7 Rekomendasi Mobil Kecil Toyota, Cocok Libas Jalanan Kota!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Toyota sudah seperti jadi satu brand yang hampir mampu memenuhi segala jenis kebutuhan mobil masyarakat Indonesia. Termasuk untuk segmen mobil kecil Toyota atau LCGC. Segmen

Toyota sudah seperti jadi satu brand yang hampir mampu memenuhi segala jenis kebutuhan mobil masyarakat Indonesia. Termasuk untuk segmen mobil kecil Toyota atau LCGC. 

Segmen LCGC punya begitu banyak peminat karena mampu memenuhi kebutuhan masyarakat urban yang butuh mobilitas terbaik untuk area yang macet dan padat. 

Selain itu, konsumsi bahan bakar yang rendah tapi efektif, desain kompak dan memudahkan nyelip, hingga perawatan yang mudah, menjadikan mobil kecil Toyota terbaru jadi begitu populer. 

Jika Anda juga ingin meminang salah satu dari sekian banyak unit yang ada di pasaran, mana yang akan dipilih? Bingung? Kami berikan pertimbangannya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mobil Avanza Bekas Harga 70 Jutaan

Mobil Kecil Toyota, Cocok Melibas Jalanan Kota!

Demi memaksimalkan mobilitas harian Anda di jalanan perkotaan, sejumlah daftar mobil kecil Toyota ini bisa jadi pilihan: 

1. Toyota Agya

Pertama, ada Toyota Agya yang memang sangat laris dan peminatnya besar di Indonesia. 

Masuk ke dalam segmen LCGC, tentu mobil ini begitu unggul terutama dari segi harga. Selain itu, Toyota Agya juga terkenal dengan terjangkaunya biaya perawatan dan juga biaya untuk bahan bakar. 

Maka dari itu, mobil kecil untuk 4 orang satu ini patut jadi pertimbangan. Apalagi jika yang Anda cari adalah mobil dengan budget yang tidak terlalu mahal. 

Meski sebenarnya bisa untuk 5 orang, tapi ukuran ideal dan memberi kenyamanan ketika berkendara adalah 4 orang saja. 

Fitur yang tersedia dalam mobil kecil Toyota satu ini juga sudah lebih dari cukup. Terutama untuk keselamatan dan juga entertainment. 

Bahkan, pada sejumlah bagian teratas Agya, ada juga sistem pengereman yang telah memakai ABS + EBD yang menjamin perjalanan Anda lebih aman karena anti-selip. 

Dari segi fitur hiburan, Toyota Agya punya kelengkapan fitur seperti New Advance Entertainment. 

Dengan ini, maka fungsi entertainment atau hiburan di dalam mobil bisa jadi lebih maksimal. 

Di dalam fitur dan fungsi tersebut, Anda bisa memilih untuk mendengarkan radio, memakai CD Player, sampai dengan kontrol suara yang begitu memudahkan. 

Belum cukup di situ, tapi Anda juga bisa menyetel berbagai musik dengan slot USB untuk mengisi lagu ke audio pada mobil. 

Mau lebih simpel? Toyota Agya juga sudah punya fitur Bluetooth yang tinggal connect dan mainkan lagu saja. 

Soal mesin dari mobil kecil Toyota lama ini memang sudah cocok untuk area perkotaan. Anda bisa pilih varian yang mesin 1.0L atau 1.2L yang sudah sangat cukup untuk mobilitas harian, bukan balapan. 

Dengan adanya pilihan ini, Anda juga bisa dapat unit Toyota Agya yang harganya masih reasonable, apalagi untuk mobil bekasnya. Toyota Agya bisa Anda peroleh di pasaran mulai Rp70 jutaan doang. 

2. Toyota Yaris GR Sport 

mobil kecil toyota

Mobil kecil untuk 4 orang Toyota selanjutnya ada Toyota Yaris GR Sport. Tapi, kali ini bertipe hatchback. 

Toyota Yaris juga terkenal sebagai salah satu pilihan mobil kompak buat keluarga kecil. 

Jika memang Anda baru punya 3 anggota keluarga, maka mobil ini bisa jadi pilihan termanis untuk membuat keluarga bahagia. 

Terutama untuk varian Toyota New Yaris GR Sport. Mobil satu ini, bisa jadi pilihan hatchback dengan harga terjangkau daripada hatchback dari merk mobil lainnya. 

