5 Perbedaan Pajero Dakar dan Exceed, Simak Sebelum Beli!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sejak 2021, Mitsubishi Pajero Sport konsisten mencuri perhatian dalam segmen sport SUV dengan varian Dakar dan Exceed. Tentunya, terdapat perbedaan Pajero Dakar dan Exceed yang

Sejak 2021, Mitsubishi Pajero Sport konsisten mencuri perhatian dalam segmen sport SUV dengan varian Dakar dan Exceed. Tentunya, terdapat perbedaan Pajero Dakar dan Exceed yang sangat menonjol.

Benar, Dakar dan Exceed merupakan varian yang cukup populer, bahkan beberapa tidak menyadari seperti apa perbedaannya. Memang, kedua varian tersebut memiliki spesifikasi yang mumpuni dalam segmen sport SUV mewah.

Alhasil, kedua produk mobil ini sering sekali disamakan. Bisa saja itu karena fitur atau apalagi spesifikasi yang kurang lebih mirip. Akan tetapi, jika Anda perhatikan dengan seksama, sekali lagi terdapat beberapa perbedaan signifikan dari setiap aspek.

Oleh karena itu, artikel ini akan membantu Anda untuk mencari tahu apa perbedaan Pajero Sport Dakar dan Exceed. Hal ini penting ketika Anda berencana untuk membeli Mitsubishi Pajero Sport.

Baca Juga: Daftar Mobil Toyota Bekas Dibawah 50 Juta, Ada Tipe Sedan!

Dakar dan Exceed, Tipe Mitsubishi Pajero Sport Favorit Konsumen Tanah Air

Varian Dakar dan Exceed pertama kali diperkenalkan pada Februari 2021 oleh Mitsubishi Indonesia. Tidak hanya kedua model tersebut, GLX juga ikut tampil sebagai salah satu varian baru.

Ini merupakan kelanjutan dari kesuksesan Mitsubishi Pajero Sport di pasar SUV (Sport Utility Vehicle). Tidak hanya itu, langkah ini juga meneruskan reputasi legendaris brand otomotif asal Jepang itu di Indonesia.

Pada Januari-Maret 2024, Pajero Sport berhasil terdistribusi sebanyak total 3.798 unit berdasarkan data dari Gaikindo. Angka ini membuatnya unggul daripada pesaing beratnya, Toyota Fortuner yang terdistribusi sebanyak total 3.654 unit.

Dakar dan Exceed merupakan dua varian terfavorit bagi konsumen Tanah Air. Alasannya, kedua varian tersebut memiliki spesifikasi yang lebih berperforma di kelasnya.

Perbedaan Pajero Dakar dan Exceed

perbedaan pajero dakar dan exceed

Beberapa calon konsumen mungkin kesulitan untuk mencari tahu apa perbedaan antara Pajero Dakar dan Exceed. Nyatanya, terdapat beberapa perbedaan yang signifikan. Berikut adalah perbedaan antara Dakar dan Exceed dari segala aspek.

1. Eksterior

Eksterior merupakan aspek pertama yang menjadi perhatian dalam membedakan dua varian mobil. Dari kelihatannya, baik Dakar dan Exceed berhasil mencuri perhatian berkat tema sporty, maskulin, dan gagah pada bagian bodi.

Padahal, jika kita lihat dengan saksama, terdapat beberapa beda Exceed dan Dakar pada aspek eksterior secara mendalam. Perbedaan yang mencuri perhatian adalah penggunaan lampu depan.

Pajero Exceed masih memakai lampu halogen atau xenon untuk lampu utama dan depan. Sementara itu, Dakar sudah memakai lampu LED lengkap dengan LED Active Cornering Lamp.

Patut Anda ketahui bahwa lampu LED memiliki beberapa kelebihan daripada lampu halogen. Pasalnya, lampu LED terkenal memiliki efisiensi energi lebih tinggi, daya tahan lebih lama, dan bahkan lebih terang.

