Urutan Generasi Avanza Sejak Pertama Rilis hingga Terbaru

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Siapa yang belum kenal dengan Avanza? Mobil yang khas dengan sebutan kendaraan ‘sejuta umat’ ini, memang begitu populer di Indonesia. Hadir pertama kali tahun 2003,

Siapa yang belum kenal dengan Avanza? Mobil yang khas dengan sebutan kendaraan ‘sejuta umat’ ini, memang begitu populer di Indonesia. Hadir pertama kali tahun 2003, keberlanjutan generasi Avanza masih bisa kita lihat hingga saat ini. 

Mobil dari segmen MPV satu ini, ketika baru rilis jadi pesaing dari Kijang yang ketika itu merupakan mobil 7-seat tapi harganya mahal. 

Hadirnya Avanza pertama kali, sekaligus menjadi angin segar untuk kebutuhan keluarga-keluarga di Indonesia untuk mobil dengan kapasitas penumpang cukup besar. 

Ingin tahu urutan generasi Avanza yang terbilang laris-manis di pasar otomotif Indonesia? Mari, simak di sini. 

Baca Juga: 6 Kelebihan dan Kekurangan Avanza Bekas, Wajib Tahu!

Urutan Generasi Avanza, dari Pertama Rilis Hingga yang Terbaru

Perjalanan generasi Avanza di Indonesia memang terbilang panjang. Bermula dari model yang menjadi saingan Kijang yang ketika itu jadi dominator, hingga menjadi mobil pilihan utama masyarakat Indonesia. Begini urutan generasinya. 

1. Generasi Pertama (2003 – 2010)

Perjalanan Avanza pertama kali bermula pada tahun 2003. Awalnya, mobil ini diperkenalkan lewat Gaikindo Auto Show yang jadi pameran otomotif terbesar di Indonesia. 

Pada seri awal ini, Avanza cuma punya dua tipe yakni 1.3 E dan 1.3 G. Masih manual dengan 5-percepatan. 

Walaupun Avanza generasi pertama masih begitu terbatas dari segi fitur, tapi ketika itu sudah cukup menarik animo masyarakat. 

Pasalnya, mobil satu ini mampu menjawab kebutuhan keluarga Indonesia karena kapasitasnya yang sampai 7 penumpang. 

Waktu itu memang sudah ada mobil Kijang, tapi harganya cenderung mahal. Namun, Avanza hadir dengan jumlah seat yang sama dengan harga yang lebih terjangkau. 

Meski sederhana, pada generasi Avanza satu ini sudah ada AC, head unit yang single DIN, juga spion manual. 

Dari segi warna interior, memang dominasinya masih warna abu-abu dan hitam. Meski sangat simple dibandingkan dengan Avanza keluaran terbaru, tapi di generasi pertama ini sudah ada power window. 

Selain itu, pengaturan untuk kaca spionnya sudah elektrik di tipe 1.3 G. Sedangkan tipe 1.3 E, fiturnya lebih sederhana lagi karena spionnya masih manual dan masih pakai velg kaleng 13 inch. 

Generasi 2004

Kemudian, pada tahun 2004, Avanza kembali merilis tipe 1.3 S yang sudah menggunakan transmisi otomatis dengan 4-percepatan. 

Mobilnya punya mesin K3-VE 1.300 cc dengan teknologi VVT-i. Adanya teknologi tersebut, membuat generasi kali ini lebih irit dan efisien dalam penggunaan bahan bakar. 

Ada juga tambahan fitur untuk keselamatan pengendara yakni pengereman ABS. 

Generasi 2006

Sebelum generasi ini, Avanza masih menggunakan mesin K3-DE dalam 1.3 G dan E. Namun, akhirnya pada 2006 seluruh mobil Avanza terganti mesinnya dengan K3-VE sama seperti yang ada pada 1.3 S. 

Pada tahun ini pula, Toyota mengenalkan tipe 1.5 S yang sudah tentu punya tenaga lebih besar daripada generasi Avanza lain yang telah rilis. 

Mesinnya sudah berkapasitas 1.500 CC dengan mesin yang berbeda, yakni 3SZ-VE dan sudah VVT-i. Selain itu, mesinnya juga sudah berstandar Euro 2 yang terbilang sudah sangat layak untuk mobil-mobil di era tersebut. 

Era 2008 – 2009

Khas kaizen-nya Jepang, Toyota selalu memperbarui produknya untuk lebih baik dari segi apa pun. 

Pada tahun-tahun tersebut, Toyota memberikan perubahan desain pada mobil segmen LMPV ini. 

Misalnya, generasi Avanza 2008 – 2009 merubah bagian atap menjadi sedikit bergelombang karena berguna untuk mengoptimalkan aliran udara. 

