10 Oli Mobil Avanza yang Bagus Sesuai Standar dan Kapasitas

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sebenarnya ada banyak merk oli mobil Avanza yang bagus dan recommended. Namun, dari sekian banyak merk oli mesin, kami pilihkan beberapa oli mobil Avanza yang

Sebenarnya ada banyak merk oli mobil Avanza yang bagus dan recommended. Namun, dari sekian banyak merk oli mesin, kami pilihkan beberapa oli mobil Avanza yang paling cocok dan sesuai spesifikasinya.

Oli merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Dengan adanya oli tentunya dapat mencegah kerusakan dan keausan pada komponen mesin mobil. Oleh karena itu, perlu penggantian oli secara rutin.

Lantas, apa merk oli yang bagus untuk mobil Avanza? Berapa biaya penggantian oli kendaraan Avanza? Berapa kapasitas oli yang dibutuhkan Avanza? Bagaimana standar oli untuk jenis Avanza? Berikut informasinya.

Pentingnya Ganti Oli Mobil Secara Rutin

Ketika Anda membeli mobil bekas maupun baru, hal terpenting dalam perawatannya adalah ganti oli. Dengan penggantian oli secara rutin, mesin mobil menjadi terawat dan performa mobil tetap terjaga dengan baik.

Oli berfungsi untuk melumasi komponen mesin agar tidak terjadi keausan. Selain itu, oli juga berfungsi sebagai pencegah karat dan pendingin mesin, serta pembersih kotoran mesin yang disaring oleh filter oli.

Jika terlambat ganti oli, tentunya dapat menimbulkan masalah pada mobil Avanza. Beberapa masalah yang muncul seperti tarikan loyo atau performa menurun, suara mesin berisik, dan mobil boros BBM.

Oleh karena itu, penting melakukan penggantian oli secara rutin agar mobil terhindar dari permasalahan yang serius. Meskipun demikian, perhatikan waktu penggantian oli mesin yang tepat untuk mobil Avanza.

Waktu Ganti Oli Mobil Avanza yang Tepat

Jika ingin ganti oli mobil Avanza bekas, maka sebaiknya melakukan penggantian oli jika sudah menempuh jarak 5.000 kilometer. Anda dapat ganti oli mobil Avanza yang bagus sesuai spesifikasi dan kapasitasnya.

Sementara bagi pemilik Avanza baru, Anda dapat ganti oli mobil setiap menempuh jarak 10.000 kilometer. Atau, penggantian oli kira-kira sekitar 6-12 bulan tergantung seberapa sering Anda menggunakan mobil.

Alangkah baiknya, penggantian oli mobil dapat Anda lakukan sesuai dengan buku petunjuk ataupun rekomendasi dari bengkel resmi. Namun, apabila performa mobil terasa menurun, segera cek oli mobil Anda.

Salah satu penyebab performa mobil turun biasanya karena oli mobil tidak sesuai standar atau kualitasnya rendah. Oleh karena itu, penting mengetahui standar oli mobil terbaik untuk Avanza sesuai ketentuan..

Standar Oli Mesin Mobil Toyota Avanza

Avanza merupakan jenis mobil MPV dengan mesin bensin yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Mobil mesin bensin sendiri pada umumnya menggunakan jenis oli sintetik, oli semi sintetik, dan oli mineral.

Terlepas dari itu, standar spesifikasi pelumas mobil Avanza, baik mesin 1.300 cc maupun 1.500 cc adalah ILSAC GF-5 dan API SN. Sedangkan kekentalan atau viskositas oli cukup bervariasi menyesuaikan umur mobil.

Secara keseluruhan, standar kekentalan atau viskositas oli mobil yang bagus untuk Avanza yakni memakai jenis pelumas SAE 5W-30, 5W-40, 10W-30, dan 10W-40.

Dengan rekomendasi, standar kekentalan oli untuk Avanza usia muda yakni 5W-30. Sedangkan, standar kekentalan oli Avanza lebih tua lima tahun yakni 10W-40.

Kapasitas Oli Mesin Mobil Toyota Avanza

oli mobil avanza yang bagus

Mobil Avanza sendiri memiliki dua jenis mesin, yaitu jenis mesin 1NR-VE kapasitas 1.300 cc dan mesin 2NR-VE kapasitas 1.500 cc. Kapasitas oli di kedua jenis mesin kendaraan Avanza ini sama saja takarannya.

