Gurah Mesin Mobil vs Turun Mesin, Mana Lebih Menguntungkan?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Gurah mesin mobil vs turun mesin, mana yang lebih baik? Hal seperti ini sangat penting untuk Anda ketahui sebagai pemilik mobil untuk meminimalisir adanya masalah

Gurah mesin mobil vs turun mesin, mana yang lebih baik? Hal seperti ini sangat penting untuk Anda ketahui sebagai pemilik mobil untuk meminimalisir adanya masalah pada komponen mesin.

Sebagaimana diketahui, mesin merupakan bagian yang sangat vital pada kendaraan termasuk itu mobil. Jika mesin mobil mengalami masalah pastinya akan berbahaya dan merembet ke hal-hal lainnya.

Sebelum membahas mana yang lebih baik, alangkah lebih baiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan gurah mesin mobil dan turun mobil.

Apa Itu Gurah Mesin Mobil?

Gurah mesin mobil adalah proses pembersihan mesin mobil dari kotoran, endapan karbon, dan residu yang menempel di mesin. Kotoran memang musuh terbesar mesin yang membuat performanya menjadi tidak optimal.

Proses pembersihan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan memperpanjang umur mesin itu sendiri. Selain itu, manfaat lainnya adalah dapat mengoptimalkan pembakaran bahan bakar.

Adapun cara melakukan gurah mesin mobil adalah dengan memasukkan cairan kimia khusus ke dalam mesin melalui saluran oli. Kemudian, cairan diputar bersama oli lalu dikuras.

Manfaat Gurah Mesin Mobil

Berikut ini beberapa manfaat dari gurah mesin untuk mobil Anda.

1. Meningkatkan Performa Mesin

Proses ini akan membuat performa mesin menjadi meningkat karena tidak ada lagi endapan karbon dan kotoran yang membuat mesin bermasalah. Tidak hanya itu, gurah mesin membuat mobil lebih responsif dan bertenaga.

2. Efisiensi Bahan Bakar

Kondisi mesin yang bersih membuat perubahan menjadi lebih efisien sehingga berdampak langsung ke bahan bakar. Anda tidak perlu lagi bolak balik mengisi bensin atau solar.

3. Mengurangi Emisi Gas Buang

Membersihkan mesin sejatinya sama artinya dengan mengurangi emisi gas berbahaya. Hal seperti ini berdampak sangat baik bagi lingkungan.

4. Memperpanjang Umur Mesin

gurah mesin mobil vs turun mesin

Salah satu cara supaya mesin mobil Anda tetap awet adalah dengan melakukan gurah mesin mobil. Jika kondisi mesin selalu dalam keadaan baik karena bersih, maka secara otomatis akan memperpanjang usianya.

5. Mengurangi Resiko Kerusakan

Mesin merupakan salah satu mobil yang bisa saja rusak apabila Anda jarang melakukan service. Dengan service gurah mesin mobil, maka Anda dapat meminimalisir resiko kerusakan tersebut.

Hilangkan kotoran pada mesin, dapat mengurangi potensi keausan pada bagian mesin tersebut.

Apa Itu Turun Mesin?

Turun mesin atau yang juga dikenal dengan sebutan overhaul adalah pembongkaran mesin untuk memperbaiki, memeriksa, atau mengganti komponennya jika diperlukan. Pembongkaran ini bertujuan untuk memastikan mesin dalam keadaan baik.

Apabila saat pembongkaran ada komponen mesin bermasalah, biasanya teknisi akan membersihkannya atau menggantinya dengan yang baru. Selain itu, turun mesin ini juga dapat membersihkan ruang bakar sehingga performa mesin optimal.

Anda harus melakukan turun mesin jika mobil Anda mengalami beberapa kondisi seperti suhu mesin meningkat secara tidak normal, air radiator berkurang, oli kena kepala busi, atau knalpot mengeluarkan asap pekat.

Baca Juga: Begini Ciri Ciri Suara Mesin jika Pengapian Terlalu Maju!

Manfaat Turun Mesin

Turun mesin dapat memberikan berbagai benefit pada mobil yaitu sebagai berikut:

1. Mesin Lebih Optimal dan Bertenaga

Sama halnya ketika melakukan gurah mesin mobil, turun mesin juga bisa membuat mesin lebih optimal dan bertenaga. Karena setelah pembongkaran kondisi mesin menjadi lebih bersih daripada sebelumnya.

2. Ruang Bakar Bersih

Turun mesin dapat membersihkan ruang bakar sehingga pembakarannya menjadi efisien. Hal ini akan berdampak baik yaitu bisa membuat mobil hemat bahan bakar.

Tidak hanya itu saja, kondisi ruang bakar yang bersih juga berdampak positif pada performa mobil ketika berjalan. Pastinya mobil bisa berjalan lancar tanpa adanya masalah dan hambatan.

3. Membuat Beberapa Komponen Jauh Lebih Baik

Salah satu prosedur dalam melakukan turun mesin adalah mengganti komponen tertentu yang berhubungan langsung dengan mesin mobil.

Jika menggantinya benar, maka seharusnya komponen tersebut menjadi lebih baik. Komponen yang sebelumnya aus, setelah diganti maka menjadi tidak aus lagi.

Baca Juga: Berapa Biaya Turun Mesin Akibat Overheat? Ini Estimasinya!

Gurah Mesin Mobil vs Turun Mesin, Mana yang Lebih Baik

Seperti pada penjelasan di atas, gurah mesin mobil dan turun mesin pada intinya adalah proses pengoptimalan mesin mobil agar lebih baik dari sebelumnya. Hal yang membedakan dari keduanya dari cara pengoptimalannya.

Gurah mesin mobil hanya mengganti komponen knalpot atau catalytic converter saja. 

Sedangkan turun mesin harus mengganti komponen mesin secara keseluruhan. Hal ini membuat gurah mesin mobil vs turun mesin lebih murah gurah mesin mobil.

Biaya gurah mesin mobil mulai dari Rp500 ribuan saja. Sedangkan biaya turun mesin mobil bisa mencapai Rp3 juta sampai Rp5 juta tergantung jenis mobilnya.

Proses gurah mesin mobil bisa selesai hanya dalam waktu satu hingga dua jam saja. Berbeda dengan turun mesin yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyelesaikan masalahnya.

Selain itu, gurah mesin mobil vs turun mesin mobil dari segi resiko juga berbeda. Melakukan turun mesin jauh lebih tinggi resikonya karena harus mengganti seluruh komponen. Jika yang menggantinya tidak profesional, pasti bermasalah.

Jadi untuk menghemat biaya, sebaiknya lakukan gurah mesin mobil saja untuk mengoptimalkan mesin mobil agar lebih baik.

Dapatkan Mobil Bekas Berkualitas Bebas Gurah dan Turun Mesin!

Nah, sekarang Anda sudah mengerti bukan gurah mesin mobil vs turun mesin mana yang lebih baik. Jika Anda ingin membeli mobil bekas berkualitas yang kondisi mesin bagus, maka jawabannya adalah CarsGallery.

CarsGallery menyediakan berbagai macam mobil bekas yang sudah melewati proses pemeriksaan sehingga kualitasnya terjamin. Tidak hanya itu, harganya juga sangat berbahaya.

Kami juga memberikan garansi guna memastikan mobil yang Anda beli selalu dalam kondisi terbaik. Untuk order atau layanan konsultasi, langsung saja hubungi CarsGallery.

Other Post

Related Post