Inilah Daftar Generasi CRV di Indonesia dari Tahun ke Tahun 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Generasi CRV selalu berhasil menarik perhatian khususnya para pecinta otomotif. Hal ini tidak terlepas dari reputasi Honda yang selama ini tergolong sangat baik dalam memproduksi

Generasi CRV selalu berhasil menarik perhatian khususnya para pecinta otomotif. Hal ini tidak terlepas dari reputasi Honda yang selama ini tergolong sangat baik dalam memproduksi mobil SUV.

SUV atau Sport Utility Vehicle adalah jenis mobil yang menggabungkan antara sedan, pick up, dan jip. Dengan gabungan tersebut, jenis mobil ini tidak hanya cocok Anda gunakan untuk berkendara di jalur perkotaan saja. 

Akan tetapi, mobil SUV juga bisa menempuh jalur atau medan yang terbilang berat seperti jalan bebatuan atau off-road. Lantas, apa saja generasi CRV yang laris di pasar Indonesia itu? 

Generasi CRV di Indonesia dari Tahun ke Tahun 

Honda secara resmi memperkenalkan seri mobil CRV sejak tahun 1996 silam. Dibuat di Jepang, sejak perilisannya mobil ini menawarkan banyak kelebihan dan fitur yang membuatnya sangat menarik untuk Anda miliki. 

Berikut adalah daftar generasi CRV dari tahun ke tahun:

1. Generasi Pertama (2000) 

Honda menciptakan CRV generasi pertama mulai dari tahun 1996 sampai dengan 2001. Generasi mobil ini kemudian secara resmi masuk ke Indonesia pada tahun 2000 dan bisa Anda kenal juga dengan generasi RD1. 

Mobil CRV ini melalui proses perakitan secara lokal di Jakarta Utara, tepatnya pabrik Honda Prospect Motor. Meski hanya bertahan dalam waktu yang sebentar, tapi mobil ini berkesan karena sudah menawarkan spesifikasi yang menarik. 

Pertama, model eksterior mobil ini sewarna dengan bodynya. Desainnya masih kotak, tetapi tidak ada kesan kaku dan justru terlihat lembut berkat desain sudutnya yang tidak lancip. 

Kedua, ciri khas dari mobil ini adalah adanya ban serep yang bisa Anda temukan di bagian belakang mobil. Selain itu, ada juga lampu tambahan pada bagian bumper. Generasi pertama CRV memiliki konfigurasi 7 kursi penumpang. 

Ketiga, dari segi interior mobil ini tetap mengusung desain retro. Anda bisa menemukan tuas otomatis yang lokasinya di belakang kemudi. Untuk mesinnya, mobil ini sudah memiliki mesin 2.0 L DOHC i-VTEC. 

Terdapat 2 (dua) jenis pilihan transmisi yang bisa Anda dapatkan, yaitu transmisi manual dengan 5 percepatan dan transmisi otomatis dengan 4 percepatan. Meski generasi paling awal, tapi sistem keamanan mobil ini pun sudah baik. 

Hal ini terbukti dengan adanya SRS Airbags ganda dan sistem pengereman ABS. 

2. Generasi Kedua (2002) 

Generasi CRV selanjutnya adalah kedua yang merupakan penerus dari RD1. Dengan kode RD4, Honda meluncurkan generasi penerus CRV pada Mei 2002. 

Sama dengan generasi sebelumnya, proses perakitan mobil ini mengambil tempat di Honda Prospect Motor, Jakarta Utara. Hanya saja kemudian di tahun 2003, generasi kedua CRV pindah tempat produksi, menjadi di Honda Prospect Motor, Karawang.

Generasi kedua CRV bisa dibilang berada di pasar Indonesia cukup lama karena masih ada sampai tahun 2007. Dari segi eksterior, mobil ini cukup sama dengan generasi pertama, hanya saja sentuhan desainnya lebih soft. 

Selain itu, tetap terdapat ban serep di bagian belakang, over fonder, side body moulding, roof rail, serta desain lampu yang modelnya vertikal. Hanya saja, terdapat pembaruan yaitu adanya grill, lampu, dan bumper. 

Generasi RD4 hadir dengan 2 (dua) pilihan kapasitas mesin 2.000 cc (K20A) dan 2.400 cc (K25A1). Kapasitas penyimpanan mobil ini mencapai 527 liter dan merupakan yang terbesar untuk mobil sekelasnya. 

3. Generasi Ketiga (2007) 

CRV gen 3 hadir dengan berbagai perubahan berarti yang membuat SUV ini semakin modern dan berkelas. Perubahan yang mencolok adalah dari segi desain eksterior yang sudah tidak lagi memiliki kesan kotak. 

