Komponen dan Manfaat Melakukan Servis Pertama Mobil Baru

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Banyak orang yang sering mengabaikan pentingnya servis pertama mobil baru. Alasannya juga beragam, ada yang lupa atau merasa bahwa servis tersebut tidak terlalu penting. Padahal,

Banyak orang yang sering mengabaikan pentingnya servis pertama mobil baru. Alasannya juga beragam, ada yang lupa atau merasa bahwa servis tersebut tidak terlalu penting. 

Padahal, perawatan pertama untuk kendaraan baru merupakan langkah yang sangat krusial untuk menjaga performa dan kesehatan seluruh komponen mobil. Jika Anda abaikan, maka dalam jangka panjang akan berdampak kurang baik untuk mobil. 

Lantas, apa saja komponen yang harus diperiksa pada servis pertama mobil baru itu? Kapan dan berapa biaya yang harus pemilik mobil siapkan? 

Waktu Servis Pertama Mobil Baru 

Servis pertama mobil baru adalah suatu layanan untuk merawat mobil baru dari dealer atau bengkel resmi. Layanan ini umumnya akan pemilik mobil dapatkan setelah membeli sebuah unit mobil baru. 

Nantinya pada layanan ini, para teknisi akan melakukan pengecekan dan perawatan standar untuk berbagai komponen mesin mobil. Lalu, kapan servis pertama mobil baru itu bisa dilakukan?

Jawabannya adalah pada 1 bulan pertama atau ketika mobil sudah menempuh jarak sekitar 1.000 km. Apabila dalam 1 bulan Anda belum mencapai jarak tempuh 1.000 km pun, sebaiknya tetap lakukan servis. 

Karena hal ini bertujuan untuk memastikan setiap komponen mesin berjalan dengan baik. Baru setelah servis pertama selesai, Anda bisa melanjutkan servis berkala mobil sesuai dengan jarak tempuh yang sudah Anda capai. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Baret Halus di Bodi Mobil

Biaya Servis Pertama Mobil Baru 

Ketika mobil masih baru, umumnya memang mobil belum pemilik gunakan untuk perjalanan yang jauh ataupun menantang. Kebanyakan hanya untuk pemakaian harian, liburan, atau kebutuhan untuk mobilitas yang tidak terlalu jauh saja. 

Untuk biaya nya sendiri, kebanyakan Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis. Sebab, banyak bengkel resmi yang memasukkan servis pertama mobil baru ke dalam cakupan garansi mereka. 

Oleh karena itu, ketika masih servis pertama, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Akan tetapi, hal ini bisa saja berbeda tergantung dari brand dan kebijakan garansi dari bengkel resmi Anda. 

Agar lebih jelas, Anda bisa langsung menanyakan seputar biaya servis pertama tersebut langsung ke petugas atau customer service bengkel resmi yang bersangkutan. 

Komponen yang Diperiksa saat Servis Mobil Baru Pertama Kali

Pada saat servis pertama mobil baru ada beberapa komponen mobil yang akan menjadi perhatian para teknisi, seperti:

1. Busi 

Pertama, teknisi akan mengecek kondisi kabel busi mobil. Ini sangat penting untuk melihat apakah ada kerusakan pada kabel tersebut. Jika ada kerusakan, maka teknisi akan segera menggantinya. 

Kabel busi yang rusak bisa mempengaruhi kondisi mesin dan membuatnya jadi tidak stabil, bahkan sulit hidup. 

2. Rem 

Kemudian, teknisi akan memeriksa apakah ada kerusakan pada rem yang membuatnya aus atau kurang responsif. Ini sangat penting untuk memastikan keamanan ketika berkendara. 

3. Oli 

service pertama mobil baru

Saat servis pertama mobil baru, teknisi akan menambahkan oli mesin. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja mesin karena umumnya oli mesin di mobil baru lebih encer daripada oli yang pabrik rekomendasikan. 

4. Transmisi 

Ketika transmisi mobil tidak bekerja secara maksimal, maka efisiensi bahan bakar bisa terpengaruh. Oleh karena itu, teknisi umumnya akan langsung memeriksa transmisi pada servis pertama mobil baru untuk melihat performanya. 

5. Filter Udara 

Salah satu alasan yang juga bisa menurunkan efisiensi bahan bakar adalah filter udara yang rusak atau kotor. Inilah yang membuat para teknisi akan segera mengecek filter ketika servis pertama untuk mencegah hal tersebut terjadi. 

