

Pertama, ada Honda Brio Satya yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari di area perkotaan. 

Punya body yang mungil, membuat Brio menjadi mobil lincah di jalanan yang macet. Tenaganya juga lumayan karena mesinnya 1.200 cc dengan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm. 

Apalagi, mobil LCGC populer satu ini memang sangat irit bahan bakar. Pasalnya, Anda bisa menempuh jarak sampai 30,1 km dengan 1 liter bahan bakar. 

Maka dari itu, tak heran cukup banyak masyarakat Indonesia yang meminang city car terbaik satu ini. 

Selain irit, dari segi desain pun begitu cocok utamanya bagi anak muda. Apalagi soal kenyamanan. Honda Brio Satya punya fitur yang cukup ampuh untuk meredam getaran. 

Mengenai harganya, untuk keluaran terbaru di kisaran Rp160 jutaan. Sedangkan untuk harga mobil bekasnya sekitar Rp120 – Rp130 jutaan. Terjangkau, bukan? 

2. Toyota Agya

Anda mungkin sudah begitu familiar dengan mobil city car murah ini. Di jalanan perkotaan sudah pasti ada banyak yang mengemudikannya. 

Masuk ke dalam segmen LCGC, tentu Toyota Agya punya dimensi kompak plus fitur yang cukup mumpuni untuk mobil keseharian. 

Tampilannya memang tak lebih baik daripada Brio, tapi ragam warna yang tersedia menjadikannya mampu membuat banyak konsumen menjadi peminat LCGC satu ini. 

Kalau mesin, tersedia dengan kapasitas 1.0L dan 1.2L. Sudah ada fitur keselamatan yang mumpuni, Toyota Agya bisa jadi pilihan untuk mobil yang bisa Anda bawa di keseharian. 

Mobil ini pun termasuk murah karena mobil bekasnya, sudah bisa Anda bawa pulang dengan budget Rp90 jutaan – Rp100 jutaan saja. 

3. Suzuki Ignis

Salah satu city car terbaik di Indonesia yang patut jadi pertimbangan adalah Suzuki Ignis. Mobil yang kabarnya sudah tersuntik mati ini punya desain yang simpel, tapi tetap begitu menarik. 

Modelnya yang kecil tak membuat mobil satu ini terlihat seperti city car pada umumnya. Sudah ada mesin 1197 cc, maka untuk kebutuhan perkotaan sudah begitu cukup. 

Apalagi, Suzuki Ignis termasuk mobil yang irit. Hanya dengan penggunaan 1 liter bahan bakar, Anda sudah bisa menempuh jarak sampai 22,3 kilometer. 

Mengenai stok barunya, mungkin sudah tak tersedia. Tapi, Anda masih bisa memperoleh unit mobil bekasnya dengan rentang harga Rp140 jutaan. Bisa jadi opsi city car terbaik untuk Anda pertimbangkan!

4. Sirion

city car terbaik

Kami juga merekomendasikan Anda untuk mempertimbangkan Sirion. Mobil satu ini, telah memperoleh kategori city car terbaik buat kalangan Gen Z pada ajang Marketeers Youth Choice Brands tahun 2020. 

Pemilihan tersebut berdasarkan pada total responden berusia 18 – 25 tahun yang banyak memilih Sirion sebagai opsi mobil terbaiknya. 

Mengemudi bisa jadi lebih nyaman karena di bagian kemudi, desainnya punya injeksi auto speed sensing. 

Jadi, meski kondisi cuaca apapun, semua fungsi wiper dan lampu masih mudah untuk Anda atur. 

Soal irit, masih mobil city car terbaik satu ini masih jadi salah satu jagoan dari sekian banyak city car. Pasalnya, Anda bisa menempuh jarak 20km dengan 1 liter bahan bakar saja di kecepatan rata-rata 90km per jam. 

5. Daihatsu Ayla

Mobil satu ini pertama kali muncul tahun 2013 dan tergolong sebagai city car segmen LCGC. Ada dua tipe mesin yang bisa Anda pilih. 

Jika ingin lebih irit, maka pilihan mesin 1.000 cc adalah yang terbaik. Tapi, mesin 1.200 cc sangat tepat buat Anda yang mau mobil powerfull dan cukup komplit. 

