Apa itu Odometer? Ternyata Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mungkin masih banyak pemilik mobil belum mengetahui apa itu odometer, perangkat yang terpasang di panel instrument cluster mobil. Perangkat ini memiliki fungsi yang tidak kalah

Mungkin masih banyak pemilik mobil belum mengetahui apa itu odometer, perangkat yang terpasang di panel instrument cluster mobil. Perangkat ini memiliki fungsi yang tidak kalah penting dari speedometer mobil.

Perlu diketahui, setiap komponen mobil memiliki fungsi yang sangat penting guna menjaga keselamatan dan keamanan saat berkendara. Begitu pula halnya dengan odometer memiliki fungsi yang cukup krusial.

Lantas, sebenarnya odometer itu apa? Apa kegunaan odometer pada mobil? Berikut kami jelaskan pengertian, fungsi, dan cara kerjanya. Yuk, simak!

Apa itu Odometer?

Ketika Anda membeli mobil bekas, salah satu komponen mobil yang harus Anda periksa adalah odometer atau odograf. Jika Anda kurang paham dengan perangkat ini, berikut ini penjelasan tentang apa itu odometer.

Odometer adalah alat untuk mengukur jarak tempuh dari mobil yang letaknya ada di instrument cluster. Angka pada alat ini mempresentasikan jumlah kilometer yang telah mobil tempuh sejak awal penggunaannya.

Alat pengukur ini juga dilengkapi tripmeter yang berfungsi untuk mengatur jarak. Selain itu, Anda juga dapat mengecek konsumsi bahan bakar melalui alat ini.

Apakah odometer dan speedometer itu sama? Tentu berbeda, Anda dapat kenali perbedaan speedometer dan odometer dari fungsi dan kegunaannya.

Meskipun odometer kurang populer daripada speedometer, tetapi alat ini dapat memudahkan pengemudi untuk mengetahui intensitas kerja mobil. Dengan begitu, pengemudi tahu kapan harus perawatan mobil.

Apa Fungsi Odometer?

Odometer tidak hanya sebagai perangkat pelengkap, tetapi perangkat ini memiliki fungsi yang sangat penting pada sebuah mobil. Alat ini bisa membantu saat membeli mobil bekas apakah masih layak atau tidak.

Apabila hasil pengecekan ternyata menunjukan jarak tempuh yang cukup tinggi, ini menunjukkan mobil bekerja terlalu keras. Biasanya, mobil mengalami penurunan kualitas mesin sehingga perlu perawatan ekstra.

Selain itu, fungsi odometer yang tak kalah penting adalah sebagai acuan melakukan service atau mengganti oli mobil. Ini tentunya memudahkan pemilik mobil melakukan perawatan dan service secara berkala.

Tentu Ini sangat berbeda dengan fungsi speedometer mobil yakni untuk mengukur kecepatan mobil. Meski kedua instrumen ini sama-sama penting untuk keamanan dan keselamatan pada saat berkendara.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli mobil bekas, Anda dapat mengecek odograf atau menanyakan total jarak tempuh mobil tersebut. Sebab, pengecekan fisik saja tidak cukup menentukan kondisi mobil.

Bagaimana Cara Kerja Odometer?

Setelah mengetahui apa itu odometer dan fungsinya, selanjutnya ketahui cara kerja perangkat ini pada mobil. Alat ukur ini sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu analog dan elektronik. Berikut cara kerja kedua jenis fotometer:

1. Analog

Odometer analog adalah alat ukur yang bekerja secara mekanis. Putaran dari alat ukur ini berupa kabel fleksibel yang terbuat dari logam panjang. Bagian logam ini berputar seiring bertambahnya jarak tempuh.

Jenis odometer mobil analog ini biasanya terpasang pada mobil lama dan bersifat rewindable. Alat akan bergerak melakukan perhitungan berdasarkan pengaruh gear dan gigi pada saat mobil maju atau mundur.

Cara mengecek kualitas odograf analog sangatlah mudah, hal ini karena ketika alat ukur ini dibuka manual akan ada tanda atau jejaknya. Dengan pengecekan ini, Anda pun dapat mengetahui kondisi mobil.

2. Elektronik

Odometer elektronik adalah alat ukur yang telah memakai angka pada panelnya. Cara kerja odometer elektronik ini dengan memanfaatkan sistem komputer untuk menghitung tegangan yang terjadi pada mobil.

Dari hasil perhitungan tegangan ini akan menjadi acuan untuk menghitung jarak tempuh mobil. Agar kinerja alat ukur odometer ini semakin optimal, salah satu frame roda mobil ada magnet khusus yang menempel.

Fungsi magnet tersebut adalah untuk memberi sinyal agar dapat menghitung jarak tempuh mobil secara akurat. Hanya saja, cara mengecek jenis elektronik ini lebih sulit daripada alat ukur jenis mekanik atau analog.

Itulah penjelasan mengenai apa itu odometer yang memiliki fungsi untuk mengukur jarak tempuh. Selain itu, alat ukur ini juga memberi kemudahan jika ingin membeli mobil bekas apakah masih bagus atau tidak.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas berkualitas, hubungi CarsGallery! Kami menyediakan layanan jual beli mobil bekas dari berbagai brand dan merek sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, order sekarang!

Other Post

Related Post