Honda Jazz Generasi Ke 1 Masih Populer, Ini Ulasannya!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Honda Jazz Generasi ke 1 memang sudah sangat berumur, tetapi versi bekasnya masih menjadi favorit masyarakat hingga saat ini. Salah satu kalangan yang masih menggandrungi

Honda Jazz Generasi ke 1 memang sudah sangat berumur, tetapi versi bekasnya masih menjadi favorit masyarakat hingga saat ini. Salah satu kalangan yang masih menggandrungi mobil hatchback klasik ini adalah anak muda.

Jazz sendiri telah berhenti diproduksi pada Maret 2021 dan digantikan oleh Honda City Hatchback. Meski begitu, popularitasnya masih saja melejit walau dalam kondisi bekas.

Mobil ini terkenal dengan desain sporty secara dinamis dan kelincahannya dalam bermanuver di jalan secara leluasa. Lebih menariknya lagi, setiap generasi memiliki fitur canggih dan lengkap pada zamannya, termasuk generasi pertama.

Lantas, apa yang membuat Honda Jazz versi generasi pertama ini sangat populer hingga saat ini? Artikel ini akan membahas ulasannya secara rinci.

Sejarah Generasi Mobil Honda Jazz di Indonesia

Mari kita mengulas sejarahnya terlebih dahulu. Honda Jazz pertama kali meluncur pada tahun 2001 di Jepang. Dua tahun kemudian, mobil hatchback ini debut di Indonesia dan langsung mencuri perhatian masyarakat, terutama kalangan anak muda.

Saat itu, mobil yang juga tergolong sebagai sedan tak berbuntut ini juga sering terpakai di arena balapan dan ajang modifikasi. Tidak mengherankan bahwa mobil ini menjadi favorit pada zamannya dan bahkan menyaingi Toyota Starlet.

Hal yang menjadi favorit dari mobil generasi ini adalah fiturnya yang canggih pada masanya dan kemampuan efisiensi bahan bakar sangat tinggi. Inilah mengapa sebagian besar menyebutnya sebagai generasi Honda Jazz terbaik.

Memasuki tahun 2007, Honda Jazz hadir dengan generasi kedua. Berbeda dari generasi sebelumnya, model generasi kedua tampil dengan desain dinamis, sporty, dan lebih segar.

Kemudian pada tahun 2014, Honda menghadirkan Jazz generasi ketiga. Kali ini, tampilan eksterior semakin tegas berkat desain garis-garis, membantu penampilan lebih sporty dan futuristik.

Pada tahun 2017, Jazz kembali mengalami refresh dengan varian warna baru Phoenix Orange Black. Pastinya, varian ini semakin mencuri perhatian kalangan anak muda berkat desain lebih berani.

Generasi keempat pun muncul pada tahun 2019 di Tokyo. Model ini tampil lebih refresh dengan platform, fitur, mesin, dan eksterior baru. Sayangnya, generasi ini tidak pernah hadir di Indonesia karena terlalu imut dan kesan sporty-nya hilang.

Dua tahun setelahnya, Honda memutuskan untuk menghentikan produksi Jazz. Model hatchback yang sudah menjadi favorit anak muda itu tergantikan oleh City Hatchback.

Baca Juga: 8 Mobil Honda yang Ada Sunroof, Ada yang Rp300 Jutaan!

Kelebihan Honda Jazz Generasi 1

Lantas, mengapa Honda Jazz generasi paling pertama ini masih menjadi favorit bagi masyarakat. Ternyata, terdapat berbagai kelebihan berdasarkan spesifikasinya.

1. Efisiensi Bahan Bakar dan Tenaga yang Mumpuni

honda jazz generasi ke 1

Pertama, baik varian mesin i-DSI dan VTEC masing-masing memiliki keunggulan yang menonjol. Keduanya memiliki efisiensi bahan bakar dan tenaga yang mumpuni.

i-VTEC lebih menonjolkan tenaga yang lebih besar, yakni dengan kemampuan menghasilkan tenaga hingga 110 dk dan torsi maksimal 143 Nm. Ini menjadikan pengalaman berkendara sangat maksimal.

i-DSI memang memiliki tenaga sedikit lebih kecil, yakni 87 dk dengan torsi maksimal 128 Nm. Setidaknya varian mesin memiliki dukungan sistem 8 busi, menjadikan efisiensi bahan bakar cukup menonjol.

2. Interior Luas Berdesain Modern

Selanjutnya, interior merupakan salah satu aspek penting bagi penikmat mobil, terutama kalangan anak muda. Benar, interior generasi Honda Jazz Indonesia pertama ini memiliki desain modern dan canggih pada zamannya.

Kabin mobil ini terlihat lega dengan elemen sporty walau tergolong compact. Ada juga fitur ultra seat yang memaksimalkan fleksibilitas berkat kemampuan melipat kursi secara rata.

Baca Juga: Honda CR V Gen 4, Simak Kelebihan sebelum Beli Bekasnya!

3. Ketersediaan Sparepart Masih Baik

Mengingat Honda Jazz generasi ke 1 ini masih populer, tentu tidak mengherankan sparepart masih tersedia. Maka, tidak perlu khawatir saat mencari sparepart-nya di pasaran demi perawatan.

Menariknya lagi, suku cadang untuk Jazz pertama ini masih tersedia secara lengkap di pasaran. Ini menjadikannya lebih unggul daripada pesaing dari brand berbeda yang rilis pada zamannya.

4. Kontrol Berkendara Lebih Nyaman

Satu lagi aspek menarik dari Jazz generasi pertama adalah kenyamanan dalam kontrol berkendara. Pasalnya, mobil yang terkenal sebagai Jazz GD3 ini memiliki 7-speed mode.

Cara untuk mengaktifkannya sangat mudah, pengendara hanya harus menekan sebuah tombol tepat pada bawah kolom setir sebelah kanan. Tersedia tombol minus (-) untuk menurunkan gigi dan plus (+) untuk menaikannya.

Dengan begitu, sistem perpindahan persneling Steer-matic ini begitu canggih. Maka, pengalaman berkendara akan terasa lebih mudah dan nyaman.

Baca Juga: City Car Murah Dibawah 50 Juta, Siap Terjang Kemacetan Kota!

Harga Honda Jazz Generasi ke 1

Lalu, berapakah harga Honda Jazz berkode GD3 ini untuk versi bekas? Sekali lagi, model generasi ini tersedia dengan dua varian mesin, yakni i-DSI dan VTEC.

Untuk varian i-DSI, Anda bisa membelinya seharga mulai dari Rp60 juta. Sementara untuk varian VTEC, Anda cukup membayar mulai dari Rp75 juta. Kedua harga tersebut untuk keluaran tahun 2004.

Tentu saja, harga bisa bervariasi berdasarkan kondisi mobil, baik dari eksterior, kabin, mesin, dan kelengkapan surat legal. Lebih penting lagi, sebaiknya Anda mempertimbangkan setiap aspek ini agar mendapat produk dengan kondisi baik.

Itulah ulasan mengenai Honda Jazz generasi ke 1. Apakah Anda menjadi salah satu yang tertarik membeli mobil bekas sporty ini?

Ingin membeli mobil bekas online secara aman dan nyaman? CarsGallery dapat membantu Anda mencari mobil impian. Setiap mobil bekas di sini bergaransi dan sudah terjamin kualitasnya oleh inspektor berpengalaman.

Segera cari mobil idaman Anda di CarsGallery dan temukan penawaran terbaik!

Other Post

Related Post