Intip Tipe Tertinggi Innova Reborn, Benarkah Mirip Venturer?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Masih ingat dengan Innova Reborn yang rilis tahun 2015? Banyak yang bilang kalau tipe tertinggi Innova Reborn mirip dengan Toyota Venture, apa benar? Anda yang

Masih ingat dengan Innova Reborn yang rilis tahun 2015? Banyak yang bilang kalau tipe tertinggi Innova Reborn mirip dengan Toyota Venture, apa benar?

Anda yang ingin membeli mobil bekas berkualitas premium wajib tahu perbedaannya. Mengetahuinya akan memudahkan Anda untuk membeli mobil yang paling tepat. 

Apa Tipe Tertinggi Innova Reborn? 

Innova Reborn merupakan generasi Toyota Innova yang kedua setelah Innova Barong. Reborn rilis di tahun 2015 dan tersedia dalam dua jenis mesin yaitu bensin dan diesel. 

Pada jenis mesin bensin kapasitasnya adalah 2.000 cc dengan kode mesin 1TR-FE 4 silinder. Jenis ini juga sudah menggunakan teknologi Dual VVT-i. 

Khusus untuk Innova Reborn diesel, kapasitas mesin lebih besar yaitu 2.500 cc dengan kode 2KD-FTV. Pada facelift pertama, mesin dieselnya upgrade menjadi 2GD-FTV di tahun 2016. 

Innova Reborn diesel juga sudah memiliki teknologi Variable Nozzle Turbocharger dan Intercooler. Teknologi ini membuat mobil lebih hemat BBM, eco friendly dan memiliki tenaga yang besar. 

Sejak pertama kali rilis, Innova Reborn hadir dengan tiga tipe. Urutan tipe Innova dimulai dari G yang paling rendah, V kelas menengah dan Q yang paling tinggi. 

Hal ini berbeda dengan Innova tipe terendah sampai tertinggi yang sebelumnya ada. Biasanya Toyota hanya mengeluarkan tipe V untuk Innova lama. 

Sebagai varian yang paling premium, Innova tipe Q ini digadang-gadang mirip dengan Venturer yang rilis pada tahun 2017. 

Toyota Venturer sendiri merupakan varian mobil paling elite dari Toyota yang banyak dikenal selama ini. Hanya saja produksinya berhenti di tahun 2022.

Baca Juga: Pilih Avanza Bekas atau Ertiga Bekas? Ini 6 Pertimbangannya!

Keunggulan Innova Reborn Tipe Q 

Tipe tertinggi dari Innova ini lebih mengedepankan kesan modern, nyaman, dengan fitur yang lengkap. Sebagai tipe teratas, berikut ini beberapa keunggulannya:

1. Menggunakan Captain Seat di Baris Kedua 

Khusus tipe V dan G, Innova Reborn memiliki tipe jok biasa di bagian belakang. Hanya saja, khusus tipe G terdapat table tray yang bermanfaat untuk meletakkan makanan dan minuman. 

Table tray tetap ada di tipe tertinggi Innova Reborn, tetapi bagian jok sudah menggunakan model captain seat. 

Model yang sama juga selalu terdapat pada varian tertinggi Innova lama seperti tipe V dan V Luxury. 

2. Eksterior yang Lebih Agresif dan Menonjol 

Saat melihat Innova tipe Q, Anda pasti akan terkesan dengan tampilannya yang lebih menonjol. Hal ini sangat terasa pada bagian ban yang menggunakan velg ukuran besar yaitu alloy 5-spoke 17 inci. 

Penggunaan velg besar membuat kesan yang sangat agresif pada mobil. Selain itu, di bagian samping mobil terdapat aksen krom dan spionnya sudah otomatis. 

Bagian bumper juga sudah memiliki diffuser yang menambah kesan maskulin. Head lamp mobil juga sudah menggunakan jenis LED. Di bagian belakang mobil juga sudah mengadopsi fitur Easy Close Back Door. 

3. Interior yang Lebih Premium dan Modern 

Kesan modern akan Anda rasakan pada bagian interiornya. Mulai dari power window yang sudah menggunakan auto window protection pada semua kaca. 

Tidak lupa juga di bagian dashboard memiliki aksen panel kayu yang membuatnya semakin premium. Plafon mobil juga sudah menggunakan illumination light ambience yang memberikan kesan pencahayaan lebih nyaman. 

Head unit mobil ini sudah menggunakan layar sentuh berukuran 8 inci, yang mana mendukung air gesture. Anda bisa menggeser menu tanpa perlu menyentuh layar langsung. 

