Toyota Fortuner vs Land Cruiser, Bagai Bumi dan Langit? 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Lagi berencana beli SUV terbaik tapi belum tahu mana yang pas antara Toyota Fortuner vs Land Cruiser? Sedikit perbandingan yang kami sajikan di sini mungkin

Lagi berencana beli SUV terbaik tapi belum tahu mana yang pas antara Toyota Fortuner vs Land Cruiser? Sedikit perbandingan yang kami sajikan di sini mungkin cukup buat jadi bahan pertimbangan. 

Sebenarnya, membandingkan antara keduanya secara apple to apple memang kurang pas. Pasalnya, meski sama-sama berada di segmen SUV, tapi keduanya seolah beda kelas. 

Satu memang premium, tapi SUV satunya lagi berada di segmen mobil mewah yang sekaligus membuat perbandingan antara kedua mobil ini jadi sedikit kurang sepadan. 

Tapi, apa pun itu, tetap akan kami bandingkan Toyota Fortuner vs Land Cruiser. Cek sini. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mobil Paling Nyaman untuk Perjalanan Jauh

Toyota Fortuner vs Land Cruiser: Sebuah Perbandingan

Keduanya memang sudah jelas berbeda kalau membandingkannya secara langsung. Meski sama-sama Toyota, tetap saja kelas antara mobil yang sering jadi cumi darat dengan mobil yang sering dianggap mobilnya pejabat ini: 

1. Performa Mesin

Pada mesin Fortuner, ada mesin dengan kapasitas 2.7L bensin dan 2.8L diesel tergantung mana yang nanti akan Anda pilih. 

Namun, yang paling populer adalah Fortuner Diesel karena tenaganya yang lebih baik dan tepat untuk menghadapi berbagai medan jalan. 

Sementara untuk Land Cruiser, sudah pakai mesin 3.5L V6 Twin-Turbo yang jelas, kapasitasnya lebih tinggi daripada Fortuner. Tenaganya bisa 409 HP, yakni dua kali lebih besar daripada Fortuner. 

2. Kapasitas dan Ukuran

Land Cruiser vs Fortuner juga dapat kita bandingkan dari segi kapasitas dan ukurannya. 

Kalau ngomong soal kompak, jelas Fortuner unggul. Pasalnya, meski terbilang lebih besar dari kendaraan umum di Indonesia, Fortuner punya panjang 4,7 meter yang masih terbilang mudah buat manuver. 

Kapasitasnya bisa 7 orang dan sudah cukup untuk mengangkut orang sekeluarga. Tapi, Land Cruiser ini lebih besar dan panjang 0,2 meter daripada Fortuner. 

Panjang mobilnya 4,9 meter dan bisa muat sampai 8 orang. Jadi, bakal lebih nyaman duduk di Land Cruiser daripada di Fortuner. 

3. Interior dan Kenyamanan Kabin

Selanjutnya, Fortuner vs Land Cruiser akan kami bandingkan dari segi interior juga kenyamanannya. 

Sebenarnya, di Fortuner itu sudah ada interior dengan desain yang modern sekaligus udah pakai material yang sangat berkualitas. 

Di varian paling tingginya justru lengkap dengan jok kulit, adanya touch screen untuk sistem infotainment-nya, dan ini sudah cukup untuk keluarga Indonesia sampai bilang, “ini mobil nyaman.”

Tapi, lagi-lagi harga Land Cruiser bicara. Pasalnya, di semua varian Land Cruiser sudah pakai jok kulit premium yang nggak bakal bikin panas. 

Selain itu, ada juga trim kayu, sistem audio yang enak banget didengarkan, hingga kabin yang lebih mewah serta bikin nyaman. Kalau mau interior premium, mewah, dan nggak nanggung, pertimbangkan Land Cruiser meski harganya tinggi. 

Baca Juga: 6 Mobil SUV Bekas Dibawah 100 Juta, Performa Masih Andal!

4. Kemampuan Off-Road

fortuner vs land cruiser

Namanya juga udah ada ‘Sport Utility Vehicle’, ya sudah pasti salah satu tujuannya buat menerobos jalanan sulit. 

Kalau ngobrol kemampuan off-road, keduanya memang jadi jagoan. Namun, Land Cruiser jadi andalan terbaik kalau Anda butuh mobil yang pas untuk kebutuhan jalanan berbatu dan sulit. 

Belum ada yang menandingi Land Cruiser soal ini. Pasalnya, sudah punya multi-terrain select yang bisa membuatnya lewatin medan ekstrim lebih mudah. Selain itu, crawl controlnya juga sangat membantu. 

Jika ingin mobil yang cocok untuk off-road ekstrem, maka Land Cruiser jawabannya. Tapi, kalau ingin mobil yang pas buat off-road ringan, maka Fortuner bisa Anda pilih.

5. Efisiensi Bahan Bakar

Kalau di Fortuner vs Land Cruiser poin ini, sudah pasti Fortuner unggul lagi. Pasalnya, dari segi mesin saja, Fortuner punya dua kali tenaga yang lebih rendah daripada Land Cruiser. 

Tentunya kapasitas mesin bakal berpengaruh atas penggunaan bahan bakar. Jika memakai Fortuner diesel misalnya, maka Anda bisa memperoleh mobil dengan konsumsi 10 – 12 km per liter bahan bakar. Lebih hemat. 

Berbanding terbalik dengan Fortuner, Land Cruiser dua kali lebih boros daripada Fortuner. Untuk per liter bahan bakar, Anda hanya bisa menempuh 6 – 8 kilometer saja. 

Tapi, ini hal wajar karena Land Cruiser itu sendiri punya mesin dan bodi yang lebih besar dan berat. Guna menggerakkan mobil sebesar ini, sudah pasti butuh bahan bakar yang banyak pula. 

6. Fitur Keselamatan

Soal fitur keselamatan, sudah pasti Land Cruiser juga unggul karena lebih komprehensif. 

Misalnya, sudah ada Adaptive Cruise Control yang sekarang udah ada di hampir semua mobil, lane departure warning, sampai sistem pre-collision. 

Kalau Fortuner cuma punya fitur keamanan yang mendasar saja. Contohnya seperti sistem pengereman ABS, airbag ganda, dan VSC. 

Namun, jika hanya untuk di area kota, sudah tentu fitur keamanan Fortuner sudah lebih dari cukup. 

Baca Juga: BYD Sea Lion 07, SUV Listrik Mewah Hanya Rp400 Jutaan

7. Harga

Terakhir dari Fortuner vs Land Cruiser yang juga jadi paling penting adalah soal harga. 

Dari awal, kami udah bilang kalau harganya berbeda jauh. Fortuner vs Land Cruiser price punya selisih yang cukup besar. 

Ini juga sekaligus jadi poin paling mencolok. Pasalnya, Fortuner itu ada di harga Rp500 jutaan – Rp700 jutaan buat varian paling tingginya. 

Tapi, Land Cruiser berkali-kali lebih mahal bahkan pada versi terendahnya. Pada Land Cruiser, versi paling rendahnya di kisaran Rp2 miliar dan paling tingginya bisa Rp3 miliar. 

Dengan perbandingan Fortuner vs Land Cruiser ini, mana yang paling cocok dengan Anda? 

Jika bermasalah soal harga,, maka pertimbangkan beli unit bekasnya saja. Coba cek di CarsGallery untuk unit Fortuner maupun Land Cruiser dengan harga murah.

Other Post

Related Post