Berapa liter oli mobil Avanza? Kapasitas oli yang dibutuhkan mobil sejuta umat ini adalah 3,5 liter. Namun, sebaiknya Anda membeli oli dengan kapasitas 4 liter karena sisanya dapat Anda gunakan untuk ganti filter oli.

Sebenarnya untuk mengetahui kapasitas oli mobil dapat diukur melalui dipstick atau batang pengukur volume oli di mesin mobil. Pada dipatick terdapat tanda H (high) dan L (low) sebagai batas pengisian oli mobil.

Rekomendasi Oli Mobil Avanza yang Bagus

Oli mobil yang beredar di pasaran memiliki spesifikasi bervariasi. Namun, beberapa merk oli mobil Avanza yang bagus sesuai spesifikasi dan kapasitas ini dapat menjadi pilihan. Berikut rekomendasinya untuk Anda.

1. TMO Eco Power 0W-20 Full Synthetic

TMO merupakan merek pelumas mobil resmi dari Toyota yang sangat cocok untuk semua mobil produksi Toyota, termasuk Avanza. Varian oli TMO Eco Power 0W-20 Full Synthetic ini merupakan jenis oli sintetis.

Oli mobil Avanza yang bagus ini melalui proses pengolahan sintetik, sehingga dapat memberikan performa dan perlindungan terbaik untuk mesin mobil. Selain itu, oli merk ini juga memiliki stabilitas suhu yang baik.

2. Castrol Magnatec 10W-40

Oli Castrol ini memiliki kekentalan 10W-40 yang dapat membuat komponen mesin tetap terlindung dari gesekan yang dapat menyebabkan keausan. Merk oli ini sangat cocok untuk Avanza umur lima tahun ke atas.

Salah satu kelebihan oli mobil untuk Avanza ini, yaitu teknologi Intelligent Molecule. Teknologi yang dapat membantu memeluk oli menempel pada permukaan logam mesin dan mengurangi gesekan saat mesin menyala.

3. Shell Helix HX7

Oli ini memiliki formula yang dapat memberikan perlindungan terhadap keausan, oksidasi, dan kotoran di sela-sela mesin. Selain itu, oli ini juga dapat memberikan efisiensi operasional mesin hingga 40%.

Teknologi Flexi Molecule pada oli ini dapat memberikan lapisan perlindungan mesin meskipun oli kembali ke bak penampungan. Shell Hwk HX7 menjadi salah satu oli mobil Avanza yang bagus untuk perlindungan mesin.

4. Fastron Techno 10W-40

Oli Fastron ini merupakan jenis oli yang umum digunakan pada kendaraan penumpang seperti Avanza. Dengan kekentalan yang tinggi, sehingga mampu menjaga stabilitas suhu dan menjaga komponen dari keausan.

Kandungan zat aditif pada oli ini dapat membersihkan endapan yang muncul dari proses pembakaran di ruang bakar mesin. Oleh karena itu, Fastron Techno 10W-40 menjadi salah satu oli terbaik untuk mobil Avanza.

5. TOP 1 HP 1 Zenzation 10W-40

Oli Top 1 varian ini merupakan jenis oli sintetis yang memiliki kekentalan yang cukup tinggi. Dengan begitu, suhu mesin terendah hingga suhu tertinggi dapat terlumasi oli dengan baik, sehingga performa mesin terjaga.

Selain itu, oli TOP 1 HP 1 Zenzation 10W-40 ini juga memiliki teknoloji Max BTN. Teknologi yang dapat mencegah korosi dan memberikan masa pakai oli lebih lama. Tak hanya itu, oli ini juga sudah standar Euro 6.

6. TMO 0W-20

TMO 0W-20 adalah salah satu rekomendasi oli mobil Avanza yang bagus karena memiliki tingkat kekentalan yang rendah. Oli ini cocok untuk mobil keluaran terbaru bermesin Dual VVT-i dengan celah lebih sempit.

Kelebihan oli ini memiliki stabilitas suhu yang baik, bahkan dalam kondisi cuaca dingin. Oli ini tidak mudah teroksidasi dan menguap, sehingga oli TMO oni memiliki masa pakai yang lebih lama penggunaannya.

7. Motul 6100 Synergie

Motul merupakan produsen oli terkenal di dunia yang memiliki produk Motul 6100 Synergie. Oli ini memiliki kualitas yang tinggi sehingga dapat membantu melindungi komponen mesin saat berkendara jarak jauh.

