Apakah Konsumsi BBM Honda Brio Boros? Ini Faktanya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Konsumsi BBM Honda Brio memang selalu jadi topik yang menarik untuk dibahas. Hal ini tidak terlepas dari popularitas Honda Brio sendiri yang memang sangat besar

Konsumsi BBM Honda Brio memang selalu jadi topik yang menarik untuk dibahas. Hal ini tidak terlepas dari popularitas Honda Brio sendiri yang memang sangat besar di Indonesia. 

Tidak heran jika sampai saat ini, ada banyak peminat mobil city car yang terkenal dengan desain yang compact, tapi modern. Selain itu, harga Honda Brio masih terbilang terjangkau, bahkan bisa Anda peroleh kurang dari 200 juta. 

Lantas, bagaimana dengan konsumsi BBM Honda Brio? Apakah benar bahwa mobil ini termasuk dalam kategori irit atau justru menjadi salah satu city car yang boros?

Sekilas Tentang Honda Brio 

Honda Brio adalah jenis city car produksi Honda dan masuk ke Indonesia secara resmi pada tahun 2011 silam. Nama “Brio” sendiri adalah bahasa Italia dan memiliki arti ceria dan bersemangat. 

Generasi pertama Honda Brio rilis secara resmi pada Agustus 2012 silam di Indonesia. Pada generasi ini, Honda Brio memiliki 2 (dua) tipe yang berbeda, yaitu tipe E dan S. 

Kemudian pada 2013, hadir lagi versi Brio Satya di Indonesia. Setelah berhasil dengan generasi pertama, Honda kembali melanjutkan generasi kedua Brio yang mulai dari tahun 2018 sampai sekarang. 

Generasi kedua ini memiliki nama All new brio. Pada generasi ini jugalah yang turut menjadi pijakan munculnya Brio transmisi otomatis, yaitu Brio RS CVT. 

Baca Juga: Cari Harga Mobil Brio Bekas Dibawah 50 Juta? Ini Pilihannya

Konsumsi BBM Honda Brio 2024 

Sebelum membahas konsumsi BBMnya, perlu Anda simak dulu spesifikasi Honda Brio seperti berikut: 

  • Tipe mesin: 1.2 SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC dan DBW 
  • Isi silinder: 1.199 cc 
  • Daya maksimum: 90 ps / 6.000 rpm 
  • Momen puntir atau torsi: 110 nm / 4.800 rpm 
  • Kapasitas tangki Brio: 35 liter 
  • Transmisi: otomatis CVT. 

Dengan spesifikasi tersebut, Honda Brio bisa menghasilkan tenaga yang cukup mumpuni untuk kebutuhan harian. Lantas, bagaimana dengan konsumsi BBM Honda Brio?

Berikut adalah rincian konsumsi BBM Honda Brio tersebut:

  1. Penggunaan di rute jalan tol: mulai 20 sampai 22 km per liter.
  2. Penggunaan untuk rute luar kota: mulai 19 sampai 22 km per liter.
  3. Penggunaan di dalam kota: mulai dari 14 sampai 16 km per liter. 

Konsumsi BBM Honda Brio ini merupakan hasil dari adanya teknologi mesin generasi terbaru, yaitu 1.2 L i-VTEC yang membuat konsumsi bensin jauh lebih efisien. 

Selain itu, desain generasi terbaru Brio yang lebih aerodinamis juga membuatnya bisa mengurangi hambatan angin dengan lebih efektif. Transmisi CVT terbaru yang lebih efisien pun membuat konsumsi BBM di mobil ini terbilang impresif. 

Perbandingan Konsumsi BBM Honda Brio dengan City Car Lain 

Untuk melihat tingkat efisiensi BBM Honda Brio, Anda bisa membandingkannya dengan city car lain. Dalam hal ini, mari kita bandingkan dengan Suzuki Ignis dan Toyota Agya. 

Keduanya adalah mobil yang sama populernya dengan Honda Brio. Konsumsi bahan bakar mereka pun terbilang efisien di kelasnya. Lantas, bagaimana jika kita bandingkan dengan Honda Brio. 

1. Honda Brio dan Suzuki Ignis 

Pertama, ada Suzuki Ignis yang menggunakan transmisi matic berjenis Automated Manual Transmission atau AMT. Dari segi mesin, mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1.197 cc 4 silinder dan dukungan teknologi VVT. 

Dengan mesin dan transmisi tersebut, Suzuki Ignis memiliki konsumsi BBM 17,2 km per liter untuk penggunaan rute dalam kota. Sementara untuk jalur tol, konsumsi BBMnya adalah 20,5 km per liter.

2. Toyota Agya 

Toyota Agya juga merupakan salah satu city car yang populer. Bukan hanya dari segi desain eksterior, performa mesin mobil ini pun terbilang bagus. Kapasitas mesin Toyota Agya adalah 1.197 cc 4 silinder. 

