Suka beli mobil ‘tempur’ yang enak buat jalan-jalan di medan sulit, terjal, bahkan ekstrim? Coba Ford Ranger saja. Apalagi sekarang harga mobil bekas Ford Ranger juga masuk dalam kategori terjangkau.
Dalam segmen double cabin, Ford Ranger tentu masuk dalam jajaran salah satu mobil yang populer. Bersaing dengan nama lain seperti Hilux, Triton, dan D-Max, mobil ini memang ramai jadi pilihan orang-orang yang suka bertualang.
Biasanya mobil ini jadi pilihan mereka-mereka yang bekerja di sektor pertambangan, perkebunan, sampai dengan pecinta off-road. Mengapa? Tentu berkat performanya yang cukup kuat.
Tapi, sebelum Anda meminang mobil Ford Ranger murah, pertimbangkan dulu sejumlah uraian yang ada di sini.
Baca Juga: Review Mobil Hilux Bekas: Kelebihan, Kekurangan, dan Harga
Daftar Isi :
ToggleMengapa Mobil Bekas Ford Ranger Bisa Jadi Pilihan?
Mobil-mobil Ford itu sangat populer dengan suspensi, selain itu juga terkenal karena harga bekasnya yang relatif terjangkau. Biar lebih lengkap, cek penjelasannya di sini:
1. Tampilan yang Khas Amerika
Pertama, jelas dari tampilan. Soal ini mungkin objektif, tapi nuansa double cabin dari Amerika Serikat itu jelas berbeda.
Kalau Anda bosan dengan tampilan luar mobil khas Jepang, Ford Ranger bisa jadi angin segar yang memberi desain lebih ‘keras’, berotot, gagah, dan juga tangguh.
Garis-garis pada mobil ini nampak lebih tegas, grille besarnya juga lebih menganga. Jadi, kalau membandingkannya dengan mobil-mobil Jepang, jelas tampak lebih kuat.
2. Build Quality Lebih Baik Daripada Double Cabin Jejepangan
Selanjutnya, meski banyak yang jual mobil bekas Ford Ranger dengan harga murah, build quality double cabin satu ini lebih baik daripada rival-rivalnya.
Apalagi, Ford ini selalu memadukan attention to detail di berbagai elemen desain baik dari interior dan juga eksteriornya.
Walaupun plot mobil ini jadi mobil ‘pekerja keras’, tapi Anda tetap bisa merasakan vibes yang berkelas kalau melihat langsung dari dalam kabin.
Tentu alasannya karena pada mobil bekas Ford Ranger lama sekalipun, material yang digunakan memang sangat baik dan berkualitas.
3. Punya Tipe yang Cocok Buat Heavy Duty Off-Road
Walaupun semua double cabin punya sistem penggerak 4×4, Ford Ranger sangat berbeda. Apalagi kalau Anda memilih tipe tertingginya yakni Raptor.
Bisa kami katakan kalau mobil tersebut punya kemampuan melewati jalur off-road ekstrim yang jauh lebih unggul daripada rival-rivalnya.
Raptor punya mesin EcoBlue yang spesifikasi dan juga performanya mirip dengan tipe lain.
Tapi, ada sejumlah modifikasi pada sejumlah sektor yang bikin Raptor jadi unggul di jalur dengan medan berat.
Mari kita sebut saja ke pemakaian ban All-Terrain BFGoodrich. Selain itu, ada pula track lebih lebar, rem ventilated disk pada keempat sisi, shock absorber Fox Shocks, dan juga set up kaki-kaki yang lebih baik.
Jadi, kalau Anda sudah memilih Ford Ranger bekas murah tapi pada tipe tertingginya, maka tetap Anda bisa dapat mobil yang paling unggul buat off-road.
4. Tenaga Paling Besar Daripada Mobil di Kelasnya
Yap, siapa nih yang suka dengan mobil berperforma tinggi? Kalau Anda suka, maka jelas mobil bekas Ford Ranger bisa jadi pilihan.
Mobil ini berbekal mesin 4-silinder diesel biturbo Ecoblue. Kapasitasnya 1.995 cc yang bisa generate tenaga sampai 210 HP dan torsinya 500 Nm. Angkanya jelas yang paling impresif daripada mobil lain yang berada di kelasnya.
Buat perbandingan saja, Toyota Hilux itu pakai mesin 4-silinder diesel turbocharger dengan kode 2GD-FTV. Kapasitasnya lebih tinggi daripada Ford Ranger, yakni 2.399 cc.
