6 Persiapan Mudik Naik Mobil Pribadi agar Aman di Perjalanan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Melakukan persiapan mudik naik mobil sangat penting untuk keselamatan di jalan raya. Apalagi, tradisi mudik sangat identik dengan perjalanan yang panjang, jauh, dan terbilang melelahkan.

Melakukan persiapan mudik naik mobil sangat penting untuk keselamatan di jalan raya. Apalagi, tradisi mudik sangat identik dengan perjalanan yang panjang, jauh, dan terbilang melelahkan. 

Jika menggunakan transportasi umum, mungkin sah-sah saja untuk tak banyak persiapan. Tapi, jauh berbeda jika Anda ingin mudik dengan mobil pribadi. Persiapannya tentu harus matang. 

Selain itu, pengecekan kondisi, perlengkapan, bahkan hingga kondisi fisik juga harus Anda jaga ketika akan mudik ketika lebaran. 

Nah, bagi yang ingin prepare mudik dengan mobil pribadi, siapkan dan lakukan berbagai hal yang kami tulis di sini. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mobil Paling Nyaman untuk Perjalanan Jauh

Persiapan Mudik Naik Mobil Pribadi, Apa yang Harus Dilakukan?

Berikut adalah beberapa langkah atau hal yang penting Anda lakukan dan persiapkan ketika mudik Lebaran: 

1. Cek Kondisi Mobil Secara Menyeluruh

Pertama dan yang paling penting adalah memastikan kondisi mobil baik-baik saja dan tak ada masalah yang berarti. 

Anda memang harus cek kelayakannya karena akan melakukan perjalanan jauh. Tahap pengecekannya bisa berawal dari cek rem, ban, lampu, kaca, mesin, transmisi, kampas, dan semua bagiannya. 

Selain itu, level oli juga harus Anda pastikan berada di batas aman. Kemudian, penting pula untuk tahu tak ada bagian yang aus maupun retak di permukaan ban dan juga rem masih bisa berfungsi dengan optimal. 

Lebih lanjut lagi, pengecekan sistem kelistrikan seperti kondisi aki, kabel, hingga alternatornya juga harus dalam kondisi yang baik. 

Air radiator agar mesin tak panas, hingga kaki-kaki yang tak bermasalah, juga jadi ceklis yang harus tercentang sebelum Anda melakukan mudik. 

2. Siapkan Dongkrak, Ban Serep, dan Toolkit

Perlengkapan mudik yang jangan sampai Anda lupakan adalah dongkrak, ban serep, dan juga toolkit. 

Ban serep serta dongkrak, tentu berguna karena bisa saja di tengah perjalanan, ban mobil Anda mengalami bocor atau tiba-tiba kempes. Maka dari itu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah langsung menggantinya dengan ban serep. 

Tapi, pastikan pula ban serep yang Anda sediakan sudah terisi dengan angin terlebih dahulu. 

Selanjutnya, persiapan mudik naik mobil pribadi yang tak kalah penting adalah toolkit. Anda juga harus membawa box berisi perkakas buat kebutuhan darurat mobil ketika dalam perjalanan. 

Adapun isi toolkit itu sendiri bisa berupa obeng, kunci L, pisau lipat, gunting, kunci inggris, selotip, kabel, lakban, bahkan sampai senter. 

Baca Juga: 9 Tips Mengemudi di Jalan Tol agar Aman Selama Perjalanan

3. Kotak P3K

Ada satu hal yang sering terlupakan yakni kotak P3K. Banyak yang menganggapnya tak penting karena merasa bisa beli obat-obatan ketika di jalanan. 

Padahal, tak ada yang tahu kondisi darurat seperti terjebak macet atau sejenisnya. Jadi, sebaiknya bawalah kotak P3K berisikan berbagai macam obat pribadi. 

Misalnya seperti obat demam, diare, pusing, batuk, bahkan sampai plester dan koyo untuk mencegah pegal-pegal berlebih di jalan. 

4. Pelajari Rute dan Lokasi SPBU

Nah, ini juga jadi persiapan mudik naik mobil yang harus Anda pertimbangkan. Anda wajib mengetahui rute perjalanan mana yang akan dipilih. 

Di awal, Anda harus cek adakah jalur alternatif yang setidaknya membuat Anda tak perlu melawan kemacetan. 

Selain itu, yang lebih penting lagi adalah memahami lokasi SPBU. Dengan mengetahuinya, maka Anda bebas dari kekhawatiran bahan bakar mobil habis di tengah-tengah perjalanan. 

5. Selalu Sedia Uang Tunai

Benar, kini memang sudah era cashless yang memungkinkan pembayaran tak hanya memakai uang tunai. 

Tapi, kalau mau perjalanan jauh, Anda mungkin harus sedia uang tunai cukup banyak. Pasalnya, di perjalanan jauh mungkin Anda akan kesulitan untuk menemukan ATM atau penukaran uang. 

Tersedianya uang cash, akan membuat Anda termudahkan ketika ingin membeli makanan juga minuman selama dalam perjalanan. 

Baca Juga: 11 Daftar Mobil Keluarga Besar, Kapasitas Hingga 10 Orang!

6. Service Mobil Lebih Dahulu

Pengecekan saja mungkin tidak cukup. Tapi, Anda mungkin harus melakukan service mobil baik itu kecil ataupun besar sesuai dengan permasalahan. 

Dengan ini, setidaknya Anda sudah memastikan bahwa persiapan perjalanan jauh naik mobil sudah begitu matang dan mencegah terjadinya hal tak diinginkan ketika dalam perjalanan. 

Itulah berbagai persiapan mudik naik mobil yang harus Anda lakukan dan sediakan untuk perjalanan yang lebih aman dan nyaman. Semoga membantu!



Other Post

Related Post