Spesifikasi, Harga, dan Review CR-V Generasi 2 Lengkap

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Honda CRV menjadi salah satu seri mobil populer di Indonesia. Setiap generasi, mobil ini selalu berhasil menarik perhatian para pecinta otomotif, termasuk CR-V generasi 2.

Honda CRV menjadi salah satu seri mobil populer di Indonesia. Setiap generasi, mobil ini selalu berhasil menarik perhatian para pecinta otomotif, termasuk CR-V generasi 2

Meski termasuk ke dalam generasi awal CRV, nyatanya mobil ini belum kehilangan peminat. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang mencari mobil CRV gen 2 dalam kondisi bekas. 

Jika Anda adalah salah satunya, simak dulu review CRV generasi 2 berikut ini sebelum membelinya. 

Sekilas Tentang Honda CRV 

Pada dasarnya, CR-V adalah sebuah seri mobil buatan Honda, perusahaan otomotif raksasa asal Jepang. Memiliki tipe SUV atau Sport Utility Vehicle, mobil ini menawarkan tampilan yang gagah, dan sporty, tapi juga berkelas dan modern.

Mobil ini pertama kali mengeluarkan seri pertamanya pada tahun 1996. Pada perilisannya, CRV gen 1 hanya memiliki satu jenis model saja dengan mesin 2.0 L dan torsi maksimal 180 nm. 

CRV secara resmi masuk ke pasar otomotif Indonesia pada tahun 2000 dan mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Sampai saat ini, seluruh generasi mobil CRV berhasil mendapatkan image dan reputasi yang baik di Indonesia. 

Spesifikasi CR-V Generasi 2 

Honda secara resmi meluncurkan CR-V generasi 2 pada tahun 2001 dengan desain dan model yang baru. Di Indonesia, mobil CRV generasi kedua masuk secara resmi pada tahun 2002. 

Sejak perilisan awalnya, mobil generasi ini hanya memiliki 1 (satu) pilihan mesin saja, yaitu 2.0 L i-VTEC. Kemudian pada tahun 2005, Honda kembali mengeluarkan generasi kedua CRV dengan tambahan versi facelift. 

Dalam versi terbarunya, Honda memberi pelanggan 2 (dua) pilihan mesin, yaitu 2.0 L i-VTEC dan juga 2.4 L i-VTEC. Inilah spesifikasi CRV generasi 2

  • Dimensi: tinggi 1.780 mm, panjang 4.600 mm, lebar 1.785 mm, ground clearance 180 mm, jarak poros roda 2.620 mm 
  • Tipe mesin: 4 silinder segaris 
  • Kapasitas mesin: 2.0 L (1.998 cc), 2.4 L (2.354 cc) 
  • Torsi maksimal: 2.0 L (194 nm/4.000 rpm), 2.4 L (222 nm/4.500 rpm)
  • Daya maksimal: 2.0 L (150 hp/6.500 rpm), 2.4 L (160 hp/5.500 rpm) 
  • Suspensi depan dan belakang: MacPherson strut dan Independent double wishbone 
  • Transmisi: manual (5 percepatan) dan matic (4 percepatan) 
  • Kapasitas tangki: 58 Liter.

Baca Juga: Perbedaan Honda HRV dengan BRV, Lebih Bagus Mana?

Eksterior, Interior, dan Konsumsi BBM CR-V Generasi 2 

Tidak hanya soal spesifikasi mobil, pertimbangan penting yang harus Anda lakukan ketika ingin membeli CRV gen 2 adalah soal eksterior, interior, dan konsumsi BBM. Berikut adalah ulasan eksterior, interior, dan konsumsi BBM mobil ini: 

1. Eksterior 

Pada generasi kedua, Honda memang masih menggunakan konsep desain yang lama. Akan tetapi, model body mobil ini terlihat lebih modern dengan tekukan yang cenderung membulat. 

Selain itu, suasana baru pun bisa Anda amati dari bumper, grill, dan lampu depan yang terlihat lebih modern. Hanya saja untuk lampu belakang, Honda masih menggunakan desain vertikal. 

Kemudian, ada juga Foglamp lingkaran pada bagian terluar mobil ini. Sentuhan-sentuhan inilah yang membuat mobil ini tampak jauh lebih modern dan berkelas daripada sebelumnya. 

2. Interior 

Dari segi interior, generasi kedua CRV masih mempertahankan desain dan gaya yang sama dengan generasi pertama. Kesan yang mungkin akan langsung Anda dapatkan adalah kaku dan tangguh. 

Tuas gigi mobil akan terletak di dashboard tepatnya pada bagian samping setir. Ini jelas berbeda dengan SUV lainnya yang umumnya menempatkan tuas pada bagian konsol tengah. 

Mobil ini sendiri memiliki kapasitas hingga 527 liter dan merupakan salah satu yang terbesar di kelasnya. 

3. Konsumsi BBM 

Ketika membeli mobil, terutama bekas, maka satu hal yang penting menjadi perhatian adalah konsumsi BBM. Honda CR-V generasi 2 memiliki kapasitas tangki sebesar 58 liter. 