Tapi, menariknya, tenaga yang bisa dibuat hanya 147,5 HP dengan torsi 408 Nm. Lanjut, sekarang untuk Mitsubishi Triton. Jantung pacunya pakai mesin kode 4N15. Konfigurasinya sama dan punya mesin 2.442 cc yang tenaganya 178,5 HP. Torsinya juga lebih rendah dari Ford Ranger yakni 430 Nm.
Jadi, kalau Anda mau mobil terbaik di kelas double cabin, Ford Ranger adalah pilihan terbaiknya.
Baca Juga: Mobil Triton Bekas: Pikap Gagah Buat Pekerja Lapangan
Kekurangan Mobil Bekas Ford Ranger
Mobil bekas Ford Ranger double cabin memang menawarkan cukup banyak pilihan. Tapi, tetap ada poin-poin kekurangan yang perlu juga jadi pertimbangan, seperti:
1. Dapat Image Mobil Bekas Tambang
Pertama, Ford Ranger sering kali dapat sebutan sebagai mobil bekas tambang. Tapi melihat kenyataannya memang begitu, karena mobil ini sering jadi kendaraan operasional di area tambang.
Kalau begini, yang jelas citra mobil dengan tingkat keausan yang tinggi begitu kentara. Tentu karena penggunaan yang berat, kondisi lingkungan yang ekstrem, hingga penggunaan dengan intensitas tinggi.
2. Harga Suku Cadang Mahal
Yap, ini juga yang jadi banyak keluhan untuk mobil bekas Ford Ranger. Bahkan ada wawancara dengan mekanik resmi Ford yang bilang kalau harga sparepartnya memang mahal dan terbilang langka.
Namun, Anda bisa berkompromi dengan pembelian suku cadang aftermarket yang katanya juga cenderung lebih baik untuk mobil-mobil Ford.
3. Jaringan Service dan Purna Jual Terbatas
Sudah patut diakui, mobil-mobil Jepang itu unggul karena sekarang punya jaringan servis dan purna jual yang begitu luas.
Jaringan servis resmi Ford di Indonesia itu emang tidak banyak. Keterbatasan semacam inilah yang membuat pemilik Ford jadi sulit buat nyari tempat perawatan juga perbaikan.
Selain itu, purna jual pun harus jadi perhatian Anda untuk mobil pabrikan Amerika Serikat satu ini.
4. Rem Model Tuas Tarik
Pada beberapa mobil bekas Ford Ranger generasi lawas, sistem parkirnya masih pakai model tuas tarik yang konvensional.
Banyak yang bilang jika model ini tak lebih praktis alias merepotkan daripada sistem rem parkir elektrik yang sekarang sudah banyak diterapkan.
Bukan masalah besar memang, tapi ini masih masuk kekurangan kecil apalagi Anda sangat mempertimbangkan fitur modern pada mobil.
Baca Juga: Review Mobil Fortuner Bekas: SUV Gagah dengan Mesin Buas
Harga Mobil Bekas Ford Ranger
Sudah ngebet betul dengan Ford Ranger? Jangan lupa persiapkan budget buat beli mobil bekas Ford Ranger yang ada di pasaran. Harganya memang bisa bervariasi, tapi tak akan jauh-jauh dari range ini:
1. Berdasarkan Model dan Tahun
- Ford Ranger 2008 DC 2.5 XLT 4×4 MT: Mulai dari Rp50 Juta
- Ford Ranger 2010 DOUBLE CABIN 2.5 BASE 4X4: Rp135 Juta
- Ford Ranger 2014 WILDTRACK 3.2L 4X4 AT: Rp350 Juta
- Ford Ranger 2018 Double Cabin (DC) 4×4 2.2 MT Manual: Rp250 Juta
- Ford Ranger 2021 Wildtrak Double Cabin DC 4×4 2.0 AT: Rp499 Juta
2. Berdasarkan Tahun Pembuatan
- Ranger 2014: Mulai dari Rp118 Juta
- Ranger 2013: Mulai dari Rp85 Juta
- Ranger 2012: Mulai dari Rp125 Juta
- Ranger 2011: Mulai dari Rp155 Juta
- Ranger 2008: Mulai dari Rp140 Juta
Jadi, siapkan saja budget di kisaran Rp50 jutaan – Rp500 jutaan kalau Anda mau beli Ford Ranger.
Kalau mau dapet unit berkualitas, bisa langsung cek CarsGallery untuk mobil Ford Ranger yang sudah lolos inspeksi.
Duit Anda belum cukup? Jual mobil lama Anda biar lebih cepat laku di CarsGallery juga. Sekarang sudah ada layanan titip jual mobil juga, lho!
Erwin Juntoro memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun di bidang otomotif. Ia menyukai aktivitas memperbaiki, memodifikasi dan tune-up mobil. Selalu update seputar mobil konvensional hingga mobil listrik terbaru.