Cara Baca Tachometer Mobil yang Benar, Jangan Salah!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Banyak pengendara mobil yang belum tahu bagaimana cara baca tachometer mobil. Tachometer menjadi salah satu komponen penting yang ada di mobil. Tachometer adalah alat yang

Banyak pengendara mobil yang belum tahu bagaimana cara baca tachometer mobil. Tachometer menjadi salah satu komponen penting yang ada di mobil.

Tachometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur perputaran mesin dalam satuan rpm (rotation per minute). Selain ada di mesin mobil, biasanya alat ini juga ada di mesin pesawat dan peralatan medis.

Dengan adanya tachometer ini, tingkat rotasi mesin pada mobil bisa dikendalikan supaya tidak melebihi rpm dari pabrikan mobil. Fungsi tachometer lainnya adalah membantu perubahan gigi saat transmisi manual.

Cara Baca Tachometer Mobil

Cara membaca tachometer mobil sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Anda hanya harus berfokus pada angka 0 sampai 6 di lengkungan alat tersebut. Angka 1-6 itulah yang menjadi penunjuk rpm mobil.

Angka tersebut silakan Anda kalikan dengan 1.000. Hasil perkalian inilah yang menunjukkan nilai rpm mobil Anda. Sebagai contoh, jika menunjukkan angka 3, maka rpmnya adalah 3×1.000 = 3.000 rpm.

Anda harus rutin mengecek nilai rpm dan membandingkannya saat baru pertama kali menggunakan mobil. Apabila hasilnya rpm mobil naik turun, maka bisa jadi ada yang salah dengan mesin mobil Anda.

Nilai RPM Mobil yang Ideal

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwasanya nilai RPM yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menimbulkan masalah pada mobil. Idealnya nilai RPM berbeda pada saat mobil berjalan normal dan berjalan pelan.

Saat berjalan normal, jarum RPM menunjukkan putaran sekitar 800-900. Namun, ketika mobil sedang berjalan secara perlahan, jarum menunjukkan putaran sekitar 600-700.

Hal ini berarti nilai RPM mobil yang ideal untuk mobil yang berjalan normal sekitar 800-5400. Sedangkan saat berjalan pelan sekitar 600-4200.

Apa Dampak RPM Tinggi?

Jika nilai RPM sampai terlalu tinggi, maka akan berdampak terhadap dua hal pada mobil Anda yaitu:

1. Kerusakan Mesin

Apabila RPM tinggi pada jenis tachometer apapun, mesin mobil akan mengalami kerusakan karena mengalami ketegangan yang berlebihan. Bagian-bagian seperti piston, katup, poros engkol, dan sistem pembakaran lainnya menjadi bermasalah.

2. Boros Bahan Bakar

Tidak hanya kerusakan mesin saja, rpm yang terlalu tinggi juga membuat mobil menjadi boros bahan bakar. Hal ini dikarenakan mesin yang bekerja terlalu keras. 

Kalau sudah begini, uang yang Anda keluarkan pasti semakin besar karena harus bolak balik isi bensin.

Itulah dia cara baca tachometer mobil yang harus Anda ketahui. Kondisi tachometer yang normal menjadi salah satu ciri dari mobil yang bagus.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas yang kualitasnya masih oke, kami memiliki rekomendasinya untuk Anda. CarsGallery menyediakan berbagai mobil bekas bersertifikasi dan bergaransi resmi.

Harganya sangat terjangkau dan Anda boleh test drive terlebih dahulu sebelum membelinya. Informasi selengkapnya, jangan ragu untuk menghubungi kami.



Other Post

Related Post