Mesin Diesel vs Mesin Bensin: Kenali 8 Perbedaannya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mesin diesel vs mesin bensin, keduanya memiliki tujuan menggerakkan mobil. Dari sini, Anda sudah tahu kedua mesin ini memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Tetapi, masih

Mesin diesel vs mesin bensin, keduanya memiliki tujuan menggerakkan mobil. Dari sini, Anda sudah tahu kedua mesin ini memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Tetapi, masih banyak yang kebingungan seperti apa perbedaan tersebut.

Mulai dari penggunaan teknologi, karakteristik unik, dan efisiensi. Semua sangat terlihat perbedaannya. Bahkan, baik mesin diesel dan mesin bensin masih sangat populer sebagai penggerak mobil, terutama di Indonesia.

Artikel ini akan membahas apa saja perbedaan antara mesin diesel dan mesin bensin dari beberapa aspek. Anda juga bisa melihat beberapa kelebihan unik dari masing-masing mesin.

Perbedaan Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Sekali lagi, terdapat perbedaan yang mencolok antara mesin diesel dan mesin bensin. Berikut adalah 9 perbedaan penting yang patut Anda ketahui:

1. Jenis Bahan Bakar

Umumnya, sudah banyak orang tahu perbedaan paling menonjol adalah penggunaan jenis bahan bakar. Sudah pasti mesin bensin menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya, sementara mesin diesel menggunakan solar.

Tidak hanya itu, kedua jenis bahan bakar tersebut akan menonjolkan perbedaan dari berbagai aspek pada mesin. Misalnya, proses pembakaran, kinerja, dan efisiensi.

2. Proses Pembakaran Bahan Bakar

Proses pembakaran bahan bakar dalam mesin ikut menunjukkan perbedaan. Untuk mesin bensin, bensin akan tercampur bersama udara sebelum terkompresi dengan piston. Nantinya, percikan api akan muncul dari busi berkat campuran tersebut.

Beda halnya dengan mesin diesel, saat udara sudah panas setelah proses kompresi, bahan bakar disemprotkan menuju ruang pembakaran. Nantinya, bahan bakar tersebut akan terbakar berkat suhu panas udara yang sudah terkompres.

Baca Juga: Kenapa Sih Setir Mobil Bisa Bergetar dan Cara Ngatasinya

3. Performa Mesin

Perbedaan antara mesin diesel vs bensin selanjutnya terdapat pada performa. Jangan salah, keduanya memang memiliki tujuan sama, tetapi terdapat keunggulan masing-masing dalam urusan performa.

Pertama, mesin bensin sudah sangat terkenal lebih responsif. Bahkan, akselerasinya juga memiliki keunggulan lebih tinggi daripada mesin diesel.

Sementara itu, mesin diesel lebih tangguh dalam performanya. Pasalnya, mesin diesel memakai mesin long stroke. Anda juga sudah sering melihat bus dan truk memakai mesin ini karena mampu memuat beban lebih berat saat melintas di jalanan.

4. Efisiensi

mesin diesel vs mesin bensin

Perbedaan antara mesin bensin dan mesin diesel selanjutnya terdapat pada efisiensi bahan bakar. Sama seperti urusan performa, mesin diesel juga unggul dalam aspek ini daripada mesin bensin.

Patut Anda ketahui bahwa solar memiliki kandungan kalori lebih besar daripada bensin. Terlebih, mesin diesel mampu menghasilkan tenaga lebih besar karena kompresi yang tinggi, menjadikannya cocok dalam perjalanan jarak jauh.

Mesin bensin memang memiliki keunggulan dalam performa saat akselerasi. Tetapi, efisiensinya justru relatif lebih rendah daripada mesin solar.

5. Emisi

Kemudian, terdapat beda mesin diesel dan bensin dari aspek emisi. Jika melihat dari solar sebagai bahan bakar diesel, terlihat terdapat komposisi sulfur lebih banyak, sehingga proses pembakaran bisa lebih panas dan menghasilkan emisi lebih tinggi.

Menariknya, mesin bensin setidaknya memiliki emisi gas buang lebih rendah. Meski terdapat upaya pengurangan emisi berkat perkembangan teknologi pada solar, emisi, dari mesin bensin dinilai masih lebih bersahabat.

Baca Juga: 4 Mobil Kapasitas Besar untuk Keluarga, Muat Banyak!

6. Perawatan

Hal yang paling menonjol antara mesin diesel dan mesin bensin selanjutnya terdapat pada perawatan setiap komponen mesin mobil. Mesin diesel memiliki kompleksitas tinggi pada setiap komponen, menjadikan perawatan lebih rumit dan kritis.

Belum lagi, mesin diesel juga dapat menghasilkan kotoran dan endapan lebih banyak. Alhasil, menjaga kebersihan secara rutin dan hati-hati sangat penting agar tidak rentan mengalami masalah.

Sebaliknya, mesin bensin memiliki metode perawatan lebih sederhana agar performa mesin dapat efisien dan optimal. Contohnya, mengganti komponen secara rutin seperti filter udara dan busi dan pembersihan sistem pembakaran.

7. Keamanan

Beberapa orang tidak menyadari perbedaan antara mesin bensin dan diesel terdapat pada keamanan. Maksud dari keamanan di sini adalah bagaimana mesin dan komponen di dalamnya mendapat perlindungan.

Dari kelihatannya, mobil diesel memiliki daya tahan terhadap banjir lebih tinggi. Tetapi, mobil diesel modern justru memiliki sedikit komponen listrik untuk menunjang fitur, sehingga menjadikannya kuat untuk menerobos banjir.

Mobil bermesin bensin juga memiliki komponen listrik lebih banyak daripada mobil diesel. Alhasil, ini menjadikannya rentan terkena air. Ditambah, risiko kebakaran bisa meningkat apabila terjadi kebocoran selang bensin.

Baca Juga: Bagaimana Bau Bensin Bisa Masuk ke Kabin Mobil?

8. Harga

Perbandingan mesin diesel dan mesin bensin terakhir terdapat pada harga. Mobil berbahan bakar mesin memiliki harga yang lebih bersahabat, menjadikannya sangat populer di kalangan konsumen.

Sedangkan mesin diesel wajib memiliki material lebih kuat dalam setiap komponennya. Faktor inilah yang menjadikan harga mobil bermesin diesel lebih tinggi.

Mana yang Lebih Baik? Mesin Diesel vs Mesin Bensin

Jadi, mana yang lebih baik? Apakah mobil bermesin diesel atau bermesin bensin? Berdasarkan berbagai faktor tadi, setidaknya ada beberapa kelebihan yang menjadikan alasan apakah Anda harus memilih salah satu dari keduanya.

Pertama, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih mobil bermesin diesel:

  • Memiliki performa tangguh
  • Mampu menghasilkan torsi tinggi
  • Lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar
  • Bisa tahan banjir (saat tidak dalam kecepatan tinggi)

Selanjutnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih mobil bermesin bensin:

  • Harga lebih ekonomis
  • Mudah dalam perawatan
  • Unggul dalam akselerasi
  • Tingkat emisi lebih rendah

Itulah delapan perbedaan mesin diesel vs mesin bensin. Apakah Anda akan memilih mobil dengan mesin diesel atau mesin bensin? Semuanya tergantung kebutuhan Anda.

Jika keputusan Anda merujuk pada mobil bekas, pastikan untuk kunjungi CarsGallery! Kami pastikan mobil bekas yang tersedia bergaransi dan kualitas sudah terjamin.



Other Post

Related Post