Konsumsi BBM Grand Livina, Terbukti Iritnya!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Termasuk salah satu mobil keluarga favorit orang Indonesia, ternyata konsumsi BBM Grand Livina terbilang irit. MPV keluaran Nissan ini juga mampu mengangkut banyak penumpang dengan

Termasuk salah satu mobil keluarga favorit orang Indonesia, ternyata konsumsi BBM Grand Livina terbilang irit. MPV keluaran Nissan ini juga mampu mengangkut banyak penumpang dengan nyaman.

Bukan itu saja, mobil dengan konfigurasi 7 seater ini juga menawarkan berbagai fitur modern yang dapat meningkatkan kenyamanan perjalanan.

Mari simak info lengkap tentang seberapa irit penggunaan bahan bakar Grand Livina.

Konsumsi BBM Grand Livina

Nissan Grand Livina pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2007. Interior yang nyaman dan kabin lega menjadikan Grand Livina primadona sebagai kendaraan keluarga.

Mobil yang termasuk segmen MPV ini dibekali mesin 1500 cc yang mampu menghasilkan output sebesar 102 HP dan torsi 141 Nm. 

Meskipun bertenaga cukup besar, konsumsi BBM Grand Livina tergolong irit. Hal tersebut terbukti dari pengujian efisiensi BBM yang diadakan oleh Nissan.

Mengutip dari situs resmi Nissan, pengujian melalui praktek eco-driving mencatatkan rekor konsumsi BBM paling efisien sebesar 30,3 km per liter.

Namun untuk mencapai tingkat efisiensi tersebut, pengemudi perlu menerapkan perlakuan tertentu. Peserta pengujian menggunakan Grand Livina 1.498 cc XTRONIC CVT dan bensin 92 oktan.

Pengujian tersebut melalui rute jalan tol Cipularang-Cikampek-Exit Halim tanpa menyalakan AC selama berkendara. 

Dalam pengujian lain oleh pengguna, tercatat angka yang bervariasi tergantung kecepatan dan situasi jalan.

Saat melaju dengan kecepatan rata-rata 21 km/jam, Grand Livina konsumsi BBM nya menunjukkan angka 11,5 km/liter sampai 12,3 km/liter. Pengujian ini mengambil rute kombinasi dari jalanan macet dan jalan tol.

Kemudian pada pengujian dengan rute di luar jalan kota atau jalan bebas hambatan, Grand Livina mencatatkan angka konsumsi bahan bakar hingga 16 km/liter.

Nissan juga membekali MPV ini dengan mode Eco Driving yang mana mencatat tingkat efisiensi bahan bakar 20 – 21 liter per km dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam.

Baca Juga: 9 Model Mobil Perkotaan dari Suzuki, Gesit dan Irit BBM!

Mesin Garang dan Lebih Irit

Setelah melihat berapa konsumsi BBM Grand Livina berdasarkan pengujian, Anda mungkin bertanya-tanya alasan di balik efisiensinya.

Hal tersebut berkaitan erat dengan penggunaan mesin berteknologi canggih pada dapur pacu mobil ini. Grand Livina menggunakan mesin HR15DE 1.500 cc dengan Dual Injector dan Twin VTC.

Mesin ini mampu menghasilkan kombinasi optimal antara performa yang garang dan efisiensi bahan bakar yang baik.

Lebih lanjut lagi, dapur pacu Grand Livina mendapatkan dukungan dari transmisi otomatis berteknologi XTRONIC CVT generasi terbaru. 

Teknologi inovatif dari Nissan tersebut membuat mobil menghasilkan akselerasi yang lebih halus dan nyaman. Jadi, tidak ada hentakan mengganggu yang terasa selama pindah gigi.

Menariknya lagi, teknologi transmisi otomatis pintar tersebut dapat mendukung akselerasi tinggi tanpa membuat bahan bakar cepat terkuras.

MPV ini mampu melesat dengan kecepatan 0 sampai 60 km/jam hanya dalam 5,2 detik saja. 