Selain itu, mobil ini juga memiliki fitur akselerasi yang lebih baik berkat adanya teknologi power to weight. Berikut adalah perkiraan konsumsi tersebut:

  • 5-7 km per liter untuk perjalanan dalam kota.
  • 9-11 km per liter untuk perjalanan rute luar kota. 

Jika melihat angka catatan konsumsi ini, memang untuk ukuran kendaraan masa kini akan terlihat boros. Karena sudah ada fitur ECO mode yang bisa lebih membuat konsumsi BBM jadi jauh lebih efisien. 

Hanya saja, perlu Anda ingat bahwa ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi konsumsi BBM. Seperti kondisi mesin, tekanan ban, beban dari kendaraan, hingga kondisi lalu lintas. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil Keluarga Honda Ternyaman dan Kabin Luas

Kelebihan dan Kekurangan CRV Generasi 2

cr-v generasi 2
cr-v generasi 2

 

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan CR-V generasi 2 yang bisa Anda simak:

1. Kelebihan 

a. Tampilan yang Modern 

Meski sudah rilis bertahun-tahun, tapi sampai saat ini desain eksterior CRV gen 2 masih terlihat cukup modern. Mobil ini pun tampak sporty dan gagah, tapi masih memiliki kesan elegan. 

Jadi jika Anda mencari mobil bekas dengan tampilan yang timeless, CRV generasi 2 bisa menjadi pilihan yang tepat. 

b. Kabin yang Lega dan Luas

Tidak hanya unggul dari segi desain, kabin mobil ini pun terasa luas dan lega tanpa adanya sekat antara penumpang depan dan pengemudi. Kapasitas total mobil ini adalah 527 liter dan bisa menampung hingga 7 orang. 

c. Fitur Keselamatan yang Modern 

Bagi sebuah mobil, fitur keselamatan adalah hal penting yang harus ada. Untuk CRV gen 2, sudah terdapat airbags di bagian depan dan sistem pengereman yang modern berupa Anti-lock Braking System atau ABS. 

Berkat adanya teknologi ini, mobil bisa dicegah dari kejadian terkuncinya roda atau roda yang tergelincir karena ada pengereman mendadak. 

2. Kekurangan 

a. Interior yang Monoton 

Meski unggul dari eksterior, tapi interior mobil ini terlihat monoton dan kaku. Jika Anda tidak masalah dengan desain ini, maka bisa memilih mobil ini. Akan tetapi, jika kurang suka dengan tampilan yang monoton, ini bisa menjadi deal breaker. 

b. Suku Cadang Mahal 

Suku cadang mobil ini juga tergolong mahal, terutama untuk varian mobil dengan tipe mesin 2.4 L. Artinya, Anda harus siap mengeluarkan lebih banyak uang jika butuh membeli suku cadang mobil ini. 

c. Kualitas Kaki yang Kurang Bagus 

Terakhir, kaki-kaki depan mobil ini memiliki kualitas yang kurang bagus. Hal ini akan sangat terasa, terutama jika Anda sedang melewati jalan yang berkontur akan muncul suara ngik ngik. 

Suara ini akan lebih terdengar jika bagian karet di swing arm sudah aus atau jika karet ball joint mobil pecah. 

Saat ini harga CR-V gen 2 kondisi bekas berada pada kisaran harga Rp75 juta sampai 90 juta untuk tipe mesin 2.4 L. Sementara itu, untuk tipe mesin 2.0 L, bisa Anda peroleh pada kisaran harga Rp60 juta sampai Rp75 juta. 

Baca Juga: Honda Nissan dan Mitsubishi Resmi Beraliansi, Ini Kabarnya!

Beli CRV di Tempat Terpercaya 

Dengan berbagai kelebihan dan daya tariknya, sampai saat ini CRV generasi 2 masih menjadi pilihan mobil bekas yang patut Anda pertimbangkan. Apalagi mobil ini bisa Anda peroleh dengan budget kurang dari 100 juta. 

Meski begitu, pastikan Anda membeli CRV bekas di tempat yang terpercaya seperti CarsGallery. Sebagai platform jual beli mobil bekas terpercaya, CarsGallery akan membantu Anda mendapatkan unit mobil bekas terbaik. 

Dengan garansi dan sertifikat, kami memastikan seluruh unit mobil memiliki kondisi mesin, eksterior, interior, dan surat yang lengkap dan layak. Jadi, pastikan Anda mendapatkan CRV bekas terbaik di CarsGallery! 

FAQ

Honda CR-V generasi 2 tahun berapa?

Mobil ini rilis di tahun 2001, tapi secara resmi masuk ke Indonesia pada tahun 2002. 

Apakah Honda CRV gen 2 boros?

Ya. Sayangnya mobil ini terbilang memiliki konsumsi BBM yang besar. 

CRV gen 2 penggerak apa?

Terdapat 2 pilihan transmisi untuk generasi CRV ini, yaitu manual dan otomatis.



Other Post

Related Post