Bentuk mobil ini mirip seperti kura-kura sehingga memiliki sebutan CRV kura-kura. Selain itu, Anda juga tidak akan menemukan lagi ban serep yang ada di bagian belakang mobil seperti generasi sebelumnya. 

Seri mobil ini pun memiliki kapasitas bagasi yang jauh lebih besar, mencapai 1648 liter. Dari segi interior, Honda menghadirkan head unit yang berupa monitor dengan ukuran yang besar. 

Kendali temperatur pada kabin pun digital sehingga menghadirkan kesan yang lebih  modern dan mewah. Honda menghadirkan dua pilihan mesin pada generasi 3 CRV, yaitu 2.0 L dan 2.4 L. 

Pada varian mesin 2.0 L, Anda bisa memilih transmisi otomatis 5 percepatan atau transmisi manual 6 percepatan. Sementara itu, untuk mesin 2.4 L, hanya tersedia pilihan transmisi otomatis. 

Dengan perubahan yang mereka usung, tidak heran jika gen 3 adalah salah satu generasi CRV terbaik hingga saat ini. Angka penjualan mereka juga menjadi salah satu yang paling laris. 

Baca Juga: Perbedaan Honda HRV dengan BRV, Lebih Bagus Mana?

4. Generasi Keempat (2015) 

CRV gen 4 terlebih dahulu hadir di pasar Amerika di tahun 2011. Kemudian Honda secara resmi merilis mobil ini di Indonesia pada tahun 2012. Sebagai penerus gen 3, mobil seri ini hadir dengan penyempurnaan fitur yang lebih modern. 

Beberapa fitur yang kini hadir adalah Shift Hold Control, Drive by wire, Grade logic control, Cruise control, hingga Paddle shift. Honda pun menyematkan beberapa fitur keamanan yang jauh lebih modern di mobil ini. 

Fitur keamanan tersebut adalah Eco assist, One push ignition, Smart key, hingga ECON mode. Bahkan berkat fitur keamanan ini, Honda CRV generasi 4 berhasil mendapatkan 5 bintang tertinggi dari Euro NCAP.

Bintang ini menjadi bukti lulusnya Honda CRV gen 4 pada uji tingkat keamanan dan keselamatan mobil. Sementara itu, dari segi mesin, generasi ini memiliki dua pilihan 2.0 L (R20A) dan 2.4 L (K24Z). 

5. Generasi Kelima (2017) 

Kehadiran CRV gen 5 membawa perubahan dari segi mesin dan desain eksterior. Desain mobil ini kembali pada khas CRV dengan garis yang semakin lurus dan terlihat bersudut. Hanya saja, gayanya terlihat lebih modern dan mewah. 

Selain itu, pada bagian depan terdapat hiasan grill depan berbentuk batang krom dengan aksen cantik dan integrasi dengan lampu LED. Unsur krom pun nantinya bisa Anda temukan di bagian body lain yang membuat mobil tampak lebih mewah. 

Sementara itu, jika Anda lihat pada bagian interiornya, Honda menyematkan desain yang jauh lebih futuristik dan mengutamakan kenyamanan. Anda bisa menemukan sistem infotainment dengan ukuran 9 inch yang terletak di atas panel AC. 

Kemudian untuk selector transmisi berada di tengah-tengah dan terintegrasi langsung dengan dashboard. Bagian kemudi setir hadir dengan sentuhan kulit yang menciptakan kesan mewah. 

Poin menarik lainnya pada generasi kelima CRV adalah kehadiran Sunroof moonroof. Terdapat 3 (tiga) varian mesin yang bisa Anda pilih, yaitu 1.5 Liter Turbo, 2.0 Liter, dan 1.5 Liter Turbo Prestige. 

Mesin Turbo memang memiliki mesin yang lebih kecil, tapi justru mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar, mencapai 190 PS @ 5.600 rpm. Sistem keamanan di mobil ini pun lengkap dengan adanya ABS, EBD, BA, dan 6 titik airbag.

6. Generasi Keenam (2022) 

generasi crv

Generasi CRV terakhir adalah generasi keenam yang terlebih dahulu rilis di Amerika Serikat Juli 2022. Kemudian secara resmi masuk ke Indonesia pada Agustus 2023. 

Generasi keenam CRV untuk pasar Indonesia melalui proses impor utuh yang berasal dari Thailand. Mobil ini hadir dalam dua pilihan mesin yaitu 1.5 L Turbo dan 2.0 L RS e-HEV Hibrida. 

