Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Pick Up Sebelum Beli!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Pick up adalah mobil dengan kapasitas muatan besar untuk mengangkut barang dalam jumlah banyak. Bagi Anda yang ingin membelinya sebagai kendaraan pribadi atau bisnis, perlu

Pick up adalah mobil dengan kapasitas muatan besar untuk mengangkut barang dalam jumlah banyak. Bagi Anda yang ingin membelinya sebagai kendaraan pribadi atau bisnis, perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan mobil pick up.

Pasalnya, bukan hanya pick up yang mampu membawa beban muatan lebih besar daripada mobil biasa. Itulah mengapa mencari tahu kelebihan dan kekurangannya akan membantu Anda mengambil keputusan terkait beli atau tidaknya. 

Selain itu, setiap orang punya kebutuhan yang berbeda terkait penggunaan pick up. Jadi, daripada sulit menentukan keputusan, lebih baik menyimak lebih lanjut mengenai kendaraan pick up berikut ini. 

Baca Juga: Harga Mobil Pick Up Bekas Dibawah 50 Juta, Pas di Kantong!

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Pick Up

Bagi yang belum tahu, mobil pick up punya bak terbuka di bagian belakangnya. Bagian tersebut biasanya digunakan untuk mengisi berbagai muatan barang. Inilah mengapa banyak industri yang berminat membelinya, termasuk sektor pertanian. 

Pada saat musim panen, hasil pertanian tentu akan berlimpah. Lalu, apa manfaat mobil pick up saat panen? Tentu saja mobil ini berperan mengangkut hasil panen ke tempat tujuan dengan efektif dan efisien. 

Sebab, Anda bisa menghemat biaya pengiriman karena tidak perlu bolak-balik mengambil hasil panen. Hal ini juga berlaku serupa pada sektor bisnis lainnya yang frekuensi mobilisasinya cukup sering. 

Tips supaya mendapat mobil dengan harga terjangkau, yakni dengan mencari mobil pick up bekas 20 jutaan. Kini, banyak platform yang menjual pick up dengan murah salah satunya CarsGallery. 

Namun, sama seperti mobil-mobil lainnya, pick up juga memiliki sejumlah kekurangan. Ikuti terus pembahasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan mobil pick up.  

Kelebihan Mobil Pick Up

Ada alasan mengapa banyak orang tertarik membeli mobil pick up. Berikut adalah keunggulan dari pick up yang sering jadi alasan utama kenapa orang-orang membelinya. 

1. Mampu Membawa Muatan Besar

Tadi sudah pernah disinggung bahwa kapasitas muatan mobil pick up jauh lebih besar dari ukuran mobil biasa. Hal ini memungkinkan pick up untuk membawa muatan seperti peralatan berat, hasil panen pertanian, atau material konstruksi. 

Lalu, kapasitas muatan yang besar memudahkan industri-industri di luar sana untuk melakukan mobilisasi pada barang-barangnya. 

Jadi, jika Anda memegang bisnis yang membutuhkan mobilisasi barang banyak sekaligus, pick up adalah pilihan tepat. 

2. Tahan Melewati Medan yang Sulit

Kelebihan mobil pick up berikutnya adalah tahan melewati medan yang sulit. Contoh medan yang sulit yaitu seperti jalan berbatu atau berkerikil, tanah, dan jalur off-road

Tidak semua mobil mampu melintas di atas medan tersebut dengan lancar. Apalagi, dengan membawa beban muatan yang berat. 

Untungnya, mobil pick up memiliki kekuatan yang tangguh untuk melintasi berbagai medan jalan tersebut. Jadi, kendaraan ini cocok untuk mobilisasi di alam terbuka selain jalan raya. 

Baca Juga: Ini 6 Mobil Pick Up Bekas Harga 20 Jutaan, Masih Bagus!

 

3. Fleksibel 

Dari segi penggunaan, mobil pick up fleksibel Anda gunakan untuk kebutuhan kendaraan pribadi maupun pekerjaan. Jika ingin pindahan rumah atau berkemah ke suatu tempat, pick up bisa jadi pilihan moda transportasi yang cocok. 

Bukan hanya itu, mobil ini juga bisa Anda pakai untuk mengangkut barang-barang lain yang berkenaan dengan pekerjaan. Misalnya seperti mengirim paket, hasil pertanian, dan material berat lainnya. 

4. Lebih Praktis

kelebihan dan kekurangan mobil pick up

Sehubungan dengan kelebihan pick up pada poin-poin sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa mobil ini praktis digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar. 

Anda tidak perlu lagi melakukan mobilisasi bolak-balik dengan mobil kecil. Lebih baik langsung memakai pick up yang dapat menampung semua barang sekaligus. 

Hal ini juga lebih praktis dan hemat biaya pengiriman. Contoh mobil pick up yang bagus adalah dari merek Toyota, Daihatsu, hingga Suzuki Carry. 

Baca Juga: 8 Pilihan Tepat Mobil Pick Up Bekas Harga 30 Jutaan 

Kekurangan Mobil Pick Up

Melanjutkan pembahasan kelebihan dan kekurangan mobil pick up, berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan kembali sebelum memutuskan membelinya.

1. Konsumsi Bahan Bakar yang Besar

Umumnya, mobil pick up memakan bahan bakar yang lebih besar daripada mobil biasa. Hal ini karena mesin pick up bekerja lebih keras untuk menangani muatan berat. 

Alhasil, tidak heran jika butuh bahan bakar yang besar untuk menjalankan mobilnya. Nantinya, Anda mungkin akan mengeluarkan biaya yang lebih untuk bensin terlebih jika pick up digunakan sehari-hari. 

Oleh sebab itu, jangan hanya berfokus mencari mobil pick up paling murah. Namun, pertimbangkan juga efisiensi bahan bakarnya agar Anda tidak banyak pengeluaran di bensin. 

2. Kapasitas untuk Penumpang Terbatas

Meskipun mobil pick up dapat menampung beban muatan dalam jumlah besar, sayangnya untuk kapasitas penumpangnya masih cukup terbatas. 

Bak mobil belakang memiliki ruang yang luas, tetapi kabin penumpang hanya muat beberapa orang saja. Jadi, kurang cocok jika Anda ingin membawa banyak barang dengan jumlah orang yang banyak pula. 

3. Tidak Terlindung dari Cuaca

Kekurangan dari mobil pick up berikutnya adalah bagian belakangnya berupa bak terbuka yang artinya tidak terlindung dari cuaca. 

Jadi, barang-barang yang termuat di dalamnya berpotensi terpapar panas matahari dan hujan. 

Maka dari itu, mobil pick up kurang cocok untuk mengangkut barang yang sensitif terhadap cuaca. Jika ingin mengakali, Anda bisa menutupnya dengan terpal atau semacamnya. 

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan mobil pick up yang dapat Anda cermati. Apabila tertarik membeli mobil pick up bekas, Anda bisa mengunjungi situs CarsGallery

CarsGallery merupakan platform yang menjual berbagai macam unit mobil dan sudah bergaransi. Di sana, ada pilihan pick up bekas dibawah 50 juta yang dapat Anda sesuaikan kembali dengan budget. 



Other Post

Related Post