Pilih Avanza Bekas atau Ertiga Bekas? Ini 6 Pertimbangannya!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Ada dua MPV pilihan masyarakat Indonesia yang begitu populer, yakni Avanza dan Ertiga. Jika harus pilih Avanza bekas atau Ertiga bekas, Anda akan lebih cenderung

Ada dua MPV pilihan masyarakat Indonesia yang begitu populer, yakni Avanza dan Ertiga. Jika harus pilih Avanza bekas atau Ertiga bekas, Anda akan lebih cenderung memilih yang mana? 

Pemilihan dengan penuh pertimbangan antara keduanya memang harus Anda lakukan. Apalagi jika ingin memperoleh mobil jangka panjang yang cocok untuk harian maupun untuk kebutuhan keluarga. 

Jika belum memiliki perbandingan antara keduanya, maka kami akan langsung menyajikannya untuk Anda. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mobil Avanza Bekas Harga 70 Jutaan

Pilih Avanza Bekas atau Ertiga Bekas

Tentu saja, keduanya punya sisi unggul dan lemahnya masing-masing. Dari semua yang ada, kelebihan juga kekurangannya patut jadi pertimbangan. Silakan pertimbangkan poin-poin ini jika ingin membeli: 

1. Penggunaan Bahan Bakar

Kami akan langsung membahas pada salah satu poin krusial dalam pertimbangan, yakni penggunaan bahan bakar. 

Jadi, mana antara Ertiga vs Avanza irit mana? Dari segi tipe, Avanza memang punya banyak pilihan mesin. 

Anda bahkan bisa memilih Avanza 1.3L dan 1.5L untuk mobil Avanza. Sedangkan untuk Ertiga, hanya tersedia satu varian mesin saja, yakni dengan 1.4L. 

Namun, ada yang menarik. Ternyata, konsumsi BBM Ertiga vs Avanza ini hasilnya berbeda. 

Jika Anda mempertimbangkan opsi yang lebih hemat, sebaiknya pertimbangkan Suzuki Ertiga saja. 

Pasalnya, mesin 1.4L Ertiga yang sudah terbilang besar dan berada di tengah pilihan Avanza 1.3L dan 1.5L ini iritnya minta ampun. 

Dari pengetesan, Ertiga bisa menempuh jarak 14,5 km per liter jika penggunaan dalam kota. 

Sedangkan untuk luar kota, Ertiga bisa menempuh jarak 18,6 km per liternya. Berbeda dengan Avanza. 

Meskipun Anda memilih tipe mesin 1.3L, jarak tempuh untuk 1 liter bahan bakar hanya 11,5 km dalam kota. Jika ke luar kota, maksimal 13,5 kilometer. 

Bahkan ukuran perjalanan ke luar kota pun masih kalah irit dengan perjalanan dalam kota Suzuki Ertiga. 

2. Jenis Penggerak Roda

Kemudian, dari segi jenis penggerak roda. Ini perlu jadi pertimbangan karena penggerak roda itu menentukan bagaimana penyaluran tenaga dalam mobil. 

Toyota, seperti biasa, menggunakan tenaga penggerak belakang atau RWD. Jelas, kalau Anda membandingkan Ertiga vs Avanza di tanjakan maka Avanza akan lebih unggul. 

Meskipun sering melibas tanjakan, jalanan rusak, dan jalanan yang kurang mulus, Avanza akan lebih tahan banting. 

Penggerak roda belakang ini memang terkenal juga buat kuda beban alias mampu membuat mobil mengangkut beban jauh lebih banyak. 

Ertiga, masih menggunakan roda gerak depan. Memang, tak ada masalah. Tapi, penyaluran daya dari mesin menuju roda depan jelas menghasilkan power yang kurang bertenaga. 

Jadi, kalau memang mau Anda pakai di jalan normal, bisa pilih Ertiga. Tapi, jika harus melewati medan yang sulit dan penuh tanjakan, maka Avanza adalah pilihannya. 

