Livina vs Xpander, Ini 5 Perbandingannya!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Livina vs Xpander telah menjadi topik perdebatan untuk menunjukkan manakah mobil tipe MPV terbaik? Tentunya, kedua mobil itu telah populer bagi masyarakat Indonesia karena cocok

Livina vs Xpander telah menjadi topik perdebatan untuk menunjukkan manakah mobil tipe MPV terbaik? Tentunya, kedua mobil itu telah populer bagi masyarakat Indonesia karena cocok sebagai mobil keluarga.

Memang tidak salah Livina dan Xpander kerap dibandingkan dan disamakan. Faktanya, masing-masing produsen mobil tersebut, Nissan dan Mitsubishi sudah beraliansi. Bahkan, Nissan memiliki 34 persen saham Mitsubishi Motors sejak 2016.

Berkat kedua fakta tersebut, keduanya memakai platform dan teknologi yang sama untuk membuat mobil, termasuk Livina serta Xpander. Sekilas, kedua MPV itu memiliki persamaan, tetapi setidaknya masih memiliki keunikan masing-masing.

Sekali lagi, kedua produk mobil ini menyasar target pasar yang sama. Tapi yang mana lebih baik? Artikel ini akan membantu Anda membandingkan kedua produk ini.

Perbedaan Livina vs Xpander

Terdapat berbagai aspek yang menjadi faktor pembeda antara Livina dan Xpander. Berikut adalah pembahasan perbedaannya:

1. Eksterior

Aspek Nissan Livina vs Xpander pertama yang terlihat berbeda terlihat dari eksterior. Tentunya, Xpander menggunakan bahasa desain dinamis khas Mitsubishi. Ciri khas tersebut berupa corak seperti huruf X bernama Dynamic Shield.

Formula desain huruf X itu juga tampil pada pintu bagasi, begitu juga dengan bagian depan. Kap mesinnya pun menggunakan tampilan polos dan terdapat lekukan pada setiap tepi.

Untuk lampu belakang, Xpander memakai lampu LED yang terlihat membentuk seperti sebuah huruf. Diffuser-nya ikut terpasang seakan menyatu bersama bodi. Sementara lampu depan Xpander terlihat lebih besar pada bagian atas dan bawah.

Lain halnya dengan Nissan Livina, terutama pada model terbaru. Seperti mobil modern Nissan lain, Livina menggunakan bahasa desain V-Motion sebagai dasarnya.

Bahasa desain tersebut sangat tercermin pada pintu bagasi, yakni tampilan yang menyerupai huruf V. Pada bagian bumper belakang, Livina berfokus pada tampilan lebih polos, sementara pada kap mesin terlihat banyak garis vertikal.

Desain lampu belakang livina memiliki diffuser terpisah dan memiliki LED lebih tebal. Tidak hanya itu, terdapat bentuk garis khas Nissan dalam desain tersebut. Beralih ke lampu depan, Livina memiliki lampu bentuk memanjang pada atas dan oval di bawah.

Untuk total dimensinya, Xpander memiliki dimensi 4.475 mm. Livina sedikit unggul dengan dimensi 4.510 mm.

Baca Juga: 4 Mobil Kapasitas Besar untuk Keluarga, Muat Banyak!

2. Interior

Perbandingan Livina dan Xpander selanjutnya terlihat pada interior. Secara desain, keduanya terlihat cukup mirip. Baik Xpander dan Livina memiliki power outlet 12V pada setiap baris bangku. Bahkan, masing-masing mobil bisa menampung 7 orang.

Setidaknya, ada berbagai perbedaan yang mencolok. Pertama, Livina memiliki infotainment touchscreen 7 inci yang mendukung Android Auto dan Apple Carplay pada varian tertentu.

Mitsubishi Xpander memiliki head unit 7 inci khusus varian Ultimate. Selain itu, ada juga tombol pemutar pada model terbaru.

Beralih ke kursi atau jok. Xpander masih menggunakan fabric sebagai bahan utama jok, termasuk varian Ultimate. Untuk varian tertinggi Livina, terdapat balutan kulit premium pada jok. Selain itu, jok kedua mobil tersebut dapat terlipat sesuai kebutuhan.

Perbandingan interior Livina vs Xpander tak berhenti sampai di situ, keduanya mengambil warna berbeda. Livina dominan dengan warna gelap dengan area plafon berfokus pada warna terang. Xpander justru dominan dengan warna terang.

3. Mesin

livina vs xpander

Perbandingan Mitsubishi Xpander vs Livina selanjutnya terdapat pada aspek mesin. Pertama, keduanya memakai mesin DOHC dengan kapasitas 1.499 cc. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal 104 dk dan torsi 141 NM.

Terlihat bahwa mesin tersebut membuat Livina dan Xpander memiliki performa bertenaga dalam kelas MPV. Dari sini, keduanya cocok untuk perjalan sehari-hari bersama keluarga berkat kemampuan akselerasi baik.

Terlebih, kedua MPV ini tersedia dalam varian transmisi manual 5-speed dan matic 4-speed.  Meski begitu, Livina varian terbaru bertransmisi otomatis mungkin berbeda daripada varian sebelumnya jika mempertimbangkan aspek pengalaman mengemudi.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Mobil Keluarga untuk Kenyamanan Ekstra

4. Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan ikut menjadi faktor pembeda. Pertama, Livina memiliki HAS, Traction Control System, Vehicle Dynamic Control, Auto Hazard Light on Emergency Braking, dan kamera belakang.

Livina juga memiliki sensor parkir khusus varian VE dan VL. Kamera parkir pun ikut hadir di varian tertingginya.

Xpander tidak memiliki sensor parkir untuk setiap variannya, sedangkan Auto Hazard on Emergency Braking hanya terpasang di varian Ultimate. Namun, Xpander Ultimate memiliki Cruise Control, sesuatu yang tidak dimiliki Livina.

Fitur keselamatan lain di Xpander di antaranya Dual SRS Airbag, ABS, ESS, HAS, ASC, dan Pedestrian Protection.

Baca Juga: Kenapa Harga Mobil di Indonesia Mahal? Ini 5 Alasannya!

5. Harga

Perbandingan Xpander vs Livina tidak lengkap jika tidak membahas harganya. Kami akan menggunakan model terbaru sebagai penjelasan harga kedua mobil ini.

Berdasarkan laman resmi Mitsubishi, Xpander tersedia dengan harga mulai dari Rp263 juta untuk model GLS MT. Varian tertingginya, Ultimate CVT, tersedia mulai dari Rp324,5 juta.

Sementara Nissan Livina tersedia mulai dari Rp292,5 juta. Harga tertingginya pun bisa mencapai Rp327 juta.

Itulah informasi tentang perbandingan Livina vs Xpander. Apakah Anda akan memilih Nissan Livina atau Mitsubishi Xpander? Pilihan tetap di tangan Anda.

Ingin membeli versi bekasnya yang lebih ekonomis? Tunggu dulu! Pastikan Anda membeli mobil bekas yang berkualitas dan bergaransi demi kenyamanan. Inilah mengapa CarsGallery dapat memudahkan Anda untuk melakukannya.

Segera beli mobil bekas berkualitas dan bergaransi dengan cara lebih mudah di CarsGallery sekarang juga!



Other Post

Related Post