Aki Mobil Tekor? Ini Cara Atasinya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Kerusakan komponen mobil adalah hal yang sangat menyebalkan, tetapi aki tekor mungkin yang paling menyebalkan. Aki memainkan peran penting dalam mobil karena menyuplai tegangan listrik

Kerusakan komponen mobil adalah hal yang sangat menyebalkan, tetapi aki tekor mungkin yang paling menyebalkan. Aki memainkan peran penting dalam mobil karena menyuplai tegangan listrik ke seluruh bagian. Mobil Anda pasti tidak dapat dinyalakan tanpa aki.

Oleh karena itu, mobil harus dinyalakan saat aki mengalami masalah, seperti aki tekor.Untuk memperbaiki aki mobil yang tekor, sangat penting untuk memahami penyebabnya. Ini karena jika Anda tidak tahu penyebabnya, Anda akan melakukan kesalahan yang sama dan menyebabkan aki Anda tekor lagi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami penyebab aki tekor agar Anda dapat memastikan bahwa aki Anda selalu dalam kondisi terbaik.

Aki Bermasalah: Empat faktor dapat menyebabkan aki bermasalah: usia aki yang sudah lama, alternator yang rusak, mobil yang sudah lama tidak digunakan, dan terlalu banyak aksesoris elektronik. Kita akan membahas masalah ini satu per satu.

  • Usia dari aki.

Tidak ada yang benar-benar awet, termasuk aki mobil yang tua. Aki mobil biasanya tahan lama jika dirawat dengan baik. Namun, aki tekor tidak dapat dihindari jika usianya sudah tua.

  • Alternator sudah rusak.

Alternator yang rusak mencegah aki menerima listrik kembali saat mobil dinyalakan. Aki yang menyuplai listrik ke seluruh kendaraan tanpa alternator dapat menjadi tekor karena kapasitasnya menurun, menyebabkan mesin mobil tidak dapat dinyalakan.

  • Mobil tua yang tidak digunakan dapat menyebabkan aki tekor.

Ini karena jika mobil lama tidak dinyalakan, aki akan tekor karena tidak mendapat tenaga listrik dari mobil baru. Karena itu, memanaskan mobil secara teratur sangat penting.
Anda mungkin menyukai modifikasi mobil Anda dengan memasang banyak aksesoris elektronik seperti lampu, speaker, dan lainnya.

Namun, aki pasti akan tekor jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan tanpa memperhatikan kapasitasnya. Namun, jika Anda ingin menambah aksesoris yang membutuhkan tegangan listrik, Anda harus mempertimbangkan kapasitas aki mobil Anda. Anda dapat mengatasi aki yang tekor dengan dua cara: menggunakan jumper aki atau mendorong mobil.

Karena arus listrik yang besar yang digunakan untuk memutar dinamo starter mobil membutuhkan daya yang kuat, penggunaan kabel jumper adalah cara yang paling aman dan mudah untuk menghubungkan aki. Setelah kabel jumper siap, aki yang baik dari kendaraan lain sebagai donor diperlukan.

Jika mesin mobil tidak berfungsi, hubungkan aki pendonor dengan aki mobil melalui kabel jumper. Pastikan mobil transmisi manual berada di posisi gigi N, sedangkan mobil matic berada di posisi gigi P. Kutub merah biasanya terhubung ke kutub positif dan kutub hitam terhubung ke kutub negatif. Kemudian nyalakan kedua mobil. Anda harus membiarkan mobil Anda menyala lebih lama agar aki dapat mengisi baterai.

Metode kedua adalah mendorong mobil. Sehingga mobil tidak terasa berat saat didorong, pastikan gigi berada di gigi 3 atau 4. Coba hidupkan mobil Anda dengan mendorong sejauh lima hingga sepuluh meter. Biarkan mobil menyala lebih lama tanpa dimatikan jika sudah menyala.

Jika aki mobil Anda tidak menyala setelah menggunakan metode ini, itu mungkin karena kerusakan yang lebih parah daripada kerusakan aki. Jika ini terjadi, Anda harus mengganti aki dengan yang baru. Namun, pastikan untuk menanyakan masalah utama aki Anda kepada teknisi mobil.

Pastikan kita selalu merawat kondisi aki mobil, apalagi penggunaan sudah mendekati 3 tahun. Kita sudah harus buru-buru ganti aki mobilnya. Supaya kondisi aki mobil yang rusak tadi nggak merembet ke kerusakan mobil yang lainnya ya sobat oto.

Rekomendasi bengkel mobil Balikpapan no 1 Halobengkel

Other Post

Related Post