Beralih dari penggunaan lampu, Exceed memiliki pelek single tone berukuran 18 inci. Sementara tiu, Dakar menggunakan pelek berukuran sama, tetapi dengan bahan jenis two tone, membuatnya lebih gagah.

Menariknya lagi, Dakar juga menggunakan Power Tailgate with Kick Sensor. Sensor ini berfungsi untuk membuka pintu belakang hanya dengan cara menjulurkan kaki pada bagian bawah mobil.

2. Interior

Selanjutnya, interior kabin Mitsubishi Pajero Sport telah terkenal dengan kemewahannya. Hal ini juga berlaku pada kedua varian ini, sampai-sampai calon konsumen kesulitan menemukan apa perbedaan Pajero Exceed dan Dakar dari interior.

Meski terlihat cukup serupa, varian Dakar dan Exceed memiliki berbagai perbedaan signifikan pada interior. Pertama dari penggunaan bahan jok, Exceed memakai bahan fabric, sedangkan Dakar memakai jok berlapis kulit berlapis soft touch.

Tidak cuma itu, perbedaan Pajero Dakar dan Exceed ikut memainkan paduan warna dalam interior masing-masing. Jika Exceed hanya memakai satu warna, Dakar justru sudah memakai dua paduan warna agar menonjolkan kesan modern dan tangguh.

Selanjutnya pada dashboard, Dakar memiliki layar display meter 8 inci. Layar tersebut bisa pengendara kustomisasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Sebaliknya, Exceed tetap memakai panel meter klasik.

Beralih pada sistem infotainment (termasuk audio) yang sudah mendukung touchscreen. Perbedaannya terletak pada ukuran, yakni Exceed dengan layar 7 inci dan Dakar dengan layar 8 inci.

Lebih spesialnya lagi, Dakar memiliki beberapa hal yang sangat membedakan dengan Exceed. Beberapa di antaranya fitur kamera mundur, power outlet 150 W/220 V, dan sunroof.

Dari sini, Anda sudah memahami apa beda Pajero Dakar dan Exceed dari aspek interior. Kesimpulannya, varian Dakar memaksimalkan kenyamanan dan aspek elegan pada interior.

Baca Juga: 6 Tips Membeli Ayla Bekas Medan, Jaminan Anti Boncos!

3. Fitur Keselamatan

Setiap varian Mitsubishi Pajero Sport menghadirkan fitur keselamatan yang mumpuni. Hal ini penting demi keamanan pengendara dan setiap penumpang.

Maka dari itu, Pajero Dakar dan Exceed sama-sama memiliki fitur dasar. Fitur tersebut berupa ISOFIX Child Seat, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan Immobilizer.

Walau begitu, terdapat perbedaan Pajero Dakar dan Exceed dari penggunaan airbag. Exceed hanya memiliki dua buah airbag, sedangkan Dakar justru lebih lengkap dengan tujuh buah airbag.

Terlebih, varian Dakar juga memiliki berbagai fitur keselamatan lebih banyak dan canggih. Fitur-fitur tersebut termasuk Hill Start Assist (HAS), Rake Assist, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS), dan Adaptive Cruise Control.

4. Spesifikasi dan Performa

perbedaan pajero dakar dan exceed

Membicarakan apa beda Pajero Sport Dakar dan Exceed mungkin tidak lengkap tanpa membahas spesifikasi dan performanya. Benar, kedua varian ini memiliki beberapa perbedaan cukup menonjol.

Dari penggunaan mesin, Exceed mengandalkan mesin 2.5L 4D56 Commonrail Turbocharged. Mesin tersebut membuatnya mampu menghasilkan tenaga maksimal 134 hp dan torsi maksimal 324 Nm.

Beda dengan Dakar, varian tersebut mengandalkan mesin 2.4L 4N15 MIVEC Turbocharged, membuatnya bisa mencapai tenaga 178 hp dan torsi 430 Nm.

