13 Mobil yang Cocok untuk Daerah Pegunungan, Lebih Aman!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Tidak sulit sebenarnya untuk memilih mobil yang cocok untuk daerah pegunungan. Bagi Anda yang tinggal di dataran tinggi atau sengaja ingin berkunjung ke daerah pegunungan,

Tidak sulit sebenarnya untuk memilih mobil yang cocok untuk daerah pegunungan. Bagi Anda yang tinggal di dataran tinggi atau sengaja ingin berkunjung ke daerah pegunungan, tentu sangat bisa membawa mobil pribadi.

Mobil zaman sekarang sudah sangat canggih dan memiliki banyak fitur pendukung yang memungkinkan mobil dikendarai di dataran tinggi. Berbeda dengan mobil zaman dahulu yang sulit naik di tanjakan.

Biasanya mobil yang cocok untuk dipakai di daerah pegunungan memiliki kemampuan handling yang baik. Selain itu, bagian suspensinya berkualitas karena harus melewati jalan yang tidak rata.

Mobil yang Cocok untuk Daerah Pegunungan

Selain itu, mobil yang bisa digunakan di pegunungan adalah mobil dengan ground clearance tinggi, sistem penggerak 4×4 handal, dan memiliki mesin bertenaga. Berikut ini beberapa rekomendasinya untuk Anda.

1. Toyota Avanza

Semua varian Toyota Avanza dapat Anda gunakan di pegunungan. Alasannya karena mobil ini memiliki fitur pengereman dengan sistem ABS atau Anti Lock Braking System.

Adanya teknologi ABS ini membuat mobil bisa melakukan pengereman dengan sangat baik sehingga dapat meminimalisir kecelakaan. Selain itu, pada mobil ini juga terdapat sistem drum pada bagian rem belakang.

Salah satu varian mobil Toyota Avanza yang paling direkomendasikan adalah Toyota Avanza Veloz. Mobil ini memiliki teknologi macpherson struth with coil spring pada bagian suspensinya.

Beberapa varian mobil Toyota Avanza mungkin kurang pas jika harus melewati jalan yang bergelombang. Sebelum membeli, alangkah lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan sales terlebih dahulu.

2. Suzuki Jimny

Daftar mobil yang cocok untuk daerah pegunungan selanjutnya adalah Suzuki Jimny. Mobil yang satu ini mempunyai kemampuan off road yang sangat baik berbekal adanya sistem penggerak 4×4.

Pada mobil Suzuki Jimny terdapat fitur Scratch-Resistant Bumper With Wheel Arch Extention yang melindungi bodi mobil dari serpihan batu. Sebagaimana yang kita ketahui, di daerah pegunungan terdapat cukup banyak bebatuan.

Tidak sekedar itu saja, pada mobil juga terdapat fitur Three Angles. Mengendarai mobil di bukit atau gunung tidak lagi menjadi masalah karena tidak akan merusak bumper.

Baca juga: 10 Daftar Mobil Bekas 30 Jutaan yang Bagus

3. Mitsubishi Pajero Sport

Jika Anda mencermati dengan teliti, di wisata pegunungan banyak sekali orang yang membawa mobil Pajero. Ternyata hal ini bukan tanpa alasan, sebab, mobil ini merupakan salah satu mobil yang kuat di pegunungan.

Mobil Mitsubishi Pajero Sport telah mendukung fitur keamanan seperti Hill Start Assist, Hill Descent Control, dan Trailer Stability Assist. Anda bisa berkendara dengan aman di mana saja, termasuk itu di pegunungan.

Selain itu, mobil Pajero juga dilengkapi dengan fitur penerangan yang cukup lengkap. Fitur penerangan ini sangat berguna digunakan berkendara malam hari di pegunungan.

4. Toyota Land Cruiser

mobil yang cocok untuk daerah pegunungan

Selain Toyota Avanza, mobil Toyota yang cocok di pegunungan lainnya adalah Toyota Land Cruiser. Mobil satu ini memiliki bodi yang sangat kuat dan suspensinya memang dirancang khusus untuk melewati medan yang tidak rata.

Bahkan mobil ini terkenal sebagai salah satu mobil offroad terbaik di dunia. Tentu saja tidak akan kesulitan bila harus melewati jalan-jalan di pegunungan atau dataran tinggi.

Tidak hanya itu saja, mobil Toyota Land Cruiser juga memiliki mesin bertenaga dengan dukungan V6 Diesel. Kapasitas mesinnya mencapai 3,3 liter.

