Camshaft Mobil: Komponen, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Sebagai pecinta otomotif, pernahkah Anda mendengar istilah camshaft mobil? Menjadi salah satu komponen mesin mobil paling krusial, camshaft ini memiliki peran untuk memungkinkan elemen kendaraan

Sebagai pecinta otomotif, pernahkah Anda mendengar istilah camshaft mobil? Menjadi salah satu komponen mesin mobil paling krusial, camshaft ini memiliki peran untuk memungkinkan elemen kendaraan bekerja secara optimal.

Dampak langsung dari kinerja camshaft akan tertuju pada performa serta efisiensi mesin. Apabila cara kerjanya bagus, maka mobil akan melaju dengan mulus serta responsive.

Berbeda jika camshaft bekerja asal, kenyamanan berkendara pun jadi terganggu. Nah, untuk lebih detail membahas komponen camshaft mobil, kali ini kami akan kupas tuntas mengenai komponen, fungsi, serta cara kerjanya pada artikel berikut.

Baca Juga: Mengenal 41 Komponen Mesin Mobil, Lengkap dengan Fungsinya

Pengertian Camshaft

Camshaft adalah sebuah poros di mana bagian-bagiannya memiliki fungsi untuk mendorong katup atau klop dengan peran mengubah gerakan berputar menjadi linear.

Pada bagian silinder kepala nantinya ada batangan silinder yang meliputi beberapa bagian. Contohnya seperti lobe yang bertugas untuk menekan klep untuk proses merubah gerak dari berputar ke linear.

Proses camshaft tidak jauh berbeda dengan cara kerja piston. Di mana, gerakan membuka atau menutup piston ini nantinya merupakan tugas dari camshaft.

Komponen Camshaft Mobil

Supaya bekerja secara optimal, camshaft mobil juga memiliki komponen penting di dalamnya. Berikut beberapa komponen yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Fuel Pump Cam Drive

Pertama ada pompa penggerak yang bekerja untuk mengendalikan bahan bakar. Sehingga, mesin kendaraan bisa bekerja secara terus menerus secara optimal melalui proses pemompaan ini.

2. Intake Camshaft

Selanjutnya adalah intake camshaft. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penggerak rocker arm yang nantinya mendorong katup agar lebih terbuka. Alhasil bahan bakar masuk ke dalam dengan lebih mudah.

3. Timing Gear

Komponen timing gear merupakan tempat untuk mengatur jumlah permintaan firing dengan perhitungan yang akurat. Fungsi dari komponen ini sebagai penghubung camshaft dengan crankshaft melalui timing belt atau chain.

4. Exhaust Camshaft

camshaft mobil

Berikutnya ada exhaust camshaft. Berbeda dengan intake camshaft, pada exhaust camshaft ini fungsi utamanya untuk menutup katup. Tujuannya agar bahan bakar tidak masuk ke dalam.

5. Slot Joint

Gigi sentrik atau slot join menjadi komponen penting yang berperan sebagai penghubung antara titik pengapian dan juga poros camshaft.

6. Drive Gear

Kemudian, masih ada drive gear dengan bentuk roda penggerak. Keberadaan komponen ini membuat camshaft dapat berputar sehingga proses buka tutup pada katup akan terjadi secara sistematis.

7. Lobe atau Tonjolan

Terakhir ada lobe yang menjadi bagian penting camshaft dengan bentuk bulat atau oval. Lobe memiliki peran untuk mengontrol gerakan katup dan berada di posisi yang telah disesuaikan dengan desain mesin.

Baca Juga: Wajib Tahu! Berikut Komponen Mobil Listrik dan Fungsinya

Fungsi Camshaft Mobil

Setelah membahas komponen apa saja yang terdapat pada camshaft mobil, kini saatnya Anda perlu tahu apa fungsi pentingnya. Berikut beberapa penjelasannya, antara lain:

1. Alat Pemutar Poros Distributor

Pertama, camshaft memiliki peran sebagai pemutar poros distributor yang terdapat pada mesin mobil. Alat ini biasanya menggunakan sistem firing order dengan distributor.

2. Sebagai Wadah Sensor

Berikutnya berfungsi sebagai wadah sensor deteksi yang terdapat pada sisi sudut pemutar. Fungsi ini akan berperan apabila mobil yang Anda miliki sudah menggunakan mesin injeksi atau EFI.

Apabila jenis mobilnya masih manual, maka camshaft tidak akan bekerja dengan fungsi wadah sensor.

3. Media Pengatur Klep

Camshaft merupakan salah satu bagian dari mobil yang memiliki peran penting dalam mengatur klep. Di mana, proses pengaturan ini bertujuan untuk menyesuaikan urutan pengapian atau proses firing order.

Anda perlu tahu kalau di dalam camshaft ini terdapat cam lobe yang bertugas sebagai pembuka dan penutup pada katup komponen mobil.

Baca Juga: Gimana Fungsi dari Grill pada Mobil?

4. Penggerak Fuel Pump

Terakhir, camshaft memiliki fungsi untuk menggerakkan fuel pump yang terdapat pada mesin mobil.

Namun, fungsi ini hanya berlaku pada mesin mobil yang masih menggunakan fuel pump untuk jenis mekanikal saja. Jika mesin mobil sudah lebih canggih, maka camshaft tidak akan melakukan proses penggerakan fuel pump.

Cara Kerja Camshaft Mobil

Membahas cara kerja dari camshaft mobil Anda perlu paham bahwa fungsi utamanya adalah membuka dan menutup katup. Alat ini mempunyai dua fase karena mempunyai bagian lebih lonjong di satu sisi.

Cara kerja fase pertama camshaft terjadi ketika poros menekan rocker arm. Bagian ini akan mendorong katup sampai terbuka. Siklus ini akan terus berulang ketika mobil pertama kali Anda nyalakan.

Memasuki tahap berikutnya, cam lobe atau bagian lonjong tidak lagi menekan rocker arm. Karena katup tidak tertekan, maka posisinya menutup. Fase ini seringkali disebut sebagai fase ‘istirahat’.

Berdasarkan cara kerja dari camshaft mobil, Anda bisa mengetahui bahwa ini merupakan komponen penting dari mesin mobil. Hanya saja terdapat dua jenis mesin dengan konfigurasi yang berbeda.

Mesin tersebut adalah Single Over Head Camshaft (SOHC) dan Double Over Head Camshaft (DOHC). Pada SOHC hanya terdapat satu camshaft, sedangkan DOHC memiliki dua camshaft.

Berdasarkan perbedaan ini, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak sama. Meski begitu, sekarang ini banyak mobil keluaran terbaru yang menggunakan DOHC. Sehingga, peran dari camshaft pada mobil cukup besar.

Nah, demikianlah beberapa pembahasan menarik seputar camshaft mobil. Anda bisa mempelajari materi di atas untuk mempertimbangkan perawatan yang dibutuhkan.

Salah satu dealer yang melakukan pengecekan komponen mobil secara menyeluruh seperti camshaft adalah CarsGallery.

Sebagai dealer profesional dengan jaminan garansi 1 tahun penuh setelah pembelian, Anda bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga layak. Dapatkan mobil berkualitas impian Anda hanya di CarsGallery.



Other Post

Related Post