Inilah 6 Perbedaan Terios TX dan TS yang Wajib Diketahui 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mobil Terios TX dan TS adalah tipe mobil Daihatsu yang terbilang populer di Indonesia. Dengan nama yang mirip, banyak yang mengira bahwa keduanya merupakan tipe

Mobil Terios TX dan TS adalah tipe mobil Daihatsu yang terbilang populer di Indonesia. Dengan nama yang mirip, banyak yang mengira bahwa keduanya merupakan tipe yang sama. Padahal, ada sejumlah perbedaan Terios TX dan TS.

Perbedaan ini sangat penting Anda pahami agar bisa menentukan mobil mana yang lebih cocok untuk Anda beli. Lantas, apa perbedaan Terios TX dan TS itu?

Berkenalan dengan Mobil Daihatsu Terios TX dan TS 

Terios TX dan Terios TS adalah mobil jenis SUV mini yang merupakan produksi Daihatsu. Keduanya sama-sama masuk ke Indonesia di tahun 2006 dan merupakan penerus Daihatsu tipe Taruna. 

Sampai sekarang, kedua tipe mobil ini masih terbilang populer di pasaran sebagai mobil yang punya performa bagus dan cocok untuk pemakaian keluarga. Mobil Terios TX tersedia dalam 2 (dua) pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. 

Untuk transmisi manual terdapat 5 percepatan, sementara untuk otomatis terdapat 4 percepatan. Salah satu kelebihan Terios TX adalah ground clearance yang tinggi dan cocok untuk jalan dengan kondisi medan yang berat. 

Sementara itu, Terios TS merupakan varian Terios yang paling rendah. Mobil ini juga hadir dalam 2 (dua) pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. Meski memiliki harga yang lebih murah, tapi mobil ini juga masih cocok untuk medan berat. 

6 Perbedaan Terios TX dan TS 

Hadir dengan spesifikasi dan nama yang hampir mirip, banyak orang mengira bahwa kedua mobil ini adalah tipe yang sama. Padahal, ada sejumlah perbedaan yang signifikan dari keduanya, seperti:

1. Interior 

Pertama, untuk mobil Terios TX akan memiliki tampilan dan fitur interior yang lebih lengkap daripada tipe TS. Perbedaan yang bisa Anda lihat adalah adanya AC double blower yang ada di Terios TX dan tidak ada di Terios TS. 

Mobil Terios TS hanya akan menggunakan AC single blower. Selain itu, Terios TX juga sudah memiliki Head Unit yang lengkap dengan fitur GPS, sementara Terios TS belum memiliki GPS. 

Dari penampilan interior secara keseluruhan, Daihatsu Terios TS juga terkesan jauh lebih sederhana dan tidak terlalu banyak ornamen daripada Terios TX. 

Baca Juga: Daftar Harga Toyota Gazoo Racing di Indonesia Tipe Terbaru

2. Eksterior 

Dari tampilan luar atau eksterior, mobil Daihatsu Terios TS tampil dengan lebih sederhana dan polos daripada Terios TX. Salah satu perbedaannya adalah sudah adanya wheel dop yang ada di Terios TX, sementara Terios TS tidak. 

Tampilan Terios TX pun jauh lebih gagah dan terkesan kokoh. Lampu Terios TX pun sudah memiliki proyektor yang membuat pencahayaan mobil ini terbilang lebih maksimal, bahkan di malam hari. 

Sementara itu, mobil Terios TS masih mengandalkan sistem lampu reflektor biasa. Mobil ini juga belum memiliki lampu kabut yang berada di kedua ujung bumper depan. 

3. Fitur Keselamatan (Safety) 

Perbedaan tipe Terios TS dan TX pun bisa Anda lihat pada fitur safety atau keselamatannya. Kedua mobil ini sama-sama sudah memiliki sistem rem cakram. 

Akan tetapi, untuk tipe TS tidak memiliki fitur pengereman ABS sehingga masih bisa terkunci sendiri ketika proses pengereman berjalan. Sementara tipe Terios TX sudah memiliki fitur ABS. 

Baca Juga: Dampak Mobil Sering Melewati Lubang di Jalan

4. Spesifikasi 

perbedaan-terios-tx-dan-ts

Hadir bersamaan, kedua tipe mobil ini memang memiliki spesifikasi yang hampir sama. Keduanya menggunakan tipe mesin yang sama dengan tenaga dan kapasitas mesin yang sama pula. 

Detail lain seperti ban, setir, suspensi, dan juga rem pun keduanya sama. Hanya saja, dimensi mobil Terios TX dan TS berbeda. Untuk Tipe TX memiliki tinggi sekitar 1740 mm. Sementara untuk tipe TS, tinggi mobil hanya sekitar 1695 mm. 

5. Sistem Peredam Suara 

Perbedaan Terios TX dan TS selanjutnya adalah dari segi sistem peredaman suara. Untuk tipe Terios TX, memiliki sistem peredaman kabin yang jauh lebih tebal sehingga berkendara menjadi jauh lebih nyaman dan tenang. 

Anda bisa mengobrol atau mendengarkan musik di mobil dengan jauh lebih tenang ketika menggunakan Terios TX. Sementara itu, untuk Terios TS menggunakan sistem peredam suara yang masih lebih tipis. 

Karenanya, suara yang berasal dari luar masih bisa Anda dengar sampai kabin dengan cukup jelas. Ketika mendengarkan musik atau mengobrol pun Anda harus lebih keras jika kondisi di luar mobil berisik. 

6. Harga 

Perbedaan yang terakhir adalah dari segi harga. Harga Terios TX baru berada pada rentang Rp209,2 juta untuk varian mobil tertinggi. Sementara untuk harga Terios TX bekas berada pada kisaran harga 118 juta sampai 190 juta rupiah. 

Untuk Terios TS baru, bisa Anda peroleh pada kisaran harga Rp203,2 juta. Sementara untuk harga Terios TS bekas berada di kisaran harga Rp86 juta sampai Rp135 juta. 

Baca Juga: Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Bagus Mana?

Sekarang Anda sudah tahu kan perbedaan Terios TX dan TS? Pada dasarnya, kedua mobil ini memiliki value yang sangat bagus untuk mobil keluarga dan sama-sama cocok untuk medan berat. 

Tidak heran kalau kemudian banyak yang mencari mobil Terios TX dan TS bekas untuk pemakaian sehari-hari. Jika Anda adalah salah satunya, Anda bisa mempercayakannya pada CarsGallery. 

CarsGallery menjual berbagai mobil bekas dengan harga yang terjangkau, bersertifikat resmi, dan bergaransi. Disini Anda bisa menemukan banyak tipe mobil impian, termasuk Terios TX dan Terios TS. 

Cara pembelian mobil pun sangat mudah. Anda bisa memulainya dengan memilih mobil, kemudian melakukan test drive atau tes jalan. Jika merasa cocok, Anda bisa melanjutkan ke tahap pembayaran. 

Terakhir, mobil pun akan segera dikirim ke rumah Anda. Sangat mudah, bukan? Jadi, tunggu apalagi! Percayakan mobil bekas impian Anda ke CarsGallery sekarang juga! 

Other Post

Related Post