Nissan Grand Livina Matic, MPV Bertenaga dan Luxurious   

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Nissan Grand Livina Matic dan manual menjadi salah satu Low-MPV yang rilis sejak 2007. Sayangnya, mobil keluarga yang hemat bahan bakar ini tidak lagi diproduksi

Nissan Grand Livina Matic dan manual menjadi salah satu Low-MPV yang rilis sejak 2007. Sayangnya, mobil keluarga yang hemat bahan bakar ini tidak lagi diproduksi sejak 2019.

Padahal, mobil yang merupakan pesaing Toyota Avanza ini memiliki pasar yang cukup luas di Indonesia. Sampai saat ini pun, Grand Livina bekas masih banyak dicari. 

Apa yang membuatnya menarik perhatian? Anda yang tertarik untuk membeli mobil kelas MPV bisa mempertimbangkan kelebihan, kekurangan, hingga harganya ini. 

Kelebihan Grand Livina Matic

Berbagai kelebihan dari Grand Livina telah disematkan oleh Nissan, baik itu dari segi interior sampai dengan mesinnya. Berikut kelebihan yang bisa Anda simak:

1. Hemat Bahan Bakar 

Kebanyakan varian matic keluaran tahun 2007-2013 cukup boros, tetapi Grand Livina tipe matic mampu mematahkannya. Konsumsi bahan bakarnya sangat irit, hanya butuh 1 liter bensin untuk mencapai jarak 9-12 km. 

Penyebabnya adalah penggunaan Dual Injector dan Twin VTC (Intake serta Exhaust) yang mampu meningkatkan efisiensi pembakaran. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Innova Tipe E dan G, Lebih Bagus Mana?

2. Suspensi yang Super Nyaman 

Grand Livina dibekali oleh suspensi premium yang bisa menghasilkan respon kemudi lebih baik. Khususnya saat Anda melewati jalanan yang kurang rata.

Adanya double pivot poros menunjang kelincahan mengemudi sekaligus meredam guncangan. Anda yang ingin melewati medan berat bisa berkendara dengan santai. 

3. Posisi Mengemudi yang Santai 

Jika Anda harus berkendara jarak jauh, Grand Livina akan menunjang kenyamanan. Pasalnya, pada bagian mengemudi posisi desainnya lebih memanjang dan sedikit rendah. 

Berbeda dengan Low-MPV lain yang cenderung tinggi, sehingga posisi kaki bisa lebih lurus dan santai. 

4. Interior Luas, Nyaman, dan Mewah 

Sangat jarang menemukan kemewahan interior dari mobil kelas Low-MPV. Kemewahannya terasa di bagian jok yang menggunakan material kulit dengan warna coklat pada Grand Livina 2019. 

Semua kursinya juga memiliki ukuran lebar sehingga membuat mobil yang bisa mengangkut 7 penumpang semakin nyaman. Kabin yang luas juga terasa pada bagian legroom dan headroom di setiap baris kursi. 

Kursi pada bagian kedua dan ketiga juga bisa dilipat rata untuk memudahkan Anda membawa banyak barang. Cukup lipat bagian sandaran kursi, maka area ruang penyimpanan bisa bertambah besar. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Mobil Paling Nyaman untuk Perjalanan Jauh

5. Eksterior Tampil Modern hingga Futuristik 

grand livina matic

Sejak generasi pertama, Grand Livina sudah menampilkan desain eksterior yang modern. Terlihat pada Grand Livina 2012 yang memiliki lampu sorot bentuk melingkar dengan grill chrome. 

Sedangkan pada Grand Livina 2019, desainnya berubah futuristik dengan grill V-motion yang cukup tebal. Lampu depannya juga sudah menggunakan LED DRL dengan bentuk bumerang tipis. 

6. Mesin yang Bertenaga 

Baik Grand Livina matic atau manual sama-sama mengusung mesin 1.498 cc. Bedanya, pada generasi awal tenaga yang dimuntahkan mencapai 100 PS di putaran 6000 rpm. 

Sedangkan Grand Livina 2019 atau seri keluaran terakhir mampu menghasilkan tenaga 102 HP pada 6000 rpm. Jadi, semua generasinya masih memiliki mesin bertenaga meskipun Anda menggunakannya saat ini. 

7. Fitur yang Cukup Lengkap 

Kelebihan lainnya adalah dari segi fitur hiburan yang cukup lengkap. Nissan telah memberikan Display With 6 inci dan sudah touch screen. Anda bisa menyambungkan dengan USB/ iPhone/ Ipod. 

Pada segi keamanan, fitur seperti SRS airbag, pengereman ABS+EDB+SA juga sudah lengkap. Anda juga bisa mengandalkan sensor parkir agar lebih mudah memarkir kendaraan.

Baca juga: Pilih Avanza Bekas atau Ertiga Bekas? Ini 6 Pertimbangannya!

Kekurangan Grand Livina Tipe Matic 

Meskipun punya banyak kelebihan, ada juga kekurangan yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Bangku di Baris Ketiga Masih Sempit 

Grand Livina mampu menampung hingga 7 penumpang, hanya saja untuk baris ketiga masih cukup sempit. Terutama di bagian legroom membuat penumpang tidak bisa memanjangkan kaki dengan leluasa. 

2. Kabin yang Cukup Bising

Peredam kabin pada Grand Livina masih cukup minim, sehingga Anda masih bisa mendengarkan suara kendaraan lain di luar. Jika Anda kurang nyaman dengan keramaian, maka hal ini bisa menjadi hambatan. 

Terutama ketika hujan, suara rintik yang mengenai body mobil terdengar cukup kencang. 

3. Belum Menggunakan Double Blower 

Baik itu Grand Livina Matic maupun manual masih belum memiliki double blower AC. Mengingat dimensi mobil yang cukup panjang membuat AC tidak akan sampai pada baris belakang sendiri. 

Jika Anda membawa penumpang penuh di dalam mobil, mungkin akan merasa sedikit panas. 

4. Ground Clearance yang Cenderung Rendah 

Suspensi mobil yang nyaman sayangnya tidak seimbang dengan ukuran ground clearance yang rendah. Grand Livina hanya memiliki ground clearance 175 mm saja, sehingga ketika melewati area yang berlubang membuat Anda sulit mengemudi.

5. Kaki-kaki Depan Cenderung Lemah 

Penyakit Grand Livina matic dan manual adalah pada bagian kaki-kaki depannya. Anda mungkin harus sering servis bagian kaki-kaki depan ini karena kekuatannya yang cukup lemah. 

Estimasi Harga Grand Livina Matic Baru dan Bekas 

Harga dari Grand Livina keluaran 2019 terakhir versi baru adalah Rp198,8 juga sampai dengan Rp291,9 juta. Sedangkan Grand Livina matic bekas saat ini tidak sampai Rp100 juta rupiah untuk generasi awal. 

Contohnya, untuk Grand Livina 2007 Anda bisa membeli dengan harga Rp83 jutaan. Jika ingin generasi terbaru, Anda masih hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp143 jutaan saja. 

Mengingat sudah tidak tersedia Grand Livina matic atau manual baru, Anda masih bisa membeli varian bekasnya. 

CarsGallery.co.id bisa menjadi mitra terbaik Anda untuk mendapatkan Grand Livina bekas. 

Kami menyediakan mobil bekas berkualitas lengkap dengan garansi sehingga Anda tidak perlu takut kecewa. Tidak perlu kesulitan mengecek mobil bekas sendiri, cek langsung saja rekomendasi terbaiknya di CarsGallery sekarang.



Other Post

Related Post