Terdapat juga fitur jam protection yang berfungsi untuk mendeteksi apabila ada benda terjepit pada kaca saat tombol buka tutup kaca ditekan. Kaca akan otomatis kembali terbuka.

Mengingat banyaknya fitur dan interior yang premium, tidak heran jika harga Innova tipe tertinggi ini cukup mahal. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mobil Kecil Toyota, Cocok Libas Jalanan Kota!

4. Fitur Keselamatan yang Super Lengkap 

tipe tertinggi innova

Apabila dibandingkan dengan tipe V dan G, Innova tipe Q memiliki fitur keselamatan yang lebih lengkap. Khususnya untuk varian mesin diesel. 

Fitur yang menjaga keamanan seperti convenient rear camera, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, dan ABS, EBD ada di tipe tertinggi Innova. 

Khusus untuk diesel memiliki tambahan airbag knee, sice curtain, dan Emergency Brake Signal. Namun, keduanya sama-sama sudah memiliki keyless entry dan alarm system. 

5. Memiliki Mesin dan Transmisi Terbaru 

Khusus untuk Innova tipe Q diesel yang rilis tahun 2016 terdapat mesin dan transmisi baru yang berbeda. 

Tipe ini menggunakan mesin berkapasitas 2.400 cc dengan transmisi otomatis konvensional 6 percepatan. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga 149 PS di 3.400 rpm khusus transmisi otomatis. 

Sedangkan mesin bensin kurang lebih masih sama, berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga maksimal 139 PS di 5.600 rpm. 

Perbedaan Innova Reborn Tipe Q dan Venturer 

Toyota Venturer lahir dua tahun setelah Innova Reborn rilis. Innova Reborn tipe Q dianggap sebagai basis dari Venturer karena sekilas keduanya tampak mirip. 

Namun, jika Anda memperhatikan dengan seksama tentu ada beberapa perbedaannya, seperti:

1. Eksterior yang Memiliki Kesan Berbeda

Tipe tertinggi Innova Reborn memiliki tampilan agresif dan menonjol baik dari segi velg yang lebih besar hingga aksen krom di bagian sampingnya. 

Toyota Venturer lebih memberikan kesan yang sporty serta robust. Hal ini terlihat dari bagian aksen hitam pada grill depan, bumper, dan samping mobil. Selain itu, terdapat juga aksesoris roof rail. 

Baca Juga: 11 Mobil Toyota Bekas Dibawah 100 Juta, Terjamin Kualitasnya

2. Interior dengan Fitur Berbeda 

Perbedaan selanjutnya terdapat pada interiornya. Tipe Q memanfaatkan jok dengan kulit premium berwarna hitam full. Fitur hiburannya juga terdapat lengkap pada head unit mobil berukuran 8 inci. 

Bagian jok Venturer juga menggunakan kulit premium warna hitam, hanya saja terdapat tambahan aksen merah di jahitannya. Bagian fitur Venturer memiliki tambahan Android Auto dan Apple CarPlay yang menjadikannya lebih modern. 

3. Beda Harga Bekas

Berapa harga Innova Reborn tipe tertinggi? Saat ini, harga bekas rata-ratanya adalah 250 hingga 300 jutaan. Harga Toyota Venturer bekas tentu lebih mahal yaitu 300 sampai 400 juta rupiah. 

Cek Mobil Bekas Berkualitas yang Ramah Kantong di CarsGallery

Tertarik untuk membeli Innova tipe Q atau Venturer? Mengingat harganya yang kini masih tinggi, maka Anda harus memastikan mendapat mobil berkualitas. 

Hanya di CarsGallery Anda bisa mendapatkan mobil berkualitas yang telah melalui pengecekan bersertifikasi. 

CarsGallery juga menawarkan garansi untuk tipe tertinggi Innova dan semua tipe mobil merek lainnya. 

Anda bisa dengan bebas memilih mana mobil yang paling tepat. Kunjungi CarsGallery sekarang juga agar Anda tidak ketinggalan penawaran mobil bekas terbaik. 

FAQ

Kapan Innova Reborn tipe Q terakhir diproduksi? 

Sampai saat ini Innova Reborn tipe Q masih diproduksi hingga akhir 2024. 

Berapa cc kapasitas mesin Innova Reborn tipe Q diesel? 

Pada keluaran pertamanya 2015 mesinnya berkapasitas 2.500 cc, tetapi berubah menjadi 2.400 cc di tahun 2016. 

Apakah  Innova Reborn tipe Q memiliki eco mode? 

Ya, mode ini berfungsi untuk membuat konsumsi bahan bakar semakin irit.



Other Post

Related Post