6 Tips Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat dan Berkualitas

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Penting untuk memahami bagaimana tips memilih kaca film mobil. Sebab, hal ini tidak terlepas dari fungsi kaca film itu sendiri yang memang penting, bukan hanya

Penting untuk memahami bagaimana tips memilih kaca film mobil. Sebab, hal ini tidak terlepas dari fungsi kaca film itu sendiri yang memang penting, bukan hanya sekedar penunjang penampilan mobil saja. 

Beberapa fungsi kaca film mobil adalah untuk mengurangi sinar matahari yang masuk, menjaga privasi, pelindung dari sinar UV, hingga mengurangi resiko kejahatan karena orang luar tidak bisa dengan mudah melihat bagian dalam mobil. 

Dengan berbagai fungsi inilah, Anda sebaiknya tidak memilih kaca film mobil sembarangan. Lantas, apa saja tips untuk memilihnya?

6 Tips Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat 

Agar tidak salah pilih, berikut adalah beberapa cara memilih kaca film mobil yang bisa Anda terapkan: 

1. Pahami Jenis Kaca Film 

Pertama, Anda sebaiknya memahami jenis kaca film yang ada di pasaran. Karena hal ini akan sangat penting untuk membantu menentukan jenis kaca film apa yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Beberapa jenis kaca film yang ada di pasaran adalah:

  • Ultraviolet Rejection (UVR): menahan sinar UV agar tidak masuk ke mobil.
  • Visible Light Transmittance (VLT): dengan kaca ini orang di dalam mobil bisa melihat ke luar dengan jelas, sementara orang luar tidak bisa melihat ke dalam mobil. 
  • Solar Energy Rejected (TSER): menahan energi panas yang ada dari sinar matahari masuk ke dalam mobil. 
  • Infrared Reflection (IRR): menolak masuknya sinar infra merah ke dalam mobil. 

Baca Juga: Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat Hujan dan Cara Mengatasinya

2. Perhatikan Bahan 

Tidak hanya jenis, tips memilih kaca film mobil selanjutnya adalah memperhatikan bahan. Pilihlah kaca film yang terbuat dari bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Beberapa jenis bahan kaca film yang umum adalah Hybrid window tinting, Carbon window tinting, Ceramic auto window tinting, Metalized window tinting, dan Dyed window tinting. 

3. Perhatikan Tingkat Kegelapan, Ketebalan, dan Kecerahan Kaca Film 

Kaca film sebaiknya memiliki tingkat ketebalan dan kegelapan yang tepat. Sebab, hal ini sangat penting untuk mengurangi paparan sinar ultraviolet atau sinar UV yang masuk ke dalam mobil. 

Selain itu, pilih juga kaca film yang sudah memiliki teknologi terkini agar daya untuk menolak panas lebih maksimal sehingga AC mobil bisa lebih ringan dalam bekerja untuk mendinginkan mobil. 

Tidak hanya kegelapan, Anda pun bisa mempertimbangkan pemilihan kaca film dari tingkat kecerahannya. Untuk kaca samping mobil, sebaiknya pilihlah kaca film dengan kecerahan maksimal 70%. 

Sementara itu, untuk kaca belakang dan depan mobil, sebaiknya pilih kaca film yang kecerahannya tidak lebih dari 40%. 

Baca Juga: 4 Perbandingan Kaca Film Iceberg vs VKOOL, Pilih Mana?

4. Pilih Brand Berkualitas 

Sebaiknya pilihlah merek kaca film mobil yang populer dan terpercaya. Karena ini bisa menjadi jaminan mutu dari kaca film itu sendiri. Anda juga bisa melihat testimoni pelanggan sebelumnya untuk memantapkan pilihan.

5. Pertimbangkan Warna Kaca Film 

Ketika memilih kaca film mobil, pastikan Anda juga mempertimbangkan soal warna. Sebab, warna memiliki pengaruh pada kenyamanan saat berkendara sekaligus pada estetika mobil. 

Anda memang bisa memilih warna kaca film sesuai dengan preferensi. Akan tetapi, jangan sampai mengabaikan soal aturan dan kejelasan pandangan ya. Karena ini akan sangat berdampak pada keselamatan saat berkendara di jalan raya. 

Ingat, aturan berkendara tercipta untuk menjaga keselamatan pengemudi di jalan raya. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mematuhinya. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Kaca Film Anti UV untuk Lindungi Mobil Anda!

6. Jangan Pasang Sembarangan 

Terakhir, pastikan untuk memasang kaca film mobil di bengkel yang terpercaya dan oleh teknisi profesional. Jangan memasang kaca film sendiri untuk memastikan pemasangan benar-benar kuat dan tidak mudah mengelupas. 

Selain itu, teknisi di bengkel juga lebih tau bagaimana cara agar kaca film benar-benar bisa melindungi mobil dengan maksimal. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya mempercayakan pemasangannya di bengkel oleh teknisi. 

Untuk tarif pemasangannya sendiri cukup beragam tergantung dari bengkel yang Anda pilih dan kualitasnya. Akan tetapi, umumnya Anda harus mengeluarkan biaya mulai dari Rp700.000 sampai dengan Rp8.000.000 sekali pasang.

Itulah berbagai tips memilih kaca film mobil yang bisa Anda simak. Kaca film memang bukan hanya sekedar penunjang tampilan luar mobil saja. Lebih dari itu komponen ini bisa menambah kenyamanan ketika berkendara. 

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih kaca yang tepat dan berkualitas sesuai kebutuhan agar kaca film bisa berfungsi dengan maksimal untuk menunjang kenyamanan Anda.



Other Post

Related Post