Mesin ini memiliki teknologi dual VVT-i dan mampu menghasilkan torsi 107 nm dan tenaga 88 dk. Transmisi mobil ini berbeda dengan Honda Brio, di mana Agya masih menggunakan transmisi matic yang berjenis konvensional. 

Dengan mesin tersebut, konsumsi BBM Toyota Agya adalah 15 km per liter untuk rute dalam kota biasa. Sementara itu, untuk rute perjalanan tol, konsumsi BBM nya adalah 20,7 km per liter. 

Dari kedua data tersebut, bisa Anda lihat bahwa dari segi konsumsi BBM, Honda Brio masih lebih irit daripada Toyota Agya. Baik untuk rute perjalanan tol atau rute dalam kota biasa. 

Jika dengan Suzuki Ignis, maka Honda Brio lebih irit untuk penggunaan rute jalan tol yang bisa mencatat angka 22 km per liter. Akan tetapi, untuk rute dalam kota, Honda Brio masih kalah dengan selisih yang sangat kecil dengan Suzuki Ignis. 

Baca Juga: Honda CR V Gen 4, Simak Kelebihan sebelum Beli Bekasnya!

Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi BBM 

konsumsi bbm honda brio

Dari uraian yang telah kami tulis, bisa Anda lihat bahwa memang salah satu kelebihan Honda Brio adalah dari segi konsumsi bensin nya. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi konsumsi BBM tersebut, seperti: 

1. Umur Mobil 

Pertama, ada umur mobil. Mobil yang sudah tua atau merupakan keluaran lama, akan cenderung memiliki konsumsi bensin yang boros dan besar. Selain karena teknologi yang belum canggih, hal ini juga karena usia komponen yang sudah lama. 

Proses pembakaran yang terjadi di mesin tidak akan bisa berjalan efektif seperti mobil keluaran terbaru atau mobil baru. 

2. Cara Mengemudi 

Anda sebagai pengemudi juga memiliki pengaruh yang besar terhadap konsumsi BBM. Jika mengemudi secara agresif dan cepat, konsumsi BBM pun akan menjadi semakin besar dan tidak irit. 

Cara mengemudi terbaik adalah dengan berhati-hati dan seperlunya. Jangan selalu menerapkan gaya mengemudi yang agresif agar bahan bakar irit. 

3. Ban 

Ban yang sudah melalui proses modifikasi atau ban yang kekurangan angin akan mempengaruhi konsumsi BBM. Karena ketika ban tidak sesuai standar, mesin harus bekerja lebih keras untuk memutar ban tersebut. Inilah yang membuat bensin boros.

4. Knalpot yang Bocor 

Penyebab bensin boros lainnya adalah kebocoran pada knalpot. Ketika knalpot bocor, maka mesin harus bekerja dua kali atau bahkan tiga kali lipat untuk bisa mencapai performa terbaiknya. 

Sensor oksigen yang akan mengatur bensin dan campuran udara pun bisa terganggu akibat kebocoran ini, sehingga bensin bisa lebih boros. 

5. Kebiasaan Jarang Servis 

Terakhir, kebiasaan jarang menservis mobil juga turut berpengaruh pada konsumsi BBM nya. Pasalnya, setiap kali melakukan servis, para teknisi akan mengecek seluruh komponen mesin dan kondisinya. 

Jika ada yang kotor akan dibersihkan, apabila ada yang rusak, maka akan mereka ganti. Ketika komponen mesin normal, maka pembakaran mesin pun akan berjalan lancar dan efisiensi konsumsi bensin bisa senantiasa terjaga. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil Keluarga Honda Ternyaman dan Kabin Luas

Beli Honda Brio Bekas di CarsGallery 

Harga Honda Brio bekas yang terjangkau memang menjadi daya tarik besar. Apalagi dengan iritnya bahan bakar yang bisa mobil ini tawarkan. Jika ingin membeli Honda Brio, pastikan Anda hanya mempercayakan CarsGallery. 

Sebagai platform jual beli mobil bekas bergaransi, seluruh unit mobil yang ada di CarsGallery terjamin layak dan berada dalam kondisi terbaik. Mulai dari mesin, transmisi, kelengkapan surat, eksterior, hingga interior. 

Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan Honda Brio bekas berkualitas terbaik hanya di CarsGallery! 

FAQ

Berapa km 1 liter bensin Honda Brio?

Untuk penggunaan di rute jalan tol, mulai 20 sampai 22 km per liter. Penggunaan untuk rute luar kota adalah mulai 19 sampai 22 km per liter. Sementara itu, untuk penggunaan di dalam kota, mulai dari 14 sampai 16 km per liter. 

Apakah Honda Brio boros BBM? 

Tidak. Honda Brio termasuk irit BBM. 

Apakah Brio boleh pakai Pertalite? 

Tidak disarankan karena Pertalite punya kualitas yang lebih rendah dari Pertamax.



Other Post

Related Post