Review BYD Denza D9, Mobil Listrik Mewah Selevel Alphard

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sejak tampil di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, BYD Denza D9 telah mencuri perhatian penggemar otomotif tanah air. Mobil terbaru ini menawarkan kecanggihan teknologi

Sejak tampil di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, BYD Denza D9 telah mencuri perhatian penggemar otomotif tanah air.

Mobil terbaru ini menawarkan kecanggihan teknologi BYD sekaligus kemewahan yang selevel dengan Toyota Alphard. Bahkan, mobil ini juga berhasil menjadi minivan dengan penjualan tertinggi di negeri asalnya, China.

Mari langsung saja simak spesifikasi dari minivan terbaru keluaran BYD ini.

Tentang BYD Denza D9

Tepatnya pada ajang IIMS 2024 lalu, PT BYD Motor Indonesia memperkenalkan mobil listrik tipe MPV (Multi Purpose Vehicle) yang sukses menarik perhatian. Denza D9 tampil menonjol dari mobil lain karena merupakan MPV listrik berbasis baterai. 

Denza sendiri masih bagian dari sub brand BYD Auto yang memproduksi mobil premium.

MVP bertajuk Denza D9 termasuk mobil baru sebab pertama kali diperkenalkan ke pasar Cina pada 2022. 

Melansir dari Car News China, Denza D9 telah terjual sebanyak 117.978 unit sepanjang tahun 2023, sehingga menempatkannya sebagai minivan best selling di China.

Denza D9 tersedia dalam beberapa varian. Nah, hadir pada ajang IIMS 2024 adalah varian Battery Electric Vehicle (BEV). Selain itu, ada pula varian Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Baca juga: Harga BYD Seal Terbaru dan Lengkap di Indonesia

Spesifikasi BYD Denza D9

Meski banyak yang membandingkan dengan Alphard, sebenarnya dimensi Denza D9 lebih mirip dengan Staria. 

MPV mewah ini memiliki panjang 5.250 mm dan lebar 1.960 mm, sementara tingginya 1.920 mm. Untuk jarak sumbu roda, yaitu sebesar 3.110 mm.

Melihat dari sisi tampilan, MVP ini memancarkan vibes menyerupai Alphard dengan plat grille beraksen silver berukuran besar. Namun, terdapat perbedaan desain grille pada masing-masing varian.

Kemudian dari bagian belakang, terdapat lampu belakang unit tunggal horizontal dan spoiler atap. Desain dari headlamp LED Projector Denza D9 juga sangat unik dan menegaskan kesan sebagai mobil berkelas.

Secara keseluruhan, BYD Denza D9 Indonesia memiliki tampilan yang modern dan futuristik. 

Selain dari sisi eksterior, bagian interior Denza D9 juga yang sangat kental dengan kesan mewah. Seperti penggunaan warna coklat keemasan yang lebih dominan, pengaturan elektrik, dan jok dari bahan kulit premium Nappa Leather.

Uniknya lagi, space kabin bisa Anda perluas dengan melipat atau memajukan kursi pada barisan ketiga. MPV 7 seater ini menggunakan konfigurasi kursi 2+2+3.

Dari segi dapur pacu, Denza membekali MVP ini dengan baterai BYD Blade Battery berkapasitas 103 kWh dan memiliki jarak tempuh maksimal 620 km. 

Bukan itu saja, Denza D9 memiliki dua fast charging port, sehingga memungkinkan pengisian daya bisa penuh dalam waktu yang sangat singkat. Menurut klaimnya, mobil ini sudah bisa melaju hingga sejauh 230 km dengan pengisian selama 15 menit.

Adapun kemampuan pengisian daya dari MVP listrik ini adalah sebesar 160 kW, sementara kecepatan pengisian mencapai 500 volt.

Mobil ini mengandalkan dua motor listrik yang terdapat pada bagian depan dan belakang, serta sistem penggerak All Wheel Drive (AWD). Motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 369 Hp.

Baca juga: Masuk ke Indonesia, BYD M6 Buat Persaingan Dagang Otomotif

Harga Mobil BYD Denza D9

Selain desain dan spesifikasi yang mengesankan, MVP dari BYD ini juga memiliki berbagai fitur mewah seperti leg rest, fitur pemijat pada bagian punggung, HUD (Head-Up Display) 10,25 inci dan layar control center 15,6 inci.

Tersemat pula serangkaian fitur keamanan canggih, seperti radar ADAS, kamera 360, blind spot monitoring, dan NFC tap.

Nah, bagi Anda yang tertarik, MVP listrik mewah ini sudah bisa Anda pesan dengan booking fee sebesar Rp50 juta.

Mengutip dari laman Kompas, pengiriman Denza D9 direncanakan tahun depan, sehingga sudah open indeen. Namun, harganya belum pasti. Estimasi kisaran harga mobil Denza D9 adalah mulai dari Rp900 juta sampai Rp1,5 miliar.

Menawarkan harga yang lebih terjangkau dari MPV mewah sekelasnya, Denza D9 diprediksi akan menjadi rivall berat Toyota Alphard.

Baca juga: Daftar Harga Mobil BYD di Indonesia, Termurah Rp400 Jutaan!

BYD Denza D9 bisa menjadi pilihan kendaraan yang tepat bagi Anda yang berminat memiliki MPV premium yang ramah lingkungan. 

Namun, mengingat harganya yang fantastis, mobil terbaru dari BYD ini kurang tepat jika Anda ingin berhemat. Alih-alih mobil baru, ada baiknya Anda pertimbangkan beli dari platform jual beli mobil bekas terpercaya untuk mendapatkan kendaraan yang sesuai.

Other Post

Related Post