5. Isuzu MU-X

Rekomendasi mobil yang cocok untuk daerah pegunungan lainnya adalah Isuzu MU-X. Mobil yang satu ini memiliki ground clearance mencapai 23 cm.

Baik supir maupun penumpang pasti tetap merasa nyaman meskipun mobil harus melewati jalan tidak rata. Berkendara Isuzu MU-X bisa membuat Anda berkendara dengan aman dan nyaman.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak dengan rasio rasio 2H, 4H, dan 4L. Sistem penggerak ini membuat mobil bisa melewati tanjakan.

Baca juga: 8 Pilihan Tepat Mobil Pick Up Bekas Harga 30 Jutaan 

6. Nissan X-Trail

Mobil Nissan X-Trail ini juga bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin berkendara di daerah pegunungan. Ground clearancenya mencapai 21 cm sehingga tidak akan merusak mobil walau Anda kendarai di jalan berbatu.

Selain itu, jok belakangnya juga memiliki teknologi Spinal Support untuk menopang tulang belakang. Anda pun dapat berkendara dengan sangat nyaman dalam waktu yang lama.

Sebagaimana yang kita ketahui, perjalanan ke pegunungan pasti membutuhkan waktu yang lama.

7. Honda CR-V 2.4

Honda CR-V 2.4 merupakan salah satu mobil yang cocok untuk daerah pegunungan. Mobil ini mampu melewati berbagai medan dengan lancar termasuk di jalan berlubang dan jalan yang tidak rata.

Selain itu, mobil Honda CR-V 2.4 sangat bisa Anda gunakan di tanjakan tanpa hambatan. Sebab, pada mobil ini terdapat fitur kontrol kestabilan dan hill start assist yang dapat mencegah mobil bergerak mundur saat terjebak di tanjakan.

Tidak sekedar itu saja, mobil ini juga sangat bertenaga. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 190 Ps.

8. Ford Ranger Raptor

mobil yang cocok untuk daerah pegunungan

Ford Ranger Raptor memang dirancang khusus sebagai mobil untuk pemakaian jalan tidak rata seperti di pegunungan. Bahkan mobil ini dapat Anda gunakan di medan yang sangat ekstrim.

Ground clearance mobil ini cukup tinggi sehingga memungkinkan melewati berbagai kontur jalan dengan sangat mudah. Tidak cukup itu saja, mobil ini juga memiliki berbagai fitur keamanan dan keselamatan.

Mesinnya juga sangat powerfull. Mobil Ford Ranger Raptor menggunakan mesin Diesel (I4) dengan Bi-Turbo berkapasitas 1.996 cc. Tentu saja dengan mesin seperti ini mobil sangat kuat Anda pakai berjam-jam jalan di pegunungan.

Baca juga: Mobil Drift Jepang Paling Legendaris Sepanjang Masa

9. Toyota Fortuner Tipe G Diesel VNT TRD

Rekomendasi mobil yang cocok untuk daerah pegunungan selanjutnya adalah Toyota Fortuner Tipe G Diesel VNT TRD. Sebaiknya pilih yang mesin diesel karena lebih bertenaga sehingga cocok Anda gunakan di pegunungan.

Mobil Toyota yang satu ini tidak hanya memiliki performa yang tangguh, tetapi tampilannya juga stylish. Siapapun bisa membawa mobil ini ke gunung, bisa perempuan tidak harus laki-laki.

Selain itu, mobil ini hadir dengan mesin 1GD-FTV 2.755 cc VNT turbo intercooler yang menghasilkan tenaga dan torsi dan powerfull. 

Banyak pengguna yang merekomendasikan mobil Toyota Fortuner Tipe G Diesel VNT TRD untuk berpetualang.

10. Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky juga merupakan salah satu mobil yang cocok untuk daerah pegunungan. Mobil Daihatsu Rocky memiliki banyak sekali fitur keamanan dan keselamatan sehingga Anda bisa nyaman berkendara di pegunungan.

Adapun fitur-fitur tersebut yaitu ABS, EBD, SRS Airbag, VSC, Advance Smart Assist, dan HSA. Adanya bantuan fitur-fitur tersebut juga dapat meminimalisir resiko kecelakaan.

Selain itu, mobil Daihatsu ini secara performa cukup bertenaga. Daihatsu Rocky 2 mesin yang masing-masing berkapasitas 1.000 cc dan 1.200 cc. Selain itu, mobil ini menggunakan transmisi otomatis DCVT.

