Perbedaan Honda HRV dengan BRV, Lebih Bagus Mana?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Walaupun sekilas terlihat serupa, terdapat beberapa perbedaan Honda HRV dengan BRV yang perlu Anda ketahui sebelum membeli. Dua model SUV keluaran Honda tersebut memang sama-sama

Walaupun sekilas terlihat serupa, terdapat beberapa perbedaan Honda HRV dengan BRV yang perlu Anda ketahui sebelum membeli.

Dua model SUV keluaran Honda tersebut memang sama-sama populer. Maka tidak heran jika banyak calon pembeli yang membandingkannya, apalagi karena namanya mirip.

Namun, spesifikasi dari dua SUV tersebut sebenarnya cukup berbeda. Rentang harganya juga lumayan jauh. Supaya tidak salah pilih, mari kenali apa saja perbedaan antara Honda BRV dan HRV.

Baca juga: Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Bagus Mana?

Perbedaan Honda HRV dengan BRV

Mobil Honda HRV dan BRV memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Simak perbandingan BRV dengan HRV berikut agar bisa mendapatkan mobil sesuai kebutuhan:

1. Kapasitas Penumpang

Perbedaan pertama yang terlihat jelas yaitu dari kapasitas penumpang yang mana berkaitan erat dengan dimensi mobil.

Secara umum, Honda BRV memiliki kapasitas lebih besar sehingga mampu menampung hingga 7 orang penumpang. Hal tersebut karena dimensi BRV juga lebih besar daripada HRV. Berkat itu, ruang kabin BRV lebih lega.

Sementara kapasitas dari Honda HRV maksimal hanya 5 orang penumpang. Mobil ini bagus sebagai kendaraan sehari-hari area perkotaan, tapi bisa kurang cocok sebagai mobil keluarga. 

Selain kapasitas penumpang, BRV juga memiliki bagasi yang lebih luas dan tangki bahan bakar yang lebih besar.

2. Jenis Mobil

Beda BRV dan HRV yang wajib Anda ketahui selanjutnya yaitu dari jenisnya. Meskipun memiliki nama yang mirip, rupanya dua mobil ini merupakan jenis yang berbeda.

BRV merupakan mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle). Mobil ini memiliki berbagai fitur sport dan berukuran lebih besar. Tingkat ground clearance cukup tinggi dari BRV membuatnya lebih tangguh untuk menempuh berbagai medan.

Sementara itu, Honda HRV termasuk jenis crossover. Mobil jenis ini memadukan fungsi SUV dengan hatchback. Jenis ini menawarkan keunggulan berupa konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan desain yang lebih kompak.

Biasanya, HRV lebih diminati untuk penggunaan pribadi di wilayah urban.

3. Fitur dan Performa

perbedaan honda hrv dengan brv

Berbicara soal perbedaan Honda HRV dengan BRV pastinya belum lengkap tanpa mencakup perbandingan fitur dan performa kendaraan.

Honda membekali HRV dan BRV dengan mesin yang sama, yaitu mesin 1.5L i-VTEC. Namun, terdapat perbedaan pada tenaga dan torsi. 

Honda HRV mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar hingga 120 PS dengan torsi 145 Nm. Sedangkan BRV hanya dapat menghasilkan tenaga sebesar 117 PS dan torsi 145 Nm.

Dari segi performa, BRV memiliki akselerasi yang lebih lambat karena bobotnya lebih berat.

Mobil HRV keluaran terbaru hanya menyediakan pilihan transmisi otomatis atau CVT. Hal ini karena Honda HRV memang dirancang sebagai mobil kekinian. Sementara itu, BRV masih menyediakan opsi transmisi manual.

Baik BRV maupun HRV sudah memiliki fitur standar secara lengkap, termasuk fitur keselamatan, kenyamanan, dan hiburan. 

Namun, terdapat beberapa fitur tambahan yang hanya ada pada Honda HRV, seperti fitur keselamatan VSA (Vehicle Stability Assist) dan HSA (Hill Start Assist). 

Fitur hiburan yang ada di HRV juga lebih lengkap, seperti layar sentuh yang lebih besar, koneksi smartphone, dan sistem navigasi. Selain itu, tersedia juga fitur sunroof dan automatic climate control yang menawarkan kenyamanan ekstra selama perjalanan.

Baca juga: 7 Tips Membeli Mobil Avanza Bekas, Anti Kantong Terkuras

4. Target Pasar

Perbedaan Honda HRV dan BRV selanjutnya yang perlu jadi pertimbangan yakni target pasar masing-masing.

Dua mobil keluaran Honda ini menargetkan konsumen yang berbeda. Honda BRV lebih ideal sebagai mobil keluarga karena kapasitasnya lebih besar. 

Mobil ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau menyesuaikan pasar kelas ekonomi menengah ke bawah. Maka biasanya, BRV menjadi kendaraan pilihan bagi kalangan menengah ke bawah yang mencari mobil modern dan tangguh.

Sementara itu, HRV memiliki target pasar lebih tinggi, yakni kalangan menengah ke atas. Ukuran mobil ini lebih kecil, tapi fitur dan spesifikasinya lebih mumpuni, sehingga cocok untuk kalangan menengah ke atas yang mencari kendaraan harian.

Selain itu, bentuknya yang lebih kompak banyak disukai oleh warga yang tinggal di daerah perkotaan. Honda HRV juga memiliki desain eksterior yang lebih unggul.

Baca juga: Ini Pilihan Tipe Mobil Avanza dari Terendah Sampai Tertinggi

5. Harga

Bagi pembeli yang bingung memilih BRV atau HRV, maka perbedaan harga bisa jadi pertimbangan yang penting.

Dua mobil produksi Honda ini tersedia dalam beberapa varian warna. Untuk semua varian, harga BRV lebih murah daripada HRV. 

Honda BRV baru memiliki harga sekitar Rp292,9 juta hingga Rp362,4 juta. Sementara itu, kisaran harga Honda HRV adalah antara Rp383,9 juta hingga Rp540,3 juta.

Sementara itu, untuk harga mobil bekas Honda BRV kisaran harganya mulai dari Rp219 juta hingga Rp305 juta. Sedangkan Honda HRV bekas dibanderol dengan harga mulai dari Rp197,5 sampai Rp.465 juta.

Bisa Anda lihat bahwa kisaran harga mobil bekas HRV lebih bervariasi. Namun, harga tersebut tentunya tergantung pada kondisi mobil bekas yang biasanya tidak lagi mulus.

Apabila Anda berminat membeli mobil bekas, maka sangat disarankan untuk melakukan pengecekan menyeluruh dan test drive. 

Itulah sejumlah perbedaan Honda HRV dengan BRV. Jadi, mobil mana yang menurut Anda lebih sesuai dengan kebutuhan? Ataukah keduanya kurang sesuai untuk Anda?

Temukan lebih banyak pilihan mobil bekas berkualitas di CarsGallery platform jual beli mobil bekas terpercaya. CarsGallery menyediakan berbagai tipe dan merk mobil bekas dengan kualitas yang terjamin.

Kunjungi langsung CarsGallery untuk mendapatkan mobil bekas bergaransi dan bersertifikat resmi.

Other Post

Related Post