Kemudian juga Toyota mengenalkan skema warna dari interiornya yang dulu hanya hitam dan abu-abu saja. 

Menjadi semakin menarik lagi karena ada pula tambahan aksen krom di bagian jendela belakang serta grille bumper bagian depan. 

Penutup generasi pertama

Akhirnya, pada 2009 – 2010 menutup generasi pertama ini dengan mengeluarkan mobil bertipe otomatis buat tipe 1.3 E dan 1.3 G. 

Pada tahun-tahun tersebut, Toyota melakukan penyesuaian dengan pasar dan kebutuhan akan kendaraan bertransmisi otomatis di Indonesia. 

Baca Juga: 5 Tips Membeli Mobil Avanza Bekas Murah Kualitas Terjamin

2. Toyota Avanza Generasi Kedua (Tahun 2011 – 2020)

generasi avanza

Terbilang lebih panjang digunakan daripada generasi pertama, mobil Avanza generasi kedua merentang sepanjang tahun 2011 – 2020. 

Memang tak mengherankan karena Avanza berhasil lagi mengukir sejarah karena generasi kedua ini. 

Toyota mengeluarkan tipe dengan nama ‘All New Avanza’ pada 2011 yang membuat tampilannya jauh lebih modern. 

Memang, generasi Avanza ini sangat mencolok di bagian eksterior. Misalnya, grillenya kiri dan kanan jadi satu, lampu remnya lebih lancip, dan juga bumper bagian depan maupun belakang lebih modern. 

Belum cukup di situ, tapi pada generasi kedua Avanza ini juga membuat masyarakat lebih fleksibel dalam memilih. Pasalnya, ada banyak pilihan tipe dari 1.3 E, G, dan 1.5 Veloz yang jadi tipe paling tinggi dari yang lainnya. 

Tipe yang berbeda hanya Veloz. Tapi untuk 1.3 E dan 1.3 G masih mirip karena sama-sama memakai mesin 1.300 CC dengan kode 1NR-FE. 

Bedanya dengan 1.5 Veloz, mesinnya 1.500 cc dan kodenya 2NR-FE. Tentu, Avanza Veloz akan memberi performa lebih baik ketika Anda mengendarainya. 

Selain itu, Veloz juga punya bekal desain body yang sporty sekaligus berbekal fitur lebih mewah daripada dua tipe lain yang sama-sama rilis pada generasi kedua ini. 

Banyak yang bilang jika ini merupakan generasi Avanza terbaik karena sudah tampil modern dan juga terkenal dengan bandelnya mesin yang digunakan. 

Dari fitur keselamatan memang sudah cukup lengkap seperti pengereman ABS dan juga dual SRS Airbag. Dengan ini, setiap pemilik mobil bisa memperoleh keamanan ekstra. 

Tahun 2014, Rilis Versi Luxury Avanza G dan Veloz

Pada tahun 2014, Avanza kembali hadir dengan tipe atau varian Luxury dari Avanza G dan Veloz. Apa bedanya? 

Generasi Avanza ini lebih menekankan perbedaannya pada bagian eksterior dan interior yang lebih mewah. 

Contohnya, di bagian eksterior ada tambahan body kit untuk bumper depan-belakang, dan juga side skirt. 

Sedangkan buat bagian interiornya, tipe Luxury ini memakai panel kayu agar kesannya lebih mewah. 

Tahun 2015, Kemunculan Versi ‘Grand New’ 

Nah, pada tahun ini, Toyota menghadirkan versi Grand New Avanza dan juga Grand New Veloz. 

Menurut kabar, versi ini punya desain ‘Keen Look’ yang membuatnya lebih dinamis juga modern. 

Tentu, paling mencolok di bagian eksteriornya karena pakai grille yang tebal, adanya multi-reflektor, sampai dengan bumper yang sudah terdesain ulang. 

Begitu juga dengan tampilan dari Grand New Veloz, tampilannya sporty dan interiornya mewah karena dominasi warna hitam yang cukup elegan. 

Panelnya pakai garnish warna silver yang menguatkan kesan elegan di bagian interiornya. 

Selain itu, Grand New Avanza Veloz ini juga hadir dengan fitur yang lebih lengkap seperti head unit yang sudah touch screen dan juga hadirnya layar tambahan bagi penumpang yang ada di belakang. 

Tahun 2019, Penyegaran untuk Avanza

Lalu, pada 2019 yang lalu, Avanza kembali memperoleh penyegaran karena hadir varian Facelift. 

Anda bisa menyimak perubahannya yang nampak di eksterior dan membuat Avanza tampak seperti Voxy. 

Punya lampu utama LED, desain bumpernya modern, dan pakai foglamp. 

