Biaya Ganti Oli Mobil Avanza, Berikut Rinciannya!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Biaya ganti oli mobil Avanza sering menjadi pertanyaan pecinta otomotif. Tidak mengherankan, oli merupakan hal penting dalam perawatan mobil untuk kelangsungan penggunaannya. Ini menjadi alasan

Biaya ganti oli mobil Avanza sering menjadi pertanyaan pecinta otomotif. Tidak mengherankan, oli merupakan hal penting dalam perawatan mobil untuk kelangsungan penggunaannya.

Ini menjadi alasan pemilik mobil wajib melakukan penggantian oli secara berkala. Tujuannya agar komponen dapat tetap bertahan lama sehingga mampu menghasilkan performa prima pada mobil.

Namun, sering sekali pemilik mobil mempertimbangkan apakah harus mengganti oli sendiri atau berkunjung ke bengkel. Jika sampai menunda-nunda, mereka bisa saja berakhir tidak mengganti oli yang berujung berkurangnya kinerja mesin.

Lantas, berapa biaya ganti oli mobil avanza? Baik di bengkel resmi, bengkel lain, atau secara mandiri. Memang, Avanza terkenal sebagai salah satu produk mobil terpopuler bagi keluarga Indonesia.

Pentingnya Penggantian Oli Mobil

Masalah mobil Avanza bekas atau baru sekalipun bisa saja terjadi karena tidak pernah mengganti oli. Dengan demikian, penggantian oli secara berkala bisa memiliki sederetan manfaat bagi performa. Berikut adalah alasan mengapa oli mobil penting.

1. Pelumasan

Fungsi utama dari oli mesin sebagai pelumas bagi setiap komponen mesin bergerak, salah satunya piston dan poros engkol. Tentunya, oli akan membantu mengurangi gesekan antara setiap komponen berbahan logam sekaligus memperhalus gerakan.

2. Pendinginan

Manfaat kedua adalah sebagai pendingin. Benar, oli mesin ternyata mampu mengatur suhu pada mesin. Cara kerjanya, oli akan menghantarkan panas menuju sistem pendinginan sehingga mencegah terjadinya overheat.

3. Perlindungan

Tidak hanya bekerja sebagai pelumas dan pendingin, oli mesin dapat berperan sebagai pelindung bagi komponen berbahan logam. Sebagai pelindung, oli mampu membantu pencegahan korosi akibat reaksi oksidasi pada komponen mesin.

4. Pembersihan

Lebih penting lagi, oli juga berperan sebagai pembersih. Benar, oli memiliki kandungan pembersih kotoran dan endapan dari dalam komponen mobil. Pasalnya, kotoran mudah masuk melalui celah ring sebelum kemudian menumpuk.

Biaya Ganti Oli Mobil Avanza

Tidak cukup bertanya Avanza tahun berapa yang paling bandel. Mengetahui biaya ganti oli Avanza juga sangat penting. Lantas, berapa biayanya? Biayanya dapat bergantung berdasarkan tiga metode sebagai berikut.

1. Ganti Oli di Auto2000 (Dealer Resmi)

Biasanya, banyak pengguna Avanza memilih mengganti oli mobil di dealer resmi Toyota, salah satunya Auto2000. Setiap dealer mematok harga beragam tergantung tipe mobil dan produk oli.

Secara umum, biaya ganti oli mobil Avanza di Auto2000 bisa sekitar Rp400 ribu hingga Rp500.000. Untuk harga oli baru sekaligus filter oli baru dapat mencapai 350 ribu rupiah. Maka, biaya ganti oli di Auto2000 kira-kira senilai mulai dari Rp700 ribu.

2. Ganti Oli di Bengkel Lain

Jika ingin ganti oli mobil tetapi dengan harga lebih ekonomis, pengguna Avanza dapat menuju bengkel lain. Persis seperti sebelumnya, patokan harganya juga berbeda-beda.

Umumnya, biaya pergantian oli di bengkel lain atau umum dapat mencapai sekitar Rp400 ribu. Harga tersebut mungkin sudah termasuk biaya jasa dan juga oli baru.

3. Ganti Oli Sendiri

Jika tidak ingin repot membawa mobil ke bengkel, beberapa pengendara bisa memilih mengganti oli sendiri. Tentunya, biayanya jauh lebih ekonomis karena tidak perlu membayar biaya jasa seperti di bengkel.

Untuk mengganti oli mobil secara mandiri, biasanya harganya mulai dari Rp300 ribu saja dan sudah termasuk filter oli. Patut diingat bahwa penggantian oli mobil sendiri membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus agar lebih aman.

Rekomendasi Oli Mobil untuk Avanza

Untuk mobil Avanza, terdapat produk oli mesin yang sudah direkomendasikan karena memenuhi standar pabrikan Toyota. Berikut adalah beberapa contoh oli mobil Avanza yang bagus:

  • TMO Syn 10W-40SN
  • TMO Eco Power 0W-20 Full Synthetic
  • Q8 Formula Advanced 10W-40
  • Shell Helix HX7
  • Castrol Magnatec 10W-40
  • Fastron Techno 10W-40
  • Motul 6100 Synergie

Pada akhirnya sangat penting untuk mengganti oli mobil Avanza secara berkala. Anda bisa memastikan performa mobil Avanza tetap prima sehingga bisa beroperasi dengan baik.

Kini Anda sudah mengetahui berapakah biaya ganti oli mobil Avanza. Terkadang, Anda tidak memiliki waktu ke bengkel atau bingung mengganti oli sendiri. Untuk itu, HaloBengkel siap untuk membantu Anda dalam perawatan mobil.

Nikmati solusi perawatan mobil secara praktis dengan teknologi canggih dan produk berkualitas. Tunggu apa lagi, segera hubungi HaloBengkel sekarang juga untuk rasakan manfaatnya!

Other Post

Related Post