Teknologi D-CVT Transmission yang ada di dalamnya membuat Daihatsu Ayla jadi lebih halus dan responsif ketika Anda mengganti transmisi. 

Selain itu, dalam keluaran terbaru sudah ada Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang membuatnya lebih stabil, nyaman, dan performanya lebih baik dari versi Daihatsu Ayla keluaran tahun-tahun sebelumnya. 

Soal harga, masih tak terlampau mahal untuk kategori city car terbaik. Anda bisa bawa pulang Daihatsu Ayla baru dengan budget Rp137 jutaan – Rp193 jutaan OTR Jakarta. 

6. Toyota Yaris

Salah satu city car terbaik Indonesia yang sejak awal kemunculannya jadi andalan Toyota adalah Yaris. Mobil ini memang begitu populer di kalangan anak muda terutama karena desainnya yang sporty dan dinamis. 

Apalagi, sekarang sudah tersedia tipe Gazoo Racing (GR) yang membuat tampilannya tambah gahar daripada versi biasa. 

Kapasitas mesinnya pun cukup powerfull yakni 1.500 cc. Jadi, tak hanya cocok buat area perkotaan. Tapi juga cukup baik untuk berkendara jarak jauh. 

Soal penggunaan bahan bakar, penggunaan 1 liternya bisa 13,6 km. Jadi, masih tergolong irit dan tepat menjadi mobil harian. 

Secara umum ada dua tipe: G dan TRD. Tak banyak bedanya, tapi hanya di bagian fog lamp. Paling menarik adalah soal harga. 

Jika dulu masih tergolong mahal, sekarang mobil bekas Toyota Yaris sudah bisa Anda dapatkan di kisaran Rp100 jutaan. Buat pekerja di perkotaan, sudah tentu bukan range harga yang terlampau tinggi. 

7. Suzuki Baleno

Mungkin banyak yang melupakan city car terbaik dan murah dari Suzuki satu ini. Baleno, sejak 2019 lalu bukan lagi mobil sedan seperti yang selama kini kita kenal. 

Tapi, sekarang sudah menjadi Completed Hatchback. Meskipun berjenis hatchback, tapi banyak juga yang masih menjadikannya sebagai mobil commuting area perkotaan. 

Bisa lima penumpang, tangki cukup besar, plus penggunaan yang irit, menjadikan kami merekomendasikan mobil keluaran Suzuki satu ini. 

Per liter bahan bakar, Anda bisa menempuh jarak sampai 22,17 km. Itupun sudah di jalanan kota dan bukan di jalanan tol dengan kecepatan stabil. 

Soal harga pun tak jauh berbeda dengan city car yang lain, yakni di kisaran Rp150 jutaan. 

8. Mazda 2

city car terbaik

Kalau masih anak muda, susah menolak desain apik dari Mazda 2. Tampilannya oke, desainnya elegan, dan soal performance memang beneran bikin nyaman. 

Kapasitas mesinnya sudah 1.500 cc, jadi masih cocok buat yang mau mobil bandel dan bertenaga. 

Handlingnya pun kuat plus interior design yang akan membuat Anda begitu nyaman untuk mengemudikannya. 

Soal harga, memang lebih mahal daripada sejumlah city car terbaik yang kami rekomendasikan di sini. Harga bekasnya saja sudah di kisaran Rp170 jutaan. 

9. Honda Jazz

Baiknya tidak melupakan keluaran Honda city car satu ini. Peminatnya banyak meski kini sudah tak lagi produksi. 

Meski sudah stop produksinya, Anda masih tetap bisa mendapatkan unit mobil bekasnya yang sudah pasti banyak tersedia di pasaran. Banyak yang cari, stoknya pun lumayan tinggi. 

Memang, Jazz menawarkan tampilan yang begitu menawan. Simple, kompak, tapi masih elegan. 

Mobil satu ini memang terkenal dari segi responsivitasnya yang lebih baik daripada city car yang umum tersedia. 

