6 Kelemahan Toyota Rush yang Sering Dikeluhkan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Meski menjadi salah satu mobil favorit, tidak dapat terbantahkan bahwa sering sekali terdapat keluhan kelemahan Toyota Rush. Semenjak meluncur pada 2006, mobil ini memiliki kelebihan

Meski menjadi salah satu mobil favorit, tidak dapat terbantahkan bahwa sering sekali terdapat keluhan kelemahan Toyota Rush. Semenjak meluncur pada 2006, mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang patut menjadi pertimbangan.

Masyarakat Indonesia telah memuji desain yang dinamis dan modern. Alhasil, cukup banyak pecinta otomotif atau setidaknya pemilik MPV langsung membelinya beberapa saat setelah peluncuran.

Sebagai SUV dan MPV, Toyota Rush bisa menampung hingga 7 orang penumpang. Bahkan, pengenalan generasi kedua pun membuat popularitas semakin melejit.

Sekali lagi, Toyota Rush memiliki serangkaian kekurangan. Hal ini sering menjadi keluhan bagi konsumen yang membelinya. Maka, artikel ini akan mengulas apa saja setiap kelemahannya secara rinci.

Kelemahan Toyota Rush

Jadi, apa saja kelemahan dari Toyota Rush? Bagi Anda yang punya rencana membeli mobil Toyota Rush, simak dulu kelemahannya berikut ini.

1. Suspensi Keras

Keluhan yang paling sering muncul dari pengguna adalah suspensi keras. Tentunya, suspensi keras bisa memicu ketidaknyamanan bagi penumpang dan pengendara, terutama ketika mobil melintas jalan berpermukaan tak rata.

Akibatnya, getaran dan guncangan yang terasa dapat membuat keduanya merasa tidak nyaman dan menyenangkan. Apalagi hal ini akan terasa pada perjalanan jarak jauh atau area dengan kondisi jalan tak mulus.

Bahkan, kerasnya suspensi ikut berpengaruh pada handling mobil. Dengan demikian, kemampuan mobil dalam menjaga stabilitas sambil menyerap guncangan akan berkurang.

Kekurangan Toyota Rush ini sering sekali muncul pada generasi pertama. Memang, ada perubahan sistem pada generasi kedua pada 2018, tetapi hal ini tidak berdampak begitu banyak.

Banyak yang mengatakan solusi untuk kekurangan ini adalah mengganti suspensi dan ban. Dengan begitu, mobil akan terasa lebih nyaman saat terpakai.

Baca juga: 5 Pilihan Mobil Avanza Bekas Harga 80 Jutaan

2. Kabin Sempit

Selanjutnya, banyak keluhan dari konsumen Toyota Rush bahwa kabin terasa sempit. Beberapa ulasan Toyota Rush juga mengatakan hal yang sama setelah melakukan test drive.

Faktanya, Toyota Rush generasi pertama memakai konfigurasi 5-seater. Kemudian pada generasi kedua, Rush beralih ke konfigurasi 7-seater. Perubahan itu menampilkan tambahan dua bangku bagian belakang.

Tidak mengherankan bahwa Toyota Rush kini menjadi MPV yang menjadi favorit. Terlepas dari kelebihannya, kekurangan terdapat pada bangku baris tengah dan baris belakang.

Pada bangku baris tengah, ruang kaki dan ruang kepala mobil terasa sempit. Bahkan, kapasitasnya hanya menyediakan sedikit ruang untuk kaki. Ini akan terasa bagi penumpang dengan tinggi di atas 170.

Terlebih, bangku baris belakang pun jauh kurang menguntungkan bagi penumpang dewasa. Pasalnya, posisi duduk, ruang kaki, dan ruang kepala terasa tidak mengenakkan, apalagi dalam perjalanan yang sangat lama.

Setidaknya, bangku baris belakang lebih cocok untuk penumpang remaja atau anak-anak. Mereka setidaknya tidak begitu memberi keluhan tentang kabin tersebut.

