9 Model Mobil Perkotaan dari Suzuki, Gesit dan Irit BBM!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mencari mobil dengan bodi mungil, gesit, dan irit BBM? Jawabannya adalah city car. Anda bisa memilih model mobil perkotaan dari Suzuki yang terkenal compact dan

Mencari mobil dengan bodi mungil, gesit, dan irit BBM? Jawabannya adalah city car. Anda bisa memilih model mobil perkotaan dari Suzuki yang terkenal compact dan banyak variannya yang kini termasuk Low Cost Green Car (LCGC). 

Suzuki telah masuk di Indonesia dan membuka pabrik motor pertamanya pada tahun 1970. Mobil pertamanya yang rilis kala itu adalah Suzuki ST20 Carry dan merupakan kendaraan legendaris terkenal dengan istilah Carry Truntung. 

Setelah ST20 Carry, Suzuki juga berhasil menghadirkan mobil perkotaan tidak kalah legendaris yaitu Suzuki Karimun. Apalagi pilihan mobil perkotaan Suzuki yang menarik untuk Anda pilih? Simak deretannya. 

9 Model Mobil Perkotaan dari Suzuki Terbaik

Ciri khas Suzuki yang kerap memproduksi mobil compact adalah bentuknya yang cenderung kotak tetapi memiliki kabin efisien. Selain itu, Suzuki juga terus mengutamakan fungsi dan performa sehingga membuat mobilnya gesit. 

Desain seperti inilah yang membuatnya cocok sebagai mobil perkotaan. Anda yang tertarik dengan tipe mobil ini bisa cek rekomendasi modelnya berikut:

1. Suzuki Karimun 

Mobil perkotaan yang sangat legendaris dari Suzuki adalah Karimun. Pada generasi pertama, Karimun memiliki bentuk yang super kotak dengan mesin 1.000 cc yang tangguh dan transmisi 5-percepatan. 

Karimun generasi kedua adalah Karimun Estilo yang memiliki bentuk lebih melengkung di bagian sisinya. Generasi ketiga dan terbaru adalah Karimun Wagon R yang meluncur 2013 dengan skema LCGC. 

Karimun Wagon R masih mengusung bodi yang mungil dengan kabin cukup lega baik di bagian legroom dan juga headroom. Mobil berkapasitas 5 orang penumpang ini masih mengadopsi kapasitas mesin 1.000 cc. 

Meskipun model mobil perkotaan Suzuki ini sudah berhenti produksinya tahun 2021, Anda masih bisa membelinya bekas. Harganya pun sangat murah, bisa dibawah 100 juta rupiah. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil City Car Murah, Harga Mulai 50 Jutaan

2. Suzuki Baleno 

Model mobil perkotaan dari Suzuki ada juga yang berupa sedan yaitu Baleno. Generasi pertamanya lahir 1995-2004 dengan mesin 1.600 cc transmisi 5-percepatan. 

Generasi kedua rilis tahun 2003-2007 dan generasi ketiga tahun 2008-2010. Sejak generasi ketiga hingga generasi keempat yaitu 2017 hingga sekarang, Suzuki Baleno memiliki bodi yang semakin kecil. 

Anda bisa membeli Suzuki Baleno terbaru yang menggunakan mesin 1.400 cc yang juga digunakan pada Ertiga. Ada banyak fitur terbaru yang menarik seperti keyless entry, AC climate control hingga MID. 

Kapasitas penumpangnya adalah 5 orang yang tersedia dalam versi transmisi manual dan otomatis. Harga OTR Jakarta terbarunya sendiri mulai dari 250 jutaan rupiah. 

3. Suzuki Swift 

model mobil perkotaan dari suzuki

Apabila Anda suka mobil model perkotaan dari Suzuki yang bergaya sporty maka Swift adalah pilihannya. Pertama kali rilis tahun 2005 di Indonesia dalam bentuk CBU dengan kapasitas 1.500 cc. 

Beberapa varian yang bisa Anda dapatkan saat ini seperti Suzuki Swift GT2, GT3 dan GTS. Suzuki Swift resmi berhenti produksinya tahun 2016 tetapi kabarnya pada tahun 2023 kemarin, Suzuki kembali uji coba Swift terbarunya. 

Meskipun Anda harus membeli Suzuki Swift bekas tetapi mesinnya terkenal awet. Baik itu Swift dengan kapasitas 1.300 cc hingga 1.500 cc tetap kuat digunakan pada tahun ini. Ditambah lagi efisiensi bahan bakarnya yang membuat Anda untung. 

Soal bodi jangan khawatir, desainnya tidak lekang oleh waktu. Kesan dinamis pada bodi mobil menjadi karakter utama yang tidak ada di mobil lainnya. Anda akan terlihat keren menggunakan Suzuki Swift di jalanan. 

Baca juga: 8 City Car Paling Irit Bahan Bakar, Layak Dipertimbangkan!

4. Suzuki Celerio 

Sekilas Anda akan melihat Honda Brio dengan ukuran yang lebih tinggi pada model mobil perkotaan dari Suzuki yang satu ini. Suzuki Celerio hadir cukup singkat di Indonesia. 

Pertama kali rilis pada ajang IIMS 2014 dan pada tahun yang sama pemasarannya di Indonesia pun berhenti. Pemasarannya saat ini fokus di India dan juga Thailand tetapi Anda masih bisa mendapatkan versi bekasnya. 

Suzuki Celerio sudah menggunakan mesin irit bbm berkapasitas 1.000 cc yang mesinnya sama seperti pada Karimun Wagon R. Soal interior, Anda tetap akan mendapat kabin yang lega dengan jumlah 5 orang penumpang. 