Kemampuan percepatan Grand Livina patut menjadi sorotan tersendiri. Apalagi kebanyakan mobil dengan akselerasi tinggi menggunakan bahan bakar dengan boros.

Baca Juga: Trik Mengemudi Mobil Perkotaan Lebih Nyaman dan Irit BBM

Tips Menghemat BBM Grand Livina

Memilih mobil keluarga yang irit bensin seperti Grand Livina tidak hanya menguntungkan bagi isi kantong. Namun, juga bermanfaat baik dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Untuk menghemat penggunaan bensin Grand Livina, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut:

1. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Pemilihan jenis bahan bakas berpengaruh signifikan terhadap tingkat efisiensi. Anda sebaiknya menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Pastikan juga untuk menghindari penggunaan bahan bakar berkualitas buruk.

2. Lakukan Perawatan Rutin

konsumsi bbm grand livina
konsumsi bbm grand livina

Melakukan perawatan rutin secara tepat juga berperan penting dalam menjaga efisiensi bahan bakar. Perawatan ini meliputi penggantian oli dan filter secara berkala. 

Perhatikan juga kualitas oli yang Anda gunakan untuk memelihara performa dan kemampuan efisiensi mesin.

3. Rutin Mengecek Tekanan Ban 

Supaya efisiensi bahan bakar terpelihara, sangat penting untuk rajin mengecek tekanan ban. Pasalnya, tekanan ban yang tidak optimal baik itu terlalu tinggi maupun kurang bisa mengakibatkan konsumsi BBM jadi lebih boros.

4. Kebiasaan Berkendara yang Baik

Gaya mengemudi juga mempengaruhi tingkat konsumsi mobil. Mengemudi dengan cara agresif seperti sering menambah percepatan dan mengerem secara tiba-tiba bisa berdampak merugikan bagi efisiensi kendaraan.

Jadi, sebaiknya membiasakan untuk mengemudi dengan kecepatan sedang dan menjaga putaran mesin dalam rentang wajar.

5. Gunakan AC Secara Bijak

Penggunaan AC yang berlebihan bisa mengakibatkan beban kerja mesin meningkat sehingga mengorbankan efisiensi bahan bakar.

Maka, untuk menjaga konsumsi bahan bakar tetap irit, sebaiknya gunakan AC dengan pengaturan sedang. Anda juga sebaiknya menghindari hal-hal yang bisa menambah beban kerja AC, seperti membuka jendela terlalu lama saat AC menyala.

6. Hindari Membawa Muatan Berlebihan

Besar muatan berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar. Jadi, supaya tetap irit BBM, penting untuk memperhatikan muatan yang Anda bawa tidak melebihi batas kemampuan mobil.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Mesin Mobil Bekas agar Awet Bebas Mogok!

Fitur Menarik Grand Livina

Kenyamanan Nissan Grand Livina juga tidak terlepas dari berbagai fitur pendukung yang tersemat. 

Mobil ini hadir dengan kabin yang lapang sehingga mampu mengakomodasi barang bawaan keluarga. MPV ini juga memiliki berbagai fitur modern, seperti Dual SRS Airbag dan kamera belakang. 

Tersedia juga beragam fasilitas hiburan yang bisa membuat perjalanan makin menyenangkan seperti 1DIN Wide DVD, DVD Player, Video Output, dan Roof Mounted Monitor 10 inci.

Meskipun konsumsi BBM Grand Livina lama sudah tidak seirit mobil baru, kelengkapan fitur dan kenyamanan yang ditawarkan membuat mobil ini masih banyak diminati.

Sekian pembahasan mengenai konsumsi BBM Grand Livina. MPV favorit keluarga ini patut Anda pertimbangkan sebagai mobil keluarga yang ideal.

CarsGallery punya banyak stok mobil bekas berkualitas yang dapat menjadi pilihan tepat bagi keluarga Anda. Segera cek pilihan mobil keluarga murah dari CarsGallery.

Other Post

Related Post