Berapa Konsumsi BBM Terios Lama? Ini Jawabannya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mengetahui berapa konsumsi BBM Terios lama menjadi salah satu hal penting untuk Anda perhatikan. Terutama jika Anda tertarik ingin membeli tipe mobil yang satu ini.

Mengetahui berapa konsumsi BBM Terios lama menjadi salah satu hal penting untuk Anda perhatikan. Terutama jika Anda tertarik ingin membeli tipe mobil yang satu ini. 

Hal ini sangat penting untuk memberikan gambaran berapakah konsumsi BBM yang harus Anda siapkan jika ingin membeli mobil ini. Lantas, berapa konsumsinya? Dan apakah ada perbedaan yang signifikan dengan Terios baru?

Mengenal Mobil Terios Seri Lama 

Pada dasarnya, mobil Terios lama secara resmi rilis di Indonesia pada tahun 2006 silam. Mobil ini memiliki kapasitas sampai 7 (tujuh) penumpang dan sangat cocok untuk kebutuhan keluarga. 

Mobil ini pun sangat cocok untuk penggunaan di jalan kota. Pada saat itu, Daihatsu mengeluarkan pilihan varian yaitu Terios TS (Terios Standar atau Tipe X) dan Terios TX (Terios Xtra atau tipe R). 

Sejak awal kemunculannya, Terios menawarkan tampilan mobil yang terkesan sporty dan modern. Terdapat 6 (enam) pilihan warna mobil Terios lama yang bisa Anda pilih sesuai preferensi. 

Mulai dari warna Icy White, Black Metallic, Classic Silver, Bronze Metallic, Scarlett Red Metallic, dan Purple Metallic. 

Konsumsi BBM Terios Lama 

Sebelumnya, perlu Anda ketahui dulu bahwa mobil Terios lama memiliki kode mesin 3SZ-VE. Kapasitas mesinnya sendiri adalah sekitar 1.495 cc DOHC 16 Valve VVT-i. 

Dengan spesifikasi tersebut, mobil Terios yang lama bisa menghasilkan tenaga maksimal 109 PS dengan 6.000 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya adalah 14,4 kgm di 4.000 rpm. 

Melansir dari laman resmi Daihatsu, konsumsi BBM Terios lama adalah sekitar 12 km/liter untuk tipe mobil dengan transmisi manual. Sementara untuk transmisi otomatis, konsumsi BBM nya adalah sekitar 11 km/liter. 

Perhitungan ini merupakan hasil pengujian dari emisi Euro 2 yang menggunakan metode ECE R101. Angka tersebut bisa Anda peroleh pada rute berkendara yang normal dan tanpa menggunakan teknik eco driving. 

Perbedaan dengan Terios Baru 

Berbeda dengan Terios lama, mobil Terios baru menggunakan mesin dengan kode 2NR-VE. Kapasitas mesinnya sama dengan versi lama, yaitu 1.495 cc DOHC 16 Valve VVT-i. 

Akan tetapi, mobil Terios baru akan memiliki tenaga maksimal yang jauh lebih rendah, yaitu pada angka 104 PS di 6.000 rpm. Hanya saja, untuk torsi maksimalnya jauh lebih tinggi, yaitu 14,7 kgm di angka 4.200 rpm. 

Pembeda lain Terios baru dan lama adalah dari segi teknologi Idle Stop Start System atau ISS. Berkat adanya teknologi ini, mesin mobil bisa mati secara otomatis ketika Anda sedang berhenti agar bahan bakar lebih hemat. 

Konsumsi BBM Terios baru adalah sekitar 13,2 km/liter untuk jenis transmisi manual. Sementara itu, untuk tipe transmisi otomatis, konsumsi BBM nya berada pada angka 12 km/liter. 

Angka tersebut merupakan hasil uji emisi Euro 4 yang menggunakan metode WLTP. 

Sekarang Anda sudah tahu kan berapa konsumsi BBM Terios lama? Dari informasi ini, bisa Anda lihat bahwa memang mobil Terios lama memiliki konsumsi bahan bakar yang termasuk irit di kelasnya. 

Tidak heran jika sampai saat ini, banyak sekali orang yang tertarik untuk membeli Terios bekas. Jika Anda adalah salah satunya, maka pastikan hanya membeli mobil bekas di tempat yang terpercaya seperti CarsGallery.

Di sini Anda bisa menemukan banyak pilihan mobil bekas berkualitas dari berbagai brand. Mulai dari Daihatsu, Hyundai, Mitsubishi, Nissan, Toyota, Lexus, dan Honda. Soal kualitasnya pun jangan ragu. 

CarsGallery memiliki inspektur kendaraan profesional yang akan memastikan setiap mobil berada di kondisi terbaik untuk pelanggan. Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan mobil bekas terbaik di CarsGallery sekarang juga!



Other Post

Related Post