6. Kelistrikan 

Komponen servis mobil lainnya yang juga tidak kalah penting adalah kelistrikan. Saat sistem kelistrikan pada mobil mengalami kerusakan atau ada penurunan kinerja, maka sistem secara keseluruhan pun akan terganggu. 

Beberapa komponen krusial seperti lampu, audio, bahkan hingga AC bisa saja mengalami masalah karena hal ini. Oleh karena itu, umumnya para teknisi akan segera memeriksa kelistrikan pada mobil baru ketika servis.

Tujuannya adalah untuk mencari tahu dan memeriksa apakah ada penurunan kinerja atau kerusakan. Mereka pun akan segera mengganti atau memperbaikinya jika memang perlu. 

Baca Juga: Service Berkala Mobil: Manfaat, Jadwal Ideal, dan Bagiannya

Manfaat Perawatan Pertama untuk Mobil Baru 

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan servis untuk mobil baru. Inilah berbagai manfaat tersebut:

1. Menjaga Efisiensi Bahan Bakar 

Bagi sebuah mobil, efisiensi bahan bakar adalah hal yang sangat penting. Nah, konsumsi bahan bakar baru akan efisien jika seluruh komponen mesin mobil bekerja dengan baik dan optimal. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu melakukan servis mobil secara berkala agar bisa melihat kondisi mesin. Jika kerusakan sekecil apapun segera teratasi, bahan bakar bisa senantiasa efisien. 

2. Menjaga Performa Mesin Mobil 

Manfaat servis pertama mobil baru adalah untuk menjaga kualitas performa mesin. Karena ketika mendapatkan pengecekan dan perawatan secara berkala, filter, oli, busi, atau komponen lain yang rusak akan diganti. 

Inilah yang kemudian akan membuat kinerja mesin mobil akan selalu berada pada kondisi yang maksimal. Akan tetapi, tentu untuk mobil baru pada tahap servis awal umumnya teknisi hanya akan melakukan evaluasi saja. 

Tujuannya adalah untuk melihat apakah ada komponen yang memang mengalami penurunan kinerja atau sebagainya. 

3. Garansi 

Selanjutnya, untuk mobil baru servis pertama umumnya akan termasuk dalam layanan garansi yang bengkel resmi atau produsen mobil berikan. Karena menjadi syarat utama, inilah yang membuat Anda harus melakukan servis. 

Lebih dari itu, dalam jangka panjang manfaat servis berkala mobil juga akan memberikan dampak besar untuk menjaga atau bahkan meningkatkan nilai jual mobil. Karena mesin yang terjaga menandakan bahwa performa mobil juga baik. 

Selain itu, pembeli juga akan cenderung lebih menyukai mobil dengan kondisi mesin yang baik dan terjaga. Tidak hanya mesin, tapi juga komponen lain seperti interior, eksterior, dan juga transmisi. 

Baca Juga: Jangka Waktu Service Mobil Ideal, Berapa Bulan Sekali?

Jangan Sampai Melewatkan Servis! 

Servis pertama mobil baru memang penting sebagai pondasi awal untuk memastikan kinerja mesin senantiasa berjalan baik. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melewatkan servis ini. 

Selain itu, sebaiknya belilah mobil di tempat yang memang menawarkan kualitas dan pelayanan after sales yang bagus. Rekomendasi terbaik yang bisa Anda dapatkan dalam hal ini adalah CarsGallery.co.id. 

CarsGallery merupakan platform jual beli mobil bekas berkualitas yang lengkap dengan garansi. Setiap unitnya kami pastikan memiliki kondisi yang bagus dan siap pakai. 

Tidak hanya mobil bekas, CarsGallery juga menawarkan mobil baru dari berbagai brand. Di CarsGallery Anda bisa mendapatkan mobil impian terbaik dengan dukungan bengkel yang sama berkualitasnya. 

Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi CarsGallery sekarang juga!

FAQ 

Perawatan pertama di KM berapa?

Umumnya bagi kendaraan, servis pertama bisa Anda lakukan di 1 bulan pertama atau ketika mobil sudah menempuh jarak sekitar 1.000 km. Apabila dalam 1 bulan Anda belum mencapai jarak tempuh 1.000 km pun, sebaiknya tetap lakukan servis. 

Apakah perawatan pada 1.000 km bayar?

Biasanya servis pertama ini tidak memerlukan biaya apapun alias gratis karena masih termasuk pada cakupan garansi. 

Apakah harus langsung ganti oli?

Ya. Umumnya teknisi akan menambahkan atau mengganti oli saat servis pertama untuk mobil baru.



Other Post

Related Post