5 Cara Aman Transaksi Jual Beli Mobil Bekas, Anti Penipuan!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Pasar otomotif yang semakin meluas membuat beberapa pihak membutuhkan cara aman transaksi jual beli mobil bekas. Bukan karena ingin mendapatkan mobil dengan harga terjangkau saja,

Pasar otomotif yang semakin meluas membuat beberapa pihak membutuhkan cara aman transaksi jual beli mobil bekas. Bukan karena ingin mendapatkan mobil dengan harga terjangkau saja, tetapi juga meminimalisir terjadinya penipuan.

Sebab, risiko penipuan dalam transaksi mobil bekas cukup banyak. Terlebih jika Anda menggunakan makelar yang tidak mengerti bidang otomotif dengan baik, tetapi hanya menginginkan komisi jual mobil bekas tinggi.

Jangan sampai tertipu dan terlalu percaya, Anda bisa analisis sendiri beberapa tips transaksi jual beli mobil bekas pada artikel di bawah ini.

Cara Aman Transaksi Jual Beli Mobil Bekas

Ingin terhindar dari makelar yang melakukan bisnis mobil bekas tanpa modal tetapi tidak memperhitungkan kepuasan pembeli? Anda bisa cek cara aman bertransaksi berikut ini:

1. Pilih Platform yang Kredibel

Apa yang harus dilakukan saat menjual mobil? Baik menjual atau membeli mobil bekas, sebaiknya pilih platform yang menerima transaksi dengan tingkat kredibilitas tinggi dan dapat dipercaya.

Metode ini merupakan langkah paling tepat untuk menghindari penipuan. Namun, jangan lupa untuk mengecek lebih dalam seperti testimoni dari pengguna sebelumnya. Apakah platform ini cukup baik untuk dipertimbangkan.

Selain itu, Anda juga bisa cek apakah platform memiliki pelayanan yang baik seperti responsif dan informatif. 

Pasalnya, platform yang terpercaya bisa Anda ketahui dengan mudah melalui penyampaian informasi yang transparan.

2. Lakukan Pengecekan secara Detail

Berikutnya, ketika Anda ingin membeli mobil bekas sebaiknya lakukan pengecekan secara detail. 

Mulai dari pengecekan fisik hingga administrasi. Tujuannya agar Anda bisa memastikan kondisi mobil prima dan memiliki performa bagus.

Pengecekan fisik bisa Anda lakukan dengan melihat seluruh eksterior mobil, bagian bamper, komponen, interior, dan celah-celah kendaraan. 

Sedangkan untuk administrasi, cek keabsahan STNK, BPKB, buku servis, dan berkas lainnya.

Pengecekan ini akan membantu Anda menemukan indikasi mobil bekas banjir, kecelakaan, ataupun pernah mengalami masalah hukum.

3. Menawarkan Transaksi yang Aman

Selanjutnya, untuk mengecek keamanan jual beli dari dealer mobil bisa Anda cari tahu dari transaksi pembayaran. 

Apakah dealer atau makelar menyediakan tempat yang aman untuk bertransaksi, atau metode yang bisa dilacak dengan mudah.

Apabila transaksi bisa Anda lakukan dengan bukti dokumentasi yang baik seperti transfer bank dan ada riwayat verifikasi, maka, indikasi penipuan cukup minim. Oleh karena itu, meski jarang diperhatikan Anda tidak boleh melupakan tahap ini.

4. Jangan Tergiur Harga Murah

Lalu, tips jual beli mobil bekas yang aman dan minim penipuan adalah jangan sampai Anda tergiur harga murah. 

Dari tampilan luar mungkin kondisi mobil tampak bagus karena mendapat polesan, tetapi apakah kondisi mesinnya 100% baik?

Harga mobil yang terlalu rendah sangat besar potensi penipuan yang terjadi. Jika Anda mendapatkan penawaran mobil dengan harga diluar pasaran, sebaiknya lakukan investigasi lebih lanjut agar tidak mengalami kerugian setelahnya.

5. Menggunakan Inspektor Bersertifikat

Terakhir, untuk membeli mobil bekas yang aman Anda bisa menggunakan jasa inspektor bersertifikat apabila memang minim pengetahuan di bidang otomotif. 

Jasa inspeksi akan membantu menganalisis kendaraan yang Anda inginkan.

Mulai dari pemeriksaan eksterior, interior, transmisi, ac, hingga mesin. Laporan diberikan secara lengkap dengan bahasa yang mudah dipahami. 

Sehingga Anda bisa mengambil keputusan untuk membeli kendaraan tersebut atau tidak.

Nah, itulah beberapa cara aman transaksi jual beli mobil bekas yang bisa Anda ikuti. Jangan sampai mengalami penipuan, ikuti panduan di atas sebagai gambaran umum sebelum melakukan transaksi.

Anda juga bisa mendatangi dealer jual beli mobil bekas terpercaya sepaket dengan tim inspektor professional seperti CarsGallery. 

Sehingga tingkat keamanan dan performa kendaraan terjamin, apalagi tim inspektornya bersertifikat resmi.

Selain itu, CarsGallery juga memberikan penawaran garansi pembelian selama 1 tahun penuh kepada setiap pelanggan. 

Bagaimana? Menarik sekali untuk dicoba, bukan? Yuk kunjungi CarsGallery sekarang dan temukan mobil impian Anda di sini.



Other Post

Related Post