Untuk transmisi, Exceed tersedia dalam opsi matic 5-speed dan manual 5-speed. Dakar tercatat memiliki transmisi matic 8-speed.

Ini membuktikan Dakar lebih gahar secara spesifikasi dan performa. Walau begitu, Anda mungkin tidak akan merasakan perbedaan dua varian ini dalam performa saat mobilitas di perkotaan.

5. Harga

Pastinya, beda Pajero Dakar dan Exceed ikut terletak pada harga. Berdasarkan pada empat perbedaan tadi, sudah tentu Pajero Dakar memiliki harga lebih tinggi daripada Exceed. 

Misalnya, Pajero Sport Dakar AT 4×2, model terendah dari varian Dakar, memiliki harga mulai dari Rp634,4 juta. Model tertingginya, Pajero Sport Dakar Ultimate AT 4×4, memiliki harga Rp745,1 juta.

Sebaliknya, varian Exceed memiliki harga lebih rendah. Untuk model transmisi manual (Pajero Sport Exceed MT 4×2), harganya mulai dari Rp560,1 juta. Sedangkan model transmisi matic (Pajero Sport Exceed AT 4×2) memiliki harga sekitar Rp575,3 juta.

Seperti biasa, harga seluruh varian Pajero Sport keluaran tahun lama, terutama versi bekas, akan memiliki harga lebih rendah. Beberapa dealer dan showroom mobil bekas mematoknya dengan harga Rp100 juta sampai Rp200 juta.

Baca Juga: 7 Pilihan Daihatsu Ayla Bekas Cicilan 1 Juta, DP Miring!

Mana yang Lebih Baik? Pajero Dakar atau Exceed?

Dari kelima aspek tadi, kita bisa menyimpulkan bahwa Pajero Dakar merupakan opsi yang lebih baik. Pasalnya, varian Dakar memiliki fitur dan spesifikasi lebih lengkap serta gahar.

Pajero Dakar sendiri memiliki beberapa fitur yang terkesan eksklusif daripada varian Pajero lain. Misalnya penggunaan lampu LED, pelek two tone, dan kehadiran Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS) serta Adaptive Cruise Control.

Inilah mengapa varian Dakar memiliki harga lebih tinggi daripada varian Exceed. Pasalnya, Exceed tidak memiliki fitur selengkap varian tersebut. Setidaknya, Pajero Exceed merupakan opsi yang lebih terjangkau.

Meski sudah mengetahui perbedaan Pajero Dakar dan Exceed, keputusan untuk memilih tetap di tangan Anda. Apakah Anda ingin memilih Pajero Sport Exceed opsi lebih ekonomis atau Pajero Sport Dakar yang lebih mewah?

Jangan takut saat ingin membeli mobil bekas! Anda tetap bisa mendapat mobil berkualitas dengan harga kompetitif. CarsGallery merupakan platform yang mempermudah Anda untuk menemukan mobil bekas berkualitas.

Ingin mobil bekas berkualitas, bersertifikasi, dan bergaransi? Segera kunjungi CarsGallery sekarang juga untuk mulai menemukan mobil impian Anda!

FAQ

Perbedaan Pajero Dakar dan Exceed terletak pada aspek apa saja?

Perbedaan kedua varian tersebut terletak pada eksterior, interior, fitur keselamatan, spesifikasi mesin dan performa, serta harga.

Pajero manakah yang memiliki fitur keselamatan lebih lengkap?

Dari perbedaan tersebut, kesimpulannya adalah Pajero Sport Dakar memiliki fitur keselamatan lebih lengkap.

Mana yang lebih baik? Pajero Dakar atau Exceed?

Pajero Sport Dakar merupakan opsi lebih baik karena memiliki spesifikasi, fitur, dan desain lebih gahar.



Other Post

Related Post