Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip dan Cara Mengatasinya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mengetahui penyebab lampu sein tidak berkedip bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama pada mobil modern yang memiliki banyak koneksi listrik. Perlu waktu dan pemahaman untuk menentukan

Mengetahui penyebab lampu sein tidak berkedip bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama pada mobil modern yang memiliki banyak koneksi listrik. Perlu waktu dan pemahaman untuk menentukan sumber masalahnya. 

Masalah bisa muncul di berbagai bagian lampu sein seperti bohlam, unit flasher, kabel, konektor, atau sekering. Namun, tidak selalu perlu langsung membawa mobil ke bengkel karena beberapa masalah lampu sein dapat diperbaiki sendiri.

Baca Juga: Mengenal 41 Komponen Mesin Mobil, Lengkap dengan Fungsinya!

Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip

Berikut ini sejumlah kondisi alasan kenapa lampu sein tidak berkedip.

1. Bohlam Lampu Putus

Salah satu penyebab utama lampu sein tidak berkedip adalah bohlam yang putus. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan bohlam yang tidak sesuai atau karena tegangan listrik yang terlalu besar atau kecil. 

Tegangan yang terlalu besar membuat bohlam tidak mampu menahan arus listrik sedangkan tegangan yang terlalu kecil menyebabkan lampu tidak bisa berkedip.

2. Soket Bermasalah

Soket lampu yang kotor atau berdebu juga dapat menjadi penyebab lampu sein tidak kedip. Selain itu, pemasangan soket yang tidak kencang atau tidak sesuai juga dapat menyebabkan lampu tidak berfungsi dengan baik.

3. Flasher Rusak

Flasher berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke lampu sein agar dapat menyala dan berkedip. Jika flasher rusak, lampu sein tidak akan berkedip dan bahkan bisa mati sama sekali.

4. Masalah pada Sistem Kelistrikan

Kerusakan pada sistem kelistrikan mobil juga bisa menjadi penyebab lampu sein tidak berkedip. Masalah pada kelistrikan tidak hanya memengaruhi lampu sein, tetapi juga komponen listrik lain yang terhubung.

5. Aki Lemah atau Soak

Penyebab lain lampu sein tidak berkedip adalah aki yang sudah tidak layak pakai. Aki merupakan sumber daya utama bagi komponen listrik di mobil, termasuk lampu. 

Jika aki sudah lemah atau soak, lampu sein tidak akan menyala dengan baik atau tidak berkedip sama sekali.

Masalah Lain pada Lampu Sein

penyebab lampu sein tidak berkedip

Selain penyebab tadi, terdapat sejumlah masalah lain yang menyebabkan lampu sein terus menyala tidak berkedip.

1. Salah Satu Lampu Sein Tidak Berfungsi

Jika hanya satu lampu sein yang tidak berfungsi, kemungkinan besar masalahnya adalah bohlam yang sudah mati. Ini adalah masalah yang paling umum terjadi. 

Solusinya cukup sederhana, periksa bohlamnya. Jika filamennya putus atau kaca bohlam sudah gelap, ganti bohlam tersebut. Pastikan soketnya juga dalam kondisi baik, dan jika ada korosi, ganti soketnya.

2. Lampu Darurat Tidak Berfungsi, Tetapi Lampu Sein Berfungsi

Lampu darurat dan lampu sein biasanya berada dalam rangkaian yang sama. Masalah bisa terjadi karena flasher lampu darurat rusak, sekering putus, koneksi di sakelar lampu sein buruk, atau ada hubungan pendek di kabel eksternal. 

Jika flasher atau sekering yang rusak, cukup ganti. Namun, jika koneksinya yang longgar, Anda perlu memperbaiki koneksi tersebut.

3. Kedua Lampu Sein Tidak Berfungsi

Jika kedua lampu sein mati, biasanya penyebabnya adalah sekering yang putus atau flasher yang rusak. 

Masalah ini juga bisa disebabkan oleh soket yang berkarat atau bohlam yang rusak sehingga memerlukan perbaikan lebih kompleks. Untuk memperbaikinya, Anda bisa mengikuti panduan dari pabrikan mobil.

Baca Juga: 6 Tips Agar Berani Mengemudi di Jalan Raya

4. Lampu Sein Tidak Mati Setelah Digunakan

Penyebab lampu sein mobil tidak berkedip ini biasanya adalah mekanisme pembatalan di sakelar yang rusak atau cam pembatalan yang patah. Untuk memperbaikinya, ganti saklar atau cam, tergantung pada model mobil Anda.

5. Lampu Sein Berkedip Terlalu Cepat Atau Lambat

Perubahan kecepatan kedipan lampu sein sering kali terjadi jika Anda mengganti flasher atau bohlam dengan tipe yang salah. 

Selain itu, penyebab lainnya bisa berupa sambungan saklar yang longgar, masalah koneksi daya, atau grounding yang buruk pada lampu. 

Jika berkedip lebih cepat dari biasanya, periksa apakah alternator terlalu mengisi daya baterai. Jika lebih lambat, bisa jadi alternator kurang mengisi daya atau baterai lemah.

6. Indikator Dasbor Tidak Berkedip

Jika lampu indikator di dasbor menyala tetapi tidak berkedip, periksa bohlam sein dan flasher. Jika salah satu lampu tidak menyala, periksa bohlam dan soket untuk melihat apakah ada kerusakan atau korosi.

Baca Juga: 9 Tips Mengemudi di Jalan Tol agar Aman Selama Perjalanan

Cara Mengatasi Masalah Lampu Sein

Sejumlah penyebab sein mobil tidak berkedip dapat diperbaiki dengan cara sebagai berikut.

  • Periksa Kabel, cek rangkaian kabel yang terhubung dengan lampu sein untuk memastikan apakah ada kabel yang putus, terkelupas, atau masalah lainnya. Pastikan tidak ada kerusakan pada kabel, dan ganti jika diperlukan.
  • Periksa Flasher, pastikan flasher dalam keadaan baik dan terpasang dengan benar. Jika flasher rusak atau bermasalah, segera ganti dengan yang baru. Flasher yang rusak bisa menyebabkan lampu sein terus menyala tanpa bisa berkedip atau sulit dimatikan.
  • Periksa Bohlam, jika bohlam sudah redup, rusak, atau sudah digunakan terlalu lama, sebaiknya ganti dengan yang baru. Pastikan bohlam sesuai dengan flasher agar lampu dapat menyala normal dan mencegah kerusakan pada bohlam.
  • Periksa Sistem Kelistrikan, periksa daya aki mobil untuk memastikan tidak terlalu lemah atau terlalu besar. Pasokan daya yang tidak stabil dapat mempengaruhi kinerja lampu sein.
  • Periksa Tuas atau Tombol Lampu Sein, cek apakah tuas atau tombol lampu sein berfungsi dengan baik. Kadang-kadang, tuas atau tombol bisa tetap dalam posisi “on” meskipun sudah dimatikan.

Demikian pembahasan mengenai penyebab lampu sein tidak berkedip. Pada dasarnya, setiap komponen mobil penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama berkendara.

Itulah mengapa jika terjadi kerusakan, termasuk pada lampu sein, Anda harus segera memperbaikinya. Datanglah ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.



Other Post

Related Post