Berapa Komisi Jual Mobil Bekas? Ini Tips Menentukannya!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Banyaknya makelar kendaraan sekarang ini pastinya membuat Anda bertanya-tanya, kira-kira berapa komisi jual mobil bekas? Apakah profesi ini menjanjikan karena cukup banyak yang melakukannya? Menjadi

Banyaknya makelar kendaraan sekarang ini pastinya membuat Anda bertanya-tanya, kira-kira berapa komisi jual mobil bekas? Apakah profesi ini menjanjikan karena cukup banyak yang melakukannya?

Menjadi seorang makelar bukan hal yang mudah. Apalagi jika Anda masih pemula dan belum bisa menentukan tarif jual mobil bekas.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi bagian dari makelar penjualan mobil bekas pastikan paham lebih dahulu bagaimana tips menentukan besaran komisinya. Bagi Anda yang masih bingung, artikel kali ini akan menjawabnya secara lengkap.

Cara Menentukan Berapa Komisi Jual Mobil Bekas

Berapa persen keuntungan jual beli mobil bekas yang bisa makelar dapatkan? Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Ada beberapa makelar yang sudah menentukan rentang komisi mengingat pengalamannya di lapangan.

Namun, bagi Anda yang masih pemula di bidang ini berikut beberapa panduan untuk menentukan komisi jual mobil bekas, antara lain:

1. Cek Harga Asli Penjualan Mobil

Pertama, untuk menentukan komisi penjualan mobil bekas Anda harus tahu terlebih dahulu berapa harga asli transaksinya. Semakin mahal harga mobil yang berhasil jual, maka komisi yang bisa Anda dapatkan juga semakin besar.

Beberapa makelar mematok komisi penjualan antara 1 – 2%. Sehingga Anda bisa menentukan kalkulasi dari gambaran tersebut. Apabila mobil yang berhasil Anda jual memiliki harga Rp100 Juta.

Maka komisi yang Anda dapatkan bisa Rp1 Juta – Rp2 Juta. Tergantung kesepakatan Anda dengan pemilik kendaraan dan juga pembeli.

2. Posisi Makelar di Pihak Penjual atau Pembeli

Berikutnya, untuk menentukan komisi penjualan mobil bekas, Anda harus memposisikan diri terlebih dahulu. Biasanya dari pihak penjual dan pembeli akan memberikan bagian secara berbeda.

Meskipun tidak semua seperti itu, tetapi jika Anda bertemu dengan orang-orang baik bisa jadi kedua belah pihak memberikan tambahan komisi yang berbeda. Jika dari penjual rentangnya adalah 1-2% sehingga komisinya berkisar Rp1 Juta – Rp2 Juta.

Maka, dari pihak pembeli bisa jadi Anda mendapatkan tambahan komisi 0,5% atau Rp500 Ribu. Jika ditotal komisi yang bisa Anda dapatkan terbilang besar.

Namun, perhitungan jual beli mobil bekas tidak sampai pada tahap ini saja, ada pertimbangan lain yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

3. Komisi Makelar sebagai Pemberi Informasi

Makelar merupakan seseorang yang melakukan bisnis mobil bekas tanpa modal dengan memberikan informasi, membantu proses jual beli sampai terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Berbeda dengan Anda hanya melibatkan diri sebagai pemberi informasi. Komisi yang diberikan kemungkinan besar hanya berkisar 0,5-1% saja.

Sehingga, Anda hanya mendapatkan sekitar Rp500 Ribu – Rp1 Juta per transaksi yang berhasil terjalin dari informasi yang Anda berikan.

4. Makelar Membantu Melakukan Inspeksi

Selanjutnya, penentuan komisi makelar dalam jual beli mobil bekas memiliki banyak pertimbangan. Jika sebelumnya Anda berperan sebagai makelar pemberi informasi saja nilainya berkisar 0,5%. Berbeda jika Anda membantu sampai tahap inspeksi.

Terjadinya transaksi tanpa bantuan inspeksi saja, Anda sudah mendapatkan komisi 1-2%. Apabila melakukan inspeksi seperti mengidentifikasi mobil bekas tabrakan, cek mesin dll, ada tambahan komisi sekitar 0,5% dari hasil penjualan.

5. Seluruh Proses Diurus Makelar

Terakhir, total komisi yang bisa makelar dapatkan apabila seluruh proses dilakukan olehnya maka nilainya cukup besar. 1% untuk proses penjualan yang berhasil, 0,5% dari pembeli, 0,5% inspeksi, 1% tambahan untuk pengurusan terima jadi.

Jika di total keseluruhan, maka makelar bisa mendapatkan antara 2-3%. Sehingga, rentang komisinya berada di nilai Rp2 Juta – Rp3 Juta.

Itulah beberapa penjabaran jawaban dari pertanyaan berapa komisi jual mobil bekas. Apakah Anda tertarik menggunakan jasa makelar untuk pembelian mobil bekas?

Jika tidak, cara aman transaksi jual beli mobil bekas dengan memilih dealer berkualitas seperti CarsGallery. Memiliki tim inspektor professional, seluruh mobil yang dijualnya tidak perlu Anda ragukan karena sudah melewati pengecekan total.

CarsGallery juga menyediakan garansi mobil bekas selama 1 tahun penuh. Jadi, selama pemakaian 1 tahun apabila terjadi kendala pada kendaraan, Anda bisa pakai kartu garansi untuk pemeliharaan. Menarik sekali, kan? Cek sekarang, yuk!

Other Post

Related Post