7 Aplikasi Speedometer, Akurat untuk Mengukur Kecepatan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mengukur kecepatan berkendara sangat penting demi memastikan keamanan selama mengemudi. Saat ini, tersedia aplikasi speedometer untuk mengukur kecepatan secara real time, mudah, dan cepat melalui

Mengukur kecepatan berkendara sangat penting demi memastikan keamanan selama mengemudi. Saat ini, tersedia aplikasi speedometer untuk mengukur kecepatan secara real time, mudah, dan cepat melalui smartphone saja.

Speedometer berguna untuk mengukur kecepatan kendaraan. Umumnya, bagian ini terletak di dasbor mobil. Sekarang Anda bisa lebih akurat dengan menghubungkan aplikasi dengan speedometer di mobil.

Speedometer VS Odometer

Speedometer dan odometer merupakan dua istilah yang saling berhubungan. Lalu, apa perbedaan speedometer dan odometer? Untuk mengetahui perbedaannya, Anda harus paham peran keduanya.

Odometer berguna untuk mengukur jarak tempuh kendaraan dengan cara mencatat jumlah putaran roda dalam setiap km. Saat ini, odometer terdiri atas enam digit, bisa terhubung dengan aplikasi juga sehingga lebih akurat.

Sementara itu, speedometer jelas untuk mengukur kecepatan kendaraan. Alat ini juga memungkinkan Anda memperhatikan lalu lintas dan batas kecepatan kendaraan.

Odometer membantu memberi tahu pengguna kapan waktu untuk perawatan terjadwal berdasarkan jarak tempuh kendaraan. Odometer mengukur jarak dalam kilometer (km) sedangkan speedometer mengukur kecepatan dalam kilometer per jam (km/jam).

Fungsi Speedometer

Fungsi dari speedometer adalah untuk melacak seberapa cepat mobil Anda bergerak. Ketika mobil berhenti total, speedometer mereset ulang kecepetan menjadi nol dan naik secara bertahap saat mobil bergerak.

Speedometer elektronik bekerja melalui sensor rotasi pada transmisi. Kecepatan akan tampil di layar LCD. Menariknya, bagian ini bisa Anda hubungkan langsung dengan aplikasi sehingga lebih mudah dan praktis.

Rekomendasi Aplikasi Speedometer

Untuk mengukur kecepatan lebih mudah, praktis, dan akurat, Anda membutuhkan aplikasi speedometer dan GPS. Pastikan Anda mengaktifkan GPS pada smartphone selama berkendara. Untuk aplikasinya, daftar berikut bisa Anda pertimbangkan.

1. GPS Speedometer

Dalam satu aplikasi, Anda akan mendapatkan manfaat dari speedometer, altimeter, dan sound meter. Altimeter mengukur ketinggian Anda menggunakan GPS pada smartphone sedangkan sound meter mengukur kebisingan suara di lingkungan sekitar.

GPS Speedometer memiliki sistem analog, digital, dan mode peta untuk menunjukkan lokasi sekaligus kecepatan berkendara. Aplikasi ini juga memiliki mode HUD yang dapat Anda gunakan untuk menunjukkan kecepatan rata-rata dan jarak kendaraan. 

Aplikasi ini tersedia secara gratis, tetapi ada versi premiumnya. Dengan versi premium, Anda tidak akan terganggu dengan iklan. Selain itu, terdapat fitur tambahan seperti petunjuk arah berkendara dan monitor batas kecepatan.

2. Smart GPS Speedometer

Smart GPS Speedometer memiliki fitur lengkap dengan dua mode yaitu berkendara dan bersepeda. Speedometernya termasuk analog. 

Melalui aplikasi ini, Anda dapat memeriksa kecepatan sekarang, kecepatan maksimum, kecepatan rata-rata, jarak tempuh, waktu bergerak, dan waktu tempuh. 

Aplikasi pengukur kecepatan berkendara ini juga memiliki beberapa fitur tambahan yang berguna saat berkendara. Misalnya mencari bengkel mobil terdekat, tempat cuci mobil terdekat dari lokasi, dan sebagainya.

3. Speedometer∞

Speedometer∞ adalah aplikasi sederhana tetapi berguna untuk menunjukkan kecepatan selama Anda berkendara. Aplikasi ini dapat mengukur kecepatan maksimum dan kecepatan rata-rata, serta memberi peringatan batas kecepatan.

Aplikasi ini dapat memberitahu Anda setiap kali kecepatan berkendara melebihi batas tersebut. Seperti beberapa aplikasi lain, Speedometer∞ juga memiliki mode HUD. Anda bisa mengetuk layar untuk mengaktifkan fiturnya.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa Anda ubah kecerahan dan warnanya. Caranya dengan menggesek aplikasi ke atas atau ke bawah untuk menyesuaikan kecerahan layar dan menggerakkan aplikasi ke kanan atau kiri untuk mengubah warna.