Baca Juga: 12 Harga Mobil Avanza Bekas Dibawah 100 Juta, Daftar Terbaru

3. Desain Eksterior dan Interior

pilih avanza bekas atau ertiga bekas

Pilih Avanza bekas atau Ertiga bekas? Jika Anda tipe yang suka memikirkan tampilan, sepertinya kami akan membandingkannya dari tipe terbaru dari kedua mobil ini. 

Pada mobil Ertiga, facelift terakhirnya cukup baik karena tampak seperti mobil Swift yang sedikit dipanjangkan. Hal ini membuatnya nampak berkelas dan modern.

Tapi, mobil ini sebenarnya terdesain buat pasar India dan bukan cocok untuk selera masyarakat Indonesia. 

Dari segi interior, Ertiga nawarin yang cukup mewah apalagi untuk mobil di kelasnya. Anda bisa menemukan panel kayu yang umumnya bisa ditemukan di mobil-mobil kelas atas. 

Sayangnya, ini yang menjadi kekurangan Ertiga dibanding Avanza. Terutama karena Avanza sudah merombak tampilan, sistem penggerak, platform, bahkan transmisinya. 

All New Avanza, kini tampak seperti SUV yang tampilannya macam mobil Raize. Di bagian fascia depan dan buritannya memang sporty seperti SUV tangguh. 

Fendernya juga demikian karena seperti Xpander yang punya guratan-guratan khas untuk mobil SUV. 

Saat masuk ke dalam kabin, sepertinya Avanza ini sedikit terinspirasi dari Raize yang menawarkan interface modern. Tentu saja, lebih modern daripada Suzuki Ertiga. 

Jadi, jika mempertimbangkan dari segi tampilan, maka Avanza adalah pemenangnya. 

4. Perawatan

Jika ingin mobil yang super bandel dan perawatannya mudah, lagi-lagi Avanza ini sangat unggul. Utamanya karena punya bagian kaki-kaki yang kuat. 

Baik itu Avanza keluaran lama maupun baru-baru. Terutama untuk Avanza 2004 dan 2005. 

5. Kenyamanan

Kemudian, jika mempertimbangkan dari segi kenyamanan, memang Ertiga nggak ada lawan. 

Meski mobil ini punya harga yang sama dengan Avanza, tapi kenyamanannya jauh lebih baik. 

Ertiga vs Avanza jika membandingkannya dari kenyamanan, maka Avanza harus sungkem dulu. 

Pasalnya, Ertiga ini punya suspensi yang lebih bagus, lebih stabil, halus saat Anda mengendarainya, dan masih banyak lagi keunggulan soal kenyamanan Ertiga ini. 

Baca Juga: Cari Harga Mobil Brio Bekas Dibawah 50 Juta? Ini Pilihannya

6. Harga

Jika menyimak perbedaan dari segi harganya, memang tak terlalu jauh berbeda karena keduanya memang menyasar pasar MPV atau untuk mobil keluarga. 

Mobil Avanza untuk tipe terbaru, ada di kisaran Rp233 jutaan – Rp295 jutaan. Sedangkan untuk Ertiga, ada di kisaran Rp225 jutaan – Rp292 jutaan. 

Sudah bisa tertebak, pilih Avanza bekas atau Ertiga bekas jika berdasarkan harga, maka Ertiga ini lebih terjangkau meski selisihnya juga tidak terlalu jauh berbeda. 

Mau Ertiga dan Avanza yang Lebih Terjangkau? Beli di Sini Saja!

Butuh mobil Ertiga dan Avanza dengan harga yang lebih terjangkau? Beli mobil bekas di CarsGallery saja. 

Meski bekas, kami jamin performa, body, interior, transmisi, dan seluruh bagian mobil masih berkualitas. Cek website CarsGallery sekarang!



Other Post

Related Post