Honda Jazz Generasi Ke 2, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sempat menjadi rival terberat Toyota Yaris Bakpao, popularitas Honda Jazz generasi ke 2 tampaknya tidak lekang oleh waktu. Mobil tipe hatchback ini masih banyak diminati

Sempat menjadi rival terberat Toyota Yaris Bakpao, popularitas Honda Jazz generasi ke 2 tampaknya tidak lekang oleh waktu. Mobil tipe hatchback ini masih banyak diminati hingga sekarang.

Generasi kedua Jazz atau Honda Jazz GE8 pertama kali meluncur di Indonesia pada tahun 2007. Eksistensinya berhasil bertahan hingga kemudian tergeser oleh generasi penerusnya, yaitu Jazz GK5.

Sampai saat ini Jazz GE8 masih banyak dicari di bursa mobil bekas karena harga yang lebih terjangkau dan sederet keunggulan. Sebelum memutuskan membeli, mari simak dulu kelebihan dan kekurangan dari mobil ini.

Honda Jazz Generasi Ke 2

Kehadiran Honda Jazz ke tanah air mendapatkan sambutan hangat sejak generasi pertama tahun 2002. Kemudian pada 2007, Honda memberikan penyegaran dengan merilis generasi kedua. 

Jazz dengan kode GE8 ini mendapatkan sejumlah facelift dengan perubahan lekuk pada body yang awalnya halus menjadi tajam. Desain tersebut memberikan kesan lebih dinamis dan sporty.

Headlamp dengan sudut tajam menambah kesan modern dan energik yang menjadi daya tarik tersendiri dari mobil ini.

Honda juga memberikan upgrade pada dapur pacu Jazz GE8 dengan menyematkan mesin yang lebih bertenaga, yakni i-VTEC 1.5L. 

Selain itu, tersemat pula sejumlah fitur modern seperti lampu LED, Cruise Control, Head Unit Touch Screen 8 Inch, Audio Steering Switch, Auto AC, dan Paddle Shift.

Baca Juga: 8 Mobil Honda yang Ada Sunroof, Ada yang Rp300 Jutaan!

Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz Generasi Ke 2

Berikut daftar kelebihan dan kekurangan dari Jazz Gen 2 yang perlu Anda ketahui:

Kelebihan

Berikut alasan yang membuat Jazz Gen 2 masih menarik bagi pembeli:

1. Desain Elegan

Walaupun sudah berusia lebih dari 10 tahun, desain mobil hatchback unggulan Honda ini tidak terlihat out of date. 

Berbeda dari kompetitornya, Yaris Bakpao yang hadir dengan desain serba bulat, Jazz generasi kedua memiliki desain yang lebih dinamis dan atraktif dengan sudut tajam yang tampil stand out.

Eksterior yang sporty dan modern membuat Jazz masih eksis sebagai pilihan favorit anak muda.

2. Kabin Luas dan Fungsional

Kelebihan selanjutnya terletak pada ruang kabin yang lega. Meskipun dirancang sebagai city car yang cukup kompak untuk menunjang mobilitas perkotaan, Jazz memiliki kabin yang terasa luas dan fungsional.

Baik dari head room, leg room, maupun bagasinya memiliki ruang yang cukup lega sehingga memberikan kenyamanan yang baik selama berkendara.

3. Performa Mesin yang Bertenaga dan Irit

honda jazz generasi ke 2

Generasi Honda Jazz kedua juga terkenal akan performa yang lebih bertenaga daripada pesaingnya. Hal ini berkat penggunaan mesin berkode L15A 4 silinder 1.500 cc yang dilengkapi teknologi i-VTEC Honda.

Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 120 dk pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.500 rpm.

Selain handal, penggunaan teknologi i-VTEC juga penggunaan bahan bakar yang begitu efisien daripada mobil lain di segmennya. 

Penggunaan Jazz gen 2 dalam rute perkotaan mencatat tingkat konsumsi 13,5 km/liter. Sementara, konsumsi bahan bakar untuk perjalanan rute tol mencapai 15 km/liter.

4. Transmisi Matik yang Tahan Lama

Jazz GE8 menawarkan keandalan transmisi matik konvensional. Transmisi ini mampu menghasilkan akselerasi yang memadai untuk kelas hatchback. 

Selain itu, jenis transmisi tersebut memiliki daya tahan yang lebih baik daripada jenis CVT.

Baca Juga: 10 Mobil yang Cocok untuk Wanita Pemula, Berkendara Mudah!

Kekurangan

Sebelum membeli Honda Jazz gen 2 bekas, terdapat beberapa kekurangan yang perlu Anda waspadai, sebagai berikut:

1. Komponen Kaki-kaki Rentan

Kekurangan pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu kaki-kaki depan yang sering mengalami gejala mengganggu.

Saat melalui jalan dengan kontur tidak rata, bagian suspensi depan Jazz GE8 dapat timbul suara asing. Hal ini biasanya karena karet bushing pada swing arm sudah mulai getas, karet tie rod jebol, dan karet ball joint pecah karena faktor usia.

2. Suspensi Kurang Nyaman

Menawarkan handling yang lincah dan stabil saat melaju dengan kecepatan tinggi, mobil ini menimbulkan bantingan yang keras. Terutama saat melewati jalanan yang rusak dan speed bump.

Bantingan yang terasa cukup keras ini karena suspensi mobil kurang empuk.

3. Mesin Cepat Panas

Mesin cepat panas menjadi salah satu keluhan yang cukup sering muncul dari pengguna Jazz gen 2 bekas. 

Kondisi ini terjadi karena mobil memiliki kompresi yang relatif tinggi. Masalah tingginya suhu mesin bisa lebih parah jika pemilik mobil sebelumnya tidak melakukan perawatan berkala secara rutin.

4. Kabin Bising

Kekurangan selanjutnya dari Jazz gen 2 yaitu pada sistem peredam yang kurang maksimal.

Mobil ini menggunakan peredam kabin yang tipis sehingga pengguna masih bisa mendengar berbagai suara dari luar, seperti suara kendaraan lain dan gesekan ban dengan aspal.

Hal tersebut tentunya bisa membuat pengalaman berkendara menjadi kurang nyaman.

5. Ground Clearance Rendah

Sebagai city car, Honda Jazz memiliki ground clearance yang tergolong rendah. Jarak antara permukaan tanah dengan bagian bawah kabin mobil hanya sebesar 150 mm. 

Hal ini perlu menjadi perhatian tersendiri apabila Anda sering melewati jalan berkontur atau banyak speed bump. Terlebih lagi, jika membawa penumpang penuh. 

Pasalnya, ground clearance yang rendah membuat bagian bawah mobil lebih berisiko terkena benturan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio, Wajib Tahu Sebelum Beli

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan Honda Jazz generasi ke 2 yang perlu Anda perhatikan. Mobil ini bisa Anda dapatkan dalam kisaran harga mulai dari Rp100 jutaan.

Mau beli mobil bekas dan dapat garansi? Kalau begitu, sebaiknya segera kunjungi CarsGallery.co.id. Ada banyak unit ready berkualitas dan sudah lulus inspeksi yang menanti Anda.



Other Post

Related Post