Hampir sama dengan beberapa mobil kecil Toyota lainnya, Yaris ini punya fitur yang sudah cukup lengkap dari keamanan dan juga hiburan. 

Dari segi keselamatan, Toyota Yaris GR Sport menyematkan 7 airbag di bagian depan dan juga sisi samping kabin bagian dalam. 

Tapi, dari segi hiburan, yang tersedia ada koneksi Bluetooth, USB, miracast, dan juga 6 speaker yang bisa bikin perjalanan Anda tak terasa menjemukan. 

Tentu saja, juga ada head unit yang memudahkan kontrol atas berbagai entertainment yang terdapat dalam Toyota Yaris GR Sport ini. 

Ada juga hal lain yang bikin mobil satu ini jadi semakin menarik, yakni Vehicle Stability Control (VSC). Adanya fitur ini tentu berguna karena mampu mencegah mobil melintir yang bisa disebabkan oleh gejala oversteer maupun understeer. 

Tak beda jauh memang dari Toyota Agya dari segi kapasitas dan sistem keamanan, pilihan transmisinya pun demikian. 

Namun, perbedaan utamanya tentu dari segi desain yang sedikit lebih lebar dari Agya dan punya kesan sporty dan cocok buat Anda yang punya kehidupan dinamis. 

Harga mobil ini terutama di pasar mobil bekas, tak mahal-mahal amat karena sekitar Rp150 jutaan – Rp200 jutaan saja. Sudah cukup worth untuk mobil kecil Toyota tapi dengan tampilan yang sporty. 

3. Toyota Calya

Salah satu dari sekian banyak kumpulan mobil kecil Toyota adalah Toyota Calya. Sama juga dari segmen LCGC. 

Meski tampak lebih panjang daripada Agya, tapi masih terbilang kompak dari segi bodynya. 

Namun, ada satu keunggulan yang bisa Anda peroleh jika memang ingin meminang mobil satu ini: daya tampung penumpang. 

Jika Agya dan Yaris tadi bisa 4 – 5 penumpang saja, Toyota Calya bisa menampung sampai 8 penumpang, loh. 

Jadi, sangat tepat buat Anda yang ingin memboyong keluarga besar, tapi dengan mobil kompak yang harganya masih on budget. 

Calya punya mesin 1.2 L yang sudah lebih dari cukup untuk melibas jalanan kota sama seperti Agya.

Meski begitu, tetap saja Calya akan punya performa yang lebih lamban karena memang punya dimensi lebih panjang dan cukup berat. 

Walaupun sama, tentu bobot dan body yang lebih panjang akan mempengaruhi performanya. 

Dari segi interior, juga nampak seperti mobil biasa dan seadanya. Sebaiknya memang tak terlalu punya ekspektasi tinggi untuk mobil jenis ini. 

Namun, kapasitas penumpang menjadi salah satu poin keunggulan dari Calya. Maka dari itu, dengan budget yang tak terlalu tinggi, dalam kondisi sudah berkeluarga, dan ingin muat banyak, mobil kecil Toyota ini bisa jadi pilihan terbaik. 

Mengenai harga mobil kecil Toyota ini, di pasaran mobil bekas bisa Rp75 jutaan saja. Terjangkau, bukan? 

Baca Juga: 6 Kelemahan Toyota Rush yang Sering Dikeluhkan

4. Toyota Vios

mobil kecil toyota

Mobil kecil Toyota apa saja? Salah satu yang terbaik adalah Toyota Vios. Apalagi jika Anda ingin mobil yang desainnya sporty dan juga elegan. Maka, Toyota Vios adalah pilihan terbaiknya. 

Harganya juga masuk dalam kategori terjangkau. Tapi, fiturnya memang jadi keunggulan utama dari mobil ini. 

Apalagi dari segi performa, tentunya lebih baik dari beberapa tipe mobil yang sudah kami sebutkan sebelumnya. 

Dari dapur pacunya, Toyota Vios ini punya mesin yang kapasitasnya 1.5L yang punya tenaga sekitar 109 PS dan torsi maksimumnya 144 Nm. 

Kemudian, ada juga dari fitur hiburan yang akan bikin perjalanan Anda bebas dari rasa bosan. 

Pasalnya, head unit yang Vios tawarkan punya kualitas HD. Lengkap juga dengan radio, DVD, slot untuk USB, konektivitas untuk Bluetooth, bahkan sampai ada slot HDMI juga!