Soal konsumsi bahan bakar, sudah pasti irit karena ada sistem injeksi EFI. Soal harga, kini tak lagi begitu mahal. Buat keluaran tahun 2016 – 2019, harganya di kisaran Rp110 jutaan – Rp160 jutaan. Tak begitu mahal, kan? 

10. Suzuki Karimun 2005

Jika Anda punya budget Rp50 jutaan, ada Suzuki Karimun 2005 buat pilihan. Mobil ini termasuk city car murah dibawah 50 juta dan sampai sekarang masih cukup populer. 

Tentu saja populer karena kelebihan yang ia miliki. Misalnya saja, kabinnya lapang, masih stabil meskipun kecepatan tinggi, cukup irit, dan paling penting perawatannya mudah karena sparepartnya bisa substitusi dari mobil lain. 

Memang, kalau sudah mobil tahun 2005 desainnya sudah ketinggalan zaman. Tapi, kalau untuk pemanfaatan sehari-hari mobil ini sudah lebih dari cukup. 

Mengapa Harus City Car yang Kami Rekomendasikan? 

City car sudah menjadi semacam sweet spot atau pilihan ternyaman untuk mobil harian. Hal ini tentu karena cukup banyak kelebihan city car yang bisa Anda peroleh. Misalnya: 

1. Handling Enteng

Pertama, dengan city car terbaik yang sudah kami rekomendasikan sudah pasti punya handling yang enteng alias tak berat waktu di jalanan. 

Kadang kalau mobil bertipe SUV dan MPV masih tergolong berat untuk urusan kemudinya. Beda dengan city car yang memang mengutamakan kemudahan dalam mengemudi. 

2. Mudah Melibas Macetnya Perkotaan

city car terbaik

Sudah jadi rahasia umum jika di area perkotaan itu jalanannya begitu padat dan bahkan sering macet. 

City car tak peduli dengan itu semua. Lantaran desainnya yang begitu kompak, sudah pasti jenis mobil ini sangat tepat buat area perkotaan. 

Jadi, Anda tak perlu lagi pusing jika menghadapi padatnya jalan. Kalaupun harus lewat jalan kecil seperti gang sempit, juga tak jadi masalah besar karena desainnya yang tak terlalu bongsor. 

3. Irit Bahan Bakar

Alasan terkuat mengapa harus city car yang sudah kami rekomendasikan adalah dari segi penggunaan bahan bakar. 

Soalnya city car ini punya mesin yang tak terlalu besar, akhirnya membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien. 

Umumnya ada di sekitar 1.000 cc – 1.500 cc yang tentu lebih kecil dari mobil bertipe SUV dan MPV. Jelas, jauh lebih irit dari jenis mobil mesin berkapasitas tinggi lainnya. 

4. Harga Masuk Akal

Mau Anda beli city car yang baru sekalipun, Anda tak akan terlalu merasa keberatan karena harganya memang sangat masuk akal. 

Umumnya, city car tak akan lewat dari harga Rp200 jutaan. Banyak yang tersedia di bawah rentang harga tersebut. 

Tak hanya cocok buat harian, tapi dengan harga tersebut, city car masih sangat tepat untuk penggunaan keluarga kecil daripada MPV. 

Apalagi jika Anda beli mobil bekasnya, sudah tentu harganya jauh lebih murah dan Anda bisa menghemat cukup banyak pengeluaran. 

Dapatkan Unit Mobil Bekas Terbaik dari Platform Terpercaya

Kini, sudah banyak platform jual beli mobil bekas yang bahkan melayani pembelian secara online. 

Sebaiknya pilih CarsGallery yang telah menjadi platform terpercaya untuk urusan jual-beli mobil bekas. 

Mobilnya dipastikan dalam keadaan prima, sudah lolos inspeksi, plus masih dapat garansi. Mau beli mobil bekas? CarsGallery solusinya!

FAQ

Kenapa harus city car? 

Irit, bandel, dan harganya terjangkau. 

Apakah SUV dan MPV tidak bisa jadi city car? 

Bisa, tapi susah untuk berkendara di jalanan macet dan boros bahan bakar. 

Berapa harga city car? 

Kalau beli bekas maupun baru, semuanya ada di bawah Rp200 jutaan.



Other Post

Related Post