Ini Cara Membaca Dipstick Oli Mobil, Jangan Sampai Salah!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print

Mengecek kilometer mobil bukan satu-satunya indikator untuk mengetahui kapan oli mobil perlu penggantian. Anda harus belajar bagaimana cara membaca dipstick oli mobil untuk mengetahui kondisi

Mengecek kilometer mobil bukan satu-satunya indikator untuk mengetahui kapan oli mobil perlu penggantian. Anda harus belajar bagaimana cara membaca dipstick oli mobil untuk mengetahui kondisi oli secara akurat. 

Stik oli akan membantu Anda mengetahui apakah volume oli berkurang, berlebih, sesuai. Kondisi oli yang masih bagus atau harus sudah buruk pun bisa Anda ketahui dengan mudah. 

Cara Membaca Dipstick Oli Mobil Manual dan Matic

Sesuai dengan namanya, stik oli merupakan alat berbentuk besi panjang yang pipih dan bisa Anda masukkan ke dalam tempat oli mobil. Alat ini selalu tersedia di dalam kap mobil yang bisa Anda gunakan kapan saja. 

Cara menggunakan stik oli ini sama saja baik untuk mobil matic dan manual. Ikuti lima langkah singkat ini untuk menggunakan stik oli secara akurat:

1. Memarkirkan Mobil di Kondisi Jalan yang Rata 

Pertama-tama Anda harus memarkir mobil di area yang datar. Tujuannya adalah supaya posisi oli berada di ketinggian yang sejajar. Jika Anda mengecek saat mobil berada di tanjakan atau turunan maka pengecekannya tidak akurat. 

Anda bisa memilih memarkir di garasi, area depan rumah atau di pekarangan yang datar. Pastikan saja posisi mobil benar dan sudah terkunci dengan baik. 

Baca juga: Biaya Ganti Oli Mobil Avanza, Berikut Rinciannya!

2. Memastikan Kondisi Mesin Mobil Dingin 

Hindari untuk mengecek kondisi oli dengan stik oli pada saat mobil masih panas. Kondisi mesin yang panas sangat berbahaya bagi Anda dan cairan oli juga cenderung masih encer sehingga pengukurannya tidak akurat. 

Anda bisa mendiamkan mobil dingin selama 30 menit atau lebih. Bisa juga mengecek di pagi hari setelah memarkir mobil semalaman. Oli yang dingin akan menunjukkan volume yang tepat. 

3. Mengambil Stik Oli di Kap Mesin 

Mulailah dengan membuka kap mobil dan mencari letak dipstick oli transmisi yang biasanya ada pada bagian depan atau samping. Anda akan mudah menemukannya karena biasanya stik oli memiliki pegangan melengkung berwarna kuning. 

Setiap produsen mobil pasti akan menyertakan stik oli ini pada bagian kap yang mudah Anda gunakan. Tarik bagian kepala berwarna kuning tersebut sampai stik oli terlepas dari tempatnya. 

Baca juga:10 Rekomendasi Oli Daihatsu Terios Berteknologi Tinggi

4. Mengukur dengan Stik Oli 

Cara cek dipstick mobil bisa langsung dengan membuka tutup tempat oli. Anda yang sudah membukanya bisa memasukkan stik oli sampai mentok. Stik oli tidak akan merusak tempat oli sehingga Anda bisa perlahan-lahan mencobanya

Pastikan stik oli masuk dengan benar dan jika sudah Anda bisa menariknya kembali. Pada bagian ujung stik oli akan terlihat oli mobil yang menempel. Anda bisa membaca indikator stik oli untuk mengetahui kualitas oli. 

5. Membaca Dipstick 

Berdasarkan oli yang menempel pada stik oli Anda akan mengetahui volume dan kondisi oli apakah masih layak pakai. Soal volume, Anda bisa membaca dari titik atas dan bawah yang ada pada ujung stik oli. 

Berikut ini penjelasan cara baca dipstick oli mobil:

  • High (H): Posisi titik yang ada pada bagian atas stik oli, apabila oli menyentuh bagian ini artinya volumenya berlebihan. 
  • Low (L): Posisi titik yang ada pada bawah stik oli, jika oli menyentuh di area ini maka volume oli terlalu sedikit. 
  • Ketika oli berada di antara H dan L artinya volumenya mencukupi. 

Baca juga:10 Oli Mobil Avanza yang Bagus Sesuai Standar dan Kapasitas

Anda yang menemukan oli dalam posisi H artinya harus mengurangi jumlahnya. Oli yang berlebihan akan membuat kinerja mesin terlalu berat.

Ketika oli berada di posisi L, maka jumlah oli kurang yang membuat mesin cepat panas. Anda harus menambah volumenya. 

Oli yang berada di antara L dan H adalah posisi yang paling bagus sehingga Anda tidak perlu melakukan apapun. 

Hanya saja, Anda masih perlu mengecek warna oli untuk mengetahui kondisi kelayakan penggunaannya. Cobalah untuk mengelap bagian stik oli yang terkena oli. 

Ketika kain bersih berubah menjadi warna coklat atau hitam artinya oli Anda dalam kondisi yang buruk. Perlu penggantian oli baru supaya mesin bisa berjalan dengan lancar. 

Apabila oli masih berwarna kuning keemasan, maka kondisinya masih bagus. Anda bisa menunda mengganti oli beberapa bulan ke depan. 

Mengikuti cara membaca dipstick oli mobil ini tidak akan membuat Anda kesulitan lagi. Anda tidak perlu pergi ke bengkel untuk mengetahui kondisi oli mobil lagi. 

 

Other Post

Related Post