3. Limbung saat Berkendara dalam Kecepatan Tinggi

Salah satu kelemahan mobil Toyota Rush adalah seringnya terjadi limbung, terutama saat melaju dalam kecepatan tinggi, misalnya di jalan tol. Pasalnya, Toyota Rush memiliki ground clearance relatif tinggi, yakni maksimal 220 mm.

Sebagai perbandingan, Toyota Fortuner tercatat memiliki ground clearance 193 mm. Sedangkan, Hyundai Creta mempunyai ground clearance 190 mm. Artinya, Toyota Rush memiliki jumlah lebih tinggi daripada keduanya.

Ground clearance sendiri sangat berdampak pada pengendaraan mobil. Alhasil, limbung rentan terjadi ketika melaju pada kecepatan tinggi. Mungkin saja tingginya ground clearance agar memberi ketenangan agar melewati jalan tak rata.

Beberapa konsumen Toyota Rush generasi kedua mendapati gejala limbung jauh lebih berkurang daripada generasi pertama. Pada akhirnya, konsumen sebaiknya menghindari kecepatan tinggi terutama ketika melintas jalan dengan banyak tikungan.

Baca juga: 6 Masalah Mobil Avanza Bekas yang Sering Muncul

4. Tenaga Mesin Berkurang

Toyota Rush
Mesin Toyota Rush

Pada generasi kedua, konsumen mendapat salah satu kelemahan Toyota Rush adalah berkurangnya tenaga mesin. Generasi kedua menggunakan mesin 2NR-VE yang mampu menghasilkan tenaga 104 PS dan torsi 13,9 kgm.

Sebagai perbandingan, generasi pertama menggunakan mesin 3SZ-VE 1.5L. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga 109 PS dan torsi maksimal.

Walau terdapat kekurangan pada generasi kedua, pihak Toyota sendiri mengaku bahwa turunnya tenaga mesin ini takkan berpengaruh pada pengalaman berkendara.

5. Pernah Mengalami Recall

Ternyata pada 2021, Toyota Rush generasi kedua sempat mengalami recall. Alasannya terdapat pada masalah fuel pump. Model mobil tersebut menjadi salah satu sejumlah kendaraan yang mengalami recall.

Saat itu, konsumen bisa melakukan perbaikan di seluruh bengkel resmi Toyota. Proses perbaikan tersebut hanya berlangsung kurang lebih empat jam dan bebas biaya.

Memang, recall kendaraan justru memicu penurunan citra brand di kalangan masyarakat. Meski begitu, Toyota melakukan recall agar bisa bertanggung jawab terhadap kualitas produk pada masyarakat.

Baca juga: Ini Pilihan Tipe Mobil Avanza dari Terendah Sampai Tertinggi

6. Harga Mahal daripada Saudara Kembarnya

Daihatsu merupakan brand mobil yang juga dimiliki Toyota. Di Indonesia, kedua brand tersebut juga sebagian dimiliki satu perusahaan, yakni Astra Internasional. Bahkan, Toyota Rush sering mendapat perbandingan dengan Daihatsu Terios.

Toyota Rush tercatat memiliki harga mulai dari Rp249,6 juta, sementara Daihatsu Terios memiliki harga mulai dari Rp207,3 juta. Alhasil, Dengan demikian, ini menjadi salah satu kekurangan mobil Toyota Rush.

Mungkin konsumen yang memiliki anggaran terbatas lebih memilih Daihatsu Terios. Dengan begitu, konsumen mungkin akan mempertimbangkan dua kali sebelum membeli Toyota Rush.

Itulah pembahasan tentang kelemahan Toyota Rush yang sering menjadi keluhan. Tentu patut menjadi pertimbangan sebelum Anda membeli mobil, baik baru atau bekas.

Berbicara tentang mobil bekas, CarsGallery merupakan platform jual beli mobil bekas yang sudah terpercaya. Beberapa brand terkenal seperti Toyota dan Daihatsu tersedia dengan harga murah dan bebas khawatir terhadap kualitasnya.

Tunggu apa lagi? Temukan penawaran mobil bekas terbaik di CarsGallery sekarang juga!

Other Post

Related Post