Selain itu, pelumas mobil ini juga dapat menjadi alternatif pengganti pelumas standar pabrikan yang dapat Anda gunakan di berbagai jenis mobil, termasuk Avanza. Hanya saja, harga Motul 6100 Synergie tidak murah.

8. Fastron Gold 0W-20

Fastron Gold 0W-20 sangat cocok digunakan pada mobil baru karena ruang mesinnya memiliki celah yang sempit. Oli jenis ini memiliki kekentalan yang rendah, sehingga lebih encer dari jenis oli Fastron Techno 1W-40.

Sebagai oli mobil Avanza terbaik, Fastron Gold 0W-20 memiliki kelebihan dapat memberikan perlindungan mesin agar terhindar dari korosi dan oksidasi. Selain itu, oli ini juga dapat memberikan efisiensi bahan bakar.

9. TMO 10W-40

Oli TMO 10W-40 merupakan jenis oli yang termasuk kategori oli multigrade, hal ini karena memiliki aliran yang dapat beradaptasi dengan segala suhu. Kekentalan oli inipun sangat tinggi, cocok untuk Avanza lama.

Kelebihan lain dari oli TMO ini dapat melindungi mesin dari aus dengan mengurangi hambatan gesekan. Hal ini dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien, sehingga hemat biaya bahan bakar.

10. TOP 1 HP Sport 10W-40

TOP 1 HP Sport 10W-40 merupakan merek oli mobil Avanza yang bagus karena memiliki kekentalan yang tinggi. Oli ini cocok untuk jenis kendaraan Avanza model lama yang membutuhkan pelumasan tinggi.

Kelebihan TOP 1 variant ini adalah dapat menjaga kestabilan suhu mesin dan ada teknologi zat aditif Xtra Clean Additives. Dengan begitu, residu hasil pembakaran dapat terbuang bersamaan saat Anda ganti oli.

Biaya Ganti Oli Mobil Toyota Avanza

oli mobil avanza yang bagus

Jika Anda ingin ganti oli, maka ada dua opsi bengkel yang dapat Anda kunjungi yakni bengkel umum dan bengkel resmi. Jasa ganti oli mesin mobil di bengkel umum bervariasi, mulai dari 10 ribu – 100 ribu.

Sementara ganti oli mobil Avanza yang bagus di bengkel resmi, besaran biaya jasa penggantian oli sekitar 400 ribuan. Biaya tersebut belum termasuk harga oli.

Jadi, total biaya ganti oli mobil Avanza di bengkel umum maupun resmi yang perlu Anda keluarkan adalah biaya jasa dan harga oli baru 4 liter. Total biayanya dapat bervariasi tergantung merk oli dan bengkelnya.

Butuh Jasa Perawatan Mobil? Hubungi Kami!

Sedang mencari bengkel perbaikan dan perawatan mobil bekas? Serahkan saja pada kami! Kami siap membantu permasalahan mobil Anda, termasuk layanan ganti pelumas mobil Avanza dan jenis mobil lainnya.

Kami akan memberikan rekomendasi oli mobil Avanza yang bagus sesuai spesifikasi dan kapasitas. Dengan begitu, mesin mobil dapat terlindungi dari korosi dan kotoran yang menempel di bagian ruang mesin.

Tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi HaloBengkel! Solusi tepat untuk perbaikan dan perawatan mobil bekas oleh teknisi berpengalaman. Kami menjamin kepuasan untuk service dan perawatan mobil.

FAQ

Berapa kapasitas oli mobil Avanza?

Kapasitas oli mesin yang dibutuhkan oleh mobil Avanza asalah sekitar 3,5 liter. Jika Anda ingin ganti oli, maka dapat membeli oli mobil kapasitas 4 liter.

Apa merk oli mesin mobil Avanza yang bagus?

Ada banyak merk oli yang bagus untuk Avanza dengan kelebihan masing-masing. Pastikan Anda memilih oli mobil dengan standar kekentalan atau viskositas SAE 5W-30, 5W-40, 10W-30, dan 10W-40.

Kapan waktu ganti oli mobil Avanza yang tepat?

Penggantian oli mobil keluaran lama yakni setelah menempuh jarak 5.000 kilometer, semengara mobil baru setiap menempuh jarak 10.000 kilometer.



Other Post

Related Post