Dokumen Wajib untuk Beli Mobil Baru yang Harus Dicermati

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Rupanya, tidak bisa asal saja untuk mendapatkan kendaraan impian. Anda perlu menyiapkan sejumlah dokumen wajib untuk beli mobil baru dan mengikuti prosedurnya step by step.

Rupanya, tidak bisa asal saja untuk mendapatkan kendaraan impian. Anda perlu menyiapkan sejumlah dokumen wajib untuk beli mobil baru dan mengikuti prosedurnya step by step.

Meskipun menuntut kesabaran, hal tersebut sangat penting untuk memastikan keamanan transaksi pembelian mobil. Anda juga perlu tahu bahwa penerbitan beberapa dokumen kelengkapan mobil perlu waktu yang cukup lama.

Mari simak lebih lanjut apa saja dokumen yang harus disiapkan.

Dokumen Wajib untuk Beli Mobil Baru

Proses membeli mobil baru perlu mengikuti prosedur tertentu untuk menjamin keamanan transaksi.

Supaya tidak bingung, calon pembeli juga sebaiknya mengetahui dulu alur dalam proses pembelian mobil baru. Anda bisa menerapkan tips membeli mobil baru sebagai panduan.

Selain memahami prosedurnya, ada beberapa dokumen yang harus Anda teliti, sebagai berikut:

1. Dokumen Beli Mobil Cash

Untuk pembelian mobil baru secara tunai atau cash, Anda wajib menyiapkan dokumen berikut:

  • KTP
  • SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) dengan tanda jadi

Sebagai catatan, Anda perlu membayar booking fee sebagai tanda jadi. Besarnya bisa sekitar Rp5 juta.

2. Dokumen Beli Mobil Baru secara Kredit

Apabila Anda berencana membeli mobil dengan pembayaran secara kredit, maka Anda harus menyiapkan dokumen berikut:

  • KTP suami – istri
  • SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) dengan tanda jadi
  • Kartu Keluarga
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Bukti kepemilikan rumah
  • Rekening koran 3 bulan terakhir

Seperti yang Anda lihat, terdapat beberapa dokumen syarat tambahan. Dokumen-dokumen tersebut penting untuk pendataan dan pertimbangan kredit yang biasanya melibatkan lembaga pembiayaan.

Prosedur beli mobil baru secara kredit bisa terkesan lebih merepotkan karena banyaknya dokumen syarat. Namun, sistem pembayaran kredit juga menawarkan berbagai keuntungan tersendiri, termasuk sudah tersedianya asuransi kendaraan.

3. Dokumen Kelengkapan Mobil Baru

Selain dokumen syarat, Anda juga perlu meneliti dokumen kelengkapan yang nantinya dikirimkan saat serah terima mobil baru. Berikut daftarnya:

  • Buku manual
  • Buku garansi
  • Buku servis
  • Dokumen serah terima
  • Dokumen pengiriman

Jangan lupa untuk mengecek juga kelengkapan dokumen mobil, meliputi:

  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
  • STNK (Surat Tanda Naik Kendaraan Bermotor)
  • Plat nomor

Pastikan untuk mengecek nomor rangka dan nomor mesin mobil sudah sesuai dengan yang tertulis pada BPKB dan STNK.

Pembuatan BPKB, STNK, dan plat nomor umumnya memerlukan waktu yang cukup lama. Bisa sekitar 2 sampai 2 bulan. Akibatnya, pengiriman dokumen-dokumen tersebut bisa lebih lama daripada pengiriman kendaraan.

Anda bisa menanyakan terlebih dahulu pada dealer sebelum beli mengenai perkiraan waktu dokumen kelengkapan akan dikirimkan.

Dokumen Mobil Bekas

Mobil bekas memerlukan kelengkapan dokumen berupa STNK, BPKB, faktur, dan kwitansi pembelian. Maka dari itu, apabila lebih tertarik membeli mobil bekas, Anda tetap perlu memeriksa kelengkapan dokumen.

Pastikan untuk mencocokkan data yang tertera dalam STNK dan BPKB dengan mobil yang ingin Anda beli.

Selain itu, lebih disarankan untuk memilih mobil yang masih memiliki faktur. Pasalnya, ketidaktersediaan faktur bisa membuat harga mobil yang Anda beli jadi turun drastis.

Secara keseluruhan, proses beli mobil bekas terbilang lebih sederhana. Anda juga tidak perlu membayar booking fee. Istilah pembelian mobil baru ini mengacu pada biaya tanda jadi transaksi pembelian.

Jual Beli Mobil Bekas Terbaik

Anda berniat membeli mobil bekas? Kalau begitu, ke CarsGallery saja.

CarsGallery punya banyak pilihan mobil bekas yang terjamin kualitasnya. Hal ini bisa Anda lihat dari kelengkapan dokumen mobil, meliputi sertifikat resmi dan garansi.

Proses beli mobil dari CarsGallery juga termasuk tes jalan, sehingga Anda bisa menguji langsung performa mobil yang Anda inginkan.

Segera dapatkan mobil bekas terbaik dengan harga terjangkau dari CarsGallery. Dengan layanan kami, Anda juga tidak perlu lagi memusingkan masalah dokumen wajib untuk beli mobil baru.

Other Post

Related Post