Dimensi kedua mobil ini lebih besar daripada generasi 5, yaitu lebih lebar 0.4 inch dan lebih panjang 2.7 inch. Selain itu, CRV generasi keenam memiliki Panoramic sunroof, Wireless charger, lampu sein LED Sequential, dan head unit 9 inch.

Pembaruan lain yang semakin membuat pengalaman berkendara di mobil CRV gen 6 lebih mudah dan nyaman adalah hadirnya Honda Connect dan Honda Sensing. Honda Connect menghubungkan aplikasi smartphone dengan mobil lebih mudah. 

Sementara itu, Honda sensing mendukung keselamatan dan keamanan berkendara lewat berbagai fitur canggih yang ada di dalamnya. CRV 1.5 Turbo menggunakan mesin 1.498 cc DOHC VTEC Turbo 4 silinder. 

Kemudian untuk Honda CRV Hybrid menggunakan mesin 1.993 cc i-VTEC 4 silinder. Konfigurasi kursi CRV 1.5 Turbo adalah untuk 7 penumpang. Sementara itu, untuk CRV 2.0 Hybrid menggunakan konfigurasi 5 kursi penumpang. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil Keluarga Honda Ternyaman dan Kabin Luas

Kelebihan Honda CRV 

Setiap generasi CRV menawarkan daya tarik yang membuatnya memiliki banyak peminat di Indonesia. Tipe mobil ini pun menawarkan beberapa kelebihan yang membuatnya unggul dari para pesaingnya, seperti:

1. Konsumsi Bahan Bakar yang Hemat 

Seluruh generasi CRV menawarkan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang efisien dan hemat. Bahkan untuk CRV Hybrid konsumsi bahan bakarnya adalah sekitar 25,6 km/liter. 

2. Mesin Berperforma Tangguh 

Sebagai sebuah SUV, CRV memiliki mesin dengan tenaga yang mumpuni. Seperti contohnya Honda CRV 1.5 Prestige Turbo dengan mesin 4 silinder DOHC dan VTEC Turbo. 

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 187 HP di putaran 5.600 rpm. Performa ini berkat teknologi yang Honda sematkan yaitu Turbocharger. Dengan mesin tersebut, CRV tidak hanya tangguh di jalan normal, tapi juga off-road. 

3. Eksterior yang Modern dan Berkelas 

Kelebihan dari CRV lainnya adalah eksterior yang berkelas dan juga modern. Hal ini berkat adanya grill yang terhubung dengan lampu utama mobil. Mobil ini juga sudah memiliki Panoramic sunroof sehingga membuatnya lebih fungsional. 

4. Fitur yang Lengkap 

Honda selalu membekali seri mobilnya dengan berbagai fitur yang lengkap baik itu untuk hiburan maupun keselamatan. Beberapa fitur keselamatan yang ada di CRV adalah ABS, EBD, ECON mode, Hill Start Assist, dan Vehicle Stability Assist (VSA). 

5. Interior yang Mewah dan Futuristik 

generasi crv

Terakhir, CRV memiliki desain yang mewah dan futuristik, mulai dari kemudi setir, kursi, hingga dashboard. Panel wood yang ada di konsol tengah pun membuat mobil ini tampak elegan dan berkelas. Fitur hiburan yang tersedia juga lengkap. 

Baca Juga: Honda Nissan dan Mitsubishi Resmi Beraliansi, Ini Kabarnya!

Dapatkan Honda CRV Bekas di CarsGallery 

Dengan berbagai kelebihannya, Honda CRV tidak hanya diminati dalam kondisi baru, tapi juga bekas. Harga Honda CRV bekas sendiri bisa Anda dapatkan di harga mulai dari Rp180.000.000. 

Harga tersebut nantinya bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi mobil, tahun rilis, dan tempat Anda membelinya. Akan tetapi, pastikan Anda memilih platform terpercaya seperti CarsGallery untuk membeli Honda CRV bekas. 

Dengan sertifikat dan garansi hingga 1 tahun, membeli mobil bekas jadi lebih aman dan tenang. Proses inspeksi mobil pun kami lakukan secara menyeluruh untuk memastikan kualitasnya. Jadi, yuk kunjungi CarsGallery sekarang juga!

FAQ 

CRV gen 5 tahun berapa?

CRV gen 5 masuk ke Indonesia pada tahun 2017. 

Honda CRV gen 3 sampai tahun berapa?

Generasi CRV ketiga diproduksi mulai dari tahun 2007 sampai dengan 2015. 

CRV gen 4 transmisi apa? 

CRV gen 4 menggunakan transmisi otomatis 5 percepatan dan transmisi manual 6 percepatan.



Other Post

Related Post