Perpindahan gigi juga terasa sangat halus karena telah menggunakan transmisi CVT. Soal fitur, Celerio sudah memiliki head unit 2din yang lengkap dengan fitur hiburan. 

5. Suzuki Ignis 

Pilihan model mobil perkotaan merek Suzuki lainnya adalah Suzuki Ignis yang termasuk mobil ‘Urban SUV’. Di pasar Indonesia, Ignis rilis tahun 2017 yang merupakan generasi kedua dengan varian GL dan GX. 

Sayangnya sama seperti Celerio, pada tahun 2024 ini, Suzuki menghentikan pemasarannya di Indonesia. Namun, Anda masih bisa membeli Suzuki Ignis bekas yang memiliki kapasitas mesin 1.200 cc ini. 

Meskipun tidak termasuk mobil LCGC tetapi Suzuki Ignis tetap hemat bahan bakar. Penggunaannya bisa mencapai 17 hingga 18 km per liter yang sangat efisien.

Baca juga: Intip 4 Kelebihan dan Kekurangan City Car Sebelum Beli

6. Suzuki Ertiga 

model mobil perkotaan dari suzuki

Ertiga pertama kali rilis tahun 2010 di ajang IIMS yang hadir dengan harga terjangkau untuk model mobil perkotaan tipe MPV. Generasi pertama hadir dengan mesin 1.400 cc yang meningkat pada generasi kedua pada 2018 menjadi 1.500 cc. 

Banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh seperti interior yang super nyaman dengan 7 kapasitas penumpang. Fitur keselamatan pun lengkap seperti ABS dengan EBD, dual airbags dan yang pasti hemat bbm. 

Head unit Suzuki Ertiga terbaru kini juga sudah layar sentuh yang memudahkan akses hiburan di dalam kabin. Sistem audionya berkualitas tinggi yang akan menemani Anda selama perjalanan. 

Mesinnya kini mengandalkan teknologi mild hybrid yang pertama di Indonesia. Teknologi ini memadukan mesin bensin konvensional dengan baterai lithium ion berkapasitas 12V. 

7. Suzuki XL7 Hybrid 

Suzuki XL7 pertama kali hadir tahun 2020 tetapi di tahun 2023, Suzuki merilis versi hybrid yang jauh lebih hemat bbm. Mobil Suzuki 7 seater ini tidak memiliki bodi yang terlalu bongsor dan mesinnya sudah 1.500 cc dengan baterai lithium ion.

Kapasitas baterainya lebih besar dari Ertiga yaitu 10Ah yang juga mengandalkan teknologi Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini bertujuan menghasilkan tenaga listrik yang disimpan di dalam baterai untuk dipakai saat akselerasi. 

Soal keselamatan Anda juga akan merasa puas, beberapa fitur seperti ABS, EBD, dual SRS airbag sudah lengkap. Ada juga hill hold control yang memudahkan Anda saat berkendara di tanjakan. 

8. Suzuki S-Presso 

Model mobil perkotaan dari Suzuki terbaru yang digadang-gadang menggantikan Karimun Wagon R. Suzuki S-Presso pertama rilis pada GIIAS 2022 dan mengalami penyegaran saat IIMS 2023. 

Versi terbaru Suzuki S-Presso mengadopsi teknologi ESP yang membuat mobil lebih stabil saat meluncur di lintasan licin. Fitur seperti hill hold control seperti di XL7 juga tersedia. 

Sebagai mobil perkotaan, Suzuki menggunakan mesin 1.000 cc yang sama seperti Karimun Wagon R. Pada fitur hiburan, terdapat head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang bisa dikontrol dari audio steering switch. 

9. Suzuki Jimny 

Bukan hanya SUV, MPV, dan city car dari Suzuki yang cocok sebagai mobil perkotaan. Ada juga Suzuki 4×4 yaitu Suzuki Jimny yang memiliki bodi mungil minimalis. 

Suzuki Jimny memiliki efisiensi bahan bakar yang baik dan juga memiliki banyak fitur canggih. Contohnya, fitur DSBS sebagai pengingat objek yang terlalu dekat dengan mobil. 

Mobil dengan kapasitas mesin 1.400 cc ini memiliki desain interior yang keren membuat Anda semakin percaya diri saat berkendara. 

Wujudkan Impian Memiliki Mobil Perkotaan Terbaik di CarsGallery

Sudah puas mengecek deretan mobil perkotaan Suzuki, kini saatnya Anda untuk mempertimbangkan membelinya. Anda bisa mengecek pilihan mobil bekas langsung di CarsGallery

Kami menyediakan semua model mobil perkotaan dari Suzuki dan juga merek lainnya yang sudah dicek lengkap dan bergaransi. Anda bisa memasukkan informasi merek mobil, tahun keluaran hingga jarak tempuhnya. 

Temukan mobil impian Anda dengan mencarinya langsung di CarsGallery. Semua model mobil ada!

FAQ

Apa mobil perkotaan Suzuki yang sudah tidak rilis lagi? 

Suzuki Celerio, Suzuki Karimun Wagon R, Suzuki Swift dan Suzuki Ignis. 

Apa mobil perkotaan pertama dari Suzuki?

Mobil perkotaan pertamanya adalah Suzuki Karimun. 

Apa mobil perkotaan terbaru dari Suzuki 1.000 cc?

Mobil terbarunya adalah Suzuki S-Presso yang rilis 2023.



Other Post

Related Post