4. DigiHUD Speedometer

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan DigiHUD Speedometer untuk mengukur kecepatan kendaraan. Aplikasi ini menunjukkan beberapa informasi yang berguna seperti kecepatan saat ini, jarak tempuh, hingga kecepatan maksimum. 

Aplikasi ini juga berfungsi sebagai kompas, odometer, dan jam. Artinya, HUD dapat menunjukkan arah, mengukur jarak tempuh, dan waktu tempuh perjalanan Anda.

Desainnya sederhana seperti jam digital membuatnya lebih mudah dibaca, terutama pada malam hari. HUD juga tidak memiliki iklan sehingga dijamin tidak mengganggu Anda selama berkendara.

Meskipun gratis, tersedia juga versi pro atau berbayar dengan fitur-fitur tambahan. Misalnya kemampuan menyimpan lokasi, pengaturan profil pengguna, dan banyak lainnya.

5. Zpeed

aplikasi speedometer

Jika Anda kesulitan menginstall aplikasi karena memori ponsel yang penuh, Zpeed dapat menjadi solusinya. Zpeed merupakan situs website untuk mengukur kecepatan kendaraan yang bisa Anda akses dari mana saja. 

Interface pengguna yang sederhana membuat Anda mudah memahami isi situsnya. Adapun untuk fitur Zpeed antara lain seperti besar pengukuran speedometer dalam angka lengkap dengan satuan km/jam.

Penggunaannya cukup mudah. Anda cukup mengakses situs zpeed.in. Lalu, situs tersebut akan meminta izin lokasi, pastikan Anda mengizinkannya. Sebab, jika belum ada akses lokasi, Zpeed tidak dapat bekerja.

6. Speedometer Pro

Speedometer Pro populer karena memiliki tata letak yang lebih colorfull daripada aplikasi lainnya. Terlebih, tata letak pada aplikasi speedometer ini bisa menyesuaikan dengan perangkat Anda, entah dari segi tema maupun mode lanskap dan potret.

Speedometer Pro dapat menyesuaikan dengan smartphone dan tablet sehingga tidak memiliki batasan perangkat. Kinerjanya secara otomatis merekam kecepatan saat ini, kecepatan rata-rata, kecepatan maksimum, jarak tempuh, dan rute tempuh.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga menampilkan grafik interaktif perjalanan yang diukur dengan kecepatan dan waktu, tentu sangat menarik jika Anda mengutamakan visual. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengurutkan data lokasi sesuai urutan waktu.

Jika interface pengguna dan opsi tata letak terlalu banyak, Anda bisa mengubah Speedometer Pro menjadi widget yang lebih sederhana.

7. Waze

Terakhir, tersedia aplikasi Waze dari Google yang bisa menjadi pilihan Anda. Aplikasi ini cukup populer dan menjadi andalan banyak orang lantaran memiliki kemampuan menemukan arah dengan cepat saat berkendara. 

Layaknya Google Maps, Waze juga memiliki opsi speedometer yang menampilkan kecepatan kendaraan. Bedanya, aplikasi ini memungkinkan Anda tidak perlu memulai navigasi karena kecepatan langsung tampil pada sudut kiri bawah layar.

Jika kecepatan belum tampil, Anda bisa memeriksa akses GPS. Setelahnya, coba membuka kembali aplikasi. Jika masih belum muncul, klik ikon pengaturan dan klik speedometer untuk menampilkannya.

Demikian sejumlah aplikasi speedometer yang dapat Anda andalkan untuk mengukur kecepatan kendaraan. Pastikan untuk menjamin keamanan berkendara dengan menetukan batas kecepatan, salah satunya melalui fitur-fitur dalam aplikasi tersebut.

Beli Mobil Bekas Terpercaya di Sini!

Pembelian mobil bekas perlu ketelitian agar mendapat mobil dengan performa yang tetap andal. Jangan khawatir, percayakan kepada CarsGallery, platform jual beli mobil bekas yang terjamin mampu memenuhi kebutuhan Anda.

CarsGallery menjual mobil bekas yang telah melalui proses inspeksi oleh inspektor profesional. Artinya, mobil yang Anda beli telah dicek keseluruhan kondisi mulai dari interior, eksterior, mesin, dan sebagainya.

Anda dapat merasa yakin ketika membeli mobil bekas di CarsGallery. Terlebih, tim kami siap membantu menjawab pertanyaan apapun dari Anda. Komunikasikan saja kebutuhan Anda kepada kami. Informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang yuk!



Other Post

Related Post