Pada varian Facelift ini, Toyota sudah menambahkan berbagai macam teknologi baru seperti smart entry, head unit dengan steering switch, outer mirror retractable auto-folding, dan banyak lagi. 

Tak lupa juga, generasi Avanza ini juga menambah perlindungan bagi pengemudi dengan menghadirkan ABS, dual SRS Airbag, dan juga ISOFIX. 

Baca Juga: 6 Ciri Mesin Mobil Avanza Masih Bagus, Wajib Cek!

3. Toyota Avanza Generasi Ketiga (Tahun 2021 – Sekarang)

Setelah hadir dengan varian Facelift, muncullah yang paling baru yakni Avanza generasi ketiga. Tepatnya mulai 2021 yang lalu. 

Daripada versi-versi sebelumnya, Avanza hadir dengan perubahan signifikan. Pasalnya, mobil keluaran Toyota ini melakukan perubahan sistem penggerak. 

Awalnya, Avanza dari generasi pertama dan kedua masih menggunakan penggerak Rear Wheel Drive (RWD). 

Akhirnya, kini Avanza sudah berubah menjadi pakai penggerak Front-Wheel Drive (FWD). Hadirnya versi baru ini ditujukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. 

Menariknya, pada generasi Avanza ketiga ini adalah perpaduan dari unsur MPV dan khas SUV. 

Akhirnya, mobil yang awalnya dianggap cuma mobil keluarga sudah jadi lebih menarik dan juga modern. 

Toyota pun akhirnya menemukan teknologi dan fitur canggih untuk keselamatan yani Toyota Safety Sense (TSS). 

Fitur ini, bisa Anda temukan pada berbagai mobil Toyota terbaru.  Ini merupakan fitur atau teknologi yang memanfaatkan sensor laser dan kamera untuk peningkatan keselamatan selama berkendara. 

Jika dari segi mesin, memang tak jauh berbeda. Masih di segmen 1.300 cc – 1.500 cc bertransmisi manual dan otomatis. 

Dari generasi Avanza yang awal yakni 2003 – 2024 ini, Toyota melakukan cukup banyak pembaruan dan perkembangan. 

Toyota memberikan kita pemahaman atas upayanya untuk terus memperbaharui dan meningkatkan berbagai hal dalam produknya untuk lebih baik lagi. 

Hadirnya generasi, fitur, teknologi, transmisi, hingga performa yang terus meningkat ini, sekaligus menunjukkan jika Toyota memang berkomitmen untuk selalu jadi perusahaan pilihan bagi keluarga di Indonesia. 

Tipe Avanza Apa yang Paling Bagus? 

generasi avanza

Avanza berapa generasi? Sampai saat ini, Avanza memiliki tiga generasi yang pada generasi terakhirnya membawa cukup banyak perubahan. 

Tapi, saat Anda dihadapkan dengan pertanyaan tipe mana yang paling bagus, mungkin harus cukup berpikir keras untuk memilihnya. 

Sebenarnya, generasi Avanza dengan tipe terbagus itu harus menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Jika kebutuhan Anda dari segi harga, maka tipe E sepertinya jadi pilihan terbaik. Sedangkan untuk yang ingin tampilan sporty dan juga fitur yang sudah lumayan, maka pertimbangkan tipe G. 

Nah, untuk yang terbaik, sudah tentu ada Avanza Veloz dari generasi mana pun yang merupakan tipe tertinggi dari LMPV satu ini. 

Desainnya sporty, modern, elegan, fitur lengkap, performa mesin lebih oke, dan lebih unggul dari yang lain meski harganya pasti jadi yang termahal. 

Toyota Avanza Bekas dari Berbagai Generasi, Lengkap di Sini!

Butuh Avanza bekas dari berbagai era dan generasi? Mau Avanza bekas dengan kondisi terbaik dari berbagai tipe? Cek CarsGallery. 

Anda bahkan bisa mendapatkan Avanza bekas dengan harga Rp70 jutaan di sini. Mau yang lebih baik? Ada tipe Avanza dengan harga Rp100 jutaan untuk pengalaman dan juga fitur yang lebih canggih. 

Seluruh kebutuhan Anda akan mobil bekas, tersedia di CarsGallery.

FAQ

Tipe Avanza apa yang paling bagus? 

Jika ingin yang paling bagus dan modern serta canggih, maka tipe Avanza Veloz adalah yang terbaik. 

Avanza apa yang paling murah? 

Mungkin Anda bisa memilih generasi Avanza pertama dan kedua untuk harga yang lebih terjangkau. 

Avanza generasi berapa yang paling bandel? 

Generasi kedua dan pertama cukup populer sebagai Avanza dengan mesin paling bandel meski minim perawatan.



Other Post

Related Post