Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed yang Masih Jadi Favorit

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Kendati penjualannya telah terhenti pada 2017, Honda Freed sampai sekarang masih banyak diminati. Bagi Anda yang tertarik memiliki MPV dengan pintu geser, kelebihan dan kekurangan

Kendati penjualannya telah terhenti pada 2017, Honda Freed sampai sekarang masih banyak diminati. Bagi Anda yang tertarik memiliki MPV dengan pintu geser, kelebihan dan kekurangan Honda Freed ini harus masuk pertimbangan yang tidak boleh terlewat.

Desain stylish dan kelengkapan fitur modern dari Honda Freed menjadi alasan mengapa mobil ini tetap menjadi salah satu pilihan favorit. Terutama bagi mereka yang mencari kendaraan keluarga yang fungsional, nyaman, dan terjangkau.

Simak lebih lanjut pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan MPV yang satu ini.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed 

Berikut daftar kelebihan dan kekurangan mobil Honda Freed yang dapat menjadi bahan pertimbangan:

Kelebihan Honda Freed

Ada berbagai alasan yang membuat Honda Freed masih termasuk pilihan favorit. Berikut daftar kelebihan mobil ini:

1. Desain Mewah

Pertama dari segi tampilan, Honda Freed memiliki desain yang stylish dan modern sehingga terkesan mewah.

Garis-garis tegas dan lekukan yang dinamis memberikan kesan elegan pada eksterior mobil. Kesan mewah semakin kental berkat desain sipit headlamp yang bersanding dengan grill berbentuk khas dengan aksen krom.

Mobil ini juga memiliki lampu kabut dengan desain minimalis pada bagian bumper. Kehadiran lampu ini meningkatkan nilai estetik mobil.

Honda bahkan menyematkan spion dengan lampu sein yang meningkatkan kesan berkelas. Bagian samping dan belakang mobil juga memiliki desain aerodinamis yang cantik.

2. Kabin yang Nyaman

Kenyamanan termasuk faktor utama dalam memilih kendaraan. Apalagi jika Anda mencari mobil keluarga yang bakal menampung banyak penumpang.

Honda Freed memiliki kabin yang luas dan fleksibel. Konfigurasi kursi dari MPV ini bisa Anda atur sesuai kebutuhan penumpang berkat adanya fitur maju mundur dan pelipatan kursi baris kedua.

Kursi pada mobil ini menggunakan desain ergonomis sehingga penumpang bisa duduk dengan kenyamanan optimal selama perjalanan. Ditambah lagi, Honda menggunakan material berkualitas tinggi dan finishing yang apik sehingga interior terkesan premium.

Baca Juga: 10 Mobil dengan Captain Seat Paling Nyaman

3. Irit dan Ramah Lingkungan

kelebihan dan kekurangan honda freed

Daripada MPV lain, Honda Freed dikenal sangat irit. Penggunaan biasa dalam kota dapat menempuh jarak hingga 12 km untuk 1 liter bahan bakar. Sementara itu, tingkat konsumsi bahan bakar saat berkendara di luar kota menunjukkan angka 17 km per liter.

Honda juga mengklaim bahwa mobil ini memiliki efisiensi bahan bakar yang baik berkat standar Euro-4 dan fitur ECO.

4. Fitur Keamanan Lengkap

Bicara soal kelebihan dan kekurangan Honda Freed belum lengkap tanpa menyinggung kelengkapan fitur utama seperti fitur keamanan.

MPV ini memiliki sabuk pengaman dengan teknologi pretension and load limiter yang mampu meminimalisir tekanan pada bagian dada. Kemampuan ini dapat mencegah risiko cedera saat situasi darurat yang membuat pengemudi mengerem mendadak.

Fitur keselamatan lainnya yaitu dual SRS front airbag yang berfungsi meminimalisir dampak kecelakaan.

5. Kenyamanan Berkendara

Honda membekali MPV unggulannya ini dengan transmisi otomatis 5 percepatan yang menawarkan kenyamanan berkendara yang lebih baik.

Transmisi tersebut sangat handal untuk mendukung mobil melaju melalui berbagi kondisi jalan. Terlebih lagi, Honda Freed memiliki setir kemudi yang ringan berkat fitur electric power steering.

Kenyamanan berkendara semakin optimal berkat dukungan suspensi MacPherson Strut with Stabilizer dan H-Shape Torsion Beam pada bagian depan dan belakang.

Baca Juga: 10 Mobil yang Cocok untuk Wanita Pemula, Berkendara Mudah!

Kekurangan Honda Freed

Di samping berbagai kelebihannya, Honda Freed juga memiliki sejumlah kekurangan. Berikut daftar kekurangannya:

1. Bagasi Sempit

Salah satu hal yang sering menjadi alasan keluhan pengguna Honda Freed yaitu ruang bagasi yang kurang luas. Bagasi dari mobil ini masih tergolong meskipun kursi belakang sudah dilipat.

Padahal kebanyakan pengguna mobil tipe MPV mencari kendaraan keluarga dengan kapasitas bagasi yang memadai untuk menyimpan barang bawaan. Kekurangan ini bisa membuat Honda Freed kurang ideal untuk pengguna yang sering perlu bagasi besar.

2. Fasilitas Hiburan Kurang Lengkap

Meskipun memiliki tampilan mewah, Honda Freed tidak memiliki fasilitas hiburan yang lengkap. Hal ini tidak berdampak bagi kemampuan mobil dalam memberikan pengalaman berkendara yang nyaman.

Namun, beberapa pengguna bisa merasa kecewa akibat keterbatasan fitur hiburan. Kekurangan ini sebenarnya bisa Anda siasati dengan memasang sejumlah perangkat hiburan dari toko aksesoris mobil. 

3. Mesin Kurang Bertenaga

Honda Freed memiliki mesin yang sama dengan Honda Jazz, yakni mesin 1.5L i-VTEC. Namun, berhubung bobot Honda Freed lebih berat, maka bisa terasa kurang bertenaga.

Masalah tersebut bisa terasa lebih berpengaruh ketika Anda berkendara melalui jalan menanjak yang perlu dorongan tenaga maksimal. Kurangnya tenaga mesin juga dapat menjadi sumber keluhan saat mobil membawa penumpang penuh dan banyak barang.

Secara umum, performa mesin cukup memadai untuk berkendara normal. Namun, kekurangan tenaga bisa menjadi masalah yang cukup signifikan bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh.

Baca Juga: 7 Mobil paling Nyaman di Segala Medan, Penakluk Jalanan! 

4. Ground Clearance Rendah

Honda Freed memiliki ground clearance yang tidak terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan MPV ini kurang ideal untuk berkendara melalui medan dengan kontur tidak rata, seperti jalan berlubang.

Ground clearance yang rendah menyebabkan bagian bawah mobil berisiko lebih tinggi mengalami goresan atau benturan dengan batu dan permukaan jalan yang tidak rata.

Itulah daftar kelebihan dan kekurangan Honda Freed yang perlu Anda perhatikan. Apabila tertarik membeli MPV ini, maka Anda bisa mendapatkannya dari dealer mobil bekas.

Bingung cari tempat jual beli mobil bekas yang terjamin berkualitas? Solusinya, ke CarsGallery saja.

Semua unit dari CarsGallery sudah lulus inspeksi sehingga memiliki sertifikasi untuk menjamin mobil layak pakai dan berkualitas baik. Mari segera temukan mobil impian Anda dari CarsGallery.



Other Post

Related Post