Transmisi ini membuat Anda bisa berkendara dengan nyaman tanpa harus menghabiskan bahan bakar. Kalau Anda pergi ke gunung pasti sangat membutuhkan mobil yang hemat bahan bakar.

11. Daihatsu Luxio

Bagi Anda yang sering berwisata di daerah pegunungan bisa menggunakan mobil Daihatsu Luxio. Terutama yang sudah memiliki jalan bagus, maka mobil ini aman-aman saja untuk digunakan.

Namun, jika jalannya masih kurang bagus maka mobil ini sebaiknya tidak Anda pakai. Sebab, Daihatsu Luxio bukan termasuk mobil offroad seperti mobil-mobil sebelumnya.

Meski begitu, di sisi lain Daihatsu Luxio memiliki banyak sekali keunggulan. Ada banyak sekali fitur keamanan yang bisa Anda manfaatkan seperti sensor parkir, lampu LED High Mount Stop Lamp (HMSL), dan sabuk pengaman tiga titik.

12. Daihatsu Terios

Mobil Daihatsu Terios bisa Anda gunakan di berbagai kondisi, situasi, dan jalan termasuk di daerah pegunungan. Anda pasti sering melihat mobil ini ada yang membawanya ke tempat-tempat wisata.

Daihatsu Terios memiliki kemampuan bermanuver di ruang terbatas dan mampu melewati berbagai medan. Kondisi kabinnya yang cukup luas mampu memberikan kenyamanan selama berkendara.

Selain itu, mobil ini juga memiliki mesin bertenaga dan bahan bakar yang ekonomis. Mobil bisa dengan sangat mudah melewati tanjakan tanpa mengurangi kenyamanan berkendara.

13. Jeep Wrangler

Jeep Wrangler memang terkenal sebagai mobil offroad yang mampu menerjang berbagai macam medan dengan tingkat jelajah yang sangat luar biasa. Mobil satu ini memiliki desain yang kokoh cocok untuk Anda gunakan di pegunungan.

Mobil Jeep Wrangler memiliki suspensi yang memang dirancang khusus untuk memberikan kestabilan ketika melalui tanjakan curam dan jalan berbatu. Tidak sekedar itu saja, mobil ini juga memiliki sistem penggerak empat roda.

Fitur tersebut dapat Anda aktifkan secara manual manual. Selain itu, masih banyak fitur-fitur lainnya seperti mode khusus berkendara dan pelindung bawah mesin.

Itulah dia rekomendasi mobil yang cocok untuk daerah pegunungan. Selain kesebelas mobil tersebut tentu saja masih banyak pilihan lainnya dan untuk mendapatkannya Anda bisa membeli di CarsGallery.

CarsGallery, Marketplace Mobil Bekas Berkualitas

CarsGallery menyediakan berbagai pilihan mobil bekas yang tentunya hadir dengan harga terjangkau. Jangan salah, meskipun harganya sangat murah tidak berarti kualitasnya murahan.

Semua mobil yang ada di CarsGallery kualitasnya sangat bagus dan sudah terjamin. Sebab, sebelumnya sudah melewati proses inspeksi terlebih dahulu untuk memastikan kualitasnya.

Tidak sekedar itu saja, setiap mobil juga ada garansinya. Bahkan Anda bisa mendapatkan service gratis selama 1 tahun sejak tanggal pembelian. Alhasil, mobil pun menjadi tidak mudah rusak.

Selain mobil untuk di pegunungan, mobil-mobil lainnya juga tersedia di CarsGallery. Lebih jelasnya, langsung saja hubungi tim CarsGallery baik melalui chat atau telepon.

FAQ

Apakah mobil kecil cocok digunakan di daerah pegunungan?

Alangkah lebih baik menggunakan mobil dengan body besar karena lebih kuat naik di tanjakan.

Apakah mobil 1000 cc masih kuat naik di tanjakan?

Ya, mobil 1000 cc sebenarnya masih kuat naik di tanjakan seperti gunung. Hanya saja membutuhkan sedikit keahlian untuk mengendarainya.

Apakah mobil LCGC kuat di tanjakan?

Walaupun harganya tergolong murah, mobil LCGC keluaran zaman sekarang nyatanya masih kuat untuk Anda gunakan di jalan menanjak seperti di pegunungan.



Other Post

Related Post