Jadi, dengan mobil kecil Toyota ini, Anda bisa loh main console game langsung di dalam mobil pakai head unit HD-nya.

Selain itu, dari segi fitur keamanan juga tidak bisa Anda anggap remeh. Pasalnya, Toyota Vios sudah punya sistem keamanan dengan pengereman ABS + EBD. Kemungkinan selip saat mengerem, bisa lebih minim dengan mobil ini. 

Dengan ini juga, maka membuat pengalaman berkendara yang Anda rasakan bisa lebih aman dan juga nyaman. 

Dari segi harga juga tak mahal-mahal amat karena sudah bisa Anda peroleh di harga Rp180 jutaan saja. 

5. Toyota Raize

Jangan sampai lupa membahas Toyota kecil terbaru ini. Toyota Raize, meski masuk ke dalam segmen mobil SUV, tapi modelnya sangat kompak. 

Mobil ini juga baru turun ke jalanan Indonesia tahun 2021 lalu. Jadi, meski Anda akan membeli mobil bekas, sudah pasti kilometernya masih rendah dan kondisinya masih prima. 

Dengan mobil keluaran 2021 ini, maka Anda sudah bisa dapat fitur-fitur keren dan tercanggih dalam dunia otomotif. 

Misalnya, Toyota Raize sudah menggunakan sistem keamanan terbaru dari Toyota yakni Toyota Safety Sense/TSS. 

Tujuan penggunaan sistem tersebut di dalam Raize, memang buat membantu Anda sebagai pengemudi jauh lebih aman karena ada sejumlah fungsi. 

Misalnya saja, ada fungsi adaptive cruise control, pre-collision system, lane departure alert, steering control, blind spot monitor, rear cross traffic alert, dan juga pedal misoperation control. 

Mobil kecil Toyota satu ini apalagi dengan TSS, tentu akan membuat aktivitas berkendara jadi lebih nyaman, santai, dan tentu saja lebih aman. 

Namun, Anda harus sedikit berkompromi dengan kekurangan utama dari Raize yakni volume tangki bensin. Benar, volume tangkinya memang kecil. 

Jadi, agak merepotkan karena harus pulang-pergi ke SPBU untuk isi bahan bakar. Meski begitu, Anda perlu bolak-balik isi hanya jika mobilitasnya tinggi. 

Jika untuk harian saja dan untuk pulang-pergi kantor, Raize masih tergolong irit. Untuk rute dalam kota, per liternya bisa 15,2 km. Cukup irit, bukan? 

Nah, sekarang soal harga. Toyota Raize ini cukup murah loh di pasaran mobil bekas. Bisa mulai dari Rp87 jutaan saja!

6. Toyota Etios Valco

mobil kecil toyota

Kemudian, mobil kecil Toyota lainnya yang patut jadi pertimbangan adalah Toyota Etios Valco. 

Konsep utama mobilnya adalah city car. Jadi, cocok buat Anda yang ingin bepergian dengan kendaraan simpel dan minimalis. 

Meski minimalis, desain elegannya masih cukup kentara plus ada sedikit goresan sporty pada mobilnya. 

Kapasitas mesin 1.2L, sudah tentu sangat cukup untuk melibas area kota karena di jalanan tersebut, Anda tak bisa ngebut-ngebut banget. 

Kelebihan utamanya yakni dari segi pemakaian BBM yang sangat efisien alias irit pol. Konsumsi dalam kota, bisa 13 km – 15 km per liter bahan bakar. Jadi, bakal ringan ke kantong Anda untuk urusan bahan bakar. 

Selain irit, punya dimensi yang kompak, keunggulan utama dari mobil ini adalah dari segi sparepartnya. Jelas, Anda bisa menemukan berbagai sparepart Etios Valco secara mudah. 

Dari segi interior, fiturnya memang cukup biasa aja. Namun, dengan seluruh kelebihan ini, Toyota Etios Valco bisa Anda peroleh dengan harga di bawah Rp100 jutaan!

Baca Juga: Daftar Harga Toyota Gazoo Racing di Indonesia Tipe Terbaru

7. Toyota Corolla Altis

Selanjutnya, ada mobil kecil Toyota yang terkenal dengan tampilan elegannya. Modern, minimalis, dan juga elegan yang menjadi satu dalam mobil. 

Corolla Altis bahkan juga cocok untuk menunjang aktivitas sekaligus penampilan Anda yang aktif tapi juga bersih dan modern. 

Belum cukup pada bagian luar saja, tapi interiornya juga menarik untuk kita bahas sebagai keunggulan. 

Pasalnya, material yang Altis gunakan memang nampak cukup mewah. Apalagi, posisi kendara yang lebih rendah bikin Anda sangat nyaman saat mengemudikan mobil satu ini. 

Bidang pandang dari dalam mobil menurut beberapa reviewer juga cukup luas dan menjadikan visibilitas Anda jauh lebih baik daripada mobil kecil yang lain. 

Menariknya juga, kabin mobil Altis ini memang lebih lapang dan membuat setiap orang yang ada di dalamnya merasa cukup nyaman. 

Fitur hiburan dalam Altis terdukung dengan head unit yang sudah touch screen. Jadi, Anda tinggal pencet-pencet saja layarnya tanpa harus ribet mencari tombol navigasi. 

Memang, soal harga lebih mahal dari yang lain karena bekasnya saja sekitar Rp239 jutaan untuk yang paling murah. Namun, dengan kemewahan, tampilan elegan, clean, dan modern, itu harga yang worth untuk Anda keluarkan. 

Mengapa Harus Mobil Kecil Toyota

Setelah merekomendasikan beberapa mobil kecil, mungkin terbesit di pikiran Anda, mengapa harus mobil kecil dan bukan yang bongsor saja? Ini jawabannya: 

1. Lincah Buat Manuver

Pertama, dari desain bodynya yang kompak, tentu menjadi keunggulan karena mampu bermanuver secara lebih lincah di jalanan. 

Jadi, bagi yang sering melawan kemacetan atau melewati jalanan sempit, maka mobil kecil ini adalah pilihan terbaiknya. 

2. Irit Bahan Bakar

Sudah tentu, keunggulan utama lainnya yakni iritnya bahan bakar. Tahu sendiri, tapi per liter bahan bakar bisa sampai belasan kilometer untuk jarak tempuhnya. 

Maka dari itu, mobil kecil ini bisa jadi solusi hemat untuk pengeluaran rutin Anda. 

3. Tidak Butuh Garasi Lebar

Lantaran desainnya yang mungil, sudah pasti garasi yang Anda butuhkan tidak terlalu lebar. 

Dapatkan Mobil Kecil Toyota Terbaik Harga Terjangkau di Sini!

Beli mobil sudah tentu tidak bisa sembarangan. Anda harus menyeleksi tempat jual-beli mobil terbaik yang sesuai kebutuhan. 

Jika ingin yang terbaik, maka beli Toyota bekas di Carsgallery. Kami jamin, produknya terjangkau dan sudah lolos inspeksi!

FAQ

Mobil Toyota apa yang termurah? 

Bisa pertimbangkan Calya atau Agya. Di pasaran mobil bekas, harga kedua mobil tersebut di bawah Rp100 juta. Jadi, buat yang budgetnya pas-pasan, Calya dan Agya bisa jadi pilihan tepat. 

Mobil apa yang punya fitur tercanggih? 

Sepertinya, Raize karena keluaran 2021. Pasalnya, ada fitur keamanan terbaru dari Toyota yakni TSS yang memungkinkan Anda mampu berkendara lebih aman juga nyaman. 

Apakah ada yang cocok untuk mobilitas harian? 

Semuanya cocok, tinggal sesuaikan budget. Jika budget under Rp100 jutaan, maka Calya, Agya, Etios Valco, dan Vios bisa jadi pilihan. Namun, jika di atas Rp100 jutaan, maka Raize, Altis, Yaris GR Sport adalah pilihan terbaik. 

Mobil kecil cocok untuk siapa? 

Dari segi performa, pemakaian bahan bakar, desain, dan juga harga, sepertinya mobil kecil sangat tepat untuk lajang maupun Anda yang baru saja berkeluarga. Seatnya sudah lebih dari cukup untuk menampung teman ataupun keluarga kecil. 

Berapa budget yang harus disiapkan untuk dapat unit terbaik mobil kecil? 

Kami menyarankan untuk menyiapkan budget Rp100 jutaan – Rp150 jutaan karena ini adalah range harga untuk mobil kecil, terutama Toyota.



Other Post

Related Post