3 Cara Beli Mobil Bekas Luar Negeri dan Syaratnya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Bicara soal selera, bagi penggemar mobil impor bisa jadi model yang tersedia di tanah air masih kurang memuaskan. Maka dari itu, banyak yang berpikiran untuk

Bicara soal selera, bagi penggemar mobil impor bisa jadi model yang tersedia di tanah air masih kurang memuaskan. Maka dari itu, banyak yang berpikiran untuk beli mobil bekas luar negeri.

Namun, prosedur untuk mendatangkan mobil dari luar negeri terbilang cukup rumit. Anda juga perlu mengurus birokrasi bea cukai yang kadang prosesnya berbelit. 

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa membeli mobil incaran dari luar negeri. Mari kenali prosedur dan syarat yang perlu Anda lalui.

Cara Beli Mobil Bekas Luar Negeri

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan mobil bekas dari luar negeri. Berikut penjelasannya:

1. Beli Melalui Prosedur Impor Mobil

Untuk mendatangkan mobil bekas dari luar negeri, terdapat beberapa ketentuan hukum yang wajib Anda patuhi. 

Dasar hukum terkait hal tersebut termuat dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 Tahun 2016 tentang Kriteria Teknis Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru.

Maksud barang modal dalam peraturan ini adalah barang yang digunakan sebagai modal usaha atau untuk keperluan produksi. Jenisnya bisa meliputi alat transportasi, industri elektronik, dan permesinan.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa berdasarkan peraturan tersebut, pemerintah hanya memberikan izin untuk impor mobil bekas yang ditujukan sebagai modal usaha. Dengan kata lain, izin tersebut tidak berlaku untuk tujuan penggunaan pribadi.

Selain itu, peraturan yang berlaku juga melarang impor mobil bekas secara utuh. Oleh karenanya, para pedagang menyiasati dengan membongkar mobil terlebih dahulu sehingga termasuk kategori spare part.

Jadi, solusi Anda yaitu dengan membeli dari penjual yang mendatangkan mobil impor. Jika ingin mendapatkan harga miring, maka Anda bisa menunggu waktu terbaik beli mobil bekas.

2. Beli Mobil Bekas dari Kedutaan Asing

Kedutaan asing sering kali menggunakan mobil yang berasal dari negara mereka dan tidak beredar di pasar Indonesia. 

Perwakilan Negara Asing dan Badan Internasional bisa mengimpor mobil tanpa dikenai bea masuk.  Namun, jika mobil pindah tangan ke masyarakat sipil maka penerima harus membayar pelunasan pajak impor dan bea masuk.

Adapun bea masuk tersebut meliputi PPnBM, PPh Pasal 22, dan PPN. 

Kemudian, terdapat tarif penyesuaian sebesar 48,48% dari harga mobil. Sementara itu, besar tarif bea masuk adalah 50% dari tarif penyesuaian.

Meskipun terdapat kewajiban membayar berbagai tarif tersebut, beli mobil bekas dari luar negeri dari Kedutaan Asing bisa menjadi solusi untuk mendapatkan kendaraan impian dengan harga lebih terjangkau.

Mengingat mobil sudah terpakai sebelumnya, ada baiknya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Termasuk memastikan kondisi dan kilometer mobil bekas.

3. Beli Mobil di Zona Bebas

Cara beli mobil bekas dari luar negeri selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu membeli dari Zona Bebas, meliputi Sabang, Batam, dan Papua.

Zona Bebas (Bonded Zone) memungkinkan Anda mendatangkan barang dari luar negeri tanpa harus membayar bea cukai. Namun, mobil yang Anda beli dari zona bebas tidak boleh keluar dari wilayah tersebut.

Apabila ingin membawa mobil keluar wilayah zona bebas, maka terdapat beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi. Syaratnya meliputi mengurus surat jalan, melunasi pajak PPN, dan memastikan kelengkapan dan kevalidan surat kendaraan.

Meskipun proses mutasi perlu sedikit usaha, transaksi beli mobil bekas dari zona bebas relatif lebih mudah daripada mengimpor langsung.

Itulah beberapa cara beli mobil bekas luar negeri yang bisa Anda tempuh. Jika tidak ingin repot mengurusi proses birokrasi, maka Anda bisa membeli mobil impor dari penjual atau dealer terpercaya.

CarsGallery memungkinkan Anda mengecek stok unit tersedia dari berbagai dealer di seluruh Indonesia. Mobil bekas dari CarsGallery juga memiliki sertifikasi dari jasa inspeksi berpengalaman.

Segera temukan mobil bekas berkualitas dengan harga terbaik